Setiap bulan seseorang harus membayar berbagai tagihan untuk rumahnya, seperti tagihan listrik, internet, telepon, air, dan tagihan lain secara rutin. Pembayaran tersebut tidak boleh melebihi batas waktu yang ditentukan karena bisa mengakibatkan pembayaran denda dari keterlambatan tersebut. Tidak sedikit orang yang sering membayar denda karena merasa repot untuk pergi ke tempat pembayaran masing-masing tagihan dan menunggu antrian. Belum lagi jika mereka memiliki tanggungan beberapa kredit sekaligus yang harus dibayarkan.

Untuk mengatasi hal ini, kini muncul peluang bisnis online untuk pembayaran semua jenis tagihan dalam satu tempat. Anda bisa membuka tempat pembayaran online atau yang biasa disebut dengan PPOB sebagai solusi bagi masyarakat untuk membayar tagihan apapun yang berkaitan dengan bank. PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank, merupakan suatu loket layaknya bank yang dapat digunakan untuk membayar berbagai tagihan dalam satu tempat. PPOB bisa dimiliki siapa saja dan di mana saja asalkan orang tersebut memiliki modal dan tahu cara menggunakannya.

Untuk membuka kios pembayaran ini tidak memerlukan modal yang terlalu tinggi karena modal awal hanyalah satu set komputer lengkap dengan printer dan koneksi internet. Untuk biaya operasional, Anda memerlukan biaya internet bulanan dan ketersediaan kertas untuk nota. Selain itu, Anda juga memerlukan saldo yang biasa disebut dengan deposit. Saldo ini digunakan untuk membayarkan tagihan orang yang membayar. Kemudian jika saldo sudah habis atau tidak mencukupi, Anda perlu menambah saldo kembali. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara mulai menjalankan peluang bisnis online ini, Anda perlu mempelajari detailnya di bawah ini.

Persiapkan Modal

Modal utama yang diperlukan untuk menjalankan peluang bisnis online ini adalah sebuah komputer beserta printer pendukungnya. Anda juga harus memiliki koneksi internet setiap saat dan kertas untuk bukti pembayaran. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan saldo untuk deposit dengan batas minimal yang tidak terlalu tinggi. Biasanya saldo awal ini cukup memerlukan  uang sebesar seratus ribu rupiah.

Menemukan Vendor

Banyak vendor penyedia PPOB yang mau memberikan kerja sama dengan pebisnis baru. Masing-masing vendor tersebut memiliki pelayanan dan cara penggunaan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai memilihnya. Usahakan mencari vendor dengan layanan yang lengkap dan mudah digunakan. Mengenai keuntungan, Anda bisa mempertimbangkannya di akhir karena pelayanan lebih penting dibandingkan dengan harga. Dengan menyediakan pelayanan yang menyenangkan dan disukai pelanggan, tentunya akan lebih memudahkan bisnis Anda berjalan dengan lancar.

Lokasi Bisnis

Meskipun bisnis PPOB merupakan bisnis online, Anda juga memerlukan sebuah tempat untuk menjalankan bisnisnya. Tempat ini dijadikan sebagai toko atau kios untuk melayani konsumen. Tempat ini bisa dimulai dengan menggunakan satu ruang di rumah Anda, atau juga bisa membangun ruko di tempat yang strategis jika Anda memiliki modal yang cukup besar.

Strategi Pemasaran

Meskipun bisnis ini tergolong memiliki peluang yang besar, Anda tetap harus memikirkan strategi yang tepat untuk bisnis tersebut. Banyak orang yang enggan keluar rumah hanya untuk membayar tagihan listrik, nah Anda bisa mendatangi rumah orang tersebut untuk menawarkan jasa pelayanan yang Anda miliki. Selain untuk menarik hati pelanggan, strategi ini juga bisa dijadikan sebagai pengingat agar pembayaran tagihan tidak terlambat.


Karena bisnis pembayaran
online ini tidak memerlukan banyak media atau material pendukung lainnya, maka sepenuhnya hal penting yang benar-benar dibutuhkan adalah ketersediaan dana sebagai alat pendukung bisnis. Anda bisa menjalankan peluang bisnis online di atas dengan baik jika keuangan bisnis dikelola dengan baik dan benar.

Selain mempertimbangkan pelayanan yang baik terhadap pelanggan, Anda juga harus memperhatikan bagaimana mengelola keuangan bisnis Anda. Dalam setiap bisnis, mengelola keuangan adalah hal yang tidak bisa dilalaikan. Penilaian performa perusahaan dapat dilihat dari kondisi keuangan.

Pengelolaan keuangan perusahaan haruslah berdasarkan sistem akuntansi yang umum digunakan. Jika Anda merasa sedikit kesulitan untuk mengatur keuangan bisnis sekaligus memikirkan strategi pemasarannya maka Anda bisa mengandalkan Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi online yang mudah digunakan dan sesuai dengan jenis bisnis apapun. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini, dan miliki waktu lebih untuk fokus pada strategi pemasaran usaha Anda.

Artikel telah diedit dan mendapat revisi.