Strategi Branding menjadi salah satu langkah terpenting dalam membangun bisnis. Singkatnya, Hal ini akan memberikan bisnis Anda suatu persona atau kepribadian yang unik dan posisi yang berbeda di antara para kompetitor. Tetapi, branding bisa menimbulkan suatu tantangan tersendiri bagi para pebisnis. Tanpa modal pengetahuan yang kuat terkait branding dan dengan sumber daya terbatas, para pebisnis sering membuat kesalahan umum seperti tidak mendefinisikan identitas dan guidelines suatu brand secara jelas. Sehingga pada akhirnya brand mereka tidak memberikan kesan pertama yang kuat kepada para calon pelanggan. Untuk itu, Anda sebagai pebisnis butuh merancang strategi branding produk yang baik. Berikut tips-tips untuk membangun strategi Branding yang baik bagi bisnis Anda:

Pahami Tujuan Bisnis Secara Mendalam

Umumnya, banyak bisnis menebar janji-janji kemanfaatan dan kegunaan terkait brand produk yang mereka promosikan. Namun membangun branding tidak hanya sebatas hal tersebut. Anda juga harus mendefinisikan tujuan yang jelas dalam melakukan branding suatu produk. Sementara memegang apa yang dijanjikan bisnis Anda diperlukan untuk menentukan strategi positioning produk atau brand Anda, analogi pertanyaan seperti “mengapa Anda harus bangun setiap hari untuk pergi bekerja?” berperan penting dalam membangun branding. Dengan kata lain, pertanyaan “mengapa” tersebut akan mengantarkan Anda mencari tujuan secara lebih spesifik. Dan hal ini juga berfungsi sebagai “pembeda” antara bisnis Anda dengan bisnis kompetitor Anda. Untuk mempermudah pendefinisian tujuan bisnis, Anda bisa membagi tujuan-tujuan bisnis anda menurut dua kategori utama ini:

  1. Fungsional: Kategori ini berfokus pada evaluasi terhadap keberhasilan dari aktivitas penjualan komersial bisnis Anda.
  2. Intentional: Kategori ini berfokus pada kemampuan untuk tidak hanya bagaimana bisnis bisa menghasilkan uang, namun juga bermanfaat bagi lingkungan sekitar, baik dari segi sosial, lingkungan, dan lainnya.

Gali terus secara mendalam untuk menentukan tujuan bisnis Anda. Jika Anda butuh inspirasi dan referensi, coba lihat suatu brand dari bisnis lain yang Anda sukai dan kagumi. Lihat bagaimana brand tersebut mengemas dan mengonsep visi dan misi mereka.

Konsisten Terhadap Standar Branding

Kunci agar bisnis Anda berjalan konsisten adalah dengan menghindari melakukan atau menangani hal-hal yang tidak terkait untuk meningkatkan branding Anda. Sebagai contoh, ketika Anda mengunggah foto baru ke halaman atau feed media sosial bisnis Anda, maka pertanyaan yang muncul adalah “Apa arti dan makna dari foto tersebut bagi bisnis? Apakah aktivitas tersebut sejalan dengan pesan pemasaran Anda? Atau apakah Anda hanya sekedar “iseng” ketika mengunggah foto tersebut?” Perhatikan baik-baik langkah atau aktivitas Anda: sebisa mungkin lakukan aktivitas apapun secara konsisten dan sejalan dengan visi misi bisnis Anda.

Dalam upaya memberikan brand Anda sebuah platform untuk pondasi atau standing point bisnis, Anda perlu memastikan bahwa semua perpesanan pemasaran dan aktivitas lainnya kohesif, melekat dengan visi misi Anda. Pada akhirnya, kekonsistenan bisnis Anda akan berkontribusi kepada suatu pengakuan brand yang juga mendorong loyalitas pelanggan.

Manfaatkan Emosional Pelanggan

Terdapat kecenderungan seperti pelanggan tidak akan ragu membeli suatu produk brand tertentu dengan nominal uang jutaan bahkan hingga miliaran hanya dengan satu alasan. Alasan tersebut adalah hanya karena mereka suka dan mereka menganggap brand tersebut adalah bagian dari diri mereka. Implikasinya, emosional pelanggan berperan penting dalam usaha branding bisnis Anda.

Mengapa bisa begitu? Orang-orang memiliki keinginan bawaan, baik secara sadar maupun tidak untuk membangun suatu “hubungan” terhadap sesuatu yang mereka minati. Sebuah penelitian merumuskan hipotesis bahwa orang-orang memiliki kebutuhan psikologis dasar untuk merasa terhubung erat dengan orang lain, dan bahwa ikatan kasih sayang dari suatu hubungan adalah bagian utama dari kebiasaan manusia.

Pelajaran yang bisa dipetik? Temukan cara branding agar terhubung dengan pelanggan Anda pada level yang lebih dalam dan lebih emosional. Apakah brand bisnis Anda cocok dengan passion dan kebutuhan pelanggan dan memicu rasa “kekeluargaan” terhadap pelanggan? Lalu, Apakah brand bisnis Anda membuat suatu aktivitas pelanggan menjadi lebih mudah? Gunakan pemicu emosional seperti ini untuk memperkuat hubungan Anda dan menumbuhkan loyalitas terhadap pelanggan.

Fleksibel dalam Melaksanakan Aktivitas Branding

Dalam dunia yang dinamis ini, bisnis Anda harus beradaptasi secara fleksibel agar tetap relevan dengan segala perubahan yang terjadi. Di sisi positifnya, ini membebaskan Anda untuk berkreasi dengan kampanye atau usaha pemasaran Anda. Lalu kemudian muncul pertanyaan: “bagaimana agar konsistensi dan fleksibilitas jalan secara bersamaan?”. Sementara konsistensi bertujuan untuk menetapkan standar brand Anda, fleksibilitas memungkinkan Anda melakukan penyesuaian yang juga akan membangun minat pelanggan dan membedakan pendekatan Anda dari para kompetitor  Anda.

Dengan kata lain, program branding yang efektif membutuhkan kekonsistenan yang cukup agar dapat diidentifikasi oleh pelanggan. Tetapi kegiatan Branding juga membutuhkan berbagai variasi untuk menjaga brand Anda terlihat segar (Fresh) di mata pelanggan.

Empat keutamaan strategi branding tersebut diharapkan akan efektif dalam memengaruhi minat bahkan loyalitas pelanggan. Dan tentunya Anda harus menyiapkan sistem akuntansi yang baik untuk menunjang kebutuhan dan tujuan bisnis Anda. Dewasa ini, banyak perusahaan atau bisnis sudah menggunakan Software Akuntansi modern sebagai instrumen untuk menunjang kualitas pencatatan dan pelaporan transaksi bisnis mereka. Jurnal adalah salah satu pilihan Software Akuntansi yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Karena Jurnal menawarkan banyak fitur akuntansi secara lengkap seperti pembuatan faktur dan PO, pencatatan dan pengkategorian biaya-biaya, pembuatan Laporan Keuangan komprehensif secara otomatis, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lengkap mengenai Software akuntansi berbasis realtime ini bisa Anda lihat di sini.