Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

7 Aplikasi dan Software Untuk Belajar Akuntansi Terbaik Gratis

Tayang 18 Jul 2023
Diperbarui 25 Juli 2023

Era modernisasi saat ini telah memberikan kemudahan pada para praktisi akuntan untuk mengelola keuangan perusahaan melalui software akuntansi. Walaupun begitu, para praktisi tetap harus belajar menggunakan software akuntansi demi meningkatkan wawasan.

Bagi Anda yang bingung di mana mempelajarinya, saat ini sudah banyak aplikasi dan software yang berfokus untuk belajar akuntansi secara gratis.

Anda tinggal mendaftarkan diri dengan memasukkan data pribadi Anda, kemudian Anda bisa masuk ke berbagai sumber informasi yang tercantum dalam software untuk belajar akuntansi tersebut.

Pada artikel ini akan secara khusus mengulas beberapa software yang dapat digunakan untuk belajar akuntansi serta cocok untuk berbagai tingkatan mulai dari pelajar, mahasiswa/i, hingga pekerja keuangan atau akuntan.

Berikut 7 aplikasi dan software untuk belajar akuntansi terbaik saat ini yang dapat Anda akses secara gratis dengan mudah!

1. Aplikasi AKSI: Asah Akuntansi by Studio Cloud

software belajar akuntansi AKSI asah akuntansi

Rekomendasi aplikasi dan software belajar akuntansi yang pertama adalah AKSI: Asah Akuntansi buatan Studio Cloud.

AKSI, merupakan aplikasi pembelajaran dan edukasi berbasis akuntansi yang cocok untuk meningkatkan wawasan Anda pada bidang akuntansi.

Bagi Anda praktisi ahli yang ingin me-recall wawasan dalam bidang akuntansi dan keuangan, aplikasi ini sangat cocok dengan Anda.

Hal tersebut karena sistemnya yang berdasarkan kuis dan soal, mulai dari pilihan ganda, short essay, matching dan true or false.

Unduh di Google Play sekarang.

2. Aplikasi Android Wildan Techno Art

Bertujuan untuk mengevaluasi wawasan ilmu akuntansi bagi pelajar, saat ini aplikasi buatan Wildan Techno Art dapat digunakan bagi mahasiswa atau praktisi akuntansi untuk menambah wawasannya.

Juga melalui konsep kuis dengan ratusan soal seperti aplikasi AKSI, cara pembelajaran pada aplikasi ini bersifat lebih menantang dan interaktif.

Ada beberapa konsep akuntansi utama yang dibahas mulai dari kas, hutang-piutang, hingga metode persediaan.

Unduh di Google Play sekarang.

3. Software Kamus Akuntansi by InnovApps

7 Aplikasi dan Software Untuk Belajar Akuntansi Terbaik Gratis

Jika Anda ingin mengingat berbagai macam istilah dalam praktik akuntansi yang cukup kompleks, Anda bisa mengakses aplikasi Kamus Akuntansi buatan InnovApps.

Sama seperti namanya, model yang diimplementasikan pada software belajar akuntansi ini dalam bentuk kamus sehingga mudah membacanya.

Isinya terdapat berbagai kata atau istilah dalam praktik akuntansi yang sering ditemukan sehari-hari yang dijelaskan lebih lanjut dalam bentuk deskripsi.

Setelah Anda meng-install aplikasi ini secara gratis, Anda dapat mengaksesnya secara offline tanpa memerlukan akses internet.

Unduh di Google Play sekarang.

4. Ilmu Akuntansi Dasar by Courses Books

Aplikasi Ilmu Akuntansi Dasar yang dibuat oleh Courses Books memiliki UI yang sederhana sehingga cocok bagi mereka yang tidak menyukai kerumitan.

Ilmu Akuntansi Dasar merupakan aplikasi yang cocok bagi Anda yang ingin memperdalam ilmu akuntansi dan keuangan bagi pelajar atau praktisi ahli.

Berkonsep e-Book, aplikasi ini sudah mengkategorisasikan istilah-istilah akuntansi dalam satu topik besar sehingga mudah mengaksesnya.

Anda juga dapat mengaksesnya secara offline jika sudah men-download data di dalamnya.

Unduh di Google Play sekarang.

5. Learn of Managerial Accounting

7 Aplikasi dan Software Untuk Belajar Akuntansi Terbaik Gratis

Aplikasi akan mengenalkan Anda pada akuntansi melalui beberapa bidang mulai dari akuntansi dasar, akuntansi konsep dan akuntansi terminologi.

Bagi Anda yang seorang praktisi akuntansi dan keuangan, aplikasi ini juga cocok sebab juga memberikan pengetahuan terhadap wawasann akuntansi tingkat lanjut.

Learn of Managerial Accounting memberikan gambaran yang cukup komprehensif terhadap ilmu akuntansi melalui istilah, definisi, teori, rumus, contoh dan persamaan yang tergambarkan secara detail langkah tiap langkahnya.

Beberapa bidang akuntansi yang dibahas mulai dari akuntansi keuangan, akuntansi biaya, hingga akuntansi manajemen.

Unduh di Google Play sekarang.

6. Software Aplikasi Akuntansi MYOB

MYOB merupakan software akuntansi yang sekaligus juga dapat membantu Anda dalam belajar akuntansi.

Walaupun berbentuk software akuntansi, MYOB dapat membantu Anda dalam memahami berbagai istilah dalam akuntansi beserta menganalisis datanya.

Fitur-fiturnya cukup lengkap mulai dari pembuatan laporan keuangan, riwayat transaksi, cost accounting dan pengelolaan keuangan perusahaan lainnya.

Dalam aplikasi akuntansi MYOB juga menyediakan modul pelatihan beserta tutorial video yang bisa Anda akses untuk mempermudah pembelajaran.

Kekurangan dari MYOB adalah pengantarnya yang masih menggunakan bahasa inggris.

Namun, penggunaan MYOB sudah umum menjadi bahan ajar dasar di jurusan sistem informasi akuntansi.

Unduh di Google Play | IOS sekarang.

7. Aplikasi Pengantar Akuntansi Mentari Edu

Aplikasi Pengantar Akuntansi Mentari Edu

Selanjutnya, aplikasi gratis yang bisa Anda akses dengan mudah melalui perangkat ponsel untuk belajar akuntansi adalah Mentari Edu.

Pada dasarnya, Mentari Edu merupakan sebuah developer aplikasi pendidikan yang berfokus pada edukasi.

Salah satu aplikasi yang mereka kembangkan adalah Pengantar Akuntansi Mentari Edu.

Melalui Pengantar Akuntansi, Anda dapat belajar dasar-dasar istilah pada akuntansi dan praktiknya yang biasanya akan ditemukan pada sebuah software akuntansi.

Seluruh materi yang tersedia di dalam aplikasi ini sudah sesuai dengan standar ikatan akuntan indonesia.

Selain pembahasan akuntansi, Pengantar Akuntansi juga terdapat fitur latihan soal agar Anda dapat mengevaluasi diri sejauh mana perkembangan wawasan Anda terhadap akuntansi.

Unduh di Google Play sekarang.

Kesimpulan

Saat ini meningkatkan ilmu dan wawasan tidak hanya bisa dilakukan di dalam rumah atau perpustakaan.

Hanya dengan perangkat ponsel pribadi, Anda sudah dapat mengakses puluhan aplikasi dan software pembelajaran akuntansi yang bisa temukan melalui Google Search Engine, Google Apps, maupun Apps Store.

Dari puluhan aplikasi dan software tersebut, tujuh di antaranya sudah diulas dalam artikel ini dan cukup direkomendasikan karena menjelaskan secara komprehensif mengenai akuntansi dan kemudahan dalam mengaksesnya.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Kategori : Akuntansi
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal