Panduan Lengkap Contoh Proposal Usaha Jasa Beserta Strategi Penyusunannya

Ketika sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa berniat untuk memperluas jangkauan pemasarannya, pengetahuan tentang penyusunan contoh proposal usaha jasa tentu menjadi sangat penting.

Hal ini terjadi karena proposal usaha berguna untuk memberikan gambaran kepada calon klien potensial tentang layanan yang disediakan oleh perusahaan tersebut, beserta keunggulannya.

Apabila Anda belum benar-benar memahami seluk beluk dari pembuatan proposal terutama yang berhubungan dengan usaha jasa, maka sudah tidak perlu khawatir lagi.

Berikut telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai proposal usaha jasa di bawah ini!

contoh proposal usaha jasa

Memahami Proposal Usaha Jasa

Sebuah bisnis tidak dapat dipertahankan tanpa pertumbuhan, dan sebagian besar dari pertumbuhan itu berasal dari peningkatan basis pelanggan.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan basis pelanggan secara keseluruhan, banyak di antaranya selalu dimulai dengan menawarkan produk atau layanan ke prospek bisnis potensial. Seluruh jenis bisnis pasti selalu berupaya untuk menawarkan produk atau layanan ke pasar yang lebih luas, tak terkecuali bisnis di bidang usaha jasa.

Dalam hal ini, proposal usaha jasa menjadi sangat penting karena memungkinkan Anda untuk berbagi informasi berharga dengan calon mitra bisnis dan klien untuk mendapatkan bisnis mereka.

Memahami bagaimana menyatukan proposal layanan ini sangat penting untuk memastikan mereka diterima dengan baik dan memiliki informasi yang tepat untuk klien yang tepat.

Menemukan contoh proposal usaha jasa yang tepat saja tidak cukup, karena Anda harus memastikan bahwa informasi yang Anda tambahkan ke proposal usaha jasa itu sendiri relevan, kredibel, dan akan membantu klien untuk melihat nilai dalam bisnis Anda dibandingkan dengan proposal usaha jasa lain yang mungkin mereka terima.

Apa Itu Proposal Usaha Jasa?

Definisi proposal usaha jasa sebenarnya merujuk pada contoh dokumen tertulis yang disiapkan oleh pemilik bisnis dan dikirimkan ke klien dengan tujuan untuk menarik minat bisnis mereka.

Secara sederhana, proposal usaha jasa adalah dokumen penjualan komprehensif yang menguraikan layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan di bidang usaha jasa.

Proposal usaha jasa yang baik minimal harus mencakup hal-hal berikut:

  • Lingkup Pekerjaan

Lingkup pekerjaan dalam proposal usaha jasa akan menjelaskan dengan tepat apa yang akan dimasukkan dalam proyek kerja.

  • Hasil Kerja

Hasil kerja dalam proposal usaha jasa akan menguraikan produk dan layanan dasar

  • Besaran Biaya

Besaran biaya dalam proposal usaha jasa akan menguraikan biaya komponen pengerjaan secara menyeluruh

  • Garis Waktu (Timeline)

Garis Waktu atau Timeline pada proposal usaha jasa dapat dijadikan sebagai pedoman tentang berapa lama proyek pengerjaan akan berlangsung.

Proposal usaha jasa yang sukses tidak hanya berakhir di situ. Meskipun informasi dasar ini penting, bahkan lebih penting untuk memastikan klien memahami keunggulan serta keunikan produk sehingga produk jasa yang ditawarkan dapat menonjol dari pesaing, yang mungkin juga mengirimkan proposal usaha jasa mereka.

contoh proposal usaha jasa

Manfaat Menggunakan Proposal Usaha Jasa

Jika Anda adalah bisnis yang menawarkan layanan jasa khusus kepada klien, maka Anda benar-benar perlu menyusun proposal usaha jasa. Penting untuk dicatat bahwa rencana bisnis dan proposal usaha jasa bukanlah hal yang sama. Mereka masing-masing memiliki peran yang sangat berbeda dalam bisnis Anda, tetapi sama pentingnya.

Rencana bisnis Anda adalah dokumen yang berfokus terutama pada bisnis Anda secara keseluruhan. Ini mencakup strategi perusahaan Anda, misi dan visi Anda, dan sebagainya.

Di sisi lain, proposal usaha jasa adalah dokumen yang berisi informasi lengkap seputar produk jasa yang ditawarkan kepada klien. Mari kita lihat lebih dalam alasan mengapa proposal usaha jasa menjadi sangat penting bagi bisnis jasa:

  • Perencanaan dan Proyeksi

Dengan menyusun proposal usaha jasa, maka pemilik bisnis dapat mengetahui pentingnya perencanaan, mengetahui ke mana arah proyek dan bagaimana strategi yang dilakukan untuk mencapainya. Proposal usaha jasa mencakup informasi tentang tantangan dan risiko bisnis.

Bagian ini membutuhkan banyak penelitian dari pemilik bisnis baru dan perlu dievaluasi ulang secara teratur karena pasar dan kebutuhan klien selalu berubah dan berkembang. Setiap proyek memiliki tantangannya sendiri dan mengidentifikasinya dalam proposal usaha jasa memungkinkan Anda untuk menawarkan solusi dan rencana potensial tentang cara menghadapinya,

  • Proposal Usaha Jasa Menyoroti Keunggulan Bisnis

Peran proposal usaha jasa adalah untuk menarik minat klien baru, memenangkan proyek, atau bahkan mendapatkan dana tambahan.

Proposal usaha jasa adalah peluang besar bagi pemilik usaha untuk memberikan yang terbaik dengan menunjukkan kepada klien potensial bagaimana bisnis jasa akan membantu mereka, mengapa ide bisnis perusahaan tersebut adalah yang terbaik dan mengapa mereka harus membeli dari perusahaan ini.

Semakin banyak keunggulan yang dimasukkan ke dalam proposal usaha jasa, maka tampilannya akan semakin menarik dan semakin besar kepercayaan yang akan diberikan kepada klien bahwa perusahaan Anda adalah pilihan yang terbaik.

  • Menawarkan Struktur dan Arah.

Contoh proposal usaha jasa akan mencakup tujuan dan sasaran yang jelas untuk proyek dan bisnis. Sasaran ini pada gilirannya dapat memberi proyek arah yang jelas dan memungkinkan struktur ditempatkan di tempat bagaimana perusahaan akan mencapainya.

Ini bisa sangat berharga bagi klien. Hal ini terjadi karena meskipun mereka mungkin menyukai penawaran layanan dari proposal usaha jasa, namun jika mereka tidak dapat melihat dengan jelas bagaimana proyek akan dijalankan atau dikelola, mereka tidak akan termotivasi untuk bekerja dengan perusahaan tersebut.

  • Proposal Usaha Jasa  Memperjelas Hasil Proyek

Mungkin salah satu alasan terbesar Anda adalah karena dokumen ini memungkinkan setiap orang untuk berada di halaman yang sama dalam hal hasil proyek. Klien jelas tentang apa ditawarkan oleh perusahaan, bagaimana menawarkannya, jadwal yang terlibat, serta besaran biaya.

Proposal usaha jasa membantu menghilangkan kesalahpahaman yang berpotensi muncul. Ini juga mengapa sangat penting bahwa proposal usaha jasa ini harus mencakup informasi sebanyak mungkin. Menggunakan template contoh proposal usaha jasa memang akan membuatnya lebih mudah, tetapi penting untuk menyelesaikan setiap bagiannya secara detail.

Contoh Proposal Usaha Jasa

Agar Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai contoh proposal usaha jasa, berikut telah kami sajikan contoh proposal  dari perusahaan yang bergerak di bidang desain grafis. Contoh proposal usaha jasa di bawah ini bisa dijadikan pedoman bagi Anda untuk menyusun rancangan proposal usaha jasa yang akan ditujukan ke klien potensial.

“Mentari Design Solution”

PROPOSAL PENAWARAN JASA DESAIN GRAFIS

(Logo, Brosur, Poster, Pamflet, Banner)

 

  1. PENDAHULUAN

Saat ini, dunia desain sudah berkembang dengan cukup pesat. Hal serupa juga dapat dirasakan pada ranah desain grafis. Desain grafis adalah keahlian di untuk membuat konten visual yang dapat mengkomunikasikan pesan.

Semakin hari, semakin banyak pelaku usaha yang sadar akan pentingnya desain grafis untuk mengembangkan bisnis, terutama dalam ranah pemasaran. Desain yang baik tentu dapat menarik semakin banyak konsumen, sekaligus menjangkau lebih banyak calon konsumen secara keseluruhan.

Oleh sebab itu untuk bisa memicu perkembangan yang signifikan bagi bisnis Anda, diperlukan teknik desain yang baik bagi produk atau komponen pemasaran yang digunakan.

  1. VISI dan MISI

  • VISI

Menciptakan standar baru dalam dunia desain grafis yang semakin inklusif secara visual

  • MISI

Membuat gagasan dan ide desain yang berkualitas

Merancang desain yang efektif dalam meningkatkan pemasaran

Meningkatkan produktivitas hasil kerja di bidang desain grafis

  1. TENTANG KAMI

Mentari Design Solution adalah sebuah perusahaan penyedia layanan desain grafis yang ditujukan bagi peningkatan pemasaran pada perusahaan penyedia barang atau jasa di Indonesia. Jenis-jenis layanan yang ditawarkan oleh Mentari Design Solution antara lain adalah desain logo, brosur, poster, pamflet, banner, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, Mentari Design Solution dimulai dari sebuah perhimpunan mahasiswa desain grafis di Yogyakarta yang menyediakan jasa desain grafis seperti desain logo, brosur, dan poster bagi perusahaan-perusahaan terutama UMKM.

Pada awalnya, penyediaan jasa ini hanya bertujuan untuk menambah pengalaman dan pengetahuan semasa studi. Lama kelamaan, Mentari Design Solution menjadi semakin berkembang dan dikenal secara luas hingga akhirnya kini memiliki 3 cabang yakni di Yogyakarta, Jakarta, dan Medan.

Dalam Mentari Design Solution, kami mengedepankan prinsip kreatifitas dan integritas tinggi. Oleh sebab itu, kami selalu berusaha untuk mewujudkan ide-ide desain kreatif yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan usaha Anda.

Ke depannya, Kami berupaya menjadikan Mentari Design Solution sebagai panutan atau contoh bagi perusahaan lain yang bergerak di bidang desain. Kami juga berharap bahwa Mentari Design Solution dapat terus hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda terhadap desain kreatif sehingga mampu mengembangkan banyak bisnis di Indonesia.

  1. DATA USAHA
    1. Nama Perusahaan      : Mentari Design Solution
    2. Bidang Usaha              : Industri Kreatif
    3. Jenis Produk/ Jasa    : desain logo, brosur, poster, pamflet, banner, kartu nama, souvenir, dan lain-lain
    4. Alamat Perusahaan    :

Cabang 1    : Jalan Prof. Dr. Ir. Herman Yohanes. Sagan, Terban Gondokusuman, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cabang 2    : Jalan Elang Laut,  Kamal Muara, Jakarta Utara.

Cabang 3    : Jalan Karya Jaya, Gedung Johor, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara.

    1. Nomor Telepon        : +628123456789
    2. E-mail            : [email protected]

 

2. STRUKTUR ORGANISASI

3. PAKET LAYANAN

    • JASA DESAIN
NO JENIS DESIGN WAKTU PENGERJAAN HARGA (Rp.)
1. Company Logo 3 Minggu Rp 300.000
2. Kartu Nama 1 Muka 3 Hari Rp 50.000
3. Kartu Nama 2 Muka 3 Hari Rp 75.000
4. Kop Surat 3 Hari Rp. 100.000
5. Amplop 3 Hari Rp 75.000
6. Id Card 3 Hari Rp 50.000
7. Brosur 1 Minggu Rp 50.000
8. Spanduk 5 Hari Rp 150.000
9. Kartu Ucapan 3 Hari Rp 30.000
10. Bilboard / Baliho 1 Minggu Rp 350.000
11. Cover Buku 1 Minggu Rp 200.000
12. Poster 5 Hari Rp 100.000
13. Design Kaos 3 Hari Rp 50.000 – Rp 100.000
14. Buku Tahunan 1 bulan Rp 300.000
15. Design Logo Paket 1 1 Bulan Rp 200.000
16. Design Logo Paket 2 40 Hari Rp 150.000
17. Design Logo Paket 3 2 Bulan Rp 100.000
18. Undangan 1 Minggu Rp 100.000

 

  1. TAHAPAN PENGERJAAN

  1. Tahap Analisa

Tahap pertama yang kami lakukan adalah tahap analisa yang dijalankan untuk memahami keinginan klien. Pada tahap ini, seringkali dilakukan tanya jawab kepada klien untuk memahami kebutuhannya.

Semakin banyak informasi yang didapatkan dari klien, desainer akan semakin mudah memahami keinginannya. Informasi yang dibutuhkan biasanya mulai dari persyaratan teknis, target pemirsa, anggaran dan tenggat waktu, profile produk / perusahaan, dan sebagainya.

  1. Brainstorming

Tahap berikutnya adalah brainstorming dari beberapa karyawan desainer yang bertujuan untuk mendefinisikan kebutuhan desain. Pada proses ini , staf yang ditugaskan akan mengumpulkan informasi yang diperlukan mulai dari kebutuhan klien sampai dengan tren.

  1. Proses Kreatif

Proses kreatif langsung dilakukan setelah inspirasi diperoleh dari proses brainstorming. Proses kreatif akan menghasilkan beberapa hal seperti berupa konsep awal, sistem dan rencana desain, serta metodologi.

  1. Perancangan Draft

Perancangan draft adalah proses yang bertujuan untuk menciptakan garis besar hasil desain secara sederhana dengan cara manual.

  1. Pembuatan Desain

Dalam tahap ini, hasil draft yang sudah disetujui akan menjadi patokan untuk pembuatan desain asli yang lebih sempurna. Proses pembuatan desain ini dilakukan sepenuhnya secara digital.

  1. Revisi

Pada tahap ini, pihak klien akan melihat apakah desain yang dibuat telah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan. Apabila hasil desain dirasa belum sesuai, maka proses revisi akan langsung dilakukan hingga menghasilkan desain yang cocok.

  1. Final Artwork

Pada tahap ini, para staf akan menyiapkan kebutuhan percetakan berdasarkan desain yang sudah final. Pada tahap ini, staf juga akan memeriksa kembali hasil desain agar mengurangi risiko kesalahan.

  1. PENUTUP

Berdasarkan proposal penawaran yang telah Kami lampirkan , besar harapan Kami agar terjalin kerjasama antara Perusahaan Bapak/Ibu dengan Kami dan mempercayakan kepada kami perihal desain grafis.

Jika pihak perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan informasi lebih lanjut seputar layanan yang kami sediakan, mohon hubungi contact person kami di bawah ini:

Dimas         : +62-811223344

Sri Indah    : +62-844332211

email [email protected]

Terima kasih.

Hormat kami,

 

MENTARI DESIGN SOLUTION

Tips Membuat Proposal Usaha Jasa

Setelah kamu membuat proposal usaha yang baik dan menarik, sekarang waktunya membahas tips untuk memastikan kesuksesan proposal tersebut. Berikut adalah tips – tipsnya :

  1. Gunakan Media Lain untuk Meyakinkan Investor

Proposal yang diajukan biasanya harus kamu jelaskan pada pihak investor. Saat menjelaskan proposal ini, kamu bisa gunakan berbagai media pendukung. Mulai dari file presentasi Power Point sampai video dan demonstrasi sample produk, tentu akan memberi kesan baik pada pihak investor.

  1. Buat Proposal yang Fleksibel

Proposal tentu merupakan gabungan konsep dan penawaran mengundang bagi investor. Jika ada sesuatu yang dalam proposal tersebut tidak cocok dengan investor, kamu bisa kaji kembali hal tersebut. Jika proposal berbentuk fleksibel dan bisa diubah sesuai kebutuhan investor, tentu saja bisnismu akan lebih cepat disetujui.

  1. Ajukan Trial Period dan Milestone

Walaupun memiliki proposal usaha yang menarik dan meyakinkan, banyak investor yang mencari bukti kongkrit. Dalam hal ini, kamu bisa mengajukan trial period dan milestone dalam proposal tersebut.

Dalam Trial period ini, kamu menerima dana dan mulai operasi usaha, tapi saat investor melihat bisnis kamu tidak berjalan sesuai rencana, mereka bisa tarik kembali modal mereka. Hal ini tentu memiliki resiko tersendiri, tapi daripada tidak memulai usaha sama sekali, opsi ini tentu lebih baik.

Mengenai milestone, kamu membuat usaha dengan dana dari investor dan membuat target dalam jangka singkat yang harus dipenuhi. Target ini bisa berupa tingkat keuntungan, jumlah produksi dan lain – lain. Jika kamu tidak memenuhi milestone tersebut, Investor bisa mencabut dana yang mereka berikan. Hal-hal tersebut tentunya dibuat berdasarkan kesepakatan dengan pihak investor.

  1. Kuasai Materi yang Berhubungan dengan Proposal

Hal terakhir yang pastinya membuat pengajuan proposal sukses adalah kemampuan kamu dalam menguasai materi. Dalam hal ini, kamu tidak hanya menguasai apa yang ada di dalam proposal tapi juga segala sesuatu lain yang berhubungan.

Contoh saja situasi persaingan dengan usaha lain, pasar dan berita terakhir seputar dunia bisnis. Hal ini nantinya bisa membantu kamu menjawab pertanyaan investor dan bahkan membuat jawaban yang meyakinkan.

Aplikasi keuangan UKM terbaik yang menjadi rekomendasi kami adalah dari Mekari Jurnal. Serta software invoice yang dirancang oleh para ahli agar memudahkan pengusaha UKM mengelola keuangan serta invoice mereka.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai proposal usaha jasa, manfaat, contohnya, serta strategi dalam merancang proposal menggunakan aplikasi terpercaya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, proposal usaha merupakan unsur yang sangat penting untuk memastikan agar perusahaan dapat memperluas jangkauan pemasarannya.

Semoga bermanfaat!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo