Memiliki bakat memasak biasanya membuat seseorang lebih sering mencoba memasak makanan baru. Praktek ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena pasti terkadang akan mengalami kegagalan sehingga menambah banyak pengeluaran. Namun, tidak semua orang yang memiliki hobi memasak hanya bisa menghabiskan uang. Anda yang memiliki bakat memasak dan bisa membaca peluang dapat menjalankan sebuah bisnis yang berkaitan dengan dunia memasak, salah satunya adalah bisnis kue.

 

Bisnis kue termasuk bisnis yang menjanjikan karena tidak semua orang bisa membuatnya, padahal dari hari ke hari makin banyak yang membutuhkan atau menyukainya. Jika Anda berminat untuk menjalankan  bisnis kue ini, tidak ada salahnya untuk mengikuti strategi pemasaran berikut ini.

 

Awali dari Lingkungan

Ketika Anda memulai bisnis penjualan kue dan ingin memasarkannya, strategi pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengawalinya mulai dari lingkungan sekitar. Tawarkan kue yang Anda buat kepada tetangga dan biarkan mereka memberikan kritik. Di mana, kritik ini bisa Anda jadikan sebagai landasan untuk kemajuan bisnis Anda. Selain dapat memberikan kritikan, dengan strategi ini Anda juga bisa menghemat biaya promosi karena cukup dilakukan di sekitar rumah tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi.

 

Berikan Tester

Karena bisnis kue berhubungan dengan rasa, maka tidak ada salahnya menyediakan kue tester pada calon konsumen agar mereka merasakan terlebih dahulu bagaimana kualitas kue yang Anda buat. Dengan merasakan tester kue, mereka akan tahu bagaimana rasa produk yang Anda buat, kemudian mereka akan percaya untuk melakukan pembelian atau merekomendasikannya kepada orang lain.

 

Gunakan Social Media

Selain melakukan pemasaran secara langsung, Anda juga bisa melakukan pemasaran melalui social media. Dengan media tersebut Anda dapat menyebarkan foto dan deskripsi tentang produk kepada target yang akan tuju. Manfaatkan media apapun yang Anda miliki selama media tersebut masih gratis. Dengan social media, produk kue yang Anda buat bisa dikenal banyak orang dan tentunya bisa berkembang. Ketika menggunakan social media, cobalah untuk selalu posting pada waktu-waktu tertentu agar banyak orang yang melihat. Selain itu, hindari untuk mem-posting berkali-kali, karena hanya akan membuat spam di beranda orang lain.

 

Berikan Bonus

Banyak sekali orang yang tertarik dengan barang gratis. Anda bisa memanfaatkan kondisi ini sebagai strategi pemasaran bisnis kue Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan loyal. Anda bisa memberikan bonus kepada konsumen yang berhasil mengajak temannya untuk berbelanja di tempat Anda. Dengan demikian akan ada banyak konsumen baru yang datang berdasarkan rekomendasi teman mereka. Selain itu, Anda juga bisa memberikan bonus pada konsumen yang mempromosikan produk Anda di social media. Ikut berpartisipasi untuk memasarkan sebuah produk tentunya membutuhkan sebuah apresiasi. Memberikan sebuah penghargaan berupa sebuah diskon atau produk gratis akan menarik mereka untuk ikut mempromosikan bisnis kue Anda berulang kali.

 

Bentuk Kue Secara Kreatif

Pada dasarnya semua kue memiliki tekstur yang sama dan rasa yang sama, hal yang membedakan adalah bentuk dan tampilannya. Jika Anda ingin banyak konsumen yang tertarik dengan bisnis kue yang Anda jalani, buatlah bentuk yang unik dan berbeda dengan yang lain. Gunakan kreativitas Anda untuk menghias kue yang Anda produksi agar lebih menarik. Anda bisa membuat bentuk kue sesuai dengan target pasar, apakah untuk anak-anak, remaja, ataupun dewasa. Semakin unik dan indah tampilan kue, maka semakin banyak juga konsumen yang akan tertarik.

 

Itulah 5 strategi sukses untuk memasarkan bisnis kue yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Jalankan strategi tersebut dengan sabar agar memperoleh hasil yang maksimal. Lakukan juga dengan penuh optimis karena tidak ada bisnis yang bisa langsung berjalan dengan mulus tanpa adanya sebuah strategi pemasaran yang tepat.

Untuk mendukung kesuksesan bisnis kue yang Anda jalani, tentunya Anda membutuhkan pengelolaan keuangan bisnis yang baik. Percayakan pengelolaan keuangan bisnis kue Anda pada Jurnal software akuntansi online. Jurnal memahami bagaimana setiap bisnis akan membutuhkan pengelolaan keuangan yang berbeda. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini dan manfaatkan free trial selama 14 hari dari kami.