Mekari Jurnal
Daftar Isi
8 min read

Pentingnya Strategi Marketing Omnichannel untuk Bisnis Ritel

Tayang 01 Jul 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Strategi marketing omnichannel adalah suatu sistem yang memungkinkan pembeli menggunakan lebih dari satu channel penjualan milik Anda. Simak penjelasan lengkapnya!

Kini, mulai terjadi perubahan dalam hal cara berbelanja para pembeli. Semakin hari, pembeli semakin jeli sehingga mereka meneliti produk secara cermat sebelum membelinya.

Pembeli akan meluangkan waktu untuk membaca ulasan produk, memeriksa foto produk, bahkan mengecek testimoni pembeli sebelumnya.

Intinya, pembeli kini tidak mudah puas dan percaya pada sebuah produk yang ditawarkan sehingga mereka akan menjelajah jauh hingga merasa menemukan yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.

Hal ini berpengaruh pada bisnis retail karena pola konsumsi pelanggan yang berbeda menuntun strategi bisnis yang berbeda pula.

Anda bisa mengimbangi perubahan pembeli ini dengan menggunakan pendekatan ritel omnichannel. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai strategi marketing omnichannel yang sebaiknya dipahami.

Kelola marketplace dan lacak semua transaksi dengan lebih mudah dengan menggunakan software Jurnal. Bukitkan langsung dengan coba gratis Jurnal sekarang!

 

Apa itu Omnichannel? 

Omnichannel adalah suatu sistem yang memungkinkan pembeli menggunakan lebih dari satu channel penjualan milik Anda.

Umumnya channel yang dijadikan satu yaitu toko fisik, e-commerce, mobile commerce (m-commerce), serta media sosial.

Jadi dengan menggunakan strategi omnichannel pembeli bisa lebih leluasa geraknya ketika menjelajah toko Anda.

Pembeli bisa melihat foto produk secara jelas melalui media sosial seperti instagram, kemudian menambahkannya ke keranjang belanja online di ponsel mereka, dan nanti setelahnya menyelesaikan pesanan melalui desktop, kemudian tahap akhir yaitu mereka bisa mengambil produk tersebut di toko Anda.

Strategi omnichannel ini membuat pengalaman berbelanja pembeli menjadi lebih efisien dan mudah.

Cara Kerja Omnichannel

Strategi omnichannel bekerja dengan cara menghubungkan semua channel bisnis Anda yang berbeda.

Hal pertama yang pelu dilakukan yaitu mengumpulkan semua informasi inventaris dan data pelanggan di satu tempat sehingga bisa dikirimkan ke masing-masing channel sesuai permintaan.

Ketika Informasi telah bisa didistribusikan dengan lancar, maka omnichannel pun telah bisa dijalankan.

Yang terjadi kemudian adalah pelanggan Anda yang sedang melihat produk di situs web Anda dapat memlihat keseleruhan detail tentang produk tersebut termasuk informasi stok seperti sisa jumlah serta toko mana yang masih menyediakan produk itu.

Dengan omnichannel, bahkan ketika pelanggan Anda tersebut datang ke toko, pegawai toko telah tahu mana produk yang akan ditawarkan karena telah melihat kegiatan pelanggan tersebut sebelumnya.

Multichannel vs Omnichannel

Pemasaran omnichannel dan multichannel adalah dua strategi marketing yang sangat berbeda, meskipun keduanya fokus pada penggunaan beberapa saluran untuk menjangkau calon konsumen.

Mari kita lihat perbedaannya berdasarkan arti dari masing-masing strategi marketing ini.

Strategi marketing multichannel mengacu pada kemampuan untuk berinteraksi dengan pelanggan potensial di berbagai platform. Saluran dapat berupa iklan cetak, toko ritel, situs web, acara promosi, paket produk, atau promosi dari mulut ke mulut.

Strategi marketing omnichannel adalah mengacu pada pendekatan penjualan multisaluran yang memberi pelanggan pengalaman berbelanja terintegrasi.

Pelanggan dapat berbelanja online dari desktop atau perangkat seluler, melalui telepon, atau di toko fisik, dengan pengalaman yang lancar tanpa hambatan.

Memang dari kedua strategi ini melakukan pendekatan untuk berinteraksi dengan konsumen melalui saluran yang berbeda. Tetapi dari definisinya, bisa terlihat perbedaan cara dan platform yang digunakan.

Manfaat Strategi Omnichannel 

Menerapkan sistem omnichannel memberikan simbiosis mutualisme antara pembeli dengan Anda selaku penjual.

Hal ini tentunya membuat omnichannel menjadi salah satu hal yang sebaiknya diterapkan dalam bisnis Anda.

Berikut adalah penjelasan manfaat strategi marketing omnichannel yang sebaiknya Anda tahu.

Manfaat bagi pelanggan 

Bagi pelanggan Anda, manfaat terbesar ritel omnichannel yaitu kenyamanan ketika berbelanja. Ritel omnichannel sangat memudahkan pelanggan untuk membeli berbagai produk.

Mereka bisa membeli kapan saja dan di mana saja melalui ponsel.

Pelanggan juga tidak perlu repot mencatat atau mengingat apa saja yang akan dibeli sebelumnya karena semua history kegiatan mereka di toko telah terekam di akun mereka.

Manfaat bagi bisnis Anda

Untuk bisnis Anda, ritel omnichannel dapat membantu meningkatkan laba dan loyalitas konsumen.

Bayangkan pelanggan Anda login ke akun mereka, lihat item di situs web Anda, dan kemudian tutup browser.

Beberapa jam kemudian, sistem Anda dapat secara otomatis mengirimkan email yang menampilkan produk serupa.

Karena orang tersebut sudah tertarik pada item tersebut, mereka lebih cenderung mengklik dan membeli.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

6 Langkah untuk Mengembangkan Strategi Pemasaran Omnichannel yang Sukses

Semakin banyak saluran pemasaran yang tersedia telah membuat perjalanan pelanggan semakin rumit.

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat strategi pemasaran omnichannel dengan mudah untuk memuaskan pelanggan:

1. Prioritaskan Konsumen

strategi omnichannel

Perbedaan utama yang membedakan pemasaran omnichannel dan multichannel adalah kenyataan bahwa omnichannel memprioritaskan pelanggan.

Langkah pertama menuju kesuksesan omnichannel terletak pada evaluasi perjalanan pelanggan.

Lihatlah setiap titik kontak yang ditemui pembeli sebelum menjadi pelanggan Anda. Apakah titik kontak ini memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten?

Jika tidak, Anda harus mengumpulkan departemen yang diperlukan untuk melakukan perubahan ini.

Setiap departemen harus diselaraskan dengan fokus yang mengutamakan pelanggan dan bekerja untuk memfasilitasi pengalaman pelanggan yang menarik.

Baca juga: Cara Mudah Buat Invoice Online dengan Generator Gratis

2. Kenali Pelanggan Anda

Sangat penting bagi tim pemasaran untuk memahami pelanggan. Ini berarti mengembangkan persona pembeli, mengidentifikasi target audiens, dan memahami keinginan, kebutuhan, perilaku, demografi, preferensi, dan tujuan mereka.

Dari sana, Anda ingin memanfaatkan data pihak pertama, kedua, dan ketiga yang tersedia untuk menganalisis dan mengidentifikasi pola dalam preferensi pembeli.

Akan sangat membantu jika menggunakan alat yang tepat untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menyimpan data ini.

Setelah Anda memahami siapa pelanggan Anda, menjadi jauh lebih mudah untuk memberikan pemasaran yang sesuai.

3. Gunakan Tools Marketing yang Tepat

Setelah Anda mengidentifikasi target audiens Anda, Anda harus mengidentifikasi tools dan solusi yang akan Anda gunakan untuk terhubung dengan mereka.

Beberapa contoh tools yang dapat membantu adalah:

  • Software Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)
  • Otomasi Pemasaran
  • Manajemen Media Sosial
  • Analisis Data

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

4. Segmentasikan Pengguna Anda

Penting untuk mengelompokkan audiens Anda berdasarkan titik data dan karakteristik audiens yang paling penting untuk tujuan bisnis Anda.

Anda dapat mengembangkan segmen berdasarkan persona pembeli, jalur pembelian, status langganan, dan lainnya. Segmentasi yang tepat membantu perusahaan e-commerce secara efektif menangani upaya pemasaran dan pemasaran ulang.

5. Personalisasi di Semua Saluran

strategi omnichannel

Personalisasi adalah elemen paling penting dari pemasaran omnichannel. Inilah yang membuat pelanggan Anda merasa dihargai.

Personalisasi yang berhasil mengharuskan Anda membangun koneksi 1:1 dengan setiap anggota audiens target Anda.

Dengan titik data, otomatisasi, dan alat analisis yang tepat, organisasi Anda akan dapat mengirimkan konten individual kepada penerima.

Ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan, mendorong pendapatan, meningkatkan loyalitas merek, dan menciptakan konsistensi di seluruh saluran.

Baca juga: Pengertian, Kelebihan, Jenis dan Strategi Digital Marketing

6. Lacak Kesuksesan Anda dengan Metrik yang Tepat

Melacak metrik yang tepat menggunakan alat yang tepat memungkinkan Anda melaporkan data yang akurat dan memperoleh wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk menyempurnakan pendekatan omnichannel Anda.

Dengan menangkap metrik yang tepat, Anda dapat melaporkan keberhasilan dan kegagalan strategi omnichannel Anda dengan lebih baik dan menggunakan poin data tersebut untuk merevisi strategi Anda dan meningkatkan ROI.

Permudah bisnis dengan menggunakan aplikasi akuntansi Mekari Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Penerapan Strategi Omnichannel dalam Bisnis Skala Kecil

Sistem omnichanel terbaca sangat hebat untuk digunakan namun sayang sistem ini memiliki kelemahan. Untuk membangun sistem omnichannel dibutuhkan biaya yang cukup besar.

Anda memerlukan seorang ahli dalam pemrograman web, teknologi, perangkat lunak, serta butuh sistem keamanan data yang sangat kuat.

Untuk bisnis skala kecil, tentu hal ini merupakan beban yang terlalu berat untuk ditanggung.

Jadi, apakah memang omnichannel tidak bisa diterapkan dalam bisnis skala kecil?

Ternyata masih memungkinkan, lho. Meski tidak menerapkan sistem ini sama persis seperti pada bisnis skala besar, namun Anda bisa mengambil prinsip-prinsip dasar omnichannel untuk diterapkan pada bisnis skala kecil.

Kunci keberhasilan strategi omnichannel untuk bisnis skala kecil yaitu konsistensi dan konektivitas. Ketika pelanggan Anda bisa berpindah di antara channel satu dengan lainnya tentu mereka sudah akan merasa dimudahkan dalam berbelanja.

Cara menerapkan sistem omnichannel paling sederhana yaitu seperti berikut ini.

Pertama, unggah cerita di Instagram tentang produk Anda dan sertakan tautan ‘geser ke atas’ yang bisa membawa pembeli langsung menuju halaman produk.

Kedua, perbarui situs web Anda dengan menambah deskripsi produk dan foto yang menarik sehingga pelanggan dapat melakukan riset sebelum membeli.

Ketiga, periksalah layanan pelanggan yang telah Anda miliki. Jika masih terpisah, Anda bisa membuat layanan pelanggan bukan hanya lewat telpon saja namun juga bisa melalui media sosial.

Penggunaan software seperti Jurnal akan mempermudah Anda dalam mengelola bisnis ritel dengan sistem omnichannel. Dengan Jurnal Anda bisa memantau performa bisnis dan tetap terhubung ke catatan transaksi penjualan dan pembukuan secara otomatis.

Dengan penyajian data keuangan dan penyimpanan yang akurat Anda bisa fokus berinovasi pada bisnis Anda.

Silakan coba aplikasi Jurnal secara  gratis selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan tentang omnichannel yang bisa Anda terapkan dalam bisnis ritel Anda.

Strategi marketing omnichannel adalah suatu sistem yang memungkinkan pembeli menggunakan lebih dari satu channel penjualan milik Anda.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal