Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

PPOB: Mengintip Peluang Bisnis Jasa Pembayaran Online

Tayang 23 Apr 2022
Diperbarui 17 Oktober 2023

Apa itu PPOB?  PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank dengan arti di mana suatu bisnis yang digunakan untuk membayar berbagai tagihan.

Setiap bulan seseorang harus membayar berbagai tagihan untuk rumahnya, seperti tagihan listrik, internet, telepon, air, dan tagihan lain secara rutin.

Syarat pembayaran tersebut tidak boleh melebihi batas waktu yang ditentukan karena bisa mengakibatkan pembayaran denda dari keterlambatan tersebut.

Tidak sedikit orang yang sering membayar denda karena merasa repot untuk pergi ke tempat pembayaran masing-masing tagihan dan menunggu antrian. Belum lagi jika mereka memiliki tanggungan beberapa kredit sekaligus yang harus dibayarkan.

Untuk mengatasi hal ini, kini muncul peluang bisnis online untuk pembayaran semua jenis tagihan dalam satu tempat.

Anda bisa membuka tempat pembayaran online atau yang biasa disebut dengan PPOB sebagai arti solusi bagi masyarakat untuk membayar tagihan apapun yang berkaitan dengan bank.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa itu PPOB?

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank, yang memiliki arti sebagai suatu loket layaknya bank yang dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan dalam satu tempat.

PPOB bisa dimiliki siapa saja dan di mana saja asalkan orang tersebut memiliki modal dan tahu cara menggunakannya.

Untuk membuka kios pembayaran ini tidak memerlukan modal yang terlalu tinggi karena modal awal hanyalah satu set komputer lengkap dengan printer dan koneksi internet.

Untuk biaya operasional, Anda memerlukan biaya internet bulanan dan ketersediaan kertas untuk nota invoice.

Selain itu, Anda juga memerlukan saldo yang biasa disebut dengan deposit. Saldo ini digunakan untuk membayarkan tagihan orang yang membayar.

Kemudian jika saldo sudah habis atau tidak mencukupi, Anda perlu menambah saldo kembali. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara mulai menjalankan peluang bisnis online ini, Anda perlu mempelajari detailnya di bawah ini.

Baca juga: Tips Jitu Menulis Contoh Invoice Agar Pelanggan Membayar Tepat Waktu

apa itu arti bisnis ppob adalah

Cara Memulai Bisnis PPOB

Berikut adalah beberapa tips dan cara yang bisa Anda laksanakan untuk memulai dan menjalankan bisnis PPOB:

Persiapkan Modal

Modal utama yang diperlukan untuk menjalankan peluang bisnis online ini adalah sebuah komputer beserta printer pendukungnya.

Anda juga harus memiliki koneksi internet setiap saat dan kertas untuk bukti pembayaran.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan saldo untuk deposit dengan batas minimal yang tidak terlalu tinggi. Biasanya saldo awal ini cukup memerlukan uang sebesar seratus ribu rupiah.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Menemukan Vendor Penyedia PPOB

Banyak vendor penyedia PPOB yang mau memberikan kerja sama dengan pebisnis baru. Masing-masing vendor tersebut memiliki pelayanan dan cara penggunaan yang berbeda.

Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai memilihnya. Usahakan mencari vendor dengan layanan yang lengkap dan mudah digunakan.

Mengenai keuntungan, Anda bisa mempertimbangkannya di akhir karena pelayanan lebih penting dibandingkan dengan harga.

Dengan menyediakan pelayanan yang menyenangkan dan disukai pelanggan, tentunya akan lebih memudahkan bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Baca juga bisnis yang tahan Covid 19

Lokasi Bisnis PPOB

Meskipun bisnis PPOB merupakan bisnis online, Anda juga memerlukan sebuah tempat untuk menjalankan bisnisnya.

Tempat ini dijadikan sebagai toko atau kios untuk melayani konsumen.

Tempat ini bisa dimulai dengan menggunakan satu ruang di rumah Anda, atau juga bisa membangun ruko di tempat yang strategis jika Anda memiliki modal yang cukup besar.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk keputusan bisnis lebih tepat dan cepat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Strategi Pemasaran

Meskipun bisnis ini tergolong memiliki peluang yang besar, Anda tetap harus memikirkan strategi yang tepat untuk bisnis tersebut.

Banyak orang yang enggan keluar rumah hanya untuk membayar tagihan listrik, nah Anda bisa mendatangi rumah orang tersebut untuk menawarkan jasa pelayanan yang Anda miliki.

Selain untuk menarik hati pelanggan, strategi ini juga bisa dijadikan sebagai pengingat agar pembayaran tagihan tidak terlambat.

Karena bisnis pembayaran online ini tidak memerlukan banyak media atau material pendukung lainnya, maka sepenuhnya hal penting yang benar-benar dibutuhkan adalah ketersediaan dana sebagai alat pendukung bisnis.

Anda bisa menjalankan peluang bisnis online di atas dengan baik jika keuangan bisnis dikelola dengan baik dan benar.

Selain mempertimbangkan pelayanan yang baik terhadap pelanggan, Anda juga harus memperhatikan bagaimana mengelola keuangan bisnis Anda.

Dalam setiap bisnis, mengelola keuangan adalah hal yang tidak bisa dilalaikan. Penilaian performa perusahaan dapat dilihat dari kondisi keuangan.

Pengelolaan keuangan perusahaan haruslah berdasarkan sistem akuntansi yang umum digunakan.

Salah satunya dengan jalan menggunakan sistem pembukuan online yang lebih praktis dan mudah.

Jika Anda merasa sedikit kesulitan untuk mengatur keuangan bisnis sekaligus memikirkan strategi pemasarannya maka Anda bisa mengandalkan Mekari Jurnal.

Jurnal sebagai sebagai software untuk membuat invoice online Indonesia memiliki juga fitur aplikasi kas masuk dan keluar hingga aplikasi invoice yang siap membantu pembukuan usaha Anda. Pelajari lebih lanjut bagaimana accounting software indonesia dapat membantu pekerjaan Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Begitulah penjelasan mengenai apa itu PPOB. PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank dengan arti di mana suatu bisnis yang digunakan untuk membayar berbagai tagihan. Tertarik untuk memulai bisnis PPOB?

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat dan ikuti media sosial Jurnal untuk tips lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal