52 Istilah Akuntansi dalam bahasa Inggris Beserta Penjelasannya

Saat seseorang sedang mempelajari ilmu akuntansi, maka mereka akan dituntut untuk memahami berbagai istilah akuntansi dalam bahasa Inggris.

Tidak hanya itu saja tapi juga harus mempelajari buku referensi dalam bahasa Inggris yang tentunya akan muncul berbagai istilah yang asing terdengar.

Supaya memiliki wawasan ilmu akuntansi yang cukup, seseorang perlu membaca dan menghafal istilah-istilah yang ada di kamus akuntansi.

Jadi, ketika mendengar istilah akuntansi yang terdengar asing tidak perlu bingung lagi karena sudah menghafalnya.

akuntansi dalam bahasa inggris

Table of Contents
2 50+ Istilah Akuntansi dalam bahasa Inggris dan Penjelasannya

Pentingnya Menguasai Istilah Akuntansi

Di era modern seperti sekarang, kemampuan dalam bahasa asing khususnya bahasa Inggris menjadi hal yang mutlak dibutuhkan.

Setiap orang yang memiliki kemampuan dalam bahasa asing, akan mendapatkan poin plus di sehingga peluang diterima kerja semakin besar.

Pasalnya, pada beberapa bidang pekerjaan bahasa Inggris menjadi poin penting yang wajib dikuasai.

Begitu juga dengan posisi pekerjaan yang berkaitan dengan bidang akuntansi yang kemungkinan besar menemui beberapa kosakata atau istilah akuntansi dalam bahasa Inggris.

Oleh sebab itu, agar memiliki  pengetahuan yang cukup seputar informasi tentang berbagai istilah dan pedoman sistem akuntansi.

Dibutuhkan banyak belajar dan memahami tentang buku-buku pedoman akuntansi, baik dalam bahasa Indonesia ataupun dalam bahasa Inggris.

Meskipun tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik, paling tidak harus mengerti arti dari istilah-istilah yang kerap kali muncul di dunia akuntansi.

Dengan memahami istilah akuntansi dalam bahasa asing khususnya bahasa Inggris, seseorang akan dapat mengerjakan pekerjaan dengan lebih baik.

Orang tersebut akan lebih mudah ketika menggunakan tools atau software akuntansi berbahasa Inggris.

Tidak sampai disitu saja, nanti ketika menjadi seorang akuntan di sebuah perusahaan atau pemilik bisnis.

Orang tersebut bisa menjelaskan istilah akuntansi dalam bahasa asing dengan bahasa dan kalimat yang lebih mudah dimengerti oleh bawahannya.

50+ Istilah Akuntansi dalam bahasa Inggris dan Penjelasannya

Jika, belum memiliki kamus istilah-istilah akuntansi dalam bahasa asing, sebaiknya pahami dulu 52 istilah yang akan kita bahas kali ini. Pasalnya, istilah-istilah tersebut paling sering muncul dan digunakan dalam akuntansi.

Berikut ini beberapa kosakata atau istilah akuntansi dalam bahasa Inggris beserta arti dan penjelasannya:

  1. Account: Akun

Akun ialah catatan formal yang berisi berbagai jenis transaksi tertentu yang disimpan di sebuah buku besar. Di dalam catatan tersebut mencakup data tanggal, sumber pencatatan, beserta nilai uang.

  1. Account Balance: Saldo Akun

Account balance adalah jumlah uang yang ada di dalam repositori keuangan, contohnya seperti tabungan dan giro.

  1. Accounting: Akuntansi

Kata akuntansi dalam bahasa Inggris sendiri disebut accounting, yaitu ilmu yang meliputi tanggung jawab, konvensi, dan aktivitas audit yang dipraktikkan dalam sebuah bisnis.

  1. Additional Investment: Investasi tambahan

Istilah additional investment adalah semua investasi yang dilakukan perusahaan untuk memberikan kontribusi investasi kepada peminjam.

  1. Administration: Administrasi

Administration adalah bagian di dalam manajemen yang mencakup operasional dalam perusahaan. Administrasi ini berguna untuk mengkoordinasi kegiatan yang dilakukan perusahaan, pendelegasian wewenang, serta sebagai metode organisasi intern, dan untuk kepentingan lainnya.

  1. Auditing: Akuntansi pemeriksaan

Auditing adalah proses yang meliputi pemeriksaan dokumen dan surat berharga, melakukan wawancara untuk mendapatkan keterangan, dan menguji kebenaran suatu catatan.

Semua proses di atas dilakukan untuk mendapatkan jawaban dan kesimpulan terkait kelayakan dan kesepadanan.

  1. Bookkeeping: Pembukuan

Istilah akuntansi dalam bahasa Inggris satu ini memiliki arti sebagai proses pencatatan transaksi, contohnya seperti pembelian, penjualan, pendapatan, dan pengeluaran dalam catatan akuntansi. Lihat sistem software pembukuan disini.

  1. Budgeting: Akuntansi anggaran

Budgeting adalah anggaran belanja yang dipersiapkan, untuk memenuhi daftar rencana biaya dan daftar pendapatan.

  1. Building: Bangunan

Building merupakan istilah untuk bangunan yang dimiliki perusahaan yang dibeli atau dibuat, untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan.

  1. Capital: Modal

Istilah capital cenderung digunakan untuk menyebut kekayaan finansial yang digunakan perusahaan, dalam membangun bisnis atau menjaga keberlangsungan bisnis.

  1. Cash Flow: Arus Kas

Cash flow termasuk 50 istilah akuntansi yang digunakan untuk menyebut berbagai pos individual pendapatan dan pengeluaran perusahaan, dalam pembukuan sejak pertama kali dilakukan pencatatan.

  1. Classifying: Pengelompokan

Classifying adalah kegiatan mengelompokkan atau memisah-misahkan, transaksi keuangan perusahaan ke dalam sebuah buku besar pembantu.

  1. Copyright: Hak Cipta

Copyright adalah suatu bentuk aktiva perusahaan yang tidak berwujud, tetapi dapat menguntungkan perusahaan karena memiliki nilai yang tinggi.

  1. Credit: Kredit

Credit adalah istilah untuk menyebut kegiatan suatu pihak dalam melakukan pinjaman, dengan menyepakati suatu perjanjian pada periode yang sudah ditentukan.

  1. Credit Term: Syarat Pembayaran

Credit term adalah istilah akuntansi dalam bahasa Inggris berupa termin pembayaran yang diberikan, kepada suatu pihak baik berupa badan usaha atau individu yang melakukan pembayaran secara kredit.

  1. Current Asset: Aktiva Lancar

Current asset adalah kas yang tidak memiliki batas penggunaan, maksud dari aktiva lancar yaitu sebagai harta yang disimpan. Supaya di kemudian hari perusahaan dapat mengkonversikannya menjadi kas dalam periode.

Pada umumnya periode tersebut memiliki kurun waktu satu tahun atau bahkan kurang dari satu tahun. Aktiva lancar dikategorikan ke dalam lima subdivisi, yakni piutang, sediaan barang, kas, investasi jangka pendek, dan biaya dibayar di muka.

  1. Debtor: Debitur

Debtor adalah sebuah pihak yang berutang, pihak tersebut mempunyai kewajiban dalam membayar kembali hutangnya kepada kreditur.

  1. Debtors Account: Kartu Piutang

Debtors account yaitu buku besar pembantu yang berisi informasi dan data tentang mutasi piutang perusahaan dari para pelanggan mereka.

  1. Depreciation: Biaya Penyusutan

Depreciation adalah istilah akuntansi dalam bahasa Inggris untuk menyebut harga yang dibebankan pada operasional perusahaan dalam periode tertentu.

  1. Equities: Hak Atas Kekayaan

Equities adalah hak pemilik atas aktiva yang dimiliki perusahaan, yang didapatkan dari selisih aktiva dengan kewajiban perusahaan.

  1. Expenditure: Pengeluaran Masa Berjalan

Expenditure adalah pengeluaran biaya operasional atau penambahan harta tetap perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

  1. Expense: Beban

Expense adalah pengeluaran yang bisa berupa kas, harta lain, saham, jasa, pembuatan utang yang berguna untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Baik berupa barang maupun jasa sehingga beban merupakan objek dari pengeluaran perusahaan, seperti tenaga langsung.

  1. Goods Available for Sale: Barang Siap Jual

Good available for sale merupakan istilah akuntansi dalam bahasa Inggris yang digunakan, untuk menyebut barang yang sudah melalui tahapan perhitungan harga pokok. Serta memiliki jumlah persediaannya yang telah disesuaikan dengan permintaan pasar.

Besarnya jumlah persediaan barang tersebut dihitung dalam jangka waktu satu tahun.

  1. Gross Profit: Laba Kotor

Gross profit adalah analisis kuantitatif tentang perkiraan laba kotor yang diperoleh perusahaan selama satu tahun. Cara melakukannya, yaitu dengan melakukan perbandingan jumlah bruto dengan jumlah yang diperoleh tahun lalu.

  1. Income Statement: Laporan Laba Rugi

Istilah ini digunakan untuk menyebut laporan laba rugi yang menunjukkan biaya serta tidak menggunakan tahapan untuk menentukan laba bersih.

  1. Income or Revenue: Pendapatan

50 istilah akuntansi selanjutnya ini merujuk pada jumlah uang yang dihasilkan perusahaan, baik bisnis maupun jasa setelah mereka menjual produknya ke konsumen.

  1. Interest Rate: Suku bunga

Interest rate adalah biaya yang dibebankan pemberi pinjaman kepada pihak peminjam. Suku bunga tersebut ditetapkan berdasarkan besaran uang yang dipinjam, dengan tanggal tempo pengembalian yang telah disepakati sebelumnya.

  1. Invoice: Faktur atau Bukti Pembelian Maupun Penjualan

Invoice adalah berkas yang berisi data-data penting terkait daftar barang, harga, identitas barang, dan hal-hal yang berhubungan dengan pembayaran yang dikeluarkan oleh pihak penjual.

  1. Land: Tanah

Land adalah aktiva tetap yang berstatus siap pakai atau dapat diperbaiki terlebih dulu sebelum akhirnya digunakan untuk operasional perusahaan.

  1. Ledger: Buku besar

Ledger adalah akuntansi dalam bahasa Inggris untuk menyebut pencatatan akuntansi, yang berisi kompilasi transaksi keuangan yang termasuk di buku pembantu. Buku besar sendiri merupakan tahap awal dari pembuat laporan neraca dan laporan laba rugi perusahaan.

  1. Liabilities: Kewajiban

Liabilities merupakan utang yang berupa uang atau berupa aset lain yang wajib dilunasi perusahaan sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan dalam perjanjian.

  1. Manufacturing: Pabrik

Manufacturing merupakan Industri yang umumnya memiliki mesin-mesin produksi, peralatan produksi, dan alat pendukung lainnya. Untuk membuat produk secara massal, mesin tersebut dapat mengubah bahan baku menjadi produk jadi yang siap dipasarkan ke konsumen.

  1. Marketable Securities: Surat Berharga

Surat berharga adalah surat kewajiban dan ekuitas milik perusahaan yang nantinya dapat dijual ke pasar saham dalam waktu kurang dari satu tahun.

  1. Maturity: Jatuh Tempo

Brigham (2010) mengatakan bahwa maturity merupakan waktu, di mana pemegang obligasi akan memperoleh pembayaran kembali dari nilai pokok pada obligasi yang mereka miliki.

  1. Merchandise: Barang dagangan

50 istilah akuntansi berikutnya merupakan produk yang dijual dalam jumlah besar dan diproduksi dengan kuantitas banyak. Produk tersebut  juga bisa dijual secara eceran langsung ke konsumen tingkat akhir.

  1. Net income: Laba bersih

Net income adalah pendapatan yang diperoleh perusahaan dikurangi harga pokok penjualan, pengeluaran, pajak, dan bunga. Sedangkan, pendapatan bersih adalah keuntungan yang didapatkan, perusahaan setelah modal digelontorkan kembali.

  1. Prepaid Insurance: Asuransi Bayar di Muka

Asuransi bayar dimuka adalah biaya yang harus dibayar oleh perusahaan secara penuh, meskipun perusahaan belum menerima pembayaran sepenuhnya dari pembeli.

  1. Property: Kekayaan

Properti adalah semua nilai aset yang dimiliki perusahaan, baik dalam bentuk keuangan atau non-keuangan yang sudah dikurangi biaya pajak.

  1. Purchase: Pembelian

Purchasing adalah proses memperoleh barang atau jasa dengan menggunakan alat tukar berupa uang.

  1. Purchase Invoice: Bukti Pembelian

Bukti  pembelian adalah dokumen tertulis yang di dalamnya berisi informasi yang berhubungan dengan penyerahan barang pembelian yang dikeluarkan oleh pihak penjual. Bukti pembelian tersebut dibuat setelah pesanan telah dikonfirmasi atau ketika transaksi telah selesai.

Di dalam bukti pembelian tersebut berisi tanggal jatuh tempo, detail barang, informasi tentang pihak penjual dan pembeli, tanggal transaksi, dan jumlah pembayaran.

  1. Recording: Pencatatan

Recording merupakan proses pengumpulan data secara teratur, terkait peredaran dan penghasilan bruto perusahaan. Supaya total jumlah pajak perusahaan yang belum dibayar bisa diketahui.

  1. Rent expense: Beban sewa

Rent expense adalah istilah akuntansi dalam bahasa Inggris yang digunakan, untuk menyebut tanggungan perusahaan. Setelah mereka menyewa gedung, ruko, atau properti lainnya.

  1. Report Form: Laporan

Report form merupakan laporan hasil pekerjaan, pengamatan, penelitian yang telah dilakukan oleh perusahaan.

  1. Sales: Penjualan

Penjualan merupakan aktivitas menjual produk berupa barang atau jasa ke target konsumen yang sebelumnya telah ditentukan perusahaan.

  1. Sales Invoice: Bukti Penjualan

Sales invoice merupakan berkas atau dokumen resmi yang dipergunakan oleh penjual, untuk memberikan informasi mengenai detail transaksi kepada pembeli.

Di dalam dokumen bukti penjualan tersebut berisi informasi tentang tanggal jatuh tempo, jumlah produk, pihak penjual dan pihak pembeli, serta total jumlah nilai transaksi.

  1. Source of Document: Bukti Dokumen

Bukti dokumen merupakan kumpulan dokumen beberapa asli yang di dalamnya berisi rincian transaksi bisnis suatu perusahaan.

Di dalam dokumen tersebut  terdapat detail informasi tentang transaksi, mulai dari nama pihak yang melakukan transaksi, besarnya nilai transaksi, tanggal transaksi, hingga keterangan tambahan dalam transaksi.

  1. Stock: Saham

50 istilah akuntansi satu ini adalah instrumen yang ada di pasar keuangan yang merupakan, tanda bukti bahwa seseorang menanamkan modal pada suatu perusahaan.

  1. Summarizing: Pengikhtisaran

Summarizing adalah sajian informasi yang dikategorikan dalam bentuk berupa laporan.

  1. Supplies: Perlengkapan

Supplier merupakan istilah akuntansi dalam bahasa Inggris yang digunakan. Untuk menyebut properti atau barang yang dimiliki perusahaan tapi properti tersebut akan habis setelah dipakai berulang kali.

  1. Tax expense: Beban Pajak

Tax expense adalah jumlah penghasilan terutang terhadap penghasilan kena pajak pada satu periode perhitungan tertentu.

  1. Trademark: Merek Dagang

Trademark merupakan hak kekayaan intelektual yang mencakup desain, logo, tanda, ekspresi, dan ide lainnya yang sengaja diciptakan sebagai identitas produk.

  1. Transaction: Transaksi

Transaction adalah persetujuan jual beli antara penjual dan pembeli, yang mana penjual akan memperoleh uang sedangkan pembeli akan memperoleh barang atau jasa.

Dengan mempelajari dan menghafal berbagai kosakata di kamus istilah akuntansi dalam bahasa Inggris secara lengkap. Seseorang akan lebih mudah dalam mempelajari berbagai ilmu akuntansi tanpa perlu membuka kamus lagi.

Kamus istilah akuntansi akan sangat membantu proses belajar seseorang, sehingga mereka bisa memahami maksud dari inti pembelajaran dengan cepat. Kosakata bahasa Inggris yang telah dibahas di atas hanya sebagian dari seluruh istilah ilmu akuntansi di luar sana.

Istilah akuntansi di atas adalah kosakata yang paling umum digunakan dalam dunia akuntansi, terutama ketika sedang mempelajari pembuatan laporan keuangan.

Jadi, dengan beberapa istilah di atas diharapkan Anda tidak lagi mengalami kebingungan, ketika nanti menemukan istilah akuntansi dalam bahasa Inggris.

akuntansi dalam bahasa inggris

Proses dalam Akuntansi

Di dalam sebuah akuntansi terdapat sebuah proses yang berhubungan langsung, dengan keuangan yang ada di dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Jadi, setelah memahami istilah akuntansi ada baiknya memahami proses di dalam akuntansi, yang di dalamnya terdiri dari pencatatan, meringkas, menganalisis, dan pelaporan data.

Untuk ulasan selengkapnya tentang proses dalam akuntansi berikut ini penjelasan selengkapnya:

  • Mencatat

Proses yang paling penting di dalam akuntansi ialah pencatatan transaksi yang terjadi pada suatu perusahaan atau organisasi. Proses pencatatan ini, biasanya dikenal sebagai pembukuan yang melibatkan pencatatan dan memasukkan transaksi ke dalam pembukuan keuangan perusahaan.

Pada sebuah proses akuntansi, sistem akuntansi pada umumnya dilakukan untuk tujuan pencatatan secara rinci. Laporan tersebut digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk laporan keuangan akhir yang sangat dibutuhkan perusahaan.

  • Meringkas

Pada dasarnya, sebuah data mentah yang belum diolah dan diringkas adalah hasil pencatatan transaksi dan dianggap tidak begitu penting. Makanya, data mentah tersebut tidak terlalu berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan oleh perusahaan.

Namun, seorang akuntan memiliki peran penting dalam menggunakan data mentah. Mulai dari mengelompokkan data menjadi beberapa kategori, serta menerjemahkannya agar lebih mudah dimengerti.

Jadi, proses akuntansi yang umumnya terjadi yaitu dimulai dengan mencatat transaksi, kemudian meringkasnya.

  • Melaporkan

Semua kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan merupakan tanggung jawab manajemen. Setiap pelaku bisnis harus mengetahui semua kegiatan yang dilakukan perusahaannya serta melihat dan mengawasi bagaimana perusahaan dalam membelanjakan uangnya.

Dalam hal ini, pelaku bisnis biasanya akan menerima laporan keuangan perusahaan yang diberikan setiap bulan oleh staf akuntannya. Pada saat yang sama, mereka juga akan mendapatkan laporan keuangan tahunan yang merangkum semua kegiatan perusahaan.

  • Menganalisa

Dalam menjalankan proses akuntansi mulai dari awal hingga akhir, seseorang harus mempelajari dan menghafal istilah-istilah akuntansi dalam bahasa Inggris.

Proses yang terakhir, yaitu menganalisa yang merupakan sebuah proses akhir dalam akuntansi. Setelah mencatat dan meringkas, tentunya seorang akuntan harus menarik kesimpulan dari laporan yang mereka buat.

Pada proses inilah, manajemen berperan penting dalam memeriksa poin antara poin positif dan poin negatif dari laporan tersebut. Dalam melakukan analisa, ilmu akuntansi memperkenalkan sebuah konsep perbandingan.

Pada konsep tersebut mereka dapat membandingkan antara penjualan, laba rugi, dan data-data lainnya untuk menentukan dan menganalisa kinerja perusahaan, serta mengambil keputusan yang tepat.

Nah, itulah tadi pembahasan tentang istilah akuntansi dalam bahasa Inggris. Jika, membutuhkan informasi lebih lengkap tentang akuntansi Anda bisa mengunjungi Mekari Jurnal  untuk membaca berbagai artikel yang informatif. Semoga membantu!

Kategori : AccountingAkuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo