Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Kenalan dengan Cost Accounting: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Penerapannya di Bisnis

Tayang 15 Feb 2022
Diperbarui 07 November 2023

Cost accounting adalah satu istilah di dalam teori akuntansi. Oleh karena itu, pelajaran ini juga diajarkan di SMK maupun menjadi mata kuliah pada kampus-kampus karena dianggap penting sebagai bagian dari keteraturan pencatatan keuangan. Pertanyaannya adalah apakah cost accounting itu?

Tidak dipungkiri istilah akuntansi jenis ini sering diucapkan oleh para pelaku bisnis dan para profesional keuangan. Tetapi bagi masyarakat awam, tentu istilah ini masih terdengar asing. Tentu ini beresiko bagi mereka yang ingin memulai membuka usaha.

basic accounting principles 2

Pengertian Cost Accounting

Cost accounting bisa dimaknai atau diartikan jika tidak dilepaskan dari definisi biaya. Karena berbeda frasa tentu pengertiannya juga berbeda. Atas dasar hal tersebut, sebelum mengartikan cost accounting secara definitif, maka perlu dijabarkan terlebih dahulu pengertian dari biaya.

Menurut pengertian umumnya, biaya bisa diartikan sebagai seluruh pengeluaran perusahaan atau organisasi. Yang mana pengeluaran tersebut dialokasikan semata untuk memenuhi tujuan atau target usaha.

Sedangkan menurut makna yang lebih khusus, biaya adalah bagian dari strategi penetapan harga pokok produksi yang dikeluarkan semata agar mendapatkan pendapatan atau penghasilan.

Nah disandarkan pada pengertian biaya di atas, maka pengertian cost accounting adalah aktivitas pencatatan, klasifikasi, membuat ikhtisar dan penyajian laporan terkait dengan biaya dan transaksi pembiayaan yang digunakan dalam proses produksi maupun distribusi produk suatu perusahaan.

Fungsi Cost accounting

Cost accounting harus diterapkan atau dijalankan di dalam sebuah perusahaan. Sebab, aktifitas ini yang akan menjadi jaminan keteraturan pencatatan keuangan dengan fungsi-fungsi tertentu. Ini dia fungsi-fungsi dari jenis akuntansi ini adalah:

  1. Untuk Menghitung Biaya Pokok Produk

Fungsi cost accounting yang pertama adalah untuk menghitung berbagai biaya pokok produksi. Tujuannya tentu untuk mengetahui berapa biaya yang sudah dikeluarkan sehingga bisa dikalkulasi untuk menentukan harga pokok dari produk atau jasa.

Hal ini perlu dilakukan jika ingin mengetahui untung atau rugi di awal sebelum produk mulai didistribusikan. Jika biaya produksi tidak dihitung di awal, tentu akan kebingungan untuk mencari harga jual sekaligus untuk memastikan berapa profit yang akan didapatkan.

  1. Merinci Harga Pokok Produk

Fungsi yang kedua adalah untuk merinci secara cermat terkait dengan harga pokok produk. Jadi dengan adanya aktivitas ini bukan hanya harga produk secara umum yang ditemukan tetapi memang sudah sesuai dengan harga setiap unsur produksi.

Karena di dalam akuntansi jenis ini, pencatatan harga pokok dirinci dari hal yang terkecil hingga yang terbesar. Sehingga kesalahan pemberian harga pada produk terasa tidak mungkin asalkan pencatatan biayanya tepat dan detil.

  1. Sebagai Informasi Dasar Terkait Perencanaan Biaya dan Beban

Fungsi cost accounting yang ketiga adalah sebagai informasi dasar terkait dengan perencanaan biaya dan bebas. Perlu diketahui segala jenis biaya produksi maupun distribusi harus direncanakan terlebih dahulu.

Tentunya perencanaan ini membutuhkan argumen valid dan tertulis supaya pelaksanaan (action) memang sesuai dengan harapan perusahaan. Nah, pencatatan biaya diperlukan sebagai bahan argumentasi yang valid tersebut.

  1. Sebagai Data Proses Penyusunan Anggaran

Cost accounting juga dibuat untuk dijadikan dasar data yang digunakan dalam proses penyusunan anggaran. Karena sebelum anggaran dibuat, harus dirinci terlebih dahulu apa yang harus disediakan dan berapa total biayanya.

Jika tanpa adanya pencatatan biaya yang benar dan terperinci, tentu anggaran tidak bisa dibuat. Karena uang yang ada tidak akan dikeluarkan disebabkan tidak adanya kebutuhan pokok produksi yang akan dibeli.

Ada rincian kebutuhan produksi yang bisa dibeli, tetapi harganya tidak tercatat, juga uang di dalam anggaran tidak bisa digunakan. Karena dianggap data yang kurang lengkap.

  1. Sebagai Informasi Biaya Untuk Pengendalian

Fungsi terakhir adalah sebagai informasi pembiayaan yang akan dilaporkan kepada pihak atasan atau manajemen. Sehingga pihak pemangku kebijakan atau stakeholder bisa melakukan serangkaian pengendalian dan semacamnya.

Jika catatan pembiayaan nominalnya terlalu besar, pihak manajemen bisa menurunkannya atau sebaliknya. Ini tidak akan bisa dilakukan jika sebelumnya tidak dilakukan pencatatan biaya produksi maupun distribusi produk.

Siklus Cost Accounting

Setiap perusahaan biasanya memiliki siklus aktivitas akuntansi secara terstruktur, mulai dari awal pengolahan bahan baku hingga penyerahan produk pada gudang untuk dijual.

Siklus akuntansi ini juga bisa Anda adopsi untuk bisnis era modern saat ini, terutama bagi yang memiliki produk fisik. Di bawah ini adalah siklus cost accounting yang bisa Anda terapkan pada bisnis:

  • Pencatatan semua harga bahan baku.
  • Pencatatan semua biaya tenaga kerja tidak langsung.
  • Pencatatan semua biaya tenaga kerja langsung.
  • Biaya overhead pabrik (biaya yang mendukung proses produksi tetapi tidak termasuk biaya bahan baku, tenaga kerja langsung maupun tidak langsung).
  • Penentuan harga pokok dengan melakukan kalkulasi semua biaya yang dibutuhkan untuk membuat suatu produk.

Jenis-Jenis Cost Accounting

Cost accounting tidak hanya memiliki fungsi-fungsi tertentu, tetapi juga terdiri dari berbagai jenis. berikut adalah jenis yang dimaksud:

  1. Standard Cost Accounting

Jenis akuntansi yang pertama adalah Standard Cost AccountingStandard Cost Accounting adalah jenis cost accounting yang fokus untuk mengukur efisiensi sumber daya manusia, alat produksi serta bahan baku produk yang akan digunakan.

Selain itu, Standard Cost Accounting juga tergolong jenis akuntansi yang mencatat segala biaya kebutuhan yang terkait langsung dengan proses pembuatan produk.

  1. Activity Based Accounting

Jenis akuntansi yang kedua adalah Activity Based Accounting. Jenis ini memiliki fungsi untuk mengukur biaya produksi dengan biaya hasil produksi. Ada fungsi singkronisasi semata untuk menemukan keuntungan dari produk yang sudah dibuat.

Jika dilihat dari fungsi ini tentu jenis Activity Based Accounting mengarah pada pencatatan biaya terkait dengan aktivitas produksi. Termasuk di dalamnya biaya yang dikeluarkan terkait dengan kehadiran tenaga kerja, desain produk serta operasional mesin yang digunakan.

  1. Cost Volume Profit

Jenis yang selanjutnya adalah Cost Volume Profit. Proses akuntansi ini berfungsi untuk menentukan besaran pembiayaan jika disingkronkan dengan volume produk yang dibuat.

Asumsi yang digunakan adalah besaran biaya pokok produksi tidak akan berubah, tetapi volume produk yang dihasilkan yang bisa berubah. Sehingga bisa dimungkinkan terdapat pendapatan di sana.

  1. Contribution Margin

Jenis akuntansi yang terakhir adalah Contribution Margin. Fungsi dari jenis cost accounting ini ialah untuk menganalisis break even point atau menganalisa di poin mana pihak perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang dihasilkan. Apakah dari biaya produksi, aktivitas produksi atau di volume produk.

Nah, dengan pencatatan  Contribution Margin, bisa terlihat dengan jelas berapa keuntungan yang didapatkan perusahaan dari produk. Karena masih sebatas pencatatan, tentu di saat itu, atau saat evaluasi, pihak perusahaan bisa melakukan peningkatan produksi atau sebaliknya.

Penerapan Cost accounting pada Jenis Bisnis Berbeda

Penerapan cost accounting tidak boleh sembarangan. Karena ini terkait dengan berapa total keuntungan perusahaan dari produk yang dihasilkan. Nah, di uraian berikut akan dijelaskan tentang penerapan cost accounting di setiap perusahaan. Ini penjelasannya:

  1. Perusahaan Dagang

Penerapan cost accounting di perusahaan dagang hanya terbatas pada analisa tentang produk yang masuk dan keluar. Karena sejatinya perusahaan semacam ini hanya menjualkan dan tidak membuat produk sendiri.

Jika dipetakan lebih khusus, yang perlu diterapkan terkait akuntansi ata pembukuan di perusahaan dagang adalah dengan melakukan pencatatan dan analisis tentang akun-akun tertentu. Seperti akun promosi, potongan pembelian, persediaan, beban pemasaran dan selainnya.

  1. Perusahaan Manufaktur

Nah untuk perusahaan manufaktur, penerapan cost accounting terlihat lebih kompleks. Karena perusahaan ini tidak hanya menyalurkan produk melainkan juga membuat produk. Maka dari itu, yang perlu dimasukkan ke dalam cost accounting adalah biaya tenaga kerja, biaya overhead produksi, harga pokok bahan baku dan selainnya.

Maka dari itu untuk mengelola pembukuan pada bisnis manufaktur dibutuhkan lebih banyak upaya untuk mencatat semua pengeluaran dan pemasukan, dan Anda akan memakan banyak waktu jika Anda menggunakan proses pembukuan manual.

Manfaat Cost accounting

Manfaat akuntansi untuk bisnis modern saat ini adalah bisa menjadi media informasi yang diperlukan untuk mengelola bisnis agar semakin berkembang.

Karena dalam cost accounting ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pengawasan, pengukuran penghasilan, dan pengambilan keputusan.

Jika keempat tahap tersebut dilakukan secara benar, bisa dipastikan Anda tidak akan bersusah payah bersaing dengan bisnis sejenis yang sedang berkembang pada masa ekonomi modern saat ini.

Penerapan akuntansi pada ekonomi modern saat ini sangat berguna sekali. Karena dengan penghitungan biaya, Anda dapat menghitung biaya-biaya dalam proses produksi barang atau jasa secara terperinci sehingga tidak terjadi kerugian dalam bisnis.

Kelola Biaya dan Transaksi dengan Software Akuntansi Mekari Jurnal

Jangan lupa jika bisnis Anda sudah mulai berkembang, Anda harus mengelola keuangan dengan baik menggunakan teknologi accounting software seperti Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal adalah aplikasi akuntansi android yang membantu Anda dalam masalah administrasi keuangan bisnis.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal