Daftar Isi
8 min read

Apa Itu Wirausaha, Karakteristik dan Cara Menjadi Wirausaha Sukses!

Tayang 26 Oct 2023

Apa yang dimaksud dengan wirausaha? Lalu, apa saja karakteristik yang harus dimiliki dan cara menjadi wirausaha yang sukses? Simak selangkapnya dalam artikel berikut ini!

Saat ini, banyak sekali gencar ajakan untuk melakukan wirausaha, salah satu pemicunya adalah mulai tingginya tingkat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan.

Pengertian atau definisi wirausahawan adalah pelaku yang menjalankan kegiatan wirausaha atau bisnis secara mandiri.

Pemerintah juga mulai membuka jalan untuk memulai wirausaha dengan mudah. Bisa dibilang wirausaha adalah salah satu pendorong perekonomian negara.

Oleh karena itu, pemerintah membantu banyak sekali wirausahawan untuk memulai wirausaha agar angka pengangguran menurun dan juga ekonomi negara menjadi semakin baik.

Pengertian Wirausaha Adalah

Pengertian wirausaha adalah sebuah kegiatan usaha atau suatu bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan bagaimana cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran produk serta mengatur permodalan usaha.

Selaras dengan definisi tersebut, mengutip dari Investopedia, wirausaha yaitu seseorang yang memiliki ide dan bertindak atas ide tersebut. Salah satu ciri-ciri darinnya adalah memulai usaha secara kecil-kecilan melalui produk atau layanan baru.

Wirausaha memiliki tujuan untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan sebelum diolah.

Beberapa tokoh dan para ahli juga menjelaskan secara komprehensif mengenai pengertian wirausaha, di antaranya:

  1. Menurut Burgess (1993), definisi wirausaha adalah seseorang yang melakukan pengelolaan, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala risiko dalam menciptakan peluang usaha dan usaha yang baru.
  2. Menurut J.B Say (1803), wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.
  3. Menurut Peter Drucker, wirausaha mengacu pada suatu kemampuan dalam menciptakan hal baru dan memiliki ciri khas tersendiri, sehingga berbeda dengan yang lainnya.

apa itu wirausaha, pengertian wirausaha, dan karakteristik wirausaha

Ciri – Ciri dan Karakteristik Wirausaha

Wirausaha juga memiliki ciri-ciri yang mungkin belum banyak orang-orang ketahui. Adapun, karakteristik maupun ciri-ciri wirausaha tersebut adalah:

1. Keberanian dalam Mengambil Keputusan serta Risiko

Wirausaha seringkali harus menghadapi situasi saat mereka harus mengambil keputusan penting yang melibatkan risiko.

Dalam hal ini, mereka harus berani mencoba hal-hal baru dan berani mengambil tindakan meskipun terdapat ketidakpastian pada hasil akhirnya.

2. Daya Kreasi serta Inovasi Tinggi

Karena seringkali mencari cara baru untuk mengatasi masalah atau memenuhi kebutuhan pasar, wirausaha harus memiliki karakteristik untuk berpikir kreatif dan inovatif dan menciptakan solusi baru.

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Wirausaha Pemula (Startup) dalam Memulai Bisnisnya

3. Berfikir Jangka Panjang untuk Masa Depan

Wirausaha memiliki visi dalam jangka panjang tentang bisnis mereka dalam memperimbangkan masa depan.

Mereka harus dapat merencanakan dan mempersiapkan perusahaan mereka untuk pertumbuhan dan perkembangan di masa depan melalui visi dan misi yang mereka tanam dalam tubuh bisnis atau perusahaan yang mereka kembangkan.

4. Jiwa Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah ciri kunci dalam berwirausaha. Wirausaha seringkali harus memimpin tim, menginspirasi orang lain, dan membuat keputusan penting untuk bisnis mereka.

5. Semangat serta Kemauan yang Keras

Wirausaha memiliki semangat yang tinggi dan kemauan keras untuk mencapai tujuan mereka.

Hal tersebut sebagai bekal bagi perjalanan merka karena harus siap menghadapi berbagai tantangan dan berusaha keras untuk mencapai tujuan mereka.

6. Kemampuan Menganalisis dengan Tepat

Sebagai pemegang peranan dalam mengambil keputusan strategis, wirausaha memiliki daya analisis yang baik dan sangat penting dalam mengelola bisnis.

Wirausaha perlu dapat memahami dan mengidentifikasi tren dan peluang di pasar, kemudian memproyeksikannya untuk perencanaan pada periode selanjutnya.

7. Sifat Hemat atau Tidak Konsumtif

Terakhir, salah satu karakteristik wirausaha yang vital tentunya dapat mengelola keuangan dengan bijak adalah kunci kesuksesan bagi bisnis yang sedang dirintis.

Wirausaha yang berhasil seringkali memiliki kebiasaan hemat, mengendalikan pengeluaran, dan mengefisiensikan sumber daya dalam mengembangkan usaha mereka.

Simak Bagaimana aplikasi akuntansi Mekari Jurnal membantu Wirausaha dalam Mengembangkan Bisnis pada Berbagai Industri

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

karakteristik dan cara menjadi seorang wirausaha yang sukses

Cara Menjadi Wirausaha Sukses

Para pelaku wirausaha disebut dengan wirausahawan. Setiap jenis usaha baik itu UKM, UMKM, maupun korporasi memiliki wirausahawan dibaliknya.

Untuk membangun usaha tersebut tentunya sikap dan perilaku wirausaha disesuaikan dan harus bekerja keras agar dapat membuat bisnis yang lancar serta mampu membuat produk yang bisa diterima oleh target pasar.

Jika Anda ingin menjadi wirausahawan yang sukses, berikut adalah cara-caranya:

1. Memiliki Skill sebagai Pengusaha

Pentingnya memiliki skill sebagai seorang pengusaha bisa menjadi langkah awal yang tepat jika Anda ingin menjadi wirausahawan yang sukses.

Mental pengusaha harus dibentuk sejak awal sebelum membangun suatu usaha.

Skill tersebut misalnya seperti memahami target pasar, memahami kebutuhan pasar, mampu membaca kesempatan, kemampuan komunikasi yang baik, dll.

Semua skill tersebut akan bermanfaat bagi seorang wirausahawan karena akan sangat dibutuhkan selama masa membangun suatu usaha.

Baca juga: Tips Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship

2. Memiliki Akses Permodalan

Untuk memulai usaha, Anda akan memerlukan modal. Memiliki akses modal yang bagus akan membantu usaha Anda lancar dan tentunya akan mempercepat proses produksi.

Modal suatu usaha merupakan salah satu kunci agar bisnis bisa berjalan dan tetap lancar. Anda bisa mendapatkan modal dari manapun.

Baik itu dari investor, uang Anda sendiri, atau bahkan dari Bank.

3. Mampu Menghasilkan Solusi

Seorang wirausahawan adalah orang yang mampu memberikan solusi wirausaha tepat untuk masalah yang sedang terjadi.

Solusi yang diberikan juga benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar.

Dengan menciptakan solusi yang tepat, produk atau jasa yang Anda tawarkan akan lebih mudah diterima oleh pasar.

Hal ini akan membantu kelancaran suatu bisnis karena meningkatkan penjualan yang terjadi.

4. Cepat Mengambil Kesempatan

Wirausahawan juga adalah harus cerdik dalam mengambil kesempatan. Persaingan yang sangat ketat dalam wirausaha akan membuat bisnis menjadi lambat terhadap penjualan.

Oleh karena itu, wirausahawan harus cepat mengambil kesempatan yang ada agar tidak tertinggal dengan kompetitor.

Kesempatan yang harus cepat diambil bisa jadi kesempatan untuk mengeksekusi suatu ide, kecepatan mengambil momentum, bahkan kecepatan mengambil target pasar dengan strategi pemasaran yang tepat.

Pengambilan kesempatan yang cepat bukan berarti tanpa dipertimbangkan terlebih dahulu.

Wirausahawan harus mempertimbangkan setiap langkahnya dengan tepat dan cepat agar tidak salah mengambil langkah.

5. Pandai Mengatur Wirausaha

Dalam bisnis adalah banyak hal yang perlu diatur sebagai wirausahawan. Baik itu produksi maupun internal bisnis seperti laporan keuangan.

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Wirausahawan

Sebagai wirausaha, terdapat beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan dalam mengembangkan suatu bisnis. Di sisi lain, masih terdapat kekurangan yang perlu Anda perhatikan sebelum merintisnya.

Berikut adalah kelebihan menjadi seorang wirausaha:

  • Wirausaha memiliki kreativitas tinggi dan memiliki kendali penuh atas bisnis mereka.
  • Memiliki potensi keuntungan yang tinggi karena keseluruhan keuntungan dapat mereka ambil sendiri diluar potongan biaya pengeluaran.
  • Dapat memberikan lapangan pekerjaan yang baru di wilayah tempat mereka membuat bisnis.
  • Fleksibilitas dalam menentukan jadwal kerja, bagaimana mereka menjalankan bisnis mereka, dan menyesuaikan pekerjaan dengan kehidupan pribadi mereka.
  • Memberikan peluang untuk belajar banyak hal baru. Wirausaha mengembangkan keterampilan kepemimpinan, manajemen, dan berbagai aspek bisnis.

Adapun, terdapat kekurangan menjadi wirausahawan yang perlu Anda pahami:

  • Berhadapan dengan risiko keuangan yang tinggi karena harus menghadapinya lebih tinggi daripada karyawan. Dampaknya dapat membuat bisnis bisa bangkrut jika tidak segera di atasi.
  • Jika gagal dalam mengelola waktu dengan bijak, Anda malah harus bekerja secara tidak teratur untuk menjalankan bisnis mereka dan dapat mengakibatkan stres dan kelelahan.
  • Wirausaha seringkali harus menghadapi ketidakpastian pasar dan persaingan yang kuat.
  • Pada awalnya, bisnis mungkin memiliki sumber daya yang terbatas, termasuk modal, sumber daya manusia, dan aset. Semakin bisnis membesar, akan semakin besar sumber daya dan pengeluaran yang dibutuhkan.
  • Memiliki bisnis Anda sendiri dapat menimbulkan tekanan mental karena adanya tanggung jawab yang besar dan perasaan harus mencapai kesuksesan dengan cepat.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai wirausaha beserta karakteristik, cara menjadi sukses, beserta kelebihan dan kekurangan dalam menjadi wirausahawan.

Tentunya, Wirausaha merupakan motor penggerak perekonomian yang menjalankan kegiatan bisnis secara mandiri, kreatif dan memiliki kontrol penuh atas bisnis mereka.

Agar dapat menjadi seorang wirausaha yang sukses, tentunya terdapat banyak hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum terjun langsung ke lapangan dan meristis bisnis.

Jika Anda tidak mempersiapkan secara matang, maka akan banyak permasalahan yang harus Anda hadapi seperti risiko masalah akuntansi dan keuangan bisnis, jadwal kerja yang tidak teratur, hingga rumitnya pengelolaan pajak.

Setelah mengetahui bagaimana tips wirausaha yang sukses, kesalahan fatal yang terjadi dalam berwirausaha adalah tidak adanya pengelolaan keuangan yang rapi.

Mekari Jurnal Bantu Wirausaha Kelola Keuangan Bisnis Lebih Tepat

Setiap proses bisnis adalah hal yang penting dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Untuk memudahkan pekerjaan dan tetap bisa berkonsentrasi dalam bisnis, Anda bisa berinvestasi pada teknologi yang tepat.

Misalnya seperti membeli mesin khusus agar produksi lebih cepat dan banyak yang dapat mengatasi krisis sumber daya manusia dan membantu produksi bisnis.

Selain itu, untuk mengatasi permasalahan akuntansi dan finansial, Anda bisa menggunakan software akuntansi Mekari Jurnal untuk mengatur proses akuntansi yang terjadi dengan bisnis Anda.

Adanya Usaha Anda akan lebih lancar tanpa harus memusingkan proses laporan keuangan.

Oleh karena itu, Anda perlu memudahkan hal keuangan dengan menggunakan software akuntansi Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi yang bisa Anda gunakan secara online dengan mudah bahkan dari smartphone Anda.

Dapatkan semua informasi tentang Mekari Jurnal di sini dan nikmati free trial version untuk mengeksplorasi berbagai fitur unggulan yang dimiliki oleh Mekari Jurnal.

Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi. Pelajari Fitur Mekari Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Di atas adalah penjelasan tentang pengertian, definisi, dan karakteristik dari seorang wirausaha? Bagaimana, apakah Anda ingin menjadi seorang wirausaha?

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk mendapatkan informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi serta mengenai promo dan penawaran menarik lainya!

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal