Mekari Jurnal
Daftar Isi
11 min read

10 Rekomendasi Podcast Akuntansi: Sumber Ilmu bagi Akuntan

Tayang 25 Oct 2023
Diperbarui 10 Januari 2024

Sebagai praktisi profesional, tentunya meningkatkan pengetahuan dan pengalaman merupakan sebuah hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mendengarkan podcast akuntansi yang saat ini sering beredar di berbagai platform.

Podcast sendiri merupakan media digital yang memungkinkan seseorang untuk menciptakan, merekam, dan mendistribusikan konten audio atau video secara online.

Konten podcast biasanya tersedia dalam format episode yang dapat ditonton secara langsung (streaming) atau diunduh oleh audience pendengar dan mencakup berbagai topik yang beragam mulai dari berita, hiburan, pendidikan, hingga studi kasus yang mendalam.

Beberapa alasan podcast menjadi medium yang cukup populer saat ini adalah karena fleksibilitasnya yang memudahkan akses untuk mendapatkan informasi kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, podcast memungkinkan suara-suara yang tidak mendapat eksposur oleh media konvensional menjadi didengar untuk berbagi pengetahuan, ide, atau cerita yang membantu pendengar mengatasi masalah akuntansi yang sama.

Dengan pertumbuhan aplikasi dan platform podcast yang semakin kuat, podcast terus berkembangan hingga saat ini dan telah menjadi bagian integral dari budaya digital modern.

Podcast Sebagai Sumber Ilmu Akuntansi

Kemudahan akses dan fleksibilitas penyebaran informasi menjadikan podcast sebagai sumber yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dalam bidang akuntansi.

Memiliki profesi akuntan atau bidang keuangan yang relevan tentunya tidak mempunyai banyak waktu luang dan hanya menyisakan waktu sedikit untuk mengembangan ilmu dan pengetahuan.

Oleh karena itu, dengan belajar akuntansi dasar melalui podcast, Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan di mana saja, baik ketika jam istirahat kantor, mendengarnya ketika berada di transportasi umum, atau memiliki waktu kosong di akhir pekan.

Adanya podcast akuntansi merupakan cara praktis dan efisien dalam belajar serta meningkatkan sumber pengetahuan dan info seputar perkembangan dunia akuntansi.

10 Rekomendasi Podcast Akuntansi

Berikut adalah beberapa rekomendasi podcast dengan topik akuntansi yang ter-update dan komprehensif yang dapat Anda dengarkan saat ini.

1. Grow My Accounting Practice

Rekomendasi podcast akuntansi pertama yang bisa Anda dengarkan adalah Grow My Accounting Practice. Sesuai namanya, podcast ini memberikan wawasan untuk akuntan khususnya dalam mengembangkan praktik pencatatan dan pembukuan.

Podcast ini diisi oleh para praktisi yang sudah memiliki pengalaman tinggi, yaitu Mike Michalowicz, Ron Saharyan, dan Liz Szporn yang dibawa dengan cukup asik dan menarik. Hal itu yang membuat podcast akuntansi ini memiliki pendengar yang cukup banyak.

Selain itu, narasumber podcast ini juga memberikan wawasan yang mendalam seputar berbagai isu dan tren yang relevan dengan pembukuan dan sudut pandang yang baru.

Anda dapat mendengar podcast Grow My Accounting Practice melalui Podcast Apple.

Baca Juga: Cara Mudah Memahami Akuntansi Dasar untuk Pemula

2. I Love Bookkeeping podcast

Podcast diciptakan oleh komunitas profesional bookkeeper global yang menyajikan berbagai topik khusus seputar pencatatan dan pembukuan kepada praktisi yang berkecimpung dalam bidang tersebut atau calon praktisi pembukuan.

Podcast ini aktif produksi selama dua kali seminggu dan diisi oleh dua pembawa acara yaiutu Hannah Robinson dan Melissa Honan.

Selain mengangkat topik-topik seputar pembukuan, podcast ini juga membawakan isu-isu dan tren mengenai pengelolaan dokumen, tips bisnis, dan berhubungan dengan klien.

Podcast akuntansi biasanya berdurasi sekitar 15 hingga 50 menit dan dapat Anda akses dengan mudah melalui situs resminya atau channel resminya via Podcast.

3. CPA Exam Guide podcast

Saat ini, orang-orang gemar untuk belajar sebelum tes ujian dengan mencari podcast yang relevan dengan topik yang akan diujikan.

Jika Anda merupakan salah satu orang dengan tipe tersebut, salah satu podcast yang cocok untuk Anda dengarkan adalah CPA Exam Guide Podcast.

Pembawa acara dari podcast ini adalah Bryan Kesler yang pada awalnya meluncurkan sebuah blogsite yaitu theCPAguide.com dan CMAguide.com pada tahun 2012 untuk membantu orang-orang untuk mengikuti tes sertifikasi akuntansi.

Kemudian, Bryan Kesler mulai merambah ke media podcast dan mulai menyampaikan tips dan trik untuk mendapatkan sertifikasi akuntansi seperti CPA, CMA, EA, CIA dan CISA.

podcast akuntansi dapat Anda temukan dengan mudah mulai dari spotify, apple podcast, youtube, hingga website resmi itu sendiri

4. Next Stop: CPA

Selain CPA Exam Guide Podcast, masih terdapat satu podcast lagi yang dapat membantu Anda dalam melewati ujian untuk mendapatkan sertifikat akuntan, yaitu Next Stop: CPA.

Bedanya, podcast ini diproduksi secara langsung dari the American Institute of CPAs. Artinya, informasi yang terdapat dalam podcast ini resmi berasal dari tim yang menyusun ujian dari CPA itu sendiri.

Hal itu yang membuat podcast tentang akuntansi ini memiliki pendengar yang cukup ramai. Pasalnya, wawancara ini menampilkan tim pengembang ujian CPA yang tentunya akan memberikan tips dan trick bagaimana agar Anda dapat mempersiapkan dan menuntaskan tes CPA dengan lancar.

Podcast ini dapat Anda dengarkan melalui platform Spotify.

5. The Successful Bookkeeper

The Successful Bookkeeper merupakan sebuah podcast bertajuk akuntansi yang sekaligus membahas topik-topik yang berkaitan dengannya, seperti pajak, payroll, dan audit.

Orang di balik konten podcast ini juga merupakan seorang pelatih bisnis bernama Michael Palmer dan mengundang berbagai tamu yang berkompeten pada bidangnya setiap minggu.

Hal yang membuat podcast ini menjadi terkenal adalah karena pembawaannya yang menghibur namun juga tidak melupakan sisi informatifnya, sehingga tidak membuat bosan para pendengar.

Salah satu tujuan dari podcast ini adalah memberikan tips dan trik tentang cara membangun perusahaan, bekerja secara efisien, dan menangani masalah klien.

Dengan rutin mendengar podcast ini akan membantu Anda mencapai tujuan pertumbuhan perusahaan Anda. Hingga saat ini, podcast akuntansi ini masih aktif dan sudah memiliki 385 episode.

Dengarkan langsung podcast akuntansi ini di Apple, Spotify, atau Google.

Baca Juga: 7 Aplikasi dan Software Untuk Belajar Akuntansi Terbaik Gratis

6. Accounting Today Podcast

Accounting Today awalnya merupakan sebuah majalah yang berfokus pada bidang perdagangan pada tahun 1987.

Namun, saat ini sudah berkembang semakin besar sebagai salah satu penyedia sumber informasi untuk komunitas akuntan publik dan aktif membahas mengenai topik-topik yang berkaitan dengan perpajakan, pembukuan, audit, dan perencanaan keuangan.

Sebagai salah satu komunitas yang cukup besar, Accounting Today aktif berinteraksi dalam berbagai media sosial dan forum internet, tidak terkecuali aktif pada media podcast.

Sebagai salah satu penyedia sumber informasi yang besar, Accounting Today memiliki kelebihan melalui basis data yang besar, berwawasan luas, dan memiliki kontributor yang berlatar belakang akuntan dan praktisi keuangan.

Oleh karena itu, podcast akuntansi yang mereka bawakan mencakup topik yang komprehensif dan berstandar ilmu jurnalistik yang mudah untuk dipahami.

Tahukah kalian kalau Mekari juga memiliki channel podcast yang membahas seputar isu dan tren terkini yang muncul dalam kehidupan perusahaan sehari-hari? Yuk, jangan sampai ketinggalan serunya pembahasan tersebut! Jangan lupa follow Spotify Mekari dan Instagram Mekari @mekaricom

 




7. PwC Podcast

PwC atau PricewaterhouseCoopers merupakan salah satu perusahaan akuntansi terbesar di dunia yang namanya tidak dapat dikesampingan dalam dunia akuntansi.

Di indonesia sendiri, PwC termasuk menjadi salah satu dari Big 4 Company yang bergerak dalam bidang audit, konsultasi, perpajakan, dan teknologi akuntansi.

PwC sendiri rutin mengedukasi orang-orang mengenai ilmu akuntansi dan saat ini memiliki podcast yang berjudul PwC’s Accounting Podcast. Dalam setiap episodenya, podcast ini selalu membawa topik yang menarik dan terkini mengenai isu dalam akuntansi dan dibahas bersama dengan pakar yang ahli di bidangnya.

PwC podcast ini dapat Anda akses dengan mudah karena sudah terdapat di berbagai platform seperti Apple Podcast, Spotify, Amazon Music, dan Google Podcast.

8. Podcast Akunniku

Podcast ini dibawakan oleh empat orang yang berprofesi sebagai akuntan dan sudah memiliki jam terbang yang cukup tinggi. Pembawa acara podcast ini yaitu Adhicipta R. Wirawan, Aris Surya Putra, Bonnie Soeherman, dan Wiyono Pontjoharyo.

Karena memahami bahwa pembawaan topik akuntansi cukup berat, podcast Akunniku membawakannya dengan lugas dan mudah dipahami yang mengacu pada kasus nyata di kehidupan sehari-hari, sehingga tidak akan membosankan untuk didengarkan selama satu jam.

Terkadang, mereka membawakan topik sesuai yang pendengar inginkan dan mengajak narasumber yang berkompeten pada bidangnya.

Anda dapat mendengar podcast Akunniku pada beberapa platform podcast seperti Spotify, Youtube, dan Apple.

9. Podcast Akuntansi IAI

Selanjutnya, terdapat podcast yang diproduksi secara langsung oleh organisasi yang menaungi profesi akuntansi di seluruh Indonesia, yaitu IAI (Ikatan Akuntan Indonesia).

Tugas dari IAI adalah membimbing perkembangan akuntansi, meningkatkan mutu pendidikan akuntan, dan mutu pekerjaan akuntan. Oleh karena itu, IAI mencoba menjalankan tugas tersebut dengan menyajikan podcast yang diisi dengan wawasan yang mendalam mengenai praktik akuntansi.

Pembawa podcast IAI dan narasumber yang diundang tentunya adalah para praktisi ahli akuntansi yang sudah memiliki pengalaman yang cukup lama pada bidangnya.

Anda dapat dengan mudah mengakses podcast-podcast IAI dengan mengunjungi channel resmi Youtube IAI atau melalui platform Spotify.

10. Ngopi Prodi Akuntansi

Tidak ketinggalan, salah satu kampus di Indonesia juga aktif menyajikan berkaitan konten podcast yang membahas mengenai akuntansi.

Program Studi Ilmu Akuntansi yang ada di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) yang dikelola oleh para mahasiswanya membuat podcast yang bernama “Ngopi Prodi Akuntansi“.

Podcast ini biasanya disajikan secara live streaming melalui kanal media sosial Instagram resminya.

Adapun, topik-topik yang dibahas dalam podcast ini berisikan pengalaman seputar belajar, pengalaman, dan tren terkini seputar bidang-bidang yang relevan dengan ilmu akuntansi.

bagaimana cara yang optimal dalam mendengar podcast akuntansi dan apa manfaatnya

Cara Mendengarkan Podcast yang Efektif

Mendengarkan podcast akuntansi adalah cara yang efektif untuk memperluas pemahaman dan pengetahuan dalam bidang pencatatan dan keuangan bisnis.

Adapun terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Pilih Platform Podcast: Beberapa platform populer yang bisa Anda gunakan saat ini seperti Apple Podcasts, Spotify, Google Podcasts, atau platform podcast streaming lainnya.

2. Cari Podcast Akuntansi: Gunakan fitur pencarian yang terdapat di dalam platform podcast untuk menemukan konten yang relevan dengan bidang akuntansi. Anda dapat mencari dengan kata kunci seperti akuntansi, auditor, atau topik spesifik lainnya yang Anda minati.

3. Berlangganan Podcast: Agar tetap mendapatkan update tentang episode baru, berlangganan podcast yang Anda pilih dengan klik tombol “subscribe” atau “follow” di kanal profile podcastnya.

4. Unduh atau Streaming: Beberapa aplikasi menerapkan podcast secara streaming, sementara lainnya memungkinkan Anda untuk mengunduh episode ke perangkat Anda. Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi atau kebutuhan Anda.

5. Dengarkan dengan Fokus: Anda bisa mendengarkannya saat berjalan-jalan, dalam perjalanan ke tempat kerja, atau saat Anda memiliki waktu luang. Pastikan lingkungan Anda tenang agar Anda dapat menyerap informasi dengan baik.

6. Catat Hal Penting: Selama mendengarkan, jika Anda menemukan informasi yang penting atau menarik, catat atau buat catatan di ponsel atau catatan. Hal ini akan banyak membantu Anda dalam mengingat dan merujuknya di kemudian hari.

7. Ikut Diskusi: Beberapa podcast mungkin memiliki komunitas atau forum di media sosial atau situs web mereka sebagai wadah untuk bertukar pikiran dan informasi. Anda bisa ikut serta dalam diskusi dengan pendengar lain atau bahkan pembuat podcast itu sendiri.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda tidak hanya mendengarkan podcast untuk mengisi waktu luang saja tetapi juga dapat menyimpan berbagai informasi penting yang terdapat dalam podcast itu sendiri.

Tentunya, hal ini dapat membantu Anda dalam mengembangkan pemahaman dan pengetahuan Anda dalam bidang akuntansi dan keuangan bisnis.

Baca Juga: Pelatihan Kursus Belajar Akuntansi Gratis Online Terpopuler di Indonesia

Manfaat Mendengarkan Podcast Akuntansi

Terkadang orang-orang akan memilih untuk mendengarkan lagu untuk mengisi waktu luang atau menjalankan aktivitas sehari-harinya.

Namun, tidak sedikit orang-orang yang memilih podcast untuk daripada mendengarkan lagu dari seorang penyanyi karena merasa lebih hidup dan mendapatkan informasi yang konkret.

Hal itu dikarenakan perbincangan dibalut dengan contoh-contoh praktis, studi kasus, atau sebuah masalah yang perlu ada pemecahan masalah, memungkinkan pendengar untuk menguji pengetahuan mereka dan menerapkannya dalam konteks nyata dan memperkuat pemahaman mereka.

Tentunya, sebuah episode biasanya akan mendatangkan seseorang yang sudah ahli di bidangnya, sehingga mendapatkan wawasan yang luas dan mudah untuk dicerna.

Konten-konten podcast juga mengikuti tren yang sering dibahas terkini dalam akuntansi sehingga terus up-to-date dan akan tetap relevan dalam pengimplementasiannya sehari-hari.

Dengan berbagai manfaat tersebut yang bisa Anda peroleh hanya dengan rutin mendengarkan podcast, maka tidak salah jika podcast akuntansi merupakan solusi untuk mengembangkan pengetahuan Anda dengan menarik.

Kesimpulan

Menerapkan podcast sebagai media untuk mendengar merupakan salah satu solusi terkait bagaimana cara mengisi waktu luang dan meningkatkan pengetahuan seputar akuntansi.

Melalui podcast akuntansi, Anda dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi berbagai permasalahan akuntansi, mendapatkan tren terkini, hingga tips solutif dari pada ahli yang berkompeten pada bidangnya.

Kegiatan ini sangat cocok untuk dilakukan siapa saja, baik oleh pemula hingga praktisi profesional, hingga pemilik bisnis rintisan hingga menengah dan enterprise.

Tentunya, Anda dapat menerapkan insight-insight dan strategi baru dari podcast secara lebih mudah dengan menunjang pekerjaan Anda dengan software akuntansi Mekari Jurnal.

Melalui fitur-fitur unggulannya yang sudah berbasis otomatis, memudahkan Anda dalam menjalankan berbagai aktivitas akuntansi dan keuangan bisnis tanpa ada risiko menuliskan data atau risiko human error lainnya.

Daftarkan perusahaan Anda sekarang atau berkonsultasi secara gratis terlebih dahulu dengan tim kami, dapatkan free trial bagi pendaftar pertama!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Dapatkan juga seputar promo dan penawaran menarik dari kami dengan terus mengikuti kanal sumber informasi kami, semoga artikel ini bermanfaat!

Kategori : InspirasiLifestyle
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal