Jurnal Enterpreneur

Contoh Daftar Inventaris untuk Mencatat Persediaan Barang

Mengetahui contoh daftar inventaris sangat diperlukan untuk anda yang belum berpengalaman dalam membuat daftar barang untuk kantor atau usaha Anda, yuk simak manfaat serta cara membuatnya!

Daftar inventaris itu sendiri merupakan hal penting dalam sebuah bisnis, khususnya bisnis seperti retail, online shop, makanan, dan lain sebagainya.

Daftar inventaris mungkin terkesan sepele, tapi hal ini sangat krusial dalam menghindari kerugian bisnis.

Selain itu, menyusun daftar inventaris juga dibutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi, sehingga ini membuktikan bahwa daftar inventaris bukanlah hal sepele.

Membuat daftar inventaris juga membutuhkan waktu yang relatif lama.

Nah, buat Anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat dan contoh daftar inventaris, simak ulasannya berikut ini.

Kendali Penuh Stok Barang Ada di Tangan Anda! Kelola dengan Fitur Produk dan Inventory Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Pengertian Daftar Inventaris

Sebelum Anda tahu tentang cara membuat dan contoh daftar inventaris, ketahui dulu pengertian dari daftar inventaris.

Daftar inventaris merupakan daftar lengkap dari barang inventaris atau barang milik perusahaan.

Tujuan dari pembuatan daftar inventaris yaitu untuk tahu seberapa banyak barang atau produk yang terjual, barang yang tersimpan, dan barang yang diterima.

Apa saja barang yang bisa masuk ke dalam daftar inventaris?

Anda bisa memasukkan barang yang sudah siap dijual, barang atau bahan untuk membuat produk jadi, dan aset perusahaan.

Nah, dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa daftar inventaris merupakan seluruh catatan lengkap untuk barang perusahaan, seperti barang siap jual, barang untuk membuat produk jadi, dan aset yang berguna untuk operasional perusahaan.

Manfaat Daftar Inventaris

Setidaknya, daftar inventaris memiliki 5 manfaat untuk perusahaan. Apa sajakah manfaatnya? Yuk, simak 5 manfaat daftar inventaris berikut ini.

1. Menciptakan transparansi dan akuntabilitas

Mengetahui contoh daftar inventaris dan cara membuatnya sangatlah penting karena daftar inventaris bermanfaat untuk menciptakan transparansi dan akuntabilitas perusahaan.

Jadi, pemilik perusahaan bisa lebih mudah dalam mengawasi dan mengontrol aset yang dimiliki.

2. Menghemat anggaran perusahaan

Manfaat lainnya dari daftar inventaris yaitu bisa membantu dalam menghemat anggaran perusahaan.

Dengan data yang rutin diperbarui, perusahaan bisa tahu perkiraan untuk membeli aset atau bahan baku lagi di waktu yang tepat.

Namun, jika tidak ada daftar inventaris yang baik, maka memungkinkan terjadi pemborosan keuangan karena perusahaan bisa saja membeli barang yang ternyata belum dibutuhkan.

3. Mengambil keputusan yang tepat

Memiliki daftar inventaris  bisa membantu stakeholders perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih tepat.

Contohnya jika Anda adalah pebisnis di bidang food and beverage, maka perusahaan Anda berhubungan erat dengan bahan-bahan mentah dengan waktu kadaluarsa berbeda-beda.

Nah, apabila perusahaan tidak mempunyai daftar inventaris untuk bahan-bahan mentah tersebut dengan baik dan rinci, maka perusahaan akan kesulitan untuk menentukan bahan baku apa saja yang perlu restock.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

4. Aset lebih aman

Manfaat daftar inventaris yang selanjutnya yaitu bisa membuat aset atau barang milik perusahaan menjadi lebih aman.

Mengapa demikian? Hal ini karena daftar inventaris memuat informasi tentang  barang atau aset yang apa saja yang dimiliki perusahaan beserta kondisi barang tersebut dan jumlahnya.

Jadi, dengan data yang sudah lengkap inilah yang membuat aset perusahaan bisa terhindar dari pencurian atau kehilangan.

Oleh karena itu, penting sekali untuk tahu cara membuat dan contoh daftar inventaris barang.

5. Dasar penghitungan kekayaan perusahaan

Manfaat yang terakhir yaitu berguna sebagai dasar untuk menghitung kekayaan perusahaan.

Kekayaan perusahaan ini meliputi semua hal yang dimiliki oleh perusahaan, seperti aset yang bergerak maupun yang tidak bergerak.

Nah, jika Anda mempunyai daftar inventaris, maka Anda bisa lebih mudah dalam mengetahui jumlah kekayaan perusahaan yang lebih jelas.

Cara Membuat Daftar Inventaris yang Benar

Membuat daftar inventaris bisa dilakukan dengan cara manual maupun digital. Menggunakan cara manual yaitu dengan mengumpulkan data dalam satu buku.

Sedangkan, untuk cara digital yaitu menggunakan komputer dengan bantuan aplikasi seperti Microsoft Excel.

Nah, langsung saja berikut ini cara untuk membuat daftar inventaris yang baik dan benar.

1. Buatlah format tabel

Cara yang pertama yaitu Anda harus membuat format tabel. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembuatan daftar inventaris. Buatlah tabel menggunakan Microsoft Excel.

Untuk Anda yang masih bingung contoh daftar inventaris berbentuk tabel di Excel, jangan khawatir karena artikel ini akan memberikan contohnya untuk Anda.

Namun, buat Anda yang ingin membuat tabel di buku, maka disarankan untuk menggunakan buku folio.

Menggunakan buku folio disarankan karena ukuran bukunya yang besar, sehingga bisa memudahkan Anda untuk membuat lebih banyak tabel daripada buku biasa.

2. Cantumkan informasi sesuai kebutuhan 

Buat Anda yang membuat daftar inventaris, masukkan informasi barang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, cantumkan informasi seperti nama barang, jumlah, kategori, harga, status, dan informasi lainnya sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Sebagai contoh, jika jenis usaha Anda adalah toko kelontong, maka cantumkan informasi tentang kode produk, jenis produk, nama produk, tangga barang diterima, lama waktu reorder, harga produk, total biaya, dan lainnya sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Setiap jenis usaha memiliki informasi daftar inventaris berbeda-beda, jadi penting untuk tahu cara membuat dan contoh daftar inventaris.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

3. Siapkan waktu khusus 

Membuat daftar inventaris harus menyediakan waktu khusus karena pembuatan daftar inventaris tidak bisa disepelekan.

Pembuatan daftar inventaris membutuhkan waktu dan perhatian khusus. Untuk melakukan kegiatan ini, Anda bisa menyuruh pegawai atau melakukannya sendiri.

Jika ingin menyuruh pegawai, maka pilihlah pegawai yang jujur, tekun, teliti, dan berintegritas.

Hal ini karena agar tidak terjadi penyelewengan dan ketidakjujuran yang mengakibatkan kerugian pada perusahaan.

Tips Untuk Membuat Daftar Inventaris

Selain mengetahui contoh daftar inventaris, berikut tips yang bisa Anda ikuti untuk mempermudah membuat daftar inventaris.

1. Buat daftar inventaris dua rangkap

Tips pertama yaitu Anda perlu membuat daftar inventaris dua rangkap.

Dengan daftar inventaris dua rangkap ini, maka perusahaan bisa berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu terjadi kehilangan salah satu dokumen.

Selain itu, Anda juga bisa menyimpan memori cadangan di hardisk atau USB, sehingga mudah untuk melindungi atau memindahkan dokumen.

2. Memperbaharui daftar inventaris

Barang Inventaris perusahaan pasti akan mengalami perubahan. Maka dari itu, Anda harus melakukan pembaharuan secara berkala agar informasi terus update. 

3. Kategorisasi

Tips selanjutnya yaitu lakukan kategorisasi, karena mengelompokkan data berfungsi untuk membantu perusahaan.

Sebagai contoh, Anda bisa mengelompokkan benda menjadi perabotan kantor dan aksesorisnya, persediaan ritel, ATK, peralatan elektronik, kertas dan dokumen.

4. Gunakan aplikasi

Tips selanjutnya yaitu Anda bisa menggunakan aplikasi untuk menyederhanakan proses pembuatan daftar inventaris.

Saat ini, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi seperti Microsoft Excel, LibreOffice Calc, Google Sheet, dan berbagai macam aplikasi lainnya yang bisa membuat daftar inventaris.

Namun, agar lebih mudah dan efektif, Anda bisa memanfaatkan software inventory management seperti Jurnal by Mekari.

Dengan aplikasi Jurnal, Anda bisa mencatat dan memantau persediaan barang secara real time.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa membuat laporan keuangan, faktur, dan juga mengatur biaya dan juga anggaran menggunakan aplikasi ini.

Coba Jurnal gratis selama 14 hari dengan menekan tombol di bawah ini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Contoh Daftar Inventaris

Nah, setelah Anda tahu pengertian, manfaat, dan cara membuat daftar inventaris untuk mencatat persediaan barang kantor atau gudang, kini saatnya Anda tahu contoh daftar inventaris barang seperti berikut ini dengan menggunakan Excel.

 

contoh buku kartu stok barang daftar inventaris

Format tabel untuk contoh daftar inventaris barang pada umumnya seperti contoh di atas. Tapi, Anda bisa menyesuaikan informasinya sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo