Ketahui Manfaat dan Kekurangan Bauran Pemasaran

Sebagus apapun produk atau jasa yang dibuat, jika Anda tidak mampu memasarkannya maka produk atau jasa tersebut akan sia-sia. Melakukan pemasaran membutuhkan strategi yang baik agar tercapai hasil maksmial. Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan variabel pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran pada pasar yang ditargetkan. Secara sederhana, bauran pemasaran adalah strategi yang memadukan kegiatan-kegiatan pemasaran dalam satu waktu untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa.

Baca Juga: Cara Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat dengan Marketing Mix

Konsep ini pertama kali dikenalkan oleh Neil Borden, seorang profesor pemasaran Harvard, pada tahun 1964. Lalu disempurnakan oleh Jerome McCarthy dengan menyusun komponen pada tahun 1968. Konsep bauran pemasaran atau marketing mix sudah lama digunakan oleh para pemilik bisnis di berbagai negara dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif.

 

Bauran Pemasaran 4P dan 7P

Awalnya konsep ini hanya mencakup empat elemen saja dan dikenal sebagai konsep marketing mix 4P, yaitu:

  1. Product, ialah barang atau jasa yang dijual yang memiliki nilai guna dan dibutuhkan oleh konsumen. Produk yang ditawarkan harus memperhatikan dua unsur, yaitu kualitas dan visual.
  2. Price, ialah sejumlah harga yang harus diberikan konsumen untuk mendapatkan barang atau jasa yang dijual. Harga jual harus sesuai dengan harga pasar, tidak terlalu tinggi dan tidak juga terlalu rendah, serta sesuai dengan kualitas produk.
  3. Place, ialah tempat atau lokasi proses jual beli. Harus memperhatikan lokasi penjualan yang sesuai dengan target pasar. Selain itu pilihlah tempat yang memang memerlukan produk yang sedang dijual.
  4. Promotion, kegiatan bisnis dengan tujuan agar konsumen bisa lebih mengenal dan tertarik dengan produk bisnis. Sesuaikan pemasaran dengan target pasar serta memperhatikan efisiensi dan efektivitas. Pada awal bisnis usahakan untuk memanfaatkan media gratis agar lebih menghemat biaya.Namun seiring dengan perubahan dan perkembangan, elemen 4P pun dimofidifkasi menjadi konsep marketing mix 7P. Booms dan Bitner yang memperkenalkan konsep baru ini menambahkan tiga elemen baru, yakni:
  5. Physical evidence, penampilan fisik baik bangunan, logo, interior, produk dan lain sebagainya akan memengaruhi mood konsumen sehingga harus dibuat semenarik mungkin.
  6. People, yaitu semua SDM yang terlibat dalam bisnis.
  7. Process, yaitu langkah-langkah yang dilakukan antara penjual dan konsumen berupa pelayanan serta proses transaksi. Layanan yang baik adalah kunci agar konsumen tetap bertahan. Bisa juga ditambahkan kesan unik dan menarik agar konsumen lebih tertarik.

 

Manfaat Bauran Pemasaran

Dengan elemen yang kompleks, tentu saja bauran pemasaran memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis. Manfaat dari bauran pemasaran antara lain:

  1. Sederhana
    Konsep ini menyederhanakan dan menyatukan berbagai kegiatan pemasaran menjadi satu, sehingga pemasaran lebih mudah untuk dilakukan dan dikelola.
  2. Alokasi sumber daya yang bijaksana
    Sumber daya biasanya bersifat terbatas sehingga harus digunakan seefektif mungkin. Dengan konsep bauran pemasaran, pemilik bisnis mampu mengetahui seluruh elemen dalam pemasaran sehingga sumber daya yang digunakan menyesuaikan elemen lainnya.
  3. Alokasi tanggung jawab
    Bauran pemasaran akan membuat pemilik bisnis belajar untuk membagi tugas pemasaran yang sesuai dan seimbang. Penggabungan variabel pemasaran akan menghasilkan jobdesk yang bermacam-macam. Walaupun dalam bisnis membutuhkan tim yang solid dan satu, akan tetapi pemilik bisnis ataupun manajer perlu untuk mengalokasikan tanggung jawab kepada tiap orang sesuai dengan jobdesk dan kemampuan yang dimiliki.
  4. Memfasilitasi proses komunikasi
    Manfaat ini merupakan kelanjutan dari poin sebelumnya. Apabila pemilik bisnis mampu mengalokasikan tanggung jawab untuk tiap divisi dengan jobdesk masing-masing, maka selanjutanya dapat belajar mengenai bagaimana menyatukan komunikasi di antara semuanya.
  5. Mampu menganalisa keuangan
    Pemilik bisnis harus mengetahui bagaimana arus biaya dan pendapatan sesuai dengan situasi yang terjadi. Banyaknya elemen pemasaran yang harus dijalankan, membuat pemilik bisnis akan lebih pintar mengalokasikan keuangan. Sehingga dapat membiayai banyak kebutuhan dan tetap menghasilkan keuntungan.

 

Kekurangan Konsep Bauran Pemasaran

Namun di balik berbagai manfaat yang dapat diperoleh, bauran pemasaran juga mempunya beberapa kekurangan yang diringkas dalam poin-poin berikut.

  1. Lebih berorientasi pada internal bisnis sehingga tidak mempertimbangkan perilaku konsumen
  2. Menganggap konsumen sebagai pihak pasif yang tidak memungkinkan untuk melakukan interaksi
  3. Tidak membahas terkait hubungan dengan konsumen dan brand experience

Baca juga: Strategi Pemasaran 4P & Cara Penerapannya Dalam Bisnis

 

Konsep bauran pemasaran dapat digunakan sebagai acuan kegiatan pemasaran produk atau bisnis. Tentu diperlukan perencanaan dan pengelolaan yang baik agar bauran pemasaran dapat dijalankan dengan efektif. Termasuk juga di dalamnya pengelolaan keuangan kegiatan pemasaran. Dalam melakukan pemasaran, Anda harus mencatat segala pengeluaran yang dilakukan. Agar dapat menilai apakah biaya yang digunakan untuk pemasaran seimbang dengan hasil yang didapatkan. 

Untuk mewujudkan pencatatan keuangan bisnis yang sistematis dan praktis, Anda dapat menggunakan software akuntansi Jurnal. Jurnal dapat membantu Anda memiliki perhitungan keuangan yang tepat untuk semua kebutuhan pembiayaan bisnis serta laporan keuangan yang akurat. Dapatkan informasi lengkapnya hanya di sini.


PUBLISHED23 Sep 2019
Desra
Desra

SHARE THIS ARTICLE: