Kini, mulai terjadi perubahan dalam hal cara berbelanja para pembeli. Semakin hari, pembeli semakin jeli sehingga mereka meneliti produk secara cermat sebelum membelinya.. Pembeli akan meluangkan waktu untuk membaca ulasan produk, memeriksa foto produk, bahkan mengecek testimoni pembeli sebelumnya. Intinya, pembeli kini tidak mudah puas dan percaya pada sebuah produk yang ditawarkan sehingga mereka akan menjelajah jauh hingga merasa menemukan yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan. Hal ini berpengaruh pada bisnis retail karena pola konsumsi pelanggan yang berbeda menuntun strategi bisnis yang berbeda pula. Anda bisa mengimbangi perubahan pembeli ini dengan menggunakan pendekatan ritel omnichannel. Berikut penjelasan lengkap mengenai ritel omnichannel yang sebaiknya dipahami. 

Apa itu omnichannel? 

Omnichannel adalah suatu sistem yang memungkinkan pembeli menggunakan lebih dari satu channel penjualan milik Anda. Umumnya channel yang dijadikan satu yaitu toko fisik, e-commerce, mobile commerce (m-commerce), serta media sosial. Jadi dengan menggunakan strategi omnichannel pembeli bisa lebih leluasa geraknya ketika menjelajah toko Anda. Pembeli bisa melihat foto produk secara jelas melalui media sosial seperti instagram, kemudian menambahkannya ke keranjang belanja online di ponsel mereka, dan nanti setelahnya menyelesaikan pesanan melalui desktop, kemudian tahap akhir yaitu mereka bisa mengambil produk tersebut di toko Anda. Strategi omnichannel ini membuat pengalaman berbelanja pembeli menjadi lebih efisien dan mudah. 

Cara kerja omnichannel

Strategi omnichannel bekerja dengan cara menghubungkan semua channel bisnis Anda yang berbeda. Hal pertama yang pelu dilakukan yaitu mengumpulkan semua informasi inventaris dan data pelanggan di satu tempat sehingga bisa dikirimkan ke masing-masing channel sesuai permintaan. Ketika Informasi telah bisa didistribusikan dengan lancar, maka omnichannel pun telah bisa dijalankan. Yang terjadi kemudian adalah pelanggan Anda yang sedang melihat produk di situs web Anda dapat memlihat keseleruhan detail tentang produk tersebut termasuk informasi stok seperti sisa jumlah serta toko mana yang masih menyediakan produk itu. Dengan omnichannel, bahkan ketika pelanggan Anda tersebut datang ke toko, pegawai toko telah tahu mana produk yang akan ditawarkan karena telah melihat kegiatan pelanggan tersebut sebelumnya. 

Manfaat sistem strategi omnichannel 

Menerapkan sistem omnichannel memberikan simbiosis mutualisme antara pembeli dengan Anda selaku penjual. Hal ini tentunya membuat omnichannel menjadi salah satu hal yang sebaiknya diterapkan dalam bisnis Anda. Berikut penjelasan manfaat sistem omnichannel yang sebaiknya Anda tahu.

1. Manfaat bagi pelanggan 

Bagi pelanggan Anda, manfaat terbesar ritel omnichannel yaitu kenyamanan ketika berbelanja. Ritel omnichannel sangat memudahkan pelanggan untuk membeli berbagai produk. Mereka bisa membeli kapan saja dan di mana saja melalui ponsel. Pelanggan juga tidak perlu repot mencatat atau mengingat apa saja yang akan dibeli sebelumnya karena semua history kegiatan mereka di toko telah terekam di akun mereka. 

2. Manfaat bagi bisnis Anda

Untuk bisnis Anda, ritel omnichannel dapat membantu meningkatkan laba dan loyalitas pelanggan. Bayangkan pelanggan Anda login ke akun mereka, lihat item di situs web Anda, dan kemudian tutup browser. Beberapa jam kemudian, sistem Anda dapat secara otomatis mengirimkan email yang menampilkan produk serupa. Karena orang tersebut sudah tertarik pada item tersebut, mereka lebih cenderung mengklik dan membeli.

Penerapan strategi omnichannel dalam bisnis skala kecil

Sistem omnichanel terbaca sangat hebat untuk digunakan namun sayang sistem ini memiliki kelemahan. Untuk membangun sistem omnichannel dibutuhkan biaya yang cukup besar. Anda memerlukan seorang ahli dalam pemrograman web, teknologi, perangkat lunak, serta butuh sistem keamanan data yang sangat kuat. Untuk bisnis skala kecil, tentu hal ini merupakan beban yang terlalu berat untuk ditanggung. Jadi, apakah memang omnichannel tidak bisa diterapkan dalam bisnis skala kecil? 

Ternyata masih memungkinkan, lho. Meski tidak menerapkan sistem ini sama persis seperti pada bisnis skala besar, namun Anda bisa mengambil prinsip-prinsip dasar omnichannel untuk diterapkan pada bisnis skala kecil. Kunci keberhasilan strategi omnichannel untuk bisnis skala kecil yaitu konsistensi dan konektivitas. Ketika pelanggan Anda bisa berpindah di antara channel satu dengan lainnya tentu mereka sudah akan merasa dimudahkan dalam berbelanja.

Cara menerapkan sistem omnichannel paling sederhana yaitu seperti berikut ini. Pertama, unggah cerita di Instagram tentang produk Anda dan sertakan tautan ‘geser ke atas’ yang bisa membawa pembeli langsung menuju halaman produk. Kedua, perbarui situs web Anda dengan menambah deskripsi produk dan foto yang menarik sehingga pelanggan dapat melakukan riset sebelum membeli. Ketiga, periksalah layanan pelanggan yang telah Anda miliki. Jika masih terpisah, Anda bisa membuat layanan pelanggan bukan hanya lewat telpon saja namun juga bisa melalui media sosial. 

Author