Tips Menjadi Jutawan dengan Peluang Bisnis Online atau Freelance

Di tahun 2018, banyak orang mulai mempertimbangkan untuk mengambil pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah. Masyarakat lebih memilih untuk melakukan pekerjaan yang tidak mengharuskan mereka untuk pergi ke kantor, pekerjaan yang membebaskan mereka dalam mengatur waktu bekerjanya, dan pekerjaan-pekerjaan yang dapat menghasilkan pendapatan tinggi untuk mereka.Tentunya hal ini seiringan dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu, dan mengubah kehidupan masyarakat saat ini.

Tips Menjalankan Bisnis Online atau Freelance

Jika Anda sedang atau akan menjalankan bisnis online, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk sukses.

a. Bekerja Secara Serius

Meskipun tidak ada atasan yang mengawasi setiap waktu, namun bekerja secara online tetap harus dilakukan secara serius, terutama untuk beberapa pekerjaan yang memiliki tenggat waktu. Bekerja secara serius akan membuat pekerjaan cepat selesai sehingga klien atau perusahaan yang menggunakan jasa Anda merasa puas dan dihargai .

b. Gunakan Waktu Secara Profesional

Biasakan untuk memiliki waktu-waktu tertentu yang khusus digunakan untuk bekerja. Jangan membiasakan untuk mengerjakan pekerjaan online secara acak. Memiliki waktu untuk bekerja, sama hal nya memiliki disiplin untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang ditentukan.

c. Periksa Kembali Pekerjaan Anda

Menjadi seorang yang independen adalah inti dari pekerjaan online, hal ini termasuk dalam menghasilkan dan melakukan evaluasi terhadap karyanya sendiri. Oleh karena itu, biasakan untuk melakukan pengecekan terhadap hasil karya Anda. Dengan melakukan pengecekan, maka hasil pekerjaan Anda sudah selangkah lebih siap untuk diterima oleh klien, tanpa harus melakukan banyak revisi.

 

Pekerjaan Online Freelance Dengan Gaji Tinggi

Jika Anda cermat dalam melihat peluang, ada banyak sekali pekerjaan dengan gaji tinggi yang dapat dilakukan dirumah, diantaranya adalah:

a. Asisten Virtual

Dengan begitu banyak bisnis yang beroperasi secara online, tidak mengherankan bila saat ini banyak dibutuhkan asisten virtual untuk membantu mereka tetap teratur dalam menyelesaikan tugas administratif. Tugas seorang asisten virtual mencakup penulisan, membalas email, membuat, dan mendistribusikan dokumen yang berkaitan dengan bisnis, menanggapi pertanyaan media dan bisnis, menulis dan membuat konten, dan masih banyak lagi. Asisten virtual biasanya bisa menghasilkan gaji sekitar Rp5 juta per bulannya, tergantung seberapa banyak tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

b. Penerjemah

Kebanyakan penerjemah melakukan pekerjaan mereka di rumah, dan seringkali bekerja di bawah tenggat waktu yang ketat. Namun meskipun memiliki deadline pengerjaan, menjadi seorang penerjemah bisa dilakukan secara online dan freelance. Bisanya tawaran kerja sebagai penerjemah ini sebatas per buku atau per materi yang ingin dialih bahasakan. Tidak secara berkelanjutan ataupun terus menerus. Upah rata-rata untuk karir sebagai penerjemah adalah Rp10-Rp20 juta, tergantung dari tingkat kesulitan dan banyaknya bahan yang harus diterjemahkan.

c. Web Developer

Sebenarnya cukup mudah untuk membangun sebuah situs sendiri. Namun, kebanyakan orang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian secara serius untuk mengerjakannya. Untuk menangkap peluang ini, maka dibutuhkanlah banyak jasa seorang web developer. Menjadi seorang web developer, hanya membutuhkan laptop, koneksi internet, dan kemampuan membuat situs. Pekerja web developer ini memiliki gaji tinggi karena tingkat keahliannya yang tidak dimiliki semua orang. Semakin rumit situs yang mampu dibuat seorang web developer, semakin mahal harga yang dapat ditawarkan. Contoh untuk membuat satu situs kompleks, harga pasaran saat ini adalah Rp 15 juta bahkan lebih.

d. Manajer Social Media

Hampir setiap bisnis besar menggunakan jalur social media sebagai sarana untuk menjangkau pelanggan mereka secara langsung. Tapi tidak setiap bisnis besar memiliki seseorang untuk mengelola akun social media mereka, oleh karena itu saat ini banyak individu yang menawarkan diri mereka sebagai manajer social media. Pekerjaan ini hadir untuk membantu bisnis mengembangkan followers online mereka guna memperluas jangkauannya. Manajer social media biasanya mendapatkan penghasilan yang sama dengan asisten virtual, dengan tarif Rp5 juta atau lebih.

e. Full Time Investor

Jika Anda adalah seorang yang pandai melakukan analisis terhadap nilai suatu perusahaan, maka menjadi seorang investor adalah pilihan pekerjaan online menantang yang bisa Anda kerjakan. Menjadi seorang investor online tidak selalu membutuhkan modal besar. Cukup Rp100 ribu, Anda sudah bisa mulai berinvestasi. Sebagai gambaran, pekerjaan menanam investasi ini bisa memberikan hasil sebesar 18% dalam setahun dan mampu menjanjikan passive income, tanpa harus selalu dikejar deadline pekerjaan.

 

Beberapa tips dan ide pekerjaan online freelance di atas walaupun terkesan mudah dijalankan namun membutuhkan manajemen dan pengelolaan yang baik, terutama dalam bidang keuangan.  Keberadaan seorang online freelancer yang tidak menerima kontrak kerja secara permanen atau terus menerus, selayaknya harus membuat Anda lebih berhati-hati terutama dalam masalah pengelolaan keuangan. Jurnal software akuntansi online akan membantu Anda untuk memiliki pengelolaan keuangan yang baik secara mudah dan sederhana bahkan melalui perangkat smartphone Anda. Dapatkan pengelolaan keuangan online freelancer Anda dengan tepat, di sini.


PUBLISHED24 Jul 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami


Kategori : Bisnis