Jurnal Enterpreneur

7 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM Bagi Perusahaan

Sebuah perusahaan yang hebat tentu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang hebat pula. Pada masa sekarang ini, persaingan bisnis semakin ketat, maka produktivitas SDM harus ditingkatkan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan.  Untuk itu, program pelatihan dan pengembangan SDM harus dilaksanakan agar dapat mengatasi permasalahan ini.

Pelatihan SDM merupakan usaha yang dilakukan untuk membentuk personal yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan kerja, dan loyalitas kerja kepada suatu perusahaan ataupun organisasi.

SDM yang berkualitas akan membantu perusahaan untuk lebih berkembang dan mencapai tujuan perusahaan.

pelatihan sdm

Pentingnya Pelatihan SDM agar Bisnis Berkembang Lebih Baik

Berikut adalah beberapa hal yang bisa didapatkan jika Anda melakukan pengembangan SDM pada bisnis.

  1. Produktivitas kerja. Dengan pelatihan SDM, produktivitas kerja karyawan akan meningkat, kualitas dan kuantitas produksi semakin baik, karena technical skill (keterampilan teknik), human skill (keterampilan karyawan), dan managerial skill (keterampilan manajer) karyawan akan semakin baik.
  2. Meningkatkan efisiensi. Pengembangan SDM juga dapat meningkatkan efisiensi tenaga, waktu, bahan baku, dan mengurangi ausnya mesin-mesin. Dengan begitu pemborosan akan berkurang, sehingga biaya produksi relatif kecil dan daya saing perusahaan semakin besar.
  3. Menghindari kerusakan. Dengan pengembangan SDM, karyawan akan menjadi semakin ahli dan terampil dalam melaksanakan pekerjaannya. Dengan begitu kerusakan barang, produksi, dan mesin-mesin akan semakin berkurang.
  4. Menghindari kecelakaan kerja. Melatih SDM juga mampu mengurangi tingkat kecelakaan karyawan, sehingga jumlah biaya pengobatan yang dikeluarkan perusahaan berkurang.
  5. Meningkatkan pelayanan. Pelatihan dan pengembangan SDM juga penting untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik dari karyawan kepada konsumen atau rekan perusahaan, karena pemberian pelayanan yang baik merupakan daya tarik yang sangat penting bagi rekanan-rekanan perusahaan yang bersangkutan.
  6.  Moral lebih baik. Dengan pelatihan SDM yang tepat, moral karyawan akan lebih baik karena keahlian dan keterampilannya sesuai dengan pekerjaannya sehingga mereka antusias untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.
  7. Karir karyawan. Kesempatan untuk meningkatkan karir karyawan semakin besar, karena keahlian, keterampilan, dan produktivitas kerjanya lebih baik. Promosi pun biasanya didasarkan kepada keahlian dan produktivitas kerja seseorang.
  8. Konseptual. Manejer semakin cakap dan cepat dalam mengambil keputusan yang lebih baik, karena technical skill, human skill, dan managerial skill lebih baik.
  9. Kepemimpinan. Komunikasinya lebih luwes, motivasinya terarah sehingga pembinaan kerjasama vertikal dan horizontal semakin harmonis.
  10. Balas jasa. Gaji, upah insentif, dan benefits) karyawan akan meningkat karena produktivitas kerja mereka semakin besar.
  11. Konsumen. Pengembangan karyawan akan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat atau konsumen karena mereka akan memperoleh barang atau pelayanan yang lebih bermutu.

Jenis-Jenis Pelatihan SDM

Berikut adalah jenis-jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda lakukan:

1. Skill Training (Pelatihan Keahlian SDM)

Pelatihan keahlian atau skill training merupakan jenis pelatihan yang sering dilakukan pada setiap perusahaan.

Program skill training relatif sederhana seperti menilai kebutuhan atau kekurangan dan kemudian diidentifikasi melalui penilaian yang teliti.

2. Retraining (Pelatihan Ulang SDM)

Pelatihan ulang atau retraining yaitu memberikan keahlian yang dibutuhkan oleh karyawan untuk menghadapi tuntutan kerja yang berubah-ubah.

Melalui hal ini, karyawan dapat lebih percaya diri dalam menyelesaikan pekerjaan.

3. Cross Functional Training

Cross functional training atau pelatihan lintas fungsional adalah pelatihan yang melibatkan SDM atau karyawan untuk melakukan aktivitas kerja dalam bidang lainnya selain pekerjaan yang ditugaskan.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan juga sinergitas antara fungsional satu dengan lainnya.

pengembangan sdm

4. Team Training (Pelatihan Tim)

Pelatihan tim dilakukan dengan bekerja sama yang terdiri dari sekelompok individu untuk menyelesaikan pekerjaan demi tercapainya tujuan bersama dalam sebuah tim kerja.

Pelatihan tim biasanya dilakukan di luar ruangan dengan menerapkan beberapa permainan namun tidak jarang pelatihan tim juga dilakukan di dalam kantor.

5. Language Training (Pelatihan Bahasa)

Pelatihan Bahasa bagi SDM menjadi penting karena di masa depan atau bahkan saat ini beberapa perusahaan lokal sudah terhubung dengan perusahaan asing.

Dengan adanya pelatihan bahasa maka karyawan dapat meningkatkan komunikasi bahasa asing dan dapat memberikan value tambahan pada karyawan.

6. Technology Training (Pelatihan Teknologi)

Beberapa perusahaan atau fungsi pasti menerapkan teknologi. Misalnya saja digital marketing, developer,dan juga administrasi.

Pelatihan teknologi bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan keahlian karyawan.

jenis jenis pelatihan sdm

7. Creativity Training (Pelatihan Kreatifitas SDM)

Pelatihan kreativitas atau creativity training yaitu pelatihan SDM dengan memberikan peluang untuk mengeluarkan gagasan sebebas mungkin berdasarkan pada nilai rasional.

Gagasan tersebut nantinya dapat dikembangkan untuk membangun perusahaan yang lebih baik.

Itu adalah beberapa jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang bisa Anda lakukan.

Dengan melakukan pelatihan dan pengembangan secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa SDM yang Anda miliki memiliki kualitas yang semakin baik.

Dengan kualitas dan  manajemen SDM yang semakin baik, perusahaan Anda dapat semakin maju dan berkembang.

Contoh-contoh program pelatihan karyawan bisa diterapkan secara berkala.

Selain itu, Anda juga harus memastikan keuangan bisnis memiliki kondisi yang baik dan stabil.

Dengan keuangan yang baik, perusahaan dapat lebih mudah berkembang.

Untuk itu, cobalah mulai melakukan pengelolaan keuangan bisnis.

Gunakan bantuan software akuntansi perusahaan untuk mengelola keuangan bisnis dengan lebih mudah dan nyaman.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat memastikan keuangan bisnis Anda berjalan dengan baik.

Dengan aplikasi accounting milik Jurnal, Anda juga dapat membuat strategi keuangan lebih tepat dengan melihat laporan keuangan yang disediakan program stok barang dari Jurnal secara realtime.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal dan nikmati free trial hingga 14 hari!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan pelatihan SDM.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo