Jurnal Enterpreneur

Kiat Mengembangkan Bisnis F&B Kaki Lima

Bisnis F&B tidaklah harus besar atau mewah, Bisnis F&B dapat berjalan sukses asalkan makanan dan minumannya cocok di lidah konsumen dan memiliki reputasi yang baik di mata konsumen. Kali ini, Kami akan membagikan beberapa jurus jitu dalam mengembangkan Bisnis F&B kaki lima.

1.Catatan Keuangan (Cash Flow)
Setiap usaha sudah pasti memiliki catatan keuangan. Catatan Keuangan tersebut akan berguna untuk mengetahui dengan pasti jumlah modal, biaya operasional sehari-hari yang dikeluarkan, dan keuntugan yang sudah diperoleh. Selain itu juga, Catatan Keuangan juga dapat berguna untuk mengetahui dana yang akan digunakan untuk pengembangan usaha. Untuk pengajuan peminjaman ke bank, sebuah catatan keuangan juga dapat menentukan ditereima atau tidaknya pengajian tersebut. Dengan adanya laporan pembukuan yang sesuai dapat menjadi jaminan bahwa pedagang telah benar-benar membuka dan menjalankan usahanya.

2.Harga Jual
Dalam Hal ini, Anda harus memastikan harga jual makanan dan minuman bersaing dengan penjual makanan dan minuman yang lainnya. Harga merupakan salah satu faktor yang terpenting untuk memenangkan pelanggan dalam mengahadapi banyaknya kompeititor di pasaran.

3.Mengelola karyawan secara benar
Jumlah karyawan yang Anda miliki harus sesuai dengan kebutuhan usaha. Usahakan agar karyawan Anda bekerja dengan efektif dan efisien. Buatlah aturan yang jelas mengenai hubungan antara pemiliki dan karyawan. Hak dan kewajiban harus jelas dan diketahui oleh karyawan sejak awal bekerja namun jangan terlalu menjaga jarak dengan mereka. Anggaplah mereka adalah rekan kerja Anda agar hubungan Anda dengan karyawan terjaga baik.

Upah karywan sebaiknya disesuaikan dengan perkembangan bisnis Anda. Pemberian bonus dan kenaikan upah dapat Anda jadikan sebagai penghargaan jika omset Anda mengalami peningkatkan. Tentunya ini adalah salah satu cara untuk menigkatkan kiinerja karyawan.

4.Menyisihkan Keuntungan untuk pengembangan usaha
Keuntungan yang didapat harus dipisahkan antara lain untuk persiapan mengganti perlengkapan usaha yang dibutuhkan. Kita dapat mengetahui bisnis F&B sukses atau tidak dari tempat usahanya menjadi lebih besar, jumlah karyawan yang bertambah dan sudah memiliki berberapa cabang.

5.Menu Andalan
Di Bisnis F&B harus memiliki menu andalan yang dapat menarik konsumen. Dengan adanya menu andalan yang menarik, konsumen dari berbagai empat memiliiki keinginan untuk mendatangi restoran Anda dan mencoba menu tersebut.

6.Kualitas Pelayanan
Banyak orang berpikir Bisnis F&B Kaki lima pasti akan memberikan pelayanan yang tidak lakan membuat mereka akan kembali lagi dan merekomendasikan Bisnis F&B Anda ke teman-teman mereka. Ramah dan Senyum adalah salah satu kunci pelayanan yang baik. Kebersihan dan Kerapihan juga merupakan salah satu cara membuat konsumen puas dalam hal pelayanan.

7.Kerja keras, kreatif, dan cerdas
Dengan berlandasan kerja keras, Anda sebagai pemilik usaha pastilah akan sukses. Kreativitas juga sangatlah diperlukan agar tema dan makanan tidak monoton. Kerja keras juga harus memiliki cara cerdas agar Anda tidak perlu bekerja dengan semua tenaga Anda.

8.Pembukuan yang Simple
Anda dapat memiliki pembukuan yang simple dengan cara menggunakan software akuntansi. Dengan adanya software akuntansi, Laporan keuangan kalian dapat menjadi balance dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo