Jurnal Enterpreneur

General Ledger: Pengertian, Fungsi, Cara Membuatnya

Apa itu general ledger? General ledger bukan lain adalah buku besar dalam akuntansi. Berikut ini pengertian, fungsi, dan cara membuat general ledger. Simak selengkapnya di Blog Jurnal Mekari.

Sebagai orang awam, mungkin tidak banyak yang tahu apa itu general ledger. Istilah tersebut adalah kata lain dari buku besar.

Buku besar adalah komponen yang sangat penting dalam akuntansi karena berisi catatan semua transaksi keuangan.

Untuk tahu lebih lanjut tentang buku besar dalam dunia akuntansi, mari simak ulasannya berikut ini.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Pengertian General Ledger

General Ledger (buku besar) adalah catatan akuntansi yang mengkompilasi setiap transaksi keuangan perusahaan untuk memberikan entri yang akurat untuk laporan keuangan.

Pembukuan double-entry membutuhkan neraca untuk memastikan bahwa jumlah debitnya sama dengan total kredit.

Fungsi general ledger adalah membantu untuk mencapai tujuan ini dengan menyusun entri jurnal dan memungkinkan perhitungan akuntansi.

Selain itu, buku besar juga berperan sebagai sistem pencatatan untuk semua data keuangan perusahaan yang  catatan akun debit dan kredit sudah divalidasi oleh neraca percobaan.

General ledger juga memberikan informasi terkait catatan setiap transaksi keuangan yang terjadi selama perusahaan beroperasi.

Selain itu, juga memiliki informasi akun perusahaan yang dibutuhkan akuntan untuk membuat laporan keuangan perusahaan.

Setiap data transaksi di buku besar juga dipisahkan menurut jenisnya, kemudian perlu dimasukkan ke dalam akun aset, ekuitas pemilik, kewajiban, pendapatan, serta pengeluaran.

Format atau template buku besar biasanya mencakup akun, nomor, nomor akun dan nomor halaman, tanggal, keterangan, jumlah debit dan jumlah kredit.

Pada kolom akun, Anda perlu menyebutkan akun yang buku besarnya sedang dibuat, misalnya akun kas.

Sedangkan, pada kolom nomor akun dan nomor halaman berisi  entri yang relevan harus untuk memudahkan kompilasi.

Selanjutnya, kolom tanggal berisi tanggal transaksi, kolom keterangan berisi rincian transaksi, kolom jumlah debet berisi semua entri debit akun dan kolom jumlah kredit berisi semua entri kredit akun.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Fungsi General Ledger Adalah

Fungsi general ledger sangat beragam dalam dunia akuntansi. Seorang akuntan tidak dapat membayangkan neraca saldo yang seimbang tanpa persiapan yang bagus dari buku besar.

Selain itu, tanpa adanya general ledger, maka akuntan tidak bisa membuat laporan keuangan.

Buku besar juga berfungsi dalam membantu mendapatkan rincian setiap transaksi keuangan harian yang terjadi dalam bisnis Anda.

Selanjutnya, rincian transaksi tersebut dapat digunakan untuk berbagai jenis analisis statistik, seperti pengambilan keputusan keuangan, sehingga buku besar sangatlah penting.

Baca juga: Baru Mulai Bisnis? Pakai Aplikasi Pembukuan Keuangan Yuk!

General ledger dalam akuntansi juga berfungsi untuk membantu menjaga jejak audit yang lengkap secara berurutan dan logis.

Selain itu, data penjualan, pembelian barang, pendapatan, pengeluaran, pergerakan saham, dan profitabilitas pada tahun yang berbeda dapat dibandingkan untuk melakukan analisis tren.

Membandingkan laporan sepanjang tahun berfungsi untuk mengukur status bisnis Anda saat ini serta bisa melakukan langkah-langkah perbaikan untuk efisiensi kerja.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda dalam melakukan pembukuan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Cara Kerja General Ledger

Data transaksi harus dimasukkan ke akun sub-buku besar, seperti yang ditentukan oleh bagan akun perusahaan.

Selanjutnya, data transaksi tersebut harus diringkas ke dalam buku besar, sehingga akuntan bisa menghasilkan neraca saldo.

Kemudian, neraca saldo ini perlu diperiksa kesalahannya dan disesuaikan dengan menambahkan entri tambahan yang diperlukan.

Selanjutnya, neraca saldo percobaan yang disesuaikan digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan. Begitulah cara kerja dari general ledger dalam sebuah perusahaan.

Baca juga: Kegunaan dan Persiapan dalam Membuat Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Proses Pembuatan General Ledger (Buku Besar) Adalah

Dalam membuat general ledger, ada tahapan-tahapan proses yang harus Anda lalui.

1. Mengatur sesuai bagan perusahaan

Pertama, Anda harus membuat general ledger dengan cara mengaturnya sesuai dengan bagan akun perusahaan.

2. Membuat entri jurnal

Tahap selanjutnya yaitu membuat entri jurnal atau log detail transaksi bisnis setiap transaksi terjadi.

Hal tersebut termasuk tanggal, akun dan jumlah yang didebet, akun dan jumlah yang dikreditkan, dan deskripsi transaksi.

3. Mengkategorikan

Kemudian, kategorikan setiap transaksi di bawah akun yang relevan seperti penjualan, kas, dan lainnya.

Setiap entri jurnal harus ditumpuk di bawah bagan akun yang digunakan oleh perusahaan serta kelompokkan di bawah jenis akun buku besar, seperti aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan biaya.

Atur dan Pantau Operasional Lewat Fitur Biaya dan Anggaran Jurnal, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

4. Informasi rekonsiliasi

Pembukuan harus tersedia neraca percobaan untuk memastikan jumlah debit sama dengan jumlah kredit.

Jika jumlahnya tidak sesuai, tim keuangan harus kembali ke log atau jurnal untuk menemukan dan memperbaiki kesalahan dan menyiapkan neraca saldo yang sudah sesuai.

5. Mentransfer entri jurnal 

Setelah Anda melakukan verifikasi terhadap keakuratan buku besar, maka tahap selanjutnya adalah mentransfer entri jurnal ke general ledger.

Baca juga: Contoh Jurnal Umum Beserta Tahapan Pembuatannya

Langkah-langkah Proses Rekonsiliasi General Ledger Adalah

pengertian fungsi cara membuat general ledger adalah

Rekonsiliasi general ledger adalah bagian penting dari penutupan pembukuan. Maka dari itu, Anda juga harus tahu mengenai hal ini.

Tim akuntansi harus secara teratur memverifikasi bahwa entri data buku besar sudah akurat dengan merekonsiliasi saldo akun dengan dokumen pendukung, seperti laporan bank bulanan.

Rekonsiliasi buku besar perlu dilakukan secara teratur agar kesalahan tidak bertambah,

Nah, langkah pertama untuk proses rekonsiliasi buku besar yaitu cocokkan saldo awal dalam akun dengan detail rekonsiliasi akhir dari periode sebelumnya.

Selanjutnya, Anda juga perlu mencocokkan transaksi dalam akun dengan transaksi individual serta tinjau setiap entri jurnal penyesuaian.

Tahap selanjutnya yaitu Anda perlu meninjau entri jurnal pembalik dan pastikan semuanya sudah benar. Pastikan juga bahwa detail akhir akun cocok dengan saldo akun akhir.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Stok Barang Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Alasan Mengapa Perusahaan Butuh General Ledger

Buku besar memberikan ringkasan kesehatan keuangan bisnis yang Isinya digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan.

Lantas, apa alasan lainnya mengapa buku besar penting?

1. Membantu keputusan penting

Data yang akurat dan lengkap sangat penting untuk membuat prakiraan, proyeksi, dan pernyataan keuangan oleh para pemimpin bisnis dan keuangan, pembeli potensial, auditor, dan stakeholders lainnya untuk menganalisis perusahaan.

Selain, general ledger juga memungkinkan auditor atau akuntan untuk menelusuri entri jurnal individu untuk menemukan sumber masalahnya.

Baca juga: 5 Alasan Aplikasi Pembukuan Akuntansi Wajib Digunakan Pebisnis

2. Akurasi transaksi keuangan

Buku besar digunakan untuk mencatat transaksi dan data statistik untuk bisnis dan beberapa sistem dengan model data terpadu yang menghubungkan detail transaksi tersebut.

Buku besar juga berisi informasi tentang pelanggan, pesanan, dan inventaris.

Dengan informasi ini, maka buku besar bisa membantu merencanakan kebutuhan bisnis seperti pembelian inventaris, cara menentukan harga produk, dan cara bisnis membiayai semua kebutuhan tersebut.

Baca juga; Cara Mencatat Transaksi Keuangan Bisnis dengan Rapi dan Mudah

3. Menyeimbangkan buku

Alasan penting lainnya yaitu adalah general ledger bisa memastikan bahwa semua buku seimbang.

Neraca saldo membuat akuntan bisa menemukan kesalahan dan memperbaikinya bila terjadi ketidakseimbangan.

4. Kemudahan pengajuan pajak

Pembukuan yang baik sangat penting untuk memastikan bahwa perusahaan bisa melakukan pembayaran izin usaha dan asuransi yang diperlukan untuk ketentuan pajak.

Dengan demikian, hal ini memberikan perusahaan informasi rinci yang diperlukan untuk tujuan pajak dan jejak kertas dalam kasus audit IRS.

5. Mengidentifikasi dan menghentikan penipuan

Menyimpan catatan keuangan yang baik bisa membantu perusahaan dalam mengidentifikasi transaksi penipuan dan memperbaikinya sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Software Buku Besar Perusahaan

Manfaatkan Jurnal untuk Membuat General Ledger atau Buku Besar Perusahaan

tampilan buku besar pembukuan usaha, toko dan perusahaan

Jika Anda masih merasa kesulitan dalam membuat general ledger perusahaan dagang atau buku besar secara manual.

Anda dapat menggunakan Software akuntansi online Jurnal by Mekari.

Software ini dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Silakan coba aplikasi Jurnal secara gratis selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, di atas adalah ulasan lengkap tentang apa itu pengertian, manfaat, dan cara membuat general ledger. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

 

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo