18 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Kontribusi desa dalam membantu menopang perekonomian nasional memang sudah tidak usah diragukan lagi. Apalagi saat ini terbuka lebar peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan sehingga membuat siapapun bisa langsung membuka usaha tanpa perlu bingung lagi.

Usaha seperti ini tentunya akan mampu membuka kesempatan baik guna lebih bisa menjelajah berbagai macam peluang usaha yang ada di pedesaan. Terlebih lagi ketika para sarjana kembali ke desa sehingga diharapkan mampu menjadi sumber daya untuk menggerakkan ekonomi di pedesaan.

Selain bisnis pariwisata, berbisnis dari desa sangat terbuka lebar, terutama di zaman serba digital seperti saat ini.

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Macam-Macam Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Zaman memang selalu berubah seiring berjalannya waktu. Ide bisnis senantiasa bisa diperoleh dengan mudah seperti halnya untuk ide bisnis yang cocok bagi pemula di pedesaan. Tentu saja peluang usaha di desa terbuka lebar seiring dengan kemajuan zaman. Terlebih lagi kehadiran teknologi serba digital dan berteknologi IT seperti aplikasi akuntansi ukm yang siap membantu proses bisnis sekarang ini.

Pemula pun tidak perlu khawatir akan terseok ketika terjun ke dunia usaha di desa. Ada begitu banyak usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan sehingga bisa dipilih dan diaplikasikan sesuai dengan kemampuan pribadi masing-masing. Berikut peluang usaha yang bisa Anda coba.

  1. Agen Pembayaran Online atau Bisnis Pulsa

Salah satu ide usaha yang dirasa cocok untuk pemula di pedesaan ialah membuka jasa agen pembayaran online maupun bisnis pulsa. Bahkan sangat dianjurkan untuk membuka kedua bisnis ini secara bersamaan. Tentu saat ini hampir semua orang mempunyai handphone.

Karena itulah pulsa akan menjadi salah satu kebutuhan yang harus dicukupi. Bukan hanya sekedar untuk berkirim pesan maupun bertelepon saja, namun pulsa juga penting untuk membeli paket kuota internet. Dengan begitu mereka bisa terhubung dengan berbagai macam sosial media dan mengakses internet.

Di samping membuka bisnis pulsa, sangat dianjurkan juga untuk membuka layanan pembelian token PLN hingga pembayaran BPJS dan PLB Pascabayar. Jika memungkinkan juga bisa memperlebar pembayaran PDAM, Telkom, TV berlangganan hingga multifinance lainnya.

  1. Usaha Air Minum dan Isi Ulangnya

Tidak ada salahnya juga membuka usaha air minum dan isi ulangnya. Usaha seperti ini tampaknya tidak hanya laris manis di kota saja, melainkan juga di desa. Sebab, tidak sedikit orang yang suka dengan berbagai macam hal praktis seperti halnya ketika ingin mengkonsumsi air minum.

Di desa juga tampaknya tidak sulit menemukan sumber mata air yang masih bagus. Dengan demikian, tinggal belikan saja alat untuk memproses air sehingga bisa layak untuk dikonsumsi. Tentunya ini akan menjadi salah satu usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

Orang-orang di desa saat ini juga sudah banyak yang menggunakan dispenser sehingga membutuhkan galon dan isinya untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikan juga kemudahan usaha air minum dan isi ulangnya ini seperti dengan memberikan gratis ongkir pengantaran galon dan isi ulangnya.

  1. Jasa Pangkas Rambut

Punya bakat untuk memangkas rambut? Tampaknya ini akan menjadi salah satu ide bisnis yang bisa mendatangkan banyak keuntungan ketika memulainya di desa. Siapa sih yang tidak mau tampil cantik dan ganteng? Tentu semua orang ingin demikian.

Bukan hanya di perkotaan saja, namun orang-orang yang berada di desa tentu ingin tampil dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memiliki model potongan rambut baru. Ketika membuka usaha jasa pangkas rambut seperti ini tentu pemilik juga harus memperhatikan trend fashion.

Dengan demikian, jasa pangkas rambut seperti ini bisa sangat potensial dan bisa dijadikan usaha jangka panjang. Orang-orang di desa tidak perlu lagi jauh-jauh memangkas rambut sampai ke kota. Tinggal mampir saja ke tempat pangkas rambut terdekat di desa.

  1. Ternak Ayam Kampung

Jika dibandingkan dengan ayam potong, tentu harga ayam kampung bisa jauh lebih mahal. Lantas, mengapa hal ini tidak dijadikan sebagai salah satu pilihan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan? Pastinya akan mampu mendatangkan banyak keuntungan.

Di desa masih ada banyak lahan yang luas untuk dijadikan sebagai tempat peternakan ayam kampung. Lingkungannya juga sangat kondusif untuk melakukan bisnis ternak ayam kampung. Di samping itu, modal untuk usaha ternak ayam kampung seperti ini juga tidak terlalu besar.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ternak ayam kampung tidak semahal modal usaha untuk ternak sapi atau kambing. Meskipun demikian, keuntungan yang diperoleh juga tidak kalah banyak. Hanya dibutuhkan ketekunan untuk melakukan ternak ayam seperti ini.

  1. Jual Kue Tradisional

Punya passion di bidang pastry atau kue? Jadikan saja ide usaha yang pasti laris di pedesaan. Misalnya, berjualan kue tradisional. Tentu ada begitu banyak jenis kue tradisional yang bisa dibuat dan dijual di desa. Mulai dari kue apem, putu ayu, klepon, serabi, bolu kukus dan sebagainya.

Usaha jual kue seperti ini bisa sangat potensial dikembangkan di desa. Sebab, bahan bakunya pasti masih sangat melimpah dan mudah ditemukan. Modalnya sudah pasti tidak besar. Bila perlu untuk menarik perhatian pembeli, cobalah untuk membuat kemasan yang cantik.

Atau mungkin ingin berbisnis seperti ini tapi belum memiliki kemampuan yang baik dalam membuat kue? Tenanglah, untuk membuat kue tradisional bisa dengan mudah mengikuti resep yang ada di YouTube maupun sejumlah sumber lainnya. Jadi, tidak ada halangan untuk bisa berkarya dan berusaha.

  1. Bercocok Tanam Hidroponik

Jangan salah, bercocok tanam hidroponik juga bisa menjadi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Usaha ini dirasa bisa sangat potensial dikembangkan di desa. Hal ini karena saat ini sudah banyak orang yang ingin kembali mengkonsumsi segala sesuatu yang organik dan serba sehat.

Di desa tentu bisa dengan mudah ditemukan berbagai macam peralatan untuk bertani hidroponik dan sebagainya. Usaha seperti ini juga tidak sulit dijalani termasuk untuk pemula. Sudah ada begitu banyak video tutorial di YouTube yang membahas tentang bagaimana cara bercocok tanam hidroponik.

Jadi, untuk pemula tidak perlu cemas jika tidak bisa melakukan pertanian hidroponik. Siapkan saja semua peralatan yang dibutuhkan untuk bisa memulainya. Fokus ke jenis tanaman apa yang ingin ditanam secara hidroponik apakah sawi, kangkung, bayam atau lainnya.

Tidak melulu tanaman berdaun hijau saja. Bercocok tanam hidroponik juga sangat luas cakupannya. Misalnya, dengan menanam sejumlah tanaman palawija. Tentu dengan metode penanaman yang tepat, maka semuanya bisa tumbuh dengan baik.

  1. Jasa Sewa Alat-alat Pertanian

Ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan lainnya adalah membuka jasa sewa alat pertanian. Memang benar jika membuka usaha seperti ini akan membutuhkan modal yang cukup besar. Tentu tidak masalah bukan apabila keuntungan yang bisa diperoleh jauh lebih banyak?

Target pasarnya juga sudah sangat jelas karena di desa pun masyarakatnya banyak yang berprofesi sebagai petani. Tentu bisa dibayangkan berapa banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan membuka jasa sewa alat-alat pertanian, bukan?

Apalagi jika memasuki musim-musim tertentu seperti masa tanam dan panen. Wah, sudah pasti bisa mendulang banyak untung. Ini akan menjadi salah satu usaha yang bisa dilakukan dalam jangka waktu panjang sehingga sangat disarankan untuk segera dilakukan.

  1. Jual Bibit Tanaman

Karena mayoritas profesi orang-orang di desa adalah petani, maka berjualan bibit tanaman juga bisa menjadi ide usaha yang sangat bagus dilakukan. Tidak mustahil juga untuk dilakukan para pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis.

Peluang usaha ini bisa dikembangkan dengan baik sebab di desa sangat memungkinkan untuk membudidayakan bibit tanaman. Selain bisa dijual secara langsung, bibit tanaman juga bisa dijual menggunakan berbagai situs marketplace.

Jadi sebetulnya pangsa pasarnya bisa jauh lebih luas lagi. Ada beberapa bibit sayuran yang bisa coba dijual dan dijamin laris di pasaran. Misalnya, bibit tanaman kangkung, bayam, sawi, terong, tomat, cabai dan sebagainya.

  1. Membangun Desa Wisata

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan lainnya adalah membangun desa wisata. Trend wisata kembali ke alam terus meroket saat ini dan tentunya bisa dijadikan sebagai ide usaha yang mampu membuahkan banyak keuntungan.

Tinggal di desa yang masih sejuk dan asri bisa memberikan alternatif ide usaha desa wisata yang menarik bagi banyak orang, khususnya mereka yang tinggal di ibukota. Ubah juga rumah sebagai homestay bagi mereka yang berkunjung ke desa wisata.

Berikan fasilitas yang memadai sehingga bisa membuat setiap pengunjung merasa nyaman berwisata di desa. Pastikan mereka selalu nyaman dan aman selama mengunjungi destinasi wisata di desa tersebut. Berikan juga serangkaian wisata desa yang tidak bisa ditemui di ibukota seperti bercocok tanam.

  1. Menjadi Reseller Produk

Ingin membuka atau memulai usaha namun belum punya cukup modal? Dengan modal terbatas, tidak masalah jika ingin menjadi reseller produk. Mulai dari reseller pakaian, produk kecantikan atau skincare, bodycare, haircare, sepatu dan sebagainya.

Saat ini tidak sulit menemukan brand-brand terkenal yang membuka layanan reseller produk. Hal ini tentu mampu membuahkan keuntungan yang sangat berlimpah. Dengan demikian, menjadi reseller produk juga bisa menjadi pilihan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

Bukan hanya orang kota saja yang bisa sukses menjadi reseller produk. Mereka yang tinggal di desa pun masih bisa mendulang sukses dengan menjadi reseller produk. Bila perlu, gunakan spanduk atau promosi lainnya yang cenderung mentereng sehingga semakin banyak orang tahu tentang bisnis tersebut.

  1. Menjadi Konten Kreator

Mau mengikuti jejak sukses Baim Wong, Ria Ricis hingga Raffi Ahmad sebagai konten kreator? Bisa saja. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi saat ini membuat profesi konten kreator seperti YouTuber bisa memberikan banyak keuntungan.

Manfaatkan saja smartphone yang dimiliki untuk membuat video di YouTube. Video tersebut bisa berupa video tutorial, food vlogger, review film atau daily vlog. Selalu pastikan untuk membuat video yang menarik dan pastinya unik.

Upload juga dalam jangka waktu tertentu. Maksudnya tidak terlalu sering dan tidak terlalu jarang. Jika sudah memiliki jumlah followers dan viewers yang banyak, maka tidak perlu khawatir lagi untuk bisa mendapatkan banyak uang dari YouTube.

  1. Budidaya Ikan

Jenis usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan lainnya adalah budidaya ikan. Terlebih lagi ketika sudah memiliki lahan yang cukup luas. Maka tidak sulit untuk melakukan budidaya ikan seperti ini. Lalu, bagaimana cara membuat kolamnya? Bukankah sulit?

Tentu saja tidak. Ada begitu banyak metode yang bisa dilakukan untuk budidaya ikan. Mulai dari yang menggunakan tembok semen, batako hingga plastik terpal. Untuk tata caranya juga bisa dilihat melalui kanal YouTube.

Beberapa contoh ikan yang disarankan untuk dibudidaya karena laris di pasaran diantaranya ikan nila, bawal, gurame dan lele. Pastinya ikan-ikan seperti ini tidak sulit dijumpai di pasaran. Harganya juga lumayan untuk mengisi pundi-pundi uang.

  1. Membuat Kerajinan Tangan

Jika memiliki bakat di bidang seni khususnya seni kriya dan seni rupa, maka tidak ada salahnya untuk membuat kerajinan tangan. Usaha ini juga sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang tinggal di wilayah pedesaan.

Berbagai macam contoh produk kerajinan tangan yang bisa dibuat diantaranya gelang, ukiran kayu, topi, kerajinan kain dan berbagai macam produk lainnya. Meskipun mendirikan usaha kerajinan tangan di pedesaan, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan secara global.

Manfaatkan saja teknologi informasi saat ini untuk memasarkan produk kerajinan tangan tersebut sampai ke seantero negeri. Dijamin kerajinan tangan tersebut bisa sangat mendunia. Pilihan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan ini bisa menjadi ide terbaik berikutnya. Pantau stok barang bisnis kerajinan ini dengan aplikasi inventory dari Mekari Jurnal.

  1. Membuka Usaha Jasa Titip

Membuka usaha jasa titip di pedesaan tentu juga bisa membuat siapapun memperoleh banyak keuntungan. Mulailah dengan membeli barang sesuai dengan permintaan orang-orang di desa. Biasanya barang-barang yang diinginkan sulit ditemukan di desa.

Misalnya, skincare, bodycare, haircare dan produk kecantikan lainnya. Bisnis seperti ini tentunya juga membutuhkan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi saat ini sehingga bagi yang selalu update, tentu tidak akan merasa kesulitan. Seperti halnya dalam menggunakan sosial media dan aplikasi chat. Contohnya, Instagram, WhatsApp, Telegram dan lainnya sebagai media promosi.

  1. Usaha Mebel

Apabila tinggal di wilayah pedesaan yang masih asri dengan banyak pohon besar tumbuh, maka usaha mebel bisa menjadi pilihan tepat. Ditambah lagi ketika juga memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam produk furniture.

Mulai dari lemari, meja, kursi hingga hiasan dinding untuk interior hunian. Di samping itu, kesempatan untuk mengekspor barang ke luar negeri juga tidak sulit dilakukan. Hal ini tentunya mampu memberikan keuntungan jutaan rupiah.

Manfaatkan saja metode pemasaran digital untuk memaksimalkan pengenalan produk sampai ke luar negeri. Semakin terkenal produk tersebut, maka semakin berpeluang pula untuk mendapatkan keuntungan berlimpah.

  1. Jual Ikan Asin

Saat tinggal di wilayah pedesaan yang dekat dengan lokasi perairan seperti laut, danau, sungai, empang dan sebagainya, maka membuat usaha berjualan ikan asin menjadi hal yang sangat tidak sulit untuk dilakukan.

Makanan seperti ini pasti laris manis di pasaran. Ikan asin tentu menjadi makanan yang sangat cocok dikombinasikan dengan sayur apapun. Misalnya, sayur asem, oseng-oseng sayuran, sayur lodeh dan sebagainya.

Bahkan ikan asin juga sangat enak dicocol dengan sambal terasi. Wajar saja rasanya jika ikan asin menjadi jenis makanan primadona di kalangan masyarakat luas. Karena itulah jual ikan asin bisa menjadi ide usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan selanjutnya untuk dicoba.

  1. Supplier Agen Elpiji

Masyarakat pedesaan saat ini tentu sudah begitu banyak yang menggunakan kompor gas. Hal ini tentu membuat mereka banyak yang membutuhkan pasokan gas elpiji. Agar memudahkan mereka sekaligus memberikan keuntungan yang besar, maka menjadi supplier agen elpiji bisa menjadi ide yang baik.

Dengan demikian, maka orang-orang di desa menjadi tidak sulit lagi menemukan gas elpiji. Sebab, di dekat rumah mereka sudah ada agen elpiji. Namun, jangan lupa ketika membuka usaha supplier gas elpiji, maka perlu mendapatkan perizinan yang tepat terlebih dahulu.

Tidak boleh sembarangan dalam membuka usaha supplier gas elpiji. Untuk mengetahui persyaratan dan ketentuan apa saja yang harus dipenuhi oleh seorang supplier gas elpiji, maka bisa langsung mengunjungi atau menghubungi pertamina terdekat.

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

  1. Jasa Service Motor

Membuka jasa service motor juga bisa menjadi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Ini adalah salah satu contoh nyata usaha yang seakan-akan tidak lekang oleh waktu dan kebutuhannya hampir selalu meningkat setiap harinya.

Hal itu karena hampir setiap orang mempunyai motor dan tentunya membutuhkan perawatan yang baik agar motor bisa selalu digunakan dengan nyaman. Jika belum memiliki skill yang mumpuni, maka sebaiknya mengikuti berbagai jenis pelatihan yang disediakan oleh pihak-pihak tertentu.

Berikutnya, jangan lupa untuk menemukan distributor suku cadang terbaik dengan lokasi terdekat. Dengan demikian, maka tidak akan sulit untuk menemukan suku cadang kendaraan yang hendak di-service tersebut. Hindari menganggap remeh usaha ini, sebab nyatanya bisa memberikan pendapatan yang menggiurkan.

Delapan belas pilihan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan ini tentu bisa memberikan referensi terbaik. Temukan artikel menarik lainnya di sini. Pastinya sangat lengkap dan siap memberikan info apapun yang dibutuhkan.

Semua bisa jadi jutawan dengan program referral Mekari Jurnal. Daftar sekarang!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo