Pernahkah Anda membeli produk fashion secara online? Jika jawabannya adalah “Iya”, maka Anda pasti mengetahui bahwa bisnis fashion secara online sekarang ini sudah semakin menjamur, bahkan sudah mengalahkan bisnis fashion secara offline. Apalagi, bisnis fashion dengan sistem online marketing memiliki banyak penawaran yang menarik, mulai dari diskon dan gratis ongkir yang menjadikannya semakin banyak diminati.

 

Fashion memang selalu menjadi tren, hampir setiap bulan pasti akan ada tren baru yang bermunculan. Karena itulah fashion memang layak untuk dijadikan sebuah bisnis, apalagi fashion termasuk salah satu kebutuhan primer yang menjadi kebutuhan manusia. Bahkan ada yang mengatakan bahwa, 60% pemain bisnis online dikuasai oleh bisnis fashion, itu belum termasuk pelaku bisnis fashion yang berjualan secara konvensional.

 

Persaingan bisnis fashion memang ketat, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena ada 10 tips online marketing bisnis fashion yang bisa Anda jadikan patokan agar bisa sukses berbisnis fashion secara online, berikut daftarnya:

 

Riset Produk

Langkah pertama dan paling vital adalah melakukan riset produk fashion apa yang akan dijual. Meskipun susah-susah gampang dilakukan, tetapi Anda wajib melakukan riset produk. Dengan adanya riset, Anda akan mengetahui seberapa besar peluang, potensi ke depan, dan bahaya yang akan dihadapi.

 

Menentukan Segmentasi Pasar

Langkah kedua adalah menentukan segmentasi pasar bisnis fashion Anda. Hal ini penting dilakukan, karena dengan adanya Internet siapa saja bisa mengakses tanpa adanya batasan. Lain halnya jika produk fashion Anda sudah ada segmentasinya secara benar, maka tidak akan ada calon pelanggan yang salah datang ke toko online Anda. Pengelompokan segmentasi yang Anda bidik bisa dari kalangan dewasa, remaja, anak-anak, bayi, ibu rumah tangga, dan lain sebagainya.

 

Mencari Supplier

Mencari supplier juga hal yang harus diperhatikan dalam online marketing produk fashion. Karena memang targetnya nanti adalah pembeli akan datang lagi atau merekomendasikan produk yang Anda miliki kepada temannya. Maka, dalam memilih supplier haruslah yang memiliki kualitas produk bagus, ketersediaan barang yang banyak, harga yang murah, dan faktor kecepatan respon supplier. Jika Anda memiliki produk sendiri bisa mengabaikan masalah supplier ini, tetapi jika bisnis fashion Anda adalah model dropship maka Anda harus memperhatikan hal ini.

 

Menyiapkan Modal

Jika riset sudah dilakukan, segmentasi pelanggan juga sudah didapat dan sudah mendapatkan supplier yang terbaik, maka langkah selanjutnya dalam online marketing pada bisnis fashion adalah menyiapkan modal bisnis. Agar perputaran modal dalam bisnis fashion Anda cepat, maka lebih baik Anda memilih produk yang sedang tren, karena dengan produk yang tren akan lebih mudah terjualnya dan modal bisa diputar kembali.

 

Foto Produk

Foto produk merupakan seni dalam berjualan fashion secara online. Berbeda halnya dengan berjualan dengan sistem konvensional, pelanggan bisa melihat langsung produk yang dijual sehingga tidak perlu adanya foto produk. Agar lebih bagus hasilnya dalam melakukan foto produk, Anda bisa menggunakan kamera DSLR dengan pencahayaan yang bagus. Selain itu, Anda atau kerabat bisa Anda minta untuk menjadi model untuk produk yang Anda jual. Foto produk yang baik harus dilakukan dari berbagai sisi, agar pelanggan bisa mengetahui lebih jelas dan lengkap tentang produk yang akan dibelinya.

 

Beri Deskripsi Lengkap

Jika pada bisnis fashion secara offline Anda bisa menjabarkan secara gamblang kepada pelanggan. Tetapi pada online marketing bisnis fashion Anda tidak bisa melakukannya, solusinya adalah dengan memberikan deskripsi yang lengkap pada produk yang Anda jual mulai dari model, merek, bahan, warna, ukuran, ketersediaan stok, dan lain sebagainya. Jika perlu, berikan kontak yang bisa dihubungi agar pelanggan yang masih kurang jelas bisa menghubungi Anda secara langsung.

 

Online Marketing

Ada tiga metode online marketing yang bisa Anda pilih, tentunya harus disesuaikan dengan segmentasi produk Anda, berikut metodenya:

a. Social media

Social media menjadi pilihan pertama yang tidak membutuhkan modal besar untuk biaya marketing. Anda bisa menggunakan social media yang populer untuk berjualan saat ini yaitu Facebook atau Instagram. Agar lebih maksimal, Anda bisa melakukan add atau follow teman yang sesuai dengan target yang akan dibidik.

b. Website

Dengan memiliki website sendiri, Anda bisa sekaligus membesarkan nama brand yang Anda miliki. Agar pengunjung website lebih percaya, maka dari segi nama domain, navigasi, dan tampilan website harus diperhatikan. Selain itu, perlu adanya bagian testimoni agar pengunjung bisa lebih percaya. Kekurangan online marketing menggunakan platform website adalah Anda perlu mengeluarkan modal yang tidak sedikit terutama untuk biaya pembuatan website, sewa domain, dan hosting.

c. Marketplace

Keuntungan online marketing dengan marketplace adalah Anda tidak perlu direpotkan dengan urusan website, domain hosting, dan social media. Anda hanya perlu memberikan foto dan detail produk secara jelas. Jika ada orderan masuk Anda tinggal melakukan pengiriman kepada alamat tujuan.

 

Berikan Penawaran Khusus

Dengan adanya penawaran-penawaran yang menarik seperti diskon dan gratis ongkir, tentunya ini akan menjadi daya magnet tersendiri bagi pembeli. Sebelum melakukan penawaran kepada pembeli, Anda harus menghitung terlebih dahulu secara benar tentang proyeksi keuntungan yang akan didapatkan, jangan sampai produk banyak yang laku tetapi tidak ada keuntungan yang masuk.

 

Manfaatkan Feedback Pelanggan

Feedback yang diberikan kepada pelanggan bisa menjadi bahan masukan untuk bisnis fashion kita ke depan agar lebih sukses. Baik itu dari segi produk, pelayanan, pengiriman, dan harga yang diberikan apakah ada masukan atau tidak. Selain itu, dengan feedback yang diberikan oleh pelanggan, Anda bisa mengetahui sebenarnya produk apa saja yang diinginkan oleh para pelanggan.

 

Evaluasi

Langkah yang terakhir adalah melakukan evaluasi dari semua tahapan yang telah dilakukan di atas. Jika memang ada yang kurang bisa diperbaiki agar kedepannya strategi online marketing yang Anda jalankan pada bisnis fashion Anda bisa sukses.

 

Jika Anda ingin bisa sukses dalam bisnis fashion, maka Anda harus menerapkan 10 tips online marketing di atas. Namun perlu diketahui bahwa kesuksesan dalam bisnis akan berkaitan erat dengan masalah keuangan. Mustahil jika bisnis yang sukses tidak memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu Anda dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda dengan lebih mudah, cepat, simpel dan lebih lengkap. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial 14 hari untuk pengguna baru. Untuk info lebih lanjut silakan klik di sini.