Apa Itu Sistem Pembayaran Online, Cara Menggunakan, dan Manfaatnya

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tidak akan asing lagi dengan transaksi atau sistem pembayaran yang satu ini. Hal ini karena untuk saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia telah menggunakan  pembayaran online atau online payment.

Di mana transaksi dengan menggunakan pembayaran online memang dinilai lebih mudah, efektif, dan efisien untuk digunakan jika dibandingkan dengan metode manual yang mana transaksi pembayaran manual umumnya lebih akan memakan banyak waktu.

Lantas apa itu sistem pembayaran online? Yuk simak di bawah ini!

apa itu sistem pembayaran online

Untuk saat ini bank Indonesia telah berhasil mencatat dari rata rata volume transaksi menggunakan sistem pembayaran online atau online payment ini dalam penggunaannya telah mengalami peningkatan dan mencapai 37.35% pertahun.

Karena sistem pembayaran online yang bisa dikatakan sangat populer dikalangan masyarakat bahkan untuk alat pembayaran skala internasional membuat banyak pengembang yang menciptakan berbagai sistem transaksi pembayaran online.

Hingga saat ini pun sudah ada berbagai macam dari sistem pembayaran online yang telah berkembang dan bisa Anda gunakan secara legal di Indonesia.

Apalagi untuk saat ini pun segala aktivitas kebanyakan sudah dilakukan secara online salah satunya adalah bisnis online dan berbelanja,  oleh karena itu, di era kecanggihan teknologi seperti saat ini sebaiknya pembeli maupun penjual harus ikut beradaptasi dengan adanya perkembangan tersebut karena bagaimana pun sistem pembayaran online yang hadir di tengah tengah masyarakat.

Ini diciptakan untuk mempermudah transaksi jual beli secara online yang dilakukan oleh kedua pihak (penjual dan pembeli) maka dari itu sebaiknya Anda harus tahu apa saja jenis dari pembayaran online tersebut agar bisa menjangkau lebih luas.

Dengan adanya sistem pembayaran online atau online payment ini Anda pun sudah tidak perlu lagi repot repot untuk membawa dompet yang berisikan sejumlah uang tunai yang banyak saat ingin membeli sesuatu.

Hanya dengan menggunakan dan melakukan sistem pembayaran online atau yang juga dikenal dengan e-payment ini semua transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Akan tetapi, walaupun sistem pembayaran online ini terus mengalami peningkatan dan telah banyak digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia tidak sedikit orang yang masih cukup bingung dengan apa itu sistem pembayaran online atau online payment ini.

Sebagian orang masih belum terlalu paham mengenai apa itu sistem pembayaran online, bagaimana cara menggunakannya, serta manfaat seperti apa saja yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan layanan pembayaran online tersebut.

Jika Anda masih cukup bingung dengan apa itu sistem pembayaran online atau online payment ini, bagaimana cara menggunakannya yang benar, serta manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan sistem pembayaran online ini maka Anda bisa membaca lebih banyak mengenai ulasan sistem pembayaran online yang akan kami berikan berikut ini.

 

apa itu sistem pembayaran online

Mengenal Sistem Pembayaran Online

Sistem pembayaran online ini juga sering disebut dengan e-payment atau pembayaran yang dilakukan secara elektronik. Terlebih melihat dengan bagaimana perkembangan teknologi saat ini yang sudah semakin pesat rasanya sudah tidak heran lagi segala aktivitas kini dilakukan secara online salah satunya dengan proses transaksi jual beli yang saat ini sedang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Lalu apa itu sistem pembayaran online? Seperti yang Anda ketahui bahwa sistem pembayaran online atau online payment ini adalah sebuah sistem atau transaksi pembayaran yang dilakukan secara online di mana sistem pembayaran tersebut transaksinya akan melibatkan koneksi jaringan internet, komputer, serta sebuah layanan keuangan digital.

Saat ini, transaksi dari proses jual beli sudah banyak yang menggunakan sistem online. Apalagi dengan kemajuan teknologi serta internet saat ini di mana Anda pun sudah bisa melihat banyak sekali kemunculan platform-platform online yang memiliki peran sebagai sebuah tempat khusus bagi para penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi online mulai dari marketplace, website, hingga media sosial.

Begitu pun dengan proses dari sistem pembayaran online atau online payment ini di mana saat ini telah muncul berbagai platform transaksi online yang akan memberi kemudahan terhadap sistem transaksi jual beli yang dilakukan.

Bisa dikatakan sistem pembayaran online ini telah menjadi pilihan yang begitu disukai oleh masyarakat karena berbagai fitur kemudahan yang bisa Anda dapatkan dari sistem pembayaran online ini.

Selain itu, jika diartikan secara singkat maksud dari apa itu sistem pembayaran online atau online payment ini sebenarnya merupakan sebuah sistem di mana Anda bisa melakukan transaksi secara lebih fleksibel karena Anda hanya memerlukan koneksi internet tanpa perlu repot repot pergi ke ATM untuk mengambil cash atau melakukan transfer terlebih dahulu.

Oleh karena itu, tidak heran jika sistem pembayaran online atau yang dikenal sebagai e-payment ini lebih banyak diminati karena hanya dengan koneksi internet saja baik penjual maupun pembeli sudah bisa melakukan transaksi lebih cepat, praktis, dan tentunya aman jika dibandingkan dengan sistem pembayaran tunai atau manual.

Pelaksanaan Sistem Pembayaran Online

Sistem pembayaran online atau online payment ini tentu juga memiliki pelaksanaannya dan di dalam pelaksanaan dari sistem pembayaran online ini akan melibatkan beberapa pihak, antara lain:

  1. Pembeli atau sebagai pihak yang nantinya akan melakukan pembayaran.
  2. Penjual atau sebagai pihak yang akan menerima pembayaran dari sang pembeli yang membeli barang atau menggunakan jasa mereka.
  3. Issuer atau sebagai pihak yang memiliki peranan sebagai jembatan pembayaran. Untuk pihak issuer ini sendiri misalnya seperti bank ataupun sebuah lembaga keuangan non bank.
  4. Regulator atau sebagai pihak yang membuat dan menerapkan sebuah aturan atau sebagai pihak yang mengawasi jalannya pembayaran digital di mana regulator ini adalah pemerintah.

Cara Kerja Sistem E-payment

Setelah Anda mengetahui apa itu sistem pembayaran online atau online payment serta siapa saja pihak pihak yang terlibat ketika Anda melakukan sistem pembayaran online ini, maka Anda tentu juga harus mengetahui bagaimana cara kerja atau transaksi dari sistem pembayaran online ini.

Ketika Anda menerima pembayaran yang dilakukan secara online maka secara otomatis penjual harus memiliki sebuah akses ke dalam sistem online yang bermama payment gateway. Bisa dikatakan payment gateway di dalam sistem pembayaran online ini adalah sebuah penyedia layanan ketika Anda ingin melakukan pembayaran.

Penyedia layanan ini telah terintegrasi dan juga menyediakan berbagai macam metode pembayaran untuk penjual serta pembeli yang bisa digunakan. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus Anda lalui ketika Anda ingin melakukan pembayaran secara online, antara lain:

  1. Pelanggan nantinya akan memberi atau mengirimkan informasi pembelian kepada penjual. Dalam hal ini Anda bisa dengan melengkapi sebuah formulir pembayaran yang ada pada situs web penjual dan nantinya formulir informasi yang sudah diisi tersebut akan dikirimkan kembali kepada penjual.
  2. Nantinya, penjual akan mengirimkan informasi pembayaran yang sudah dilakukan oleh pembeli secara online ke payment gateway.
  3. Ketika informasi pembayaran yang sudah dilakukan oleh pembeli tersebut telah diterima oleh online payment gateway, penyedia layanan tersebut akan langsung memproses pembayaran yang sudah dilakukan oleh pelanggan dan meneruskan kembali kepada penjual.
  4. Setelah itu, penjual akan langsung melakukan verifikasi pembayaran yang sudah dilakukan oleh pelanggan.
  5. Nantinya, pembayaran yang sudah dilakukan tersebut akan masuk ke dalam sistem pembayaran online secara otomatis dan akan langsung diterima oleh sang penjual ketika transaksi sudah selesai dilakukan.

Manfaat Sistem Pembayaran Online

Seperti yang Anda ketahui bahwa sistem pembayaran online saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena berbagai keunggulan yang diberikan ketika sedang melakukan transaksi menggunakan sistem pembayaran online ini.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu sistem pembayaran online terkait beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan atau peroleh, antara lain:

1. Transaksi Pembayaran Akan Lebih Cepat dan Mudah

Sudah bukan rahasia umum lagi ketika Anda melakukan transaksi menggunakan sistem pembayaran online ini akan membuat transaksi pembayaran Anda bisa dilakukan lebih cepat dan mudah jika dibandingkan ketika Anda melakukan transaksi dengan menggunakan sistem manual.

Selain itu, karena kini ada begitu banyak metode transaksi dari sistem pembayaran online kini Anda bisa miliki metode pembayaran tersebut sesuai dengan kebutuhan mulai dari melakukan pembayaran lewat transfer bank (m-banking) ataupun metode pembayaran online lainnya.

2. Kesempatan Mendapatkan Promo Lebih Banyak

Tidak hanya memberi Anda kemudahan dengan transaksi yang lebih cepat dan mudah, menggunakan sistem pembayaran online ini juga akan memberi Anda kemudahan kepada Anda karena menawarkan berbagai macam promo menarik kepada para pengguna mereka.

Dengan adanya promosi online yang diberikan hal ini pun secara otomatis akan membuat pelanggan mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah.

3. Lebih Aman Ketika Melakukan Transaksi

Untuk masalah keamanan pun Anda tidak perlu khawatir karena sistem pembayaran online ini sangat aman sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai tindakan penipuan maupun pencurian karena transaksi pembayaran yang dilakukan ini secara online.

Hal tersebut akan membuat uang yang sudah Anda bayarkan baru akan diteruskan kepada penjual ketika transaksi pembelian benar benar sudah selesai.

Manfaat Menggunakan Sistem Pembayaran Online Bagi Para Pengusaha

Tentunya, ketika melakukan transaksi menggunakan sistem pembayaran online ini tidak hanya akan memberi manfaat kepada para pembeli tetapi kepada para pengusaha yang menggunakan sistem pembayaran online atau online payment ini.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu sistem pembayaran online tentang beberapa manfaat yang bisa diperoleh oleh para pemilik usaha, yaitu:

1. Transaksi Lebih Cepat dan Mudah

Tentunya penggunaan transaksi dengan sistem pembayaran online ini akan memberi keuntungan kepada para pengusaha karena transaksi pembayaran akan lebih mudah, cepat, dan tentunya aman. Ini karena Anda hanya perlu memberikan nomor rekening, payment link, QR kode, hingga virtual account kepada para pelanggan untuk melakukan pembayaran.

2. Tidak Memiliki Limit Transaksi

Tentunya ketika Anda menggunakan sistem pembayaran online Anda tidak akan mengalami limit transaksi, terlebih ketika Anda menggunakan sistem payment gateway.

Ketika Anda menggunakan sistem pembayaran online, Anda bisa menerima banyak sekali hanya dengan satu waktu. Hal ini karena sistem dari payment gateway ini sudah memiliki pengelolaan transaksi keuangan yang baik dan tentunya akurat.

3. Pencatatan Keuangan Lebih Mudah

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah Anda sudah tidak perlu lagi melakukan pencatatan karena dengan menggunakan sistem pembayaran online ini setiap transaksi yang dilakukan sudah tercatat secara otomatis.

Tentunya hal ini akan lebih memudahkan Anda karena Anda sudah tidak perlu lagi repot-repot mencatat secara manual serta pencatatan otomatis ini akan membuat Anda terhindar dari resiko kesalahan pencatatan data transaksi saat perusahaan sedang menyusun laporan keuangan.

4. Keamanan Akan Lebih Terjamin

Dengan menggunakan sistem pembayaran online ini juga dapat membuat Anda terhindar dari terjadinya penipuan maupun transaksi palsu karena bagaimana pun sistem pembayaran online ini sudah dilengkapi dengan standar keamanan yang begitu baik untuk memverifikasi pembayaran serta sistem pembayaran online ini pun sudah dibawah pengawasan regulator atau pemerintah.

apa itu sistem pembayaran online

Tren Sistem Pembayaran Online

Sudah cukup paham kan tentang apa itu sistem pembayaran online? Lalu berikut ini adalah beberapa tren sistem pembayaran online yang sering digunakan, yaitu:

  • QR Code

Bisa dikatakan penggunaan QR code atau juga dikenal sebagai QR payment ini merupakan sebuah pembayaran yang sedang populer digunakan saat ini. QR code ini sendiri merupakan sebuah kode yang memang diciptakan untuk bisa membaca atau melakukan transfer data yang ada di dalam kode tersebut dengan cepat dan mudah.

  • Dompet Digital

Tentunya sebagian besar masyarakat sudah sangat familiar dengan keberadaan sistem pembayaran online yaitu dompet digital. Hingga saat ini pun sudah banyak sekali perusahaan yang mengembangkan dompet digital.

Mulai dari operator seluler, perusahaan fintech, hingga pihak dari perbankan. Kebanyakan masyarakat memilih dompet digital karena penggunaannya yang jauh lebih praktis dan efisien.

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu sistem pembayaran online atau online payment ini mulai dari pengertian, cara kerja, hingga manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan sistem pembayaran online atau yang dikenal sebagai e-payment ini.

Tentu dengan sistem pembayaran yang kini semakin mudah membuat Anda akan lebih semangat dalam berbelanja karena semua bisa Anda lakukan dengan aman dan cepat, tetapi Anda juga harus mengatur sistem keuangan Anda sendiri.

Untuk saat ini, dengan perkembangan teknologi yang juga semakin canggih Anda pun tidak perlu melakukan mengerjakan urusan bisnis termasuk keuangan bisnis secara manual dan lama. Jika bisnis berkembang, maka pembukuan secara manual yang tentunya lebih memberikan sebuah risiko seperti terjadinya sebuah kesalahan, akan lebih baik di tinggalkan dan beralih menggunakan sistem otomatis seperti online accounting software dan bookkeeping sotfware dari Mekari Jurnal.

Semoga bermanfaat!

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo