Mekari Jurnal
Daftar Isi
8 min read

Komparasi Fitur dan Layanan Mekari Jurnal Vs Kompetitor

Tayang 23 Oct 2023
Diperbarui 21 Desember 2023

Software akuntansi adalah sebuah sistem berbasis teknologi yang dirancang untuk membantu memudahkan proses akuntansi dan manajemen keuangan bisnis.

Adanya manajemen keuangan berfungsi sebagai dasar untuk pengambilan keputusan strategis bisnis dan kontrol terhadap organisasi.

Oleh karena itu, saat ini software akuntansi sudah semakin berkembang dengan berbagai fitur yang tidak hanya untuk mengelola keuangan bisnis namun juga operasional perusahaan.

Perkembangan software akuntansi saat ini sudah memasuki era cloud-based software di mana akses yang bisa dilakukan hanya melalui internet untuk memudahkan team collaboration dan integrasi ke berbagai sistem yang mendukung kebutuhan bisnis.

Software Akuntansi Terintegrasi Bantu Mudahkan Kelola Operasional Bisnis

Di Indonesia sendiri, sudah banyak software akuntansi yang dapat Anda temukan, beberapa di antaranya seperti Mekari Jurnal, Accurate, Zahir, dan Kledo. Masing-masing dari produk software akuntansi tersebut menawarkan fitur-fitur unggulan yang variatif dan menarik.

Contohnya Mekari Jurnal yang menawarkan tampilan UI dan UX yang ramah terhadap pengguna tanpa latar belakang ilmu akuntansi, serta sistem akuntansi yang terintegrasi dengan berbagai solusi kebutuhan bisnis seperti perpajakan, payroll, POS, e-Commerce dan legalisasi dokumen.

Beberapa testimoni dari penerapan Mekari Jurnal dalam mengembangkan bisnis sebagai berikut:

1. Automasi Accounting dan Laporan Keuangan Dukung Eatlah Capai Visi Perusahaan

2. Brodo: Tingkatan Efisiensi Proses Akuntansi dengan Mekari Jurnal

3. Foresthree Kelola Omzet dari Berbagai Cabang dengan Aplikasi Keuangan

Mekari Jurnal juga memiliki dukungan aftersales yang komprehensif dari mulai implementasi hingga customer support, mulai dari WhatsApp, blog, video tutorial, hingga online training.

Di sisi lain, masih banyak fitur-fitur menarik yang dapat Anda temukan dalam Mekari Jurnal jika dibandingkan dengan software akuntansi lainnya. Apa saja itu? Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Simak Bagaimana Buttonscarves Dapat Membuat Keputusan Bisnis yang Lebih Tepat!

Inovasi AI Bantu Analisis Data Keuangan yang Kompleks

Laporan keuangan umumnya merupakan salah satu fitur unggulan pada sebuah software akuntansi, di mana tentunya juga menjadi fitur unggulan yang dapat kita temukan pada Mekari Jurnal, Accurate, Zahir, dan Kledo.

Salah satu laporan keuangan yang cukup penting adalah customized reports. Fungsi ini memberikan kemudahan dalam mengkustomisasi laporan sesuai kebutuhan pelanggan.

Contohnya, report profit and loss yang bisa dikombinasikan dengan penggunaan tag sehingga dapat melakukan grouping dengan tag (segment) dan membandingkan antar tag (segment) tersebut. Saat ini, fitur customized reports hanya dapat Anda temukan pada Mekari Jurnal.

Selain itu, pada fitur reporting & analytics, Mekari Jurnal telah didukung teknologi AI untuk membantu menganalisis laporan keuangan.

Mekari Jurnal berhasil menerapkan teknologi AI berbasis ChatGPT dalam Airene yang dapat membantu memahami dan menganalisis data keuangan dalam waktu singkat pada dua laporan keuangan, yaitu laporan laba-rugi dan laporan arus kas.

Melalui Airene, Anda akan mendapatkan insight seputar kondisi keuangan perusahaan dan mendapatkan rekomendasi strategi serta peluang optimasi untuk keputusan bisnis yang lebih tepat, berdasarkan perintah yang Anda gunakan.

Sistem analisa yang berbasis teknologi AI hanya dapat Anda temukan pada Mekari Jurnal dan belum tersedia pada software akuntansi lain seperti Accurate, Zahir, dan Kledo.

Walaupun begitu, baik Mekari Jurnal dan Kledo belum menyediakan fitur cost & profit center seperti yang terdapat pada Accurate dan Zahir.

Melalui fitur ini, Anda dapat mengatur kas operasional bisnis dengan mengelompokkan pendapatan dan biaya berdasarkan kategori tertentu dan menghasilkan laporan laba-rugi yang lebih efisien.

Efisiensi Pengeluaran Bisnis dengan Membandingkan Anggaran Tiap Periode

Software akuntansi juga menawarkan fitur biaya & anggaran yang dapat membantu pengusaha untuk mengatur dan mengawasi anggaran belanja bisnis beserta pengeluaran operasional usaha.

Mekari Jurnal, Accurate, Zahir, dan Kledo menyediakan fitur ini dan data yang diperoleh dapat terintegrasi secara langsung ke laporan keuangan. Namun, Mekari Jurnal menyediakan fitur rencana anggaran yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan ketiga software akuntansi lainnya.

Salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh software lain ini yaitu fitur compare budget yang sudah direncanakan dan digunakan dengan rencana anggaran pada periode sebelumnya. Baik pada Accurate, Zahir, dan Kledo hanya bisa membuat rencana anggaran setiap bulan dalam periode satu tahun, dan tidak bisa dibandingkan dengan rencana anggaran periode sebelumnya.

Sedangkan pada Mekari Jurnal, Anda dapat membandingkan anggaran dalam periode tertentu sesuai kebutuhan bisnis Anda, mulai dari perbandingan tiap bulan, tiap quarter, atau bahkan tiap tahun.

Platform yang Terhubung dengan Seluruh Ekosistem Operasional Bisnis

Seperti yang pernah disinggung sebelumnya, software akuntansi memiliki peran yang vital dalam menunjang aktivitas perusahaan dengan sistem yang terintegrasi dengan berbagai pengelolaan kebutuhan bisnis.

Sebab, seluruh aktivitas baik internal maupun eksternal perusahaan akan mempengaruhi arus keluar masuk kas serta kondisi finansial perusahaan.

Oleh karena itu, tidak salah jika saat ini software akuntansi menjadi sebuah platform yang berfungsi untuk mengontrol dan memantau operasional bisnis secara keseluruhan.

Hampir semua produk yang disebutkan diatas sudah terintegrasi dengan aplikasi POS untuk membantu kemudahan proses pencatatan transaksi dan penjualan. Mekari Jurnal sendiri terintegrasi dengan lebih dari 70+ POS yang dapat Anda temukan dalam pasaran di Indonesia.

Selain POS, baik Mekari Jurnal, Accurate, dan Kledo sudah terintegrasi dengan online marketplace seperti Forstok, Shopee, dan Tokopedia, sedangkan Zahir belum menyediakan fitur integrasi ini.

Mekari Jurnal juga menyediakan fitur multi-company integration yang memungkinkan Anda untuk dapat mengelola beberapa perusahaan cabang (beserta inti) dalam satu akun saja. Fitur ini juga dapat Anda temukan pada Kledo, sedangkan Accurate dan Zahir belum menyediakannya.

Salah satu keunggulan yang Mekari Jurnal miliki adalah terintegrasi dengan produk lain dalam ekosistem Mekari melalui fitur unified experience sehingga tidak perlu membuat akun berulang kali pada produk Mekari yang akan digunakan.

Adapun integrasi yang dapat dilakukan antara Mekari Jurnal dengan product Mekari lain (seamless integration), yaitu:

1. Mekari Talenta (HR & Payroll), dapat mengintegrasikan data nominal payroll yang telah diproses ke dalam bentuk jurnal entri pada sistem jurnal.

2. Mekari Klikpajak (Perpajakan), memudahkan pengelolaan berbagai kebutuhan pajak seperti menghubungkan langsung data entry invoice ke faktur pajak.

3. Mekari Pay (Digital Wallet), berfungsi mengelola transaksi pembayaran bisnis secara otomatis dari pelanggan melalui berbagai sistem pembayaran yang tersedia.

4. Mekari Capital (Financing), memberikan kemudahan akses kepada pemilik usaha atau merchant yang sudah terafiliasi dengan Mekari Jurnal untuk pengajuan pinjaman dana usaha.

5. Mekari eSign (e-Signature), membubuhkan bukti keabsahan dan pembayaran pajak pada faktur atau invoice transaksi dengan lebih mudah dan cepat.

Khusus Mekari Klikpajak, Mekari Pay, dan Mekari eSign dapat diakses secara langsung melalui dashboard Jurnal sehingga tidak perlu repot untuk berpindah-pindah software.

Tingkat Keamanan Berstandar Internasional

Banyak pertanyaan yang muncul jika berkaitan dengan tingkat keamanan data pada software berbasis cloud yang tentunya dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan terhadap produk yang ingin diimplementasi.

Oleh karena itu, software akuntansi yang memberikan layanan berbasis cloud perlu memiliki sertifikasi keamanan atau telah terdaftar dalam Kominfo.

Berdasarkan informasi yang tercantum dalam homepage masing-masing produk, baik Mekari Jurnal, Accurate, Zahir, dan Kledo telah terdaftar dan diawasi secara langsung oleh Kominfo.

Lebih lanjut, Mekari Jurnal, Zahir, dan Kledo sudah bersertifikasi ISO 27001:2013 yang menandakan sudah berbasis sistem keamanan data berstandar internasional. Adapun, untuk Accurate belum menemukan informasi pasti mengenai adanya penerapan standar keamanan ini.

Mekari Jurnal dan Zahir juga sudah bersertifikasi ISO 9001:2015 yang sudah diakui secara global menerapkan sistem manajemen mutu yang secara konsisten menyediakan produk dan layanan yang memenuhi persyaratan pelanggan dan regulasi yang berlaku, sedangkan Accurate dan Kledo belum memiliki sertifikasi ini.

Layanan Customer Support yang Komprehensif

Sebagai penyedia layanan software berbasis cloud, layanan pelanggan atau customer support menjadi faktor yang cukup vital dalam mengelola dan memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

Layanan pelanggan yang efektif, efisien, serta komprehensif tentunya dapat memberikan poin lebih di mata pelanggan dalam memperkuat hubungan antara produk dengan pelanggan atau pebisnis serta membangun loyalitasnya.

Dalam hal ini, Mekari Jurnal menyediakan berbagai akses layanan dalam berbagai media untuk mengakomodir kebutuhan yang tengah pelanggan hadapi sesuai dengan kenyamanan masing-masing pelanggan atau pebisnis.

Contohnya, jika Anda membutuhkan informasi secara deskriptif dapat mengakses blog by Mekari Jurnal, jika membutuhkan dalam bentuk panduan langkah dapat mengakses Jurnal Help-Center, dan jika lebih nyaman dalam bentuk visual dapat mengakses channel resmi Mekari Jurnal.

Tentunya, seluruh customer support Mekari Jurnal telah didukung atau disampaikan oleh tim yang sudah ahli dan berpengalaman, sehingga dapat mengatasi permasalahan dengan solutif.

Hal yang membedakan Mekari Jurnal dengan layanan pelanggan dari produk lain adalah ekosistem Mekari yang menyediakan kanal forum atau komunitas yang bertujuan sebagai wadah untuk berdiskusi dengan tim Mekari Community terkait fitur dan sebagainya.

tabel perbandingan layanan dan fitur pada software akuntansi terbaik di indonesia

Worth for the Price

Selain fitur yang terdapat dapat suatu software akuntansi, harga merupakan salah satu indikator yang sering menjadi acuan pelanggan dalam menentukan sebuah produk.

Akan tetapi, perlu Anda sadari bahwa terjangkaunya harga bukanlah patokan untuk menjawab berbagai permasalahan yang Anda hadapi saat ini. Namun, apakah harga tersebut sesuai dengan manfaat yang akan Anda dapatkan nantinya.

Berdasarkan artikel dari Businesswire, 48% responden akan mulai berinvestasi dan menerapkan teknologi AI untuk memaksimalkan pekerjaan pada bidang akuntansi.

Melihat hal itu, maka tidak ada salahnya agar Anda untuk memilih Mekari Jurnal yang sudah menerapkan analisa berbasis AI untuk membantu menafsirkan data secara lebih mendalam untuk menghasilkan keputusan bisnis yang lebih tepat.

Selain itu, Berlangganan Mekari Jurnal akan mendapatkan bonus pelatihan gratis serta tidak menerapkan biaya implementasi sehingga cukup dengan membayar biaya berlangganan saja, dan Anda sudah bisa mulai memaksimalkan pengelolaan akuntansi dan keuangan bisnis saat itu juga!

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan software akuntansi dan keuangan bisnis sekarang juga? Kontak Mekari Jurnal dan segera daftarkan bisnis atau perusahaan Anda atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim ahli sekarang!

Baik, Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi Gratis dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Dapatkan free trial bagi pendaftar pertama di sini dan rasakan bagaimana Mekari Jurnal dapat mengubah bisnis dan perusahaan Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya!

Pantau terus berbagai kanal informasi kami dan dapatkan promo/penawaran terbaik khusus untuk Anda saat itu juga, semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Kategori : BisnisInspirasi
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal