Pengertian Impor dan Peluang Bisnis yang Bisa Diciptakan

Berdasarkan pengertiannya, impor adalah suatu kegiatan untuk memasukkan barang dagangan atau bahan mentah lainnya dari luar negeri menuju dalam negeri. Istilah impor sudah banyak diketahui baik oleh masyarakat awam hingga para pemilik usaha. Namun tak banyak yang tahu peluang bisnis yang bisa diciptakan dari aktivitas impor.

Impor dilakukan secara legal dan sudah diatur oleh Pemerintah Indonesia.

Peraturan ini berfungsi untuk mengendalikan agar tidak terlalu banyak produk luar negeri yang masuk ke dalam negeri. Dengan demikian, pelaku usaha dalam negeri bisa tetap memproduksi barang dan tak mengalami persaingan ketat dalam perdagangan.

Dari sudut pandang bisnis, impor memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah memudahkan pemilik bisnis mendapat lebih banyak variasi produk untuk bisa diolah menjadi barang jadi ataupun langsung dijual dan didistribusikan ke pasar dalam negeri.

Sementara itu, dampak negatif impor adalah produk dalam negeri akan mengalami persaingan lebih ketat dengan produk-produk luar negeri. Dalam beberapa kasus, produk dalam negeri seringkali justru lebih mahal dibanding barang hasil impor, karena terkendala persoalan rantai pasok dan jalur distribusi logistik.

Baca Juga: Kita Sukses UMKM Penuhi Pasar Ekspor Impor saat Lockdown

Dampak Industri 4.0 terhadap Sektor Jasa Keuangan Indonesia

Peluang Bisnis yang Diciptakan dengan Impor

Terlepas dari bermacam-macam kontroversi tentang impor, kegiatan impor ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang bermanfaat. Beberapa peluang bisnis yang bisa diciptakan lewat aktivitas  impor antara lain:

Jasa Importir.

Jasa importir adalah layanan jasa pengurusan birokrasi untuk mendukung aktivitas impor. Jasa ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang tidak bisa mengurus birokrasi impor sehingga mengambil jalan praktis untuk menggunakan jasa importir.

Dengan menggunakan layanan jasa importir, perhitungan pajak dan harga tentu menjadi berbeda dibanding dengan mengurus aktivitas impor secara mandiri. Kendati demikian, pelanggan bisa menghemat waktu dan energi jika menggunakan jasa importir untuk melakukan impor yang dibutuhkan.

 

Distributor Barang Impor

Distributor barang impor adalah salah satu peluang bisnis yang paling sering ditemui. Baik distributor barang impor yang berasal dari sebuah brand resmi, maupun barang impor yang tidak memiliki brand besar atau biasa disebut dengan istilah brand rumahan.

Semuanya peluang bisa diambil dan dimanfaatkan dengan baik agar bisa menjadi bisnis yang berjalan lancar. Apalagi saat ini marketplace sudah tersedia dimana-mana. Tentu saja ini memudahkan para distributor untuk berdagang barang-barang yang telah diimpor.

 

Perusahaan Hardware Teknologi

Indonesia merupakan negara yang kaya. Sayangnya untuk urusan hardware teknologi, belum banyak pasokan hardware yang merajai pasar lokal. Ketika membangun perusahaan hardware teknologi yang mumpuni, maka pelaku usaha bisa menerima dukungan dari aktivitas impor untuk membeli beberapa bahan yang tidak tersedia di Indonesia.

Dengan melakukan impor, tentunya akan memudahkan perusahaan untuk membangun dan mengembangkan suatu produk teknologi secara lebih cepat.

Baca Juga : 4 Stimulus Non-Fiskal Sektor Ekspor-Impor Dari Pemerintah Akibat Corona

Perusahaan Pengolahan Bahan Impor

Perusahaan pengolahan dari bahan baku impor merupakan peluang bisnis yang menarik. Selain memiliki keunikan karena bahan baku langka di dalam negeri, bisnis ini juga berpotensi memberi keuntungan berlipat karena persaingan otomatis menjadi minim.

Umumnya, bahan baku impor yang didatangkan memiliki keunikan yang tak banyak berada di dalam negeri. Bahan impor juga umumnya memiliki kualitas yang baik karena melewati pemeriksaan berlapis.

 

Jasa asuransi barang impor

Demi menjaga keamanan dan keselamatan barang impor sampai tujuan, penggunaan asuransi bisa menjadi pilihan yang tepat. Garansi dan pelayanan diterima tepat waktu berdasarkan ETA juga bisa menjadi fitur yang cocok dalam jasa asuransi barang impor. Jasa ini mencegah kerusakan barang atau hilangnya barang di tengah pengiriman.

Impor menciptakan banyak peluang bisnis yang menarik. Hampir semua ranah bisnis memerlukan aktivitas impor untuk meningkatkan kualitas produk dan menambah variasi produk. Dengan pertumbuhan bisnis berbasis barang impor yang semakin lancar, Anda membutuhkan strategi pengelolaan keuangan yang tepat agar bisnis semakin berkembang.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan software akuntansi online Jurnal by Mekari untuk mengelola laporan keuangan perusahaan.

Jurnal memudahkan proses pelaporan keuangan melalui berbagai fitur, seperti fitur laporan keuangan, faktur penagihan, dan persediaan barang. 

Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan adanya fitur transaksi perbankan otomatis cashlink. Cari tahu selengkapnya mengenai produk software akuntansi di website Jurnal dan coba demo gratis Jurnal secara langsung.

Banner Blog

 


PUBLISHED03 Aug 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: