Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Rekomendasi Pekerjaan Online dan Tips Menjadi Produktif

Tayang 15 Jun 2023
Diperbarui 10 Oktober 2023

Mulai tahun 2018, banyak orang mulai mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan online yang bisa dikerjakan di rumah.

Kemudian tren kerja ini semakin masif setelah era pandemi yang melanda pada tahun 2020, di mana muncul kebijakan datang ke kantor dan bekerja secara online.

Masyarakat akhirnya lebih memilih untuk melakukan pekerjaan online yang tidak mengharuskan mereka untuk pergi ke kantor.

Bahkan menurut Upwork, 73% tim kerja dari seluruh perusahaan akan memiliki karyawan yang bekerja di rumah pada tahun 2028.

Perkembangan teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu memberikan peluang besar untuk masyarakat mencari pekerjaan secara online, dan mengubah kehidupan masyarakat saat ini.

Melihat perkembangan ini, berikut ulasan yang khusus membahas mengenai pekerjaan online dan tips agar tetap produktif ketika bekerja di rumah.

Tips Tetap Produktif dalam Pekerjaan Freelance Online

Jika Anda sudah mendapatkan pekerjaan online, mengatur waktu dan mengelola kewajiban tugas tentunya sering kesulitan.

Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa tetap produktif walaupun bekerja di rumah, di antaranya:

Tips Tetap Produktif dalam Pekerjaan Online

1. Bekerja Secara Serius

Meskipun tidak ada atasan yang mengawasi setiap waktu, namun bekerja secara online tetap harus dilakukan secara serius, terutama untuk beberapa pekerjaan yang memiliki tenggat waktu.

Bekerja secara serius akan membuat pekerjaan cepat selesai sehingga klien atau perusahaan yang menggunakan jasa Anda merasa puas dan dihargai.

2. Penuhi Kebutuhan Fasilitas Pekerjaan Online

Pekerjaan yang dilakukan secara online membutuhkan berbagai fasilitas yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan bekerja di kantor.

Kebutuhan yang diperlukan lebih kompleks, seperti ketersediaan jaringan wifi, meja dan kursi yang nyaman, perangkat komunikasi, laptop, perputaran oksigen dalam ruangan, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang lengkap akan memberikan Anda kenyamanan kerja sehingga produktivitas pekerjaan online Anda tidak terganggu.

Baca Juga: 6 Tips Ruang Kerja yang Nyaman untuk Produktivitas

3. Gunakan Waktu Secara Profesional

Biasakan untuk memiliki waktu-waktu tertentu yang khusus digunakan untuk bekerja.

Jangan membiasakan untuk mengerjakan pekerjaan online secara acak.

Kelola waktu dengan baik dan susun prioritas mana yang akan diisi dengan bekerja dan pribadi.

Memiliki waktu untuk bekerja, sama hal nya memiliki disiplin untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang ditentukan.

4. Buat Jadwal Harian, Mingguan, dan Bulanan

Setiap pekerjaan memiliki kesibukan dan tingkat kesulitan masing-masing. Tentunya hal ini akan mempengaruhi Anda dalam mengerjakannya sehari-hari.

Melalui jadwal atau agenda yang sudah diatur untuk seharian harian, mingguan, atau bahkan bulanan, ini akan mempermudah Anda dalam mengelola waktu Anda.

Anda bisa memulai dengan mulai mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah di kala waktu yang padat, dan mengerjakan hal yang lebih rumit di kala waktu yang lebih luang.

Pengelolaan waktu dan prioritas kerja ini dapat membantu Anda dalam menjalankan pekerjaan online menjadi lebih produktif.

5. Periksa Kembali Pekerjaan Anda

Menjadi seorang yang independen adalah inti dari pekerjaan online, hal ini termasuk dalam menghasilkan dan melakukan evaluasi terhadap karyanya sendiri.

Oleh karena itu, biasakan untuk melakukan pengecekan terhadap hasil karya Anda.

Dengan melakukan pengecekan, maka hasil pekerjaan Anda sudah selangkah lebih siap untuk diterima oleh klien, tanpa harus melakukan banyak revisi.

6. Jangan Lupa Untuk Beristirahat dan Berolahraga

Menjalankan rutinitas dengan lingkungan yang sama secara terus-menerus terkadang cenderung cepat membuat bosan dan jenuh.

Terlebih jika semua itu dilakukan secara sendiri tanpa ada rekan kerja lain yang menemani.

Agar tetap termotivasi dalam bekerja, Anda dapat melakukan variasi kegiatan lain di antara waktu kerja, seperti menghirup udara segar di luar rumah, me-time dengan melakukan hobi yang Anda suka, atau sekedar melakukan powernap atau tidur siang.

Anda juga bisa mengisi waktu luang dengan berolahraga yang dapat menyehatkan tubuh dan pikiran, sehingga tubuh lebih segar dan pikiran lebih terbuka.

Kembangkan bisnis Tanpa Batas dengan Software Akuntansi Online Mekari Jurnal!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Rekomendasi Pekerjaan Freelance Online dengan Gaji Tinggi

Jika Anda cermat dalam melihat peluang, ada banyak sekali pekerjaan online dengan gaji tinggi yang dapat dilakukan dirumah, diantaranya adalah:

1. Asisten Virtual

Dengan begitu banyak bisnis yang beroperasi secara online, tidak mengherankan bila saat ini banyak dibutuhkan asisten virtual untuk membantu mereka tetap teratur dalam menyelesaikan tugas administratif.

Tugas seorang asisten virtual mencakup penulisan, membalas email, membuat, dan mendistribusikan dokumen yang berkaitan dengan bisnis, menanggapi pertanyaan media dan bisnis, menulis dan membuat konten, dan masih banyak lagi.

Mengutip Glassdoor, Asisten virtual biasanya bisa menghasilkan gaji sekitar Rp 7,5 juta per bulannya, tergantung seberapa banyak tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

2. Penerjemah atau Translator

Kebanyakan penerjemah melakukan pekerjaan mereka di rumah, dan seringkali bekerja di bawah tenggat waktu yang ketat.

Namun meskipun memiliki deadline pengerjaan, menjadi seorang penerjemah bisa dilakukan secara online dan freelance.

Ada berbagai kelebihan dan kekurangan jika bekerja secara freelance, seperti pasang-surut orderan jasa.

Bisanya tawaran kerja sebagai penerjemah ini sebatas per buku atau per materi yang ingin dialih bahasakan. Tidak secara berkelanjutan ataupun terus menerus.

Upah rata-rata untuk karir sebagai penerjemah adalah Rp 10 -Rp 20 juta, tergantung dari tingkat kesulitan dan banyaknya bahan yang harus diterjemahkan.

3. Web Developer

pekerjaan online dengan menjadi web developer

Sebenarnya cukup mudah untuk membangun sebuah situs sendiri.

Namun, kebanyakan orang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian secara serius untuk mengerjakannya.

Untuk menangkap peluang ini, maka dibutuhkanlah banyak jasa seorang web developer.

Menjadi seorang web developer, hanya membutuhkan laptop, koneksi internet, dan kemampuan membuat situs.

Pekerja web developer ini memiliki gaji tinggi karena tingkat keahliannya yang tidak dimiliki semua orang.

Semakin rumit situs yang mampu dibuat seorang web developer, semakin mahal harga yang dapat ditawarkan.

Melihat dari Glassdoor, gaji seorang web developer dapat menghasilkan rata-rata gaji lebih dari Rp 8 juta hingga Rp 16 juta per bulan.

4. Manajer Social Media

Hampir setiap bisnis besar menggunakan strategi pemasaran social media sebagai sarana untuk menjangkau pelanggan mereka secara langsung.

Tapi tidak setiap bisnis besar memiliki seseorang untuk mengelola akun social media mereka, oleh karena itu saat ini banyak individu yang menawarkan diri mereka sebagai manajer social media.

Pekerjaan ini hadir untuk membantu bisnis mengembangkan followers online mereka guna memperluas jangkauannya.

Manajer social media biasanya mendapatkan penghasilan yang sama dengan asisten virtual, dengan tarif Rp 5 juta hingga Rp 7,5 juta.

Baca Juga: Digital Marketing : Pengertian dan Jenis Strategi Penerapan Bisnis

5. Full Time Investor

Jika Anda adalah seorang yang pandai melakukan analisis terhadap nilai suatu perusahaan, maka menjadi seorang investor adalah pilihan pekerjaan online menantang yang bisa Anda kerjakan.

Menjadi seorang investor online tidak selalu membutuhkan modal besar. Cukup Rp100 ribu, Anda sudah bisa mulai berinvestasi.

Sebagai gambaran, pekerjaan menanam investasi ini bisa memberikan hasil sebesar 18% dalam setahun dan mampu menjanjikan passive income, tanpa harus selalu pusing dengan adanya deadline pekerjaan.

Gunakan Aplikasi Akuntansi Online untuk Bantu Pengelolaan Keuangan Pekerjaan Freelancer Anda

Beberapa tips dan ide pekerjaan online atau freelance di atas walaupun terkesan mudah dijalankan namun membutuhkan manajemen dan pengelolaan yang baik, terutama dalam bidang keuangan.

Keberadaan seorang pekerja online yang tidak menerima kontrak kerja secara permanen atau terus menerus, selayaknya harus membuat Anda lebih berhati-hati terutama dalam masalah pengelolaan keuangan.

Sebagai salah satu aplikasi akuntansi online terbaik di pasaran, Mekari Jurnal akan membantu Anda untuk memiliki pengelolaan keuangan yang baik secara mudah dan sederhana bahkan melalui perangkat smartphone Anda.

Melalui aplikasi akuntansi, proses pencatatan akan lebih cepat dan akurat tanpa ada resiko kesalahan penginputan serta perhitungan data.

Penggunaannya-pun cukup mudah karena bagi pemula  tanpa ada background akuntansi masih dapat menggunakannya dengan mudah.

Dengan aplikasi akuntansi yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja, manajemen akuntansi dan pembukuan dalam genggaman.

Mekari Jurnal juga dapat membantu sebagai aplikasi pembukuan usaha kecil yang efektif dan efisien.

Kategori : Other
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal