Daftar Isi
4 min read

Cara Simple Mengelola Pembukuan Akuntansi untuk Bisnis Jasa

Tayang 27 Jun 2023
Diperbarui 24 Nov 2023

Bagaimana cara simple mengelola pembukuan Akuntansi untuk bisnis jasa? Temukan disini selengkapnya.

Pada umumnya, sebuah perusahaan berbasis jasa menggunakan karyawannya untuk memberikan layanan bagi pelanggan dalam bisnis jasa.

Layanan ini dapat mencakup perawatan kebun di halaman rumah, pembersih perabotan rumah atau sekedar kurir barang.

Beberapa perusahaan layanan jasa membeli peralatan mahal untuk menyediakan layanan, seperti kendaraan.

Perusahaan jasa lainnya mengandalkan tenaga manusia lebih dari peralatan dan hanya membeli aset yang minimal/terbatas.

Apa Itu Perusahaan Bisnis Jasa

Perusahaan jasa merupakan sebuah unit usaha yang didirikan oleh perorangan maupun kelompok yang fokus pelayanannya berupa jasa.

Adapun definisi mengenai perusahaan jasa juga menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  • Menurut Philip Kotler, perusahaan jasa adalah usaha yang menawarkan produk yang bersifat tidak berwujud dan tidak ada perpindahan kepemilikan.
  • Sedangkan William J. Stanton, mendefinisikan perusahaan jasa sebagai usaha yang menjualkan produk yang tidak memiliki wujud yang konkret dan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Beberapa contoh bisnis jasa antara lain, pengantaran makanan online, ojek online, pelayaranan, transportasi umum, dan laundry.

Karena tidak ada produk nyata secara langsung, maka bisnis jasa tidak memiliki arus masuk dan keluar barang.

Perusahaan hanya mendapatkan pemasukan melalui bisnis jasa yang sudah diberikan.

Walaupun begitu, perusahaan jasa tetap menjalankan operasional melalui beberapa fasilitas mulai dari peralatan penunjang jasa hingga gedung atau ruangan.

Cara Simple dalam Mengelola Pembukuan dan Akuntansi untuk Bisnis Jasa

Cara Kerja Pembukuan dan Akuntansi pada Bisnis Jasa

Karena perusahaan jasa tidak benar-benar menjual produk, mereka tidak biasanya menyimpan persediaan (inventory) pada neraca mereka karena mereka tidak memiliki apapun.

Perbedaan akuntansi pada perusahaan jasa adalah lebih sederhana dari pengecer (retailer) karena tidak ada persediaan yang harus melacak atau tidak ada beban pokok penjualan yang harus hitung.

Sebaliknya, pencatatan transaksi pendapatan lebih memfokuskan untuk merekam pendapatan pada uang yang menerima atau pendapatan yang memperoleh tersebut.

Ketika seorang pengacara menagih kliennnya untuk layanan yang memberikan, ia akan mencatat penjualan tersebut, merekap sebagai debit untuk piutang (account receivable) dan kredit untuk pendapatan jasa (service income).

Setelah klien membayar tagihan itu, pengacara akan mendebit uang (cash) dan kredit rekening piutang (account receivable).

Baca Juga: Tahapan Pencatatan Transaksi Keuangan Menjadi Buku Besar

Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis

Kenyataannya, sistem akuntansi yang digunakan perusahaan jasa untuk operasi berbeda dari sistem akuntansi yang menggunakan untuk perusahaan barang.

Hal ini karena penerapan siklus tahapan akuntansi pada bisnis jasa berbeda dengan pada bisnis perdagangan.

Banyak bisnis layanan komersial menggunakan work order management untuk mengelola jadwal teknisi dan staf lainnya.

Hal ini mengoptimalkan untuk melacak kinerja karyawan perusahaan sangat memerlukan untuk perusahaan jasa.

Anda membutuhkan perangkat akuntansi yang cocok untuk bisnis jasa juga menawarkan berbagai sistem pendukung manajemen keuangan.

Fitur yang terdapat pada sebuah software akuntansi mencakup kemampuan untuk pengelolaan akuntansi, keuangan, dan operasional perusahaan.

Mulai dari mencetak cek, membayar tagihan, melacak pengeluaran, mengelola gaji, membuat pesanan dan faktur, mengelola piutang, membuat anggaran, melakukan rekonsiliasi bank, dan membuat laporan keuangan untuk kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Akuntansi Offline Gratis

Apa Langkah Selanjutnya untuk Pelaku Bisnis Jasa?

Anda tidak perlu melakukan semuanya dalam satu waktu dan bisa menggunakan cara lain.

Anda perlu membuat perubahan untuk mulai memanfaatkan teknologi bagi perkembangan bisnis usaha Anda.

Hal ini dapat meningkatkan kinerja bisnis Anda dengan biaya yang rendah.

Keuntungan lainnya adalah Anda dapat dengan mudah berhenti menggunakan layanan tersebut jika tidak bekerja sesuai dengan keinginan Anda, tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Saat ini adalah saat yang sangat tepat bagi UKM untuk memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan bisnisnya.

Salah satu penyedia layanan software akuntansi cloud terbaik di Indonesia adalah Mekari Jurnal yang tersedia untuk membantu para pengusaha dari berbagai jenis usaha, salah satunya bisnis jasa.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Melalui Mekari Jurnal, Anda dapat mengelola pembukuan dengan lebih praktis dan datanya akan otomatis tercatat di dalam laporan keuangan.

Salah satu kelebihan lainnya dari software akuntansi Mekari Jurnal adalah berbasis cloud sehingga dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui Mobile Apps.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga dapat mengelola pembukuan dan akuntansi untuk bisnis jasa lebih mudah dengan software pembukuan dari Jurnal.

Kategori : Akuntansi
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Akurat dengan Mekari Jurnal!

Monitor finansial bisnis dan dapatkan insight berharga lewat mekari jurnal!

Konsultasi Gratis

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Akurat dengan Mekari Jurnal!

Monitor finansial bisnis dan dapatkan insight berharga lewat mekari jurnal!

Konsultasi Gratis

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
WhatsApp Hubungi Kami