Apa Itu Wirausaha? Bagaimana Cara Menjadi Wirausaha Sukses?

Saat ini, banyak sekali gencar ajakan untuk melakukan wirausaha. Salah satu pemicunya adalah mulai tingginya tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan. Pemerintah juga mulai membuka jalan untuk memulai wirausaha dengan mudah. Bisa dibilang wirausaha adalah salah satu pendorong perekonomian negara. Oleh karena itu, pemerintah membantu banyak sekali wirausahawan untuk memulai wirausaha agar angka pengangguran menurun dan juga ekonomi negara menjadi semakin baik.

Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah sebuah kegiatan usaha atau suatu bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan bagaimana cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran produk serta mengatur permodalan usaha. Wirausaha memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah.

Menurut Burgess (1993), wirausaha adalah seseorang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha dan usaha yang baru . Sedangkan  menurut J.B Say (1803), Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Wirausaha Pemula (Startup) dalam Memulai Bisnisnya

Ciri – Ciri dan Karakteristik Wirausaha

menawarkan produk

Wirausaha juga memiliki ciri-ciri dan mungkin belum banyak yang mengertahuinya. Ciri-Ciri tersebut diantaranya:

  • Memiliki keberanian dalam mengambil keputusan serta risiko.
  • Mempunyai daya kreasi serta inovasi tinggi.
  • Dapat berfikir jangka panjang untuk masa depan.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan.
  • Memiliki semangat serta kemauan yang keras.
  • Dapat menganalisis dengan tepat.
  • Memiliki sifat hemat atau tidak konsumtif.

Cara Menjadi Wirausaha Sukses

Tips Menawarkan Produk Agar Mudah Diterima oleh Konsumen

Para pelaku wirausaha disebut dengan wirausahawan. Setiap jenis usaha baik itu UKM, UMKM, maupun korporasi memiliki wirausahawan dibaliknya. Untuk membangun usaha tersebut tentunya sikap dan perilaku wirausaha disesuaikan dan harus bekerja keras agar dapat membuat bisnis yang lancar serta mampu membuat produk yang bisa diterima oleh target pasar.

Jika Anda ingin menjadi wirausahawan yang sukses, berikut adalah cara-caranya:

  1. Memiliki Skill sebagai Pengusaha

    Pentingnya memiliki skill sebagai seorang pengusaha bisa menjadi langkah awal yang tepat jika Anda ingin menjadi wirausahawan yang sukses. Mental pengusaha harus dibentuk sejak awal sebelum membangun suatu usaha. Skill tersebut misalnya seperti memahami target pasar, memahami kebutuhan pasar, mampu membaca kesempatan, kemampuan komunikasi yang baik, dll. Semua skill tersebut akan bermanfaat bagi seorang wirausahawan karena akan sangat dibutuhkan selama masa membangun suatu usaha.

  2. Memiliki Akses Permodalan

    Untuk memulai usaha, Anda akan memerlukan modal. Memiliki akses modal yang bagus akan membantu usaha Anda lancar dan tentunya akan mempercepat proses produksi. Modal suatu usaha merupakan salah satu kunci agar bisnis bisa berjalan dan tetap lancar. Anda bisa mendapatkan modal dari manapun. Baik itu dari investor, uang Anda sendiri, atau bahkan dari Bank.

  3. Mampu Menghasilkan Solusi

    Seorang wirausahawan merupakan orang yang mampu memberikan solusi tepat untuk masalah yang sedang terjadi. Solusi yang diberikan juga benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan menciptakan solusi yang tepat, produk atau jasa yang Anda tawarkan akan lebih mudah diterima oleh pasar. Hal ini akan membantu kelancaran suatu bisnis karena meningkatkan penjualan yang terjadi.

  4. Cepat Mengambil Kesempatan

    Wirausahawan juga harus cerdik dalam mengambil kesempatan. Persaingan yang sangat ketat dalam wirausaha akan membuat bisnis menjadi lambat terhadap penjualan. Oleh karena itu, wirausahawan harus cepat mengambil kesempatan yang ada agar tidak tertinggal dengan kompetitor. Kesempatan yang harus cepat diambil bisa jadi kesempatan untuk mengeksekusi suatu ide, kecepatan mengambil momentum, bahkan kecepatan mengambil target pasar dengan strategi pemasaran yang tepat. Pengambilan kesempatan yang cepat bukan berarti tanpa dipertimbangkan terlebih dahulu. Wirausahawan harus mempertimbangkan setiap langkahnya dengan tepat dan cepat agar tidak salah mengambil langkah.

  5. Pandai Mengatur Wirausaha

    Dalam bisnis ada banyak hal yang perlu diatur. Baik itu produksi maupun internal bisnis seperti laporan keuangan. Setiap proses bisnis adalah hal yang penting dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Untuk memudahkan pekerjaan dan tetap bisa berkonsentrasi dalam bisnis, Anda bisa berinvestasi kepada teknologi yang tepat. Misalnya seperti membeli mesin khusus agar produksi lebih cepat dan banyak. Ini akan membantu produksi bisnis. Atau Anda bisa menggunakan software aplikasi Jurnal untuk mengatur proses akuntansi yang terjadi dengan bisnis Anda. Usaha Anda akan lebih lancar tanpa harus memusingkan proses laporan keuangan.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Software Akuntansi untuk Bisnis

Setelah mengetahui bagaimana tips wirausaha yang sukses, kesalahan fatal yang terjadi dalam berwirausaha adalah tidak adanya pengelolaan keuangan yang rapi. Pengelolaan keuangan sangat penting untuk bidang usaha manapun.

Oleh karena itu, Anda perlu memudahkan hal keuangan dengan menggunakan software akuntansi Jurnal. Ini akan membuat Anda tidak perlu terlalu disulitkan akuntansi usaha, tetapi pada keseluruhan usaha Anda. Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi yang bisa Anda gunakan secara online dengan mudah bahkan dari smartphone Anda. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini dan nikmati free trial 14 hari.


PUBLISHED03 Jun 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: