13 Cara Efektif Menarik Pelanggan dalam Bisnis Kuliner Menarik pelanggan adalah salah satu tantangan umum dalam bisnis kuliner yang terus berkembang Makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan pokok sehari-hari. Oleh karena itu, bisnis kuliner menjadi salah satu peluang yang terus berkembang dan banyak dilirik oleh pasar. Bisnis kuliner juga tidak memerlukan modal yang besar, Anda hanya perlu keterampilan untuk menciptakan makanan/minuman yang unik dan menarik calon pelanggan. Target pasar bisnis ini pun beragam, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Jadi sebelum memulai bisnis kuliner, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini untuk menarik target Anda. 1. Inovasikan Menu Bisnis kuliner ternyata juga salah satu yang memiliki banyak kompetitor. Pelanggan yang telah Anda miliki akan dengan mudah berpaling ke kompetitor jika Anda tidak memberikan sebuah inovasi baru dalam segi produk maupun teknik pemasaran. Untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada, Anda harus siap menjadi orang kreatif yang selalu berpikir inovatif. Cobalah buat menu baru yang mengikuti tren, misalnya yang sekarang sedang tren adalah martabak atau es krimkekinian. Sedangkan untuk membuat inovasi dalam segi pemasaran, Anda dapat mencoba untuk mempromosikan kuliner Anda melalui media sosial dan mengajak pelanggan untuk berbagi foto dengan hashtag tertentu. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan hadiah kecil-kecilan seperti voucher makan ataupun hadiah lainnya. Baca Juga : 4 Tempat untuk Mencari Inspirasi Bisnis Kuliner 2. Menambahkan Seasonal Menu Perubahan selera pelanggan dalam dunia kuliner sangat dinamis. Untuk itu, pelaku usaha perlu jeli mengamati tren pasar. Salah satu strategi efektif adalah menghadirkan menu musiman yang memanfaatkan bahan baku lokal segar. Contohnya, menu spesial berbahan dasar mangga yang hanya tersedia saat musim panen, akan memberikan nilai tambah dan keunikan bagi usaha Anda. 3. Desain Kemasan Secara Menarik Kemasan yang unik dan menarik adalah salah satu kunci untuk menarik pelanggan dalam bisnis kuliner. Meski sering diabaikan, kemasan produk juga bisa menjadi citra produk di masyarakat sehingga mewakili identitas suatu merek. Desain kemasan kreatif dengan gambar dan warna yang menarik dapat membangkitkan rasa penasaran pelanggan terhadap produk makanan Anda. 4. Riset Segmentasi Pasar dan Kompetitor Untuk meningkatkan reputasi bisnis kuliner yang Anda miliki, perlu dilakukan riset segmentasi pasar dan kompetitor yang mendalam. Langkah ini bertujuan untuk mengenal kebiasaan calon pembeli saat ingin membeli makanan dan kekurangan apa yang belum kompetitor miliki. Dengan memahami kebiasaan pembelian pelanggan dan mengidentifikasi celah yang belum diisi kompetitor, Anda dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk memenangkan pasar. 5. Manfaatkan Media Sosial Di era yang sudah serba digital seperti saat ini, Anda perlu memasarkan bisnis melalui media sosial. Dengan biaya yang relatif rendah dan kemudahan akses, bisnis Anda dapat meningkatkan jangkauan, menarik perhatian masyarakat luas, dan memperkuat loyalitas pelanggan melalui konten yang relevan dan menarik. 6. Gunakan Google Bisnis Salah satu kemudahan yang ditawarkan dunia teknologi adalah adanya Google Business. Fitur andalan dari software ini yaitu menyajikan profil usaha kuliner pada Google Maps. Tidak hanya lokasi kuliner, tapi pelanggan juga dapat melihat ulasan, foto produk, dan kualitas produk dari ulasan yang diberikan pelanggan. Pendaftaran akun di Google Business tergolong sangat mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. 7. Daftarkan Bisnis ke Marketplace Kuliner Selain Google Business, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam marketplace kuliner seperti, Shopee Food, Grab Food, dan Go Food untuk meluaskan jaringan pemasaran. Melalui integrasi dengan platform-platform ini tidak hanya memperluas aksesibilitas usaha Anda ke basis pelanggan yang lebih luas, tetapi juga secara signifikan meningkatkan visibilitas merek dan memperkuat branding di era digital. Baca juga: Bisnis Melalui Online Marketplace, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya 8. Menjaga Rasa dan Kualitas Makanan Kualitas rasa pada makanan merupakan kunci utama untuk menarik hati pelanggan. Sebagai pemilik bisnis kuliner, Anda tidak hanya dituntut untuk memastikan kualitas bahan baku yang terjamin kesegarannya dan keasliannya, tetapi juga untuk menciptakan harmoni rasa yang mampu memanjakan lidah pelanggan. Ini berarti menguasai seni meracik bumbu, memahami interaksi antar bahan, dan terus berinovasi dalam menciptakan cita rasa yang unik dan konsisten. 9. Berikan Promo Menarik Cara selanjutnya untuk menarik perhatian pelanggan yaitu dengan memberikan promosi. Anda bisa menerapkan potongan harga sebesar 20%, 30%, atau bahkan teknik Beli 1 Gratis 1. Melalui cara ini, Anda bisa menambah rasa kepuasan pelanggan terhadap produk yang mereka beli. 10. Aktif Merespons Ulasan Pelanggan Langkah selanjutnya yaitu, bangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan tingkatkan loyalitas mereka dengan merespons ulasan online. Tindakan responsif ini menunjukkan bahwa Anda menghargai tanggapan mereka dan berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik. 11. Buat Calon Pelanggan Percaya Salah satu alasan seseorang membeli makanan/minuman adalah citarasa yang lezat. Dengan memiliki rasa yang enak dan lezat, pelanggan akan datang dengan sendirinya. Bukan hanya itu, bisnis kuliner dengan rasa yang lezat pasti juga akan menjadi perbincangan, mulai dari mulut ke mulut hingga perbincangan di media sosial. Setelah memiliki makanan/minuman dengan rasa yang telah dijamin, cobalah buat pelanggan percaya dengan produk yang Anda jual dengan menghindari pemakaian zat-zat berbahaya. Karena kepercayaan pelanggan adalah hal yang sulit untuk didapatkan. Jangan sampai pelanggan Anda pergi satu per satu hanya karena mereka sudah tidak percaya dengan kualitas makanan/minuman yang Anda jual. Baca juga: Cara Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Bisnis 12. Jalin Hubungan Baik Siapa sangka jika cara kita melayani pelanggan merupakan salah satu hal penting. Dengan pelayanan yang buruk, pelanggan dapat dengan mudah pergi meninggalkan bisnis Anda. Jadi mulai sekarang mulailah mengubah mindset bisnis kuliner Anda dan anggaplah pelanggan adalah sebuah raja yang harus diperlakukan dengan baik. Dengan begitu, bukan hanya pelanggan yang akan bertahan, calon pelanggan pun akan dengan mudah tertarik untuk membeli produk yang dijual. Anda juga dapat menjalin hubungan baik dengan memberikan reward ketika pelanggan Anda ulang tahun. Hal ini tentu akan membuat hubungan baik antara Anda dan pelanggan, serta mereka juga akan merasa senang dengan perlakuan istimewa tersebut. 13. Berpikir Positif Ini adalah salah satu cara yang harus selalu tertanam dalam diri Anda sebelum memulai bisnis ataupun saat menjalani sebuah bisnis. Apapun bisnis yang akan atau sedang Anda jalankan, cobalah untuk selalu berpikir positif dan terus bekerja keras meski sedang mengalami kegagalan. Dan perlu diingat, kegagalan adalah suatu permulaan sebelum Anda mendapatkan sebuah kesuksesan. Jangan jadikan pikiran negatif menjadi penghambat untuk Anda memulai bisnis atau mengembangkan bisnis. Selain 4 hal di atas, untuk memulai bisnis Anda juga harus membuat proposal bisnis yang baik untuk menjalankan bisnis yang lebih mudah dan teratur. Setelah bisnis berjalan, Anda juga harus membuat laporan keuangan. Dengan laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah mengambil keputusan ketika ingin mengembangkan bisnis kuliner menjadi lebih baik. Mekari Jurnal adalah software akuntansi bisnis kuliner yang memberikan kemudahan dalam membuat laporan keuangan secara instan. Mekari Jurnal menyediakan berbagai macam fitur seperti online invoice indonesia, hingga rekonsiliasi bank. Dengan menggunakan software inventory Indonesia milik Mekari Jurnal, Anda juga dapat lebih fokus mengembangkan bisnis di mana pun dan kapan pun.