Pencanangan Gerakan Nasional Non-tunai (GNNT) yang dilakukan oleh Bank Indonesia tahun 2014 lalu menjadi asal muasal masyarakat Indonesia yang perlahan-lahan menjadi cashless society. Cashless society merujuk pada masyarakat yang tidak lagi memanfaatkan uang tunai ketika melakukan transaksi keuangan. Sebagai gantinya masyarakat menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau bahkan lewat gadget. Tentunya perubahan cara transaksi ini membuat pola belanja masyarakat Indonesia pun berubah. Bagi orang yang cerdas, perubahan ini bisa dijadikan peluang bisnis.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis, pilihlah peluang bisnis yang dapat mengadopsi sistem transasksi seperti ini. Karena apabilapebisnis tidak cepat menyesuaikan diri, Anda akan kehilangan momentum berharga untuk mendapatkan keuntungan. Berikut beberapa peluang bisnis yang akan semakin menguntungkan di cashless society.

Baca Juga: Perkembangan & Keuntungan Transaksi Cashless dalam Proses Bisnis

 

Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner memang tidak ada matinya”. Pernyataan tersebut memang benar adanya, karena di mana pun dan kapan pun orang-orang akan tetap mencari makanan dan minuman. Jika dengan pembayaran tunai saja bisnis makanan dapat berkembang pesat, apalagi jika dimudahkan dengan sistem cashless. Menurut data Grab Food Indonesia sepanjang tahun 2018 lalu, setidaknya 13 juta ayam geprek sudah diantarkan Grabfood kepada konsumen.

Bagi yang ingin merintis bisnis, kuliner merupakan peluang yang cukup besar. Setiap hari ada ribuan orang yang akan membeli makanan atau minuman dari aplikasi pesan antar makanan yang mengadopsi sistem cashless. Selain itu bisa juga ditambahkan dengan promo diskon atau cashback yang sangat disukai oleh konsumen saat ini. Dalam bisnis kuliner, sekecil apapun usaha Anda sistem cashless dapat diaplikasikan dengan mudah.

 

Bisnis Kelontong

Sama halnya dengan makanan dan minuman, barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sabun, tisu, minyak goreng dan lain sebagainya juga akan selalu mendapatkan permintaan setiap harinya. Tidak mengherankan jika minimarket atau supermarket milik perusahaan besar semakin hari semakin berkembang. Dan kesempatan untuk terus berkembang itu pun berlaku bagi toko kelontong.

Kenyamanan dan kemudahan transaksi yang diberikan oleh minimarket atau supermarket dapat pula diaplikasikan untuk toko kelontong. Dengan menggunakan sistem cashless yang mempermudah , bukan tidak mungkin konsumen akan merasa lebih nyaman karena metode pembayaran yang lebih beragam. Pelanggan tidak perlu repot mencari uang kembalian untuk pembayaran non-tunai. Selain itu harga toko kelontong yang biasanya lebih murah pun akan membuat konsumen tetap bertahan.

 

Bisnis Laundry

Kegiatan mencuci pakaian bisa menjadi momok karena butuh tenaga yang besar dan sangat memakan waktu. Walaupun sudah tersedia mesin cuci, tetap saja dalam menggunakannya perlu waktu yang tidak sedikit dan tenaga yang lebih. Apalagi mencuci pasti sepaket dengan kegiatan menjemur dan menyetrika.

Bisnis laundry biasanya sangat bekembang di masyarakat yang super sibuk seperti masyarakat di perkotaan. Satu fakta yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa masyarakat perkotaan cenderung memakai sistem cashless agar semakin mengehemat waktu mereka. Oleh karena itu agar mampu bersaing, berikan sentuhan kemudahan dengan memberikan pilihan pembayaran non-tunai.

Baca juga: Masa Depan Teknologi Pembayaran untuk Sektor UMKM

 

Online Shop

Tren cashless society berhubungan sangat erat dengan dunia online. Oleh karena itu, toko online merupakan jenis bisnis yang sangat tepat jika diaplikasikan pembayaran non-tunai. Karena metode pembayaran pada bisnis ini jadi lebih mudah, cepat, aman dan nyaman. Untuk itu jangan lupa menyertakan metode pembayaran non-tunai yang lengkap dan jelas. Bisnis online pun semakin menjanjikan karena jangkauan pasarnya lebih luas dan memiliki biaya promosi yang tidak begitu besar.

 

Jasa Titip

Peluang bisnis ini sederhana namun menjanjikan. Memulainya pun cukup mudah, apalagi untuk pecinta traveling. Cukup datang ke pusat perbelanjaan di tempat tertentu yang memiliki produk lengkap, dibutuhkan oleh orang banyak atau unik. Kemudian foto produk tersebut untuk dipajang di akun media sosial dan konsumen siap memesan.

Bisnis jasa titip akan semakin mudah jika menggunakan metode pembayaran cashless. Biasanya konsumen diminta untuk mentransfer sejumlah uang sesuai dengan barang yang diminta terlebih dahulu. Dengan menggunakan metode pembayaran cashless ini, tidak hanya pemilik jasa yang diuntungkan karena bisa berbelanja lebih nyaman tanpa takut merugi. Konsumen juga akan dimudahkan dalam pembayaran karena tinggal melakukan transaksi dari rumah dan barang akan sampai.

 

Vending Machine

Pastinya Anda juga sudah sering melihat vending machine yang menjual makanan, minuman serta barang-barang kecil lainnya. Namun kebanyakan dari vending machine yang ditemukan saat ini masih menggunakan uang tunai dalam pembayarannya. Dan pembayaran seperti ini cukup merepotkan karena sering kali uang kertas tunai konsumen ditolak oleh mesin karena berbagai alasan.

Semua masalah ini bisa diatasi apabila vending machine mengadopsi sistem cashless. Anda bisa memprogram mesin-mesin itu untuk menerima pembayaran non-tunai dengan langkah verifikasi yang singkat. Dengan demikian, konsumen bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan lebih mudah dan cepat.

 

Startup Fintech

Dibanding menjadi salah satu komponen dalam industri cashless, mengapa tidak sekalian menjadi pemain utama? Dengan makin banyaknya konsumen yang mengandalkan pembayaran non-tunai, menjadi penyedia dompet online merupakan peluang yang cukup besar.

Namun, perlu diketahui terlebih dahulu kalau cukup sulit untuk mengalahkan raksasa-raksasa fintech saat ini. Kecuali jika memiliki penawaran yang eksklusif dan tidak pantang menyerah untuk menjalin kerja sama dengan e-commerce demi membentuk brand recognition.

 

Setelah memilih mengembangkan peluang bisnis dengan menggunakan metode cashless, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah mengelola keuangan bisnis. Keuangan merupakan hal yang cukup penting namun sering terabaikan karena kerepotan dan kerumitan dalam prosesnya. Namun hal itu kini tidak menjadi masalah karena dibantu oleh Jurnal.

Sama halnya dengan sistem cashless, Jurnal juga akan semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pengelolaan keuangan. Jurnal dilengkapi dengan fitur lengkap yang membantu mempermudah pengelolaan bisnis, mulai dari stok barang, manajemen aset, membuat invoice otomatis, dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apalagi? Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial 14 hari!

 

Author