Jurnal Enterpreneur

Cara Simple Pembukuan dan Akuntansi untuk Bisnis Jasa

Pada umumnya, sebuah perusahaan berbasis jasa menggunakan karyawannya untuk memberikan layanan bagi pelanggan dalam bisnis jasa. Layanan ini dapat mencakup perawatan kebun di halaman rumah, pembersih perabotan rumah atau sekedar kurir barang.

Beberapa perusahaan layanan membeli peralatan mahal untuk menyediakan layanan, seperti kendaraan. Perusahaan jasa lainnya mengandalkan tenaga manusia lebih dari peralatan dan hanya membeli aset yang minimal/terbatas.

Pengertian Bisnis

Karena perusahaan jasa tidak benar-benar menjual produk, mereka tidak biasanya menyimpan persediaan (inventory) pada neraca mereka karena mereka tidak memiliki apapun.

Perbedaan akuntansi pada perusahaan jasa adalah lebih sederhana dari pengecer (retailer) karena tidak ada persediaan yang harus melacak atau tidak ada beban pokok penjualan yang harus hitung.

Sebaliknya, pencatatan transaksi pendapatan lebih memfokuskan untuk merekam pendapatan pada uang yang menerima atau pendapatan yang memperoleh tersebut.

Ketika seorang pengacara menagih kliennnya untuk layanan yang memberikan, ia akan mencatat penjualan tersebut, merekap sebagai debit untuk piutang (account receivable) dan kredit untuk pendapatan jasa (service income).

Setelah klien membayar tagihan itu, pengacara akan mendebit uang (cash) dan kredit rekening piutang (account receivable).

Software yang Tepat untuk Bisnis Jasa

Kenyataannya, sistem akuntansi yang digunakan perusahaan jasa untuk operasi berbeda dari sistem akuntansi yang menggunakan untuk perusahaan barang. Hal ini karena penerapan siklus tahapan akuntansi pada bisnis jasa berbeda dengan pada bisnis perdagangan.

Banyak bisnis layanan komersial menggunakan work order management untuk mengelola jadwal teknisi dan staf lainnya. Hal ini mengoptimalkan untuk melacak kinerja karyawan perusahaan sangat memerlukan untuk perusahaan jasa.

Anda membutuhkan perangkat pembukuan dan akuntansi yang merancang untuk penyedia jasa juga menawarkan berbagai sistem pendukung manajemen keuangan.

Fitur akuntansi mencakup kemampuan untuk mencetak cek, membayar tagihan, melacak pengeluaran, mengelola gaji, membuat pesanan dan faktur, mengelola piutang, membuat anggaran, melakukan rekonsiliasi bank, dan membuat laporan keuangan untuk kebutuhan bisnis Anda.

Apa Selanjutnya dalam Bisnis Jasa

Anda tidak perlu melakukan semuanya dalam satu waktu dan bisa menggunakan cara lain. Anda perlu membuat perubahan untuk mengambil keuntungan dari teknologi cloud. Hal ini dapat meningkatkan kinerja bisnis Anda dengan biaya yang rendah.

Keuntungan lainnya adalah Anda dapat dengan mudah berhenti menggunakan layanan tersebut jika tidak bekerja sesuai dengan keinginan Anda, tanpa mengeluarkan banyak biaya. Saat ini adalah saat yang sangat tepat bagi UKM untuk memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan bisnisnya.

Salah satu penyedia layanan akuntansi cloud di Indonesia adalah Jurnal yang tersedia untuk membantu para pengusaha. Platform akuntansi Jurnal dapat membantu pengusaha untuk mengelola pembukuan dengan lebih praktis. Keuntungannya antara lain:

  1. Menjalani bisnis kapanpun dan dimanapun
  2. Membuat faktur penjualan,pesanan pembelian, dan surat jalan secara otomatis
  3. Menyiapkan laporan keuangan instan hanya dengan 1-klik.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga dapat mengelola pembukuan dan akuntansi untuk bisnis jasa lebih mudah dengan software pembukuan dari Jurnal.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo