Tahukah Anda apakah bisnis Anda masih memiliki cukup uang untuk bertahan? Masalah arus kas adalah salah satu alasan utama mengapa usaha kecil sering mengalami kebangkrutan. Tingkat penjualan yang tinggi atau margin keuntungan yang besar tidak akan dapat membantu jika bisnis tidak memiliki uang tunai untuk membayar tagihannya dan berinvestasi di masa depan.



Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui perkiraan arus kas (cash flow forecast) dan laporan arus kas yang akurat. Tetapi peran apa yang dimainkan masing-masing dalam proses perencanaan dan bagaimana mereka dapat membantu Anda mengelola posisi kas Anda? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

 

Manfaat Cash Flow Forecast

Dengan perkiraan arus kas yang disiapkan dengan matang (proyeksi arus kas), Anda dapat melihat bulan mana yang kemungkinan besar akan mengalami surplus tunai, dan bulan mana yang dapat menghasilkan defisit. Ini penting untuk sejumlah alasan seperti:

a. Membantu mengidentifikasi masalah potensial

Kurangnya uang tunai dapat menjadi masalah besar bagi usaha kecil, tetapi memiliki perkiraan yang akurat dapat membantu Anda menemukan potensi kegagalan beberapa bulan sebelumnya, sehingga Anda dapat mencegah atau mengurangi dampaknya. Dengan mengetahui apa yang akan terjadi, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak kekurangan arus kas. Anda bisa meningkatkan penagihan utang, membuat faktur lebih awal, merundingkan persyaratan yang lebih baik dari pemasok, melakukan rekonstruksi pembiayaan ulang utang, atau menarik garis kredit dari bank Anda. Anda juga akan memastikan Anda memiliki uang tunai untuk membayar tagihan dan melakukan pembayaran gaji.

b. Membantu bisnis tetap untung

Jika Anda memiliki perkiraan defisit kas melalui pencatatan cash flow forecast, maka hal ini mungkin akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendanai proyek pemasaran, pertumbuhan perusahaan, dan membayar karyawan yang membantu Anda mencapai kesuksesan.

c. Membantu memberi keyakinan pada pihak Bank

Saat ingin mengajukan pendanaan, pastinya kreditur ingin melihat perkiraan keuangan Anda untuk menentukan kemampuan masa depan perusahaan dalam membayar pinjaman kembali. Perkiraan arus kas Anda harus berisi perkiraan pendapatan tunai Anda untuk jangka waktu (yang Anda kumpulkan, bukan kredit) dan pengeluaran tunai Anda per bulan. Dengan merekonsiliasi dua angka ini (ekstrak pengeluaran dari pendapatan tunai) Anda akan memiliki beberapa asumsi untuk dimainkan.

Membuat estimasi arus kas suatu usaha memang bukan pekerjaan yang mudah, di mana Anda harus menghitung pengeluaran investasi dan arus kas masuk bersih pertahun setelah sebuah usaha dijalankan. Karena banyaknya variabel yang terdapat didalamnya, serta individu yang terlibat didalamnya, membuat cash flow forecast menjadi rumit sehingga kesalahan dalam estimasi menjadi tidak terhindarkan. Untuk itu perlu adanya kerja sama antara bagian keuangan dengan bagian-bagian lainnya dalam sebuah bisnis untuk menghindari adanya bias dalam peramalan.

Fungsi Dana dalam Mengelola Arus Kas

Hal terpenting sebagai dasar dalam mengelola arus kas adalah dengan memahami fungsi dana yang dimiliki, apakah untuk disimpan atau investasi. Sederhananya, fungsi tersebut dibagi menjadi 3 bagian yang meliputi:

a. Fungsi likuiditas

Dana digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional dan dapat dicairkan dengan cepat tanpa ada risiko pengurangan investasi awal.

b. Fungsi anti inflasi

Dana disimpan untuk menghindari risiko penurunan pada daya beli di masa yang akan datang dan dapat dicairkan dengan cepat.

c. Capital growth

Dana yang ada digunakan untuk penambahan kekayaan dalam jangka panjang.

Membuat rencana keuangan usaha dengan jelas akan banyak membantu Anda agar terhindar dari risiko kerugian. Dengan menerapkan cash flow forecast maka Anda dapat mengetahui arus kas dengan jelas dan rinci. Sehingga dapat dilakukan penyesuaian antara kas dengan risiko yang akan dihadapi serta Anda dapat mengambil keputusan yang tepat.

Jurnal software akuntansi online, dengan fitur cash link akan membantu Anda untuk mengetahui lebih  cepat perkiraan uang di bank dengan cara rekonsiliasi. Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga bisa membuat anggaran keuangan dan mendapatkan laporan tentang perbandingan laba rugi secara realtime kapan pun dan di mana pun. Dapatkan informasi selengkapnya tentang Jurnal di sini.