Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang menjadi primadona saat ini. Selain karena makanan merupakan suatu kebutuhan setiap orang, modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Bahkan beberapa orang menjalankan usaha kuliner dikarenakan hobinya dalam bidang memasak. Banyaknya pelaku usaha yang membuka bisnis kuliner membuat persaingan di dalam usaha bisnis juga semakin ketat. Hanya mengandalkan keahlian memasak saja tidak cukup untuk memaksimalkan keuntungan. Untuk itu, agar usaha kuliner Anda terus berkembang, Anda perlu memperhatikan banyak hal terutama mengenai pemasarannya. Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang penting dalam sebuah bisnis. Melalui pemasaran Anda dapat menarik perhatian konsumen yang mana ini kan sangat berpengaruh terhadap pendapatan bisnis Anda. Oleh karena itu, memiliki strategi pemasaran untuk usaha kuliner merupakan hal yang penting. Apakah usaha kuliner Anda sudah memiliki strategi pemasaran? Berikut beberapa strategi pemasaran untuk usaha kuliner yang dapat Anda terapkan.

Memanfaatkan Social Media

Pertama, Anda dapat menggunakan social media untuk membantu Anda memasarkan usaha kuliner. Jika Anda menggunakan social media untuk promosi usaha kuliner, maka Anda dapat menghemat biaya marketing. Selain itu, dengan menggunakan social media Anda juga dapat mengumpulkan database calon pelanggan usaha kuliner Anda.

Cakupan dan kecepatan promosi pada social media memang sudah tidak diragukan lagi. Anda dapat melakukan promosi hanya dengan satu kali klik atau posting-an dan content Anda akan tersebar dalam hitungan detik ke seluruh dunia. Contoh social media yang dapat Anda manfaatkan untuk pemasaran seperti Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Bekerja Sama dengan Pihak Lain

Kedua, Anda dapat bekerja sama dengan pihak lain seperti jasa,biro, atau agen perjalanan. Ini akan sangat menguntungkan jika Anda dapat bekerja sama dengan agen perjalanan karena pendapatan Anda juga sudah terjamin beberapa persen. Caranya, Anda dapat memberikan penawaran tertentu kepada biro perjalanan yang bersedia membantu Anda mempromosikan kuliner Anda. Jika agen atau biro perjalanan dapat membawa konsumen ke tempat Anda, berikan dia insentif atau komisi.

Daftarkan Lokasi Bisnis pada Google Maps

Strategi pemasaran selanjutnya yakni memasukan lokasi atau peta usaha kuliner Anda pada Google Maps. Trik ini akan sangat bermanfaat jika lokasi usaha Anda berada di tempat yang tidak strategis. Rasa makanan yang enak tidak mungkin akan terjual dengan baik jika orang-orang tidak mengetahui lokas usaha Anda. Mendaftarkan lokasi pada Google Maps akan sangat membantu usaha kuliner Anda dikenal oleh masyarakat. Hal ini karena konsumen dapat melakukan tag tempat setelah makan di tempat Anda dan orang lain yang melihat dapat melacaknya dengan mudah. Mereka juga bisa memberikan review tentang usaha kuliner Anda.

Mendaftarkan Usaha Kuliner pada Aplikasi Lain

Saat ini usaha startup juga banyak sekali yang memudahkan Anda untuk melakukan promosi. Anda dapat mendaftarkan usaha kuliner Anda pada startup-startup yang berhubungan dengan bidang kuliner. Contohnya seperti Go-Food pada GoJek, Madhang, Mangan, Zomato, Wakuliner, Pergikuliner, dan sebagainya.

Program Diskon

Program diskon juga dapat Anda terapkan pada momen-momen tertentu. Misalnya pada hari Raya Idul Fitri, Natal, Hari Kemerdekaan, dan momen spesial lainnya. Adanya diskon pada momen tertentu biasanya akan membuat konsumen berbelanja lebih banyak. Namun, dalam memberikan diskon perhatikan persentasenya jangan sampai diskon membuat Anda menjadi merugi. Karena tujuan diskon ini adalah untuk menarik lebih banyak pembeli.

Mengikuti Bazar

Mengikuti bazar merupakan salah satu strategi pemasaran. Dengan mengikuti bazar maka Anda juga dapat memperluas jaringan bisnis kuliner Anda. Umumnya bazar akan dihadiri oleh banyak pengunjung dari bermacam kalangan, tentu saja ini merupakan kesempatan emas untuk melakukan promosi usaha kuliner Anda. Sewalah booth atau tempat yang strategis, hias tempat tersebut semenarik dan senyaman mungkin untuk dikunjungi oleh pengunjung. Anda juga dapat membuat kartu nama yang dapat Anda berikan kepada para pengunjung yang datang sehingga mereka akan mengingat usaha kuliner Anda.

Demikianlah tips atau beberapa strategi pemasaran usaha kuliner yang dapat meningkatkan keuntungan Anda. Namun untuk memaksimalkan keuntungan, strategi pemasaran saja tidak cukup, Anda juga harus mengelola biaya yang ada pada usaha kuliner Anda. Untuk memudahkan mengelola biaya, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Jurnal. Melalui fitur pembiayaan, Anda dapat mengatur semua biaya yang ada pada bisnis Anda, mengelola biaya, melacak bukti pembayaran, menjadwalkan pembayaran berulang, dan melihat kategori biaya menjadi mudah. Selain fitur pembiayaan, Jurnal juga memiliki fitur-fitur lain yang dapat membantu Anda mengelola keuangan perusahaan. Informasi lebih lengkap, klik di sini.