Permudah Proses Transaksi dengan Cash Link Transfer dan Rekonsiliasi Otomatis

Aktivitas bisnis di dalam perusahaan tak pernah lepas dari proses jual beli barang atau jasa. Transaksi bisnis terus mengalami transformasi, mulai dari pembayaran manual hingga cash link transfer atau aplikasi rekonsiliasi pada software akuntansi online.

Kendati demikian, sampai saat ini masih banyak perusahaan yang masih mengalami kesulitan saat menjalankan transaksi, khususnya ketika akan melakukan transfer pembayaran. 

Padahal, cara-cara tradisional membuka celah munculnya berbagai risiko keuangan bisnis, seperti kesalahan input data keuangan, dan kehilangan bukti fisik transfer bank. Pada akhirnya, teknologi membantu perusahaan meminimalisir risiko keuangan yang muncul tersebut. 

Berikut transformasi transaksi pembayaran yang perlu Anda ketahui dalam proses bisnis, mulai dari transfer manual sampai penggunaan aplikasi laporan konsolidasi atau cash link transfer via software akuntansi :

Baca juga : Cocokkan Transaksi Bisnis Lebih Cepat dengan Rekonsiliasi Bank di Fitur Cash Link

Transfer Manual Bank atau ATM

Pengiriman dana Manual via bank atau transfer via Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sudah menjadi pilihan transaksi bisnis sejak lama sebelum hadirnya fitur cash link transfer via software akuntansi online. Pasalnya, transfer via ATM dianggap cukup sederhana dan tidak membutuhkan keahlian khusus. 

Umumnya, transfer pembayaran via ATM memiliki keterbatasan limit nominal pengiriman. Maka itu, proses transaksi ini lebih sering dilakukan oleh pelaku usaha kecil dengan kapasitas jumlah transaksi yang tak terlalu besar. 

Selain tidak praktis, transfer pembayaran via ATM memiliki sejumlah risiko dalam proses bisnis, misalnya, kartu ATM dan bukti transfer yang rentan mengalami kerusakan atau hilang, nomor identitas rahasia atau PIN berpotensi hilang atau diketahui orang tak berkepentingan. 

Transfer via Mobile Banking

Perkembangan transaksi pembayaran selanjutnya sebelum fitur cash link transfer ialah melalui mobile banking. Dengan demikian, Anda tak perlu repot-repot pergi ke kantor cabang perbankan atau mesin ATM di sekitar tempat Anda bekerja. 

Kendati proses transaksi terbilang singkat, transfer pembayaran via mobile banking memiliki sejumlah risiko, terutama dari sisi pencatatan laporan keuangan perusahaan. 

Misalnya terjadi kesalahan input data keuangan, sehingga jumlah dana yang ditransfer antar rekening dengan data yang tercatat di laporan keuangan tidak sinkron. Belum lagi ada biaya tambahan yang perlu dibayar ketika melakukan transfer. 

Transfer via Internet Banking

Perkembangan teknologi yang muncul selanjutnya ialah transfer uang melalui internet banking. Dengan cara transfer ini, Anda bisa memperoleh kemudahan mengirim dana tanpa perlu beranjak dari meja kerja. Cukup duduk manis di depan perangkat komputer dan dana akan terkirim pada hari yang sama.

Transformasi teknologi transaksi pembayaran ini dianggap sebagai cara paling mudah dan cepat. Namun, dari sisi pengelolaan bisnis, transfer via internet banking masih menimbulkan risiko kekeliruan pencatatan dalam laporan keuangan perusahaan. 

Terlebih, jika proses transfer dana tidak terintegrasi dengan teknologi pencatatan laporan keuangan perusahaan seperti software akuntansi online.

Cashlink Transfer via Software Jurnal

Teknologi transaksi bisnis paling mutakhir yang bisa menjadi pilihan adalah fitur Cash Link Transfer via software Jurnal by Mekari. Saat ini, Jurnal bekerja sama secara eksklusif dengan Bank Mandiri, sehingga fitur ini hanya dapat digunakan oleh pemilik rekening Bank Mandiri.

Cash Link Transfer merupakan fitur yang dapat digunakan untuk membantu memudahkan Anda melakukan transfer pembayaran secara langsung dari software Jurnal tanpa harus berpindah platform

Fitur Cash Link Transfer menghubungkan akun Jurnal perusahaan Anda langsung ke Bank Mandiri sehingga dapat diakses tanpa perlu lagi bantuan mesin ATM, mobile banking atau internet banking.

Cara penggunaannya, staf keuangan perusahaan hanya tinggal meng-klik transfer pembayaran pada akun Jurnal untuk mengajukan pembayaran secara langsung. Dengan persetujuan Anda, Jurnal akan langsung memberi instruksi kepada Bank Mandiri untuk mengirimkan pembayaran tersebut. 

Fitur Cash Link Transfer memberi banyak keuntungan bagi pengguna Jurnal. Salah satunya, Anda tidak perlu lagi berpindah platform untuk melakukan transfer melalui perbankan sehingga akan menghemat waktu dan energi.

Tak hanya itu, transaksi keuangan juga akan segera tercatat pada daftar transaksi dan laporan keuangan secara otomatis di dalam aplikasi Jurnal. Hal itu akan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan dan perbedaan pada transaksi bisnis Anda. 

Hal terpenting lain, baik Jurnal maupun pihak bank tidak mengenakan biaya tambahan kepada para pengguna. Dengan demikian, Anda bisa berhemat dalam melakukan transaksi perbankan sesering mungkin. Anda hanya perlu melengkapi persyaratan dan melakukan proses aktivasi untuk bisa menggunakan fitur tersebut. 

Namun sebelum menggunakan fitur Cashlink Transfer, pastikan Anda telah mengaktivasi fitur Direct Feeds/Cash Link pada akun bank yang akan digunakan untuk Cashlink Transfer. Ikuti panduan berikut untuk menggunakan mengaktifkan fitur ini. Anda juga dapat menghubungi Tim Support Jurnal melalui icon chat yang ada di pojok kanan bawah tampilan Jurnal.

Lengkapi Formulir pengajuan yang terdapat pada akun Jurnal Anda. Apabila sudah lengkap, silahkan mengirimkan Surat Kuasa (yang dapat di unduh melalui akun Jurnal Anda) ke kantor Jurnal.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo menarik selanjutnya. 


PUBLISHED07 Jul 2020
Lavinda
Lavinda

SHARE THIS ARTICLE: