Bisnis kuliner termasuk salah satu jenis bisnis yang menjadi pilihan banyak orang, karena dianggap lebih mudah dilakukan daripada bisnis lainnya. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kenyataannya, bisnis kuliner termasuk bisnis yang tergolong rumit karena membutuhkan banyak inovasi dan kreativitas yang berkelanjutan.

Kesalahan yang tidak diantisipasi ketika membuka sebuah bisnis kuliner membuat banyak pengusaha gulung tikar karena tak mampu menghadapi persaingan bisnis. Di bawah ini akan kita bahas beberapa kesalahan yang sering dilakukan para pelaku bisnis kuliner yang harus Anda hindari.

 

Tidak fokus

Kesuksesan pada tahap awal bisnis sering membuat seorang pengusaha mulai tidak fokus pada pengembangan usahanya.  Terkadang mereka justru tergoda membangun bisnis sampingan lainnya. Hal ini adalah wajar. Namun, jika semua dilakukan terlalu terburu-buru dan tanpa perencanaan yang matang, hanya akan membuat perhatian Anda terpecah dan tidak fokus untuk membesarkan bisnis kuliner yang sudah Anda jalani.

 

Konsumtif

Bisnis yang sukses akan memberikan penghasilan yang besar. Namun, penghasilan sering membuat Anda jadi lebih konsumtif. Uang yang didapat dari bisnis sering dianggap sebagai bonus dan upah kerja keras sehingga lupa untuk menyimpan atau memutarnya sebagai investasi baru. Sifat konsumtif ini akan sangat berbahaya, terutama untuk perkembangan bisnis.

 

Tidak Berbagi Kepemilikan

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis kuliner adalah dengan berbagi kepemilikan bisnis dengan orang lain. Misalnya melalui penanaman saham, ataupun dengan model waralaba. Namun, banyak orang yang takut untuk melakukan hal ini. Mereka berpikir bahwa berbagi kepemilikan akan membuat keuntungan berkurang atau membuat rugi. Padahal, jika dilakukan dengan sistem yang tepat dan kuat, pembagian kepemilikan akan membuat bisnis lebih besar dan meminimalkan risiko keuangan yang harus ditanggung perusahaan.

 

Berhenti Berinovasi

Dalam bisnis kuliner, inovasi dan kreativitas merupakan salah satu syarat wajib. Ketika produk bisnis kuliner yang dijual sudah mendapatkan respon yang memuaskan dan menghasilkan keuntungan besar, orang cenderung lalai untuk terus berinovasi. Jika ingin sukses berbisnis, sebaiknya jangan berhenti berinovasi dengan berbagai cara. Ingatlah bahwa persaingan akan selalu ada, dan jika tidak ingin kalah dalam persaingan bisnis, sebaiknya tetap kreatif untuk menciptakan inovasi menu baru yang unik.

 

Tidak Melakukan Survei Pasar

Makanan kesukaan seringkali jadi inspirasi bagi seseorang untuk menjadikannya sebuah ladang bisnis. Hanya saja, perlu diingat bahwa tidak semua makanan yang Anda sukai juga akan disukai orang lain. Banyak orang yang punya selera berbeda tentang makanan. Jangan ragu untuk melakukan survei pasar sebelum menentukan produk yang akan dijual. Kesalahan memilih produk akan berakibat produk yang tidak komersil dan tidak laku.

 

Persaingan Harga

Dalam menjalankan bisnis kuliner, persaingan memang tak mungkin dihindari. Persaingan ini tidak hanya terlihat dalam persaingan barang dagangan yang sama, tapi juga persaingan harga. Persaingan harga adalah hal yang harus diantisipasi. Karena seringkali kompetitor Anda akan menjual barang yang sama dengan harga yang lebih murah untuk menarik pelanggan. Untuk mengatasi hal ini, usahakan untuk menjual produk yang murah namun rasa dan kualitasnya tetap baik dengan menekan sedikit keuntungan.

 

Tidak Profesional

Menjalankan bisnis bukan sekadar seperti berinvestasi atau menanam modal semata. Banyak orang yang hanya mempertimbangkan masalah modal, dan hanya ingin menikmati hasil keuntungan saja. Padahal, bisnis juga merupakan sebuah proses pembelajaran, serta buah dari pemikiran dan kerja keras. Karena itu, dalam bisnis sekecil apapun kita tetap membutuhkan sikap profesional dalam menjalankan dari mulai perencanaan keuangan sampai pemilihan karyawan.

Untuk mempermudah sebuah perencanaan keuangan pada bisnis kuliner yang Anda jalankan, Anda butuh beberapa perangkat pengelola keuangan online yang dapat diandalkan. Jurnal merupakan software akuntansi online  yang telah bermitra dengan beberapa POS yang dapat mempermudah bisnis kuliner Anda untuk memiliki sistem kasir yang secara otomatis terintegrasi dengan layanan pengelolaan keuangan Jurnal, seperti pengecekan stok, pengelolaan aset, laporan laba rugi, dan laporan keuangan lainnya yang sangat penting untuk mendukung bisnis Anda. Dapatkan semua informasi penting tentang Jurnal di sini, dan dapatkan kemudahan mengelola keuangan bisnis kuliner Anda.

Author