Istilah Digital Marketing dan Online Marketing mungkin sempat membingungkan Anda sebagai seseorang yang bekerja di dunia marketing. Mungkin juga terdengar sepele, namun dengan mengetahui perbedaan dari kedua istilah tersebut akan membantu Anda merangkai suatu strategi pemasaran.

 

Hal ini juga dapat membantu Anda menganalisis strategi pemasaran dengan mengategorikan jenis pemasaran yang tepat untuk bisnsi Anda. Apakah Anda akan membuat strategi jangka panjang yang berkelanjutan  dan membuahkan hasil secara konsisten atau apakah Anda hanya akan membuat strategi jangka pendek yang hasilnya tidak menentu?

 

Digital Marketing

Digital Marketing adalah upaya penggunaan jaringan digital, perangkat, dan platform (terlepas dari apakah perangkat atau platform bersifat online atau offline) untuk membuat atau mempromosikan pesan pemasaran Anda. Dengan kata lain, istilah Digital Marketing tidak melulu terkait dengan penggunaan jaringan internet. Dan Digital Marketing juga bisa dibilang sebagai 'payung' dari berbagai teknik pemasaran, kecuali teknik pemasaran yang masih menggunakan cara tradisional (surat-menyurat, dan sebagainya).

 

Sebagai contoh, misalkan Anda ingin mengirimkan suatu pesan kampanye untuk mempromosikan produk bisnis Anda via SMS, maka itu termasuk teknik Digital Marketing walaupun menggunakan SMS yang tidak memakai jaringan internet. Jika dirumuskan, contoh dari jenis-jenis Digital Marketing adalah:

a. E-mail Marketing

b. E-Books

c. Games

d. Content Marketing

e. Video Marketing

f. Mobile Marketing (SMS)

g. TV Advertising.

 

Online Marketing

Online Marketing merupakan bagian dari Digital Marketing yang berarti Online Marketing berada di bawah ‘payung’ Digital Marketing. Perbedaan terbesarnya adalah teknik Online Marketing mengharuskan pengguna menggunakan jaringan internet untuk melaksanakan tugas pemasarannya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, teknik Online Marketing pun juga ikut berkembang secara pesat. Sehingga bagian pemasaran harus benar-benar ‘melek’ dan mengikuti arus perkembangan teknologi yang selalu ter-update. Contoh dari teknik Online Marketing adalah:

a. SEO (Search Engine Optimization)

b. PPC (Pay-Per-Click)

c. Display Advertising

d. Social Media Marketing (Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya)

 

Pertimbangan Melakukan Teknik Online Marketing atau Digital Marketing

Sebagian besar bentuk manifestasi pemasaran dalam dunia bisnis akan selalu terlibat dengan gaya Digital Marketing. Tetapi mengandalkan gaya tersebut tidaklah cukup. Sebagai seorang yang bekerja di bagian pemasaran, Anda harus mempelajari semua detail dan perspektif seperti hasil riset pelanggan dan data lainnya untuk keputusan pemasaran Anda ke depannya. Jika dirangkum, berikut faktor-faktor yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam membuat keputusan terkait Digital Marketing atau Online Marketing:

a. Tipe bisnis

b. Anggaran untuk Pemasaran

c. Segmentasi Pasar

d. Target Pasar

Anda bisa menggunakan fitur seperti Google Analytics untuk membantu Anda mendapatkan data riset pelanggan agar upaya Online atau Digital Marketing menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

 

Kesimpulan

Pendefinisian dari Online Marketing dan Digital Marketing hanya bersifat teknis. Yang penting adalah bagaimana Anda memahami implikasi dari masing-masing gaya pemasaran dan memilih dengan bijak ketika membangun keseluruhan rencana pemasaran Anda.

 

Pada akhirnya, langkah terpenting yang harus Anda lakukan adalah menyusun strategi. Terlepas dari cara Anda memilih Digital Marketing dan Online Marketing, Anda harus segera melakukan tindakan yang didasari oleh pertanyaan-pertanyaan: Hasil seperti apa yang ingin Anda dapatkan? Bagaimana Anda menyusun rencana dan mewujudkannya? Bagaimana cara Anda untuk mengenal pelanggan dan menciptakan user experience yang baik?

 

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menyadari jika Anda perlu fokus untuk memilih gaya Online Marketing, Digital Marketing, atau keduanya pada saat yang bersamaan.

Pengimplementasian Online Marketing atau Digital Marketing sangat penting bagi perencanaan pemasaran Anda. Namun, Anda juga harus memerhatikan pencatatan dan pelaporan keuangan Anda. Dengan Jurnal, aktivitas pencatatan dan pelaporan keuangan bisnis Anda semakin dimudahkan. Jurnal adalah software Akuntansi online yang menawarkan fitur-fitur akuntansi secara komprehensif. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Jurnal, silahkan klik di sini.

Author