Jurnal Enterpreneur

Manfaat Outsourcing Akuntansi Bisnis Untuk Bisnis Sukses

Ada banyak komponen yang harus diperhatikan untuk mendirikan sebuah bisnis. Agar dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan sistem payroll atau penggajian dan sistem  akuntansi yang andal serta terukur. Hal ini mungkin akan mudah jika Anda memiliki karyawan untuk mengurusnya. Dengan begitu, Anda akan terbiasa dengan undang-undang yang berlaku untuk akuntansi, perpajakan, serta ketenagakerjaan. Namun, lain halnya jika Anda ingin melebarkan bisnis. Tentu saja Anda akan mempekerjakan lebih banyak karyawan, dan pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi dan payroll akan menjadi lebih rumit. Jika Anda tidak ingin pusing dengan masalah tersebut, outsourcing merupakan pilihan yang paling tepat untuk Anda ambil. Apa saja manfaat outsourcing akuntansi bisnis yang perlu Anda ketahui untuk keberlangsungan bisnis Anda? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Peran Penting Outsourcing Akuntansi Bisnis

Jasa outsourcing memiliki peran penting dalam meningkatkan performa sebuah bisnis atau perusahaan. Dengan menggunakan jasa outsourcing akuntansi bisnis, perusahaan dapat menekan biaya operasional dan lebih fokus dalam memajukan bisnis utama atau core business-nya. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa outsourcing, maka Anda perlu mengetahui kerugian dan keuntungan menggunakan jasa outsourcing. Berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 64, perusahaan dapat menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui perjanjian pemborongan pekerjaan atau penyediaan jasa karyawan yang dibuat secara tertulis. Dengan merujuk pada Pasal tersebut, maka outsourcing dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Pemborongan pekerjaan, merupakan pengalihan suatu pekerjaan kepada jasa outsourcing dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pekerjaan yang dialihkan. Hal ini termasuk hal-hal yang bersifat teknis seperti pengaturan operasional, maupun hal-hal yang bersifat non-teknis seperti administrasi kepegawaian. Pekerjaan yang dialihkan merupakan pekerjaan yang dapat diukur volumenya.
  2. Penyediaan jasa pekerja, merupakan pengalihan suatu posisi kepada jasa outsourcing dan menempatkan karyawan untuk mengisi posisi tersebut. Jasa outsourcing hanya bertanggung jawab terhadap manajemen karyawan tersebut, beserta hal lain yang bersifat non-teknis. Sedangkan hal-hal teknis akan menjadi tanggung jawab perusahaan sebagai pengguna dari karyawan jasa outsourcing.

Alasan Menggunakan Outsourcing Akuntansi Bisnis

Ada beberapa alasan yang dapat membantu Anda dalam membuat pilihan dan menggunakan manfaat outsourcing akuntansi bisnis. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Mematuhi Peraturan Yang Berlaku di Indonesia

Peraturan yang berlaku di Indonesia mengenai ketenagakerjaan, akuntansi, audit, serta pelaporan pajak memang cukup sulit dipahami oleh perusahaan asing. Tidak heran jika mengingat peraturan yang berlaku di Indonesia cenderung berubah seiring berjalannya waktu. Selain itu, peraturan di Indonesia melibatkan banyak formula atau rumus tersendiri. Misalnya, perhitungan upah lembur yang bisa jadi berbeda setiap jam lembur, atau terkait upah minimum, yang dapat berubah tergantung pada tingkat pertumbuhan dan inflasi PDB. Indonesia menggunakan tingkat progresif, namun ada pengecualian yaitu jika karyawan tersebut menghasilkan tidak lebih dari Rp54 juta, maka mereka bebas dari tarif pajak penghasilan (PPh).

Sebagai seorang pebisnis, Anda tentu saja dapat mempelajari semua peraturan yang berlaku. Namun jika Anda tidak cepat akrab dengan peraturan tersebut, maka dapat membahayakan bisnis Anda. Misalnya, Anda harus siap untuk membayar denda atas keterlambatan pelaporan pajak, atau kemungkinan yang paling buruk Anda dapat masuk penjara, izin usaha Anda dicabut, atau pendaftaran perusahaan Anda dapat dibatalkan. Pentingnya mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku Indonesia merupakan alasan utama mengapa Anda harus mempertimbangkan dan menggunakan manfaat outsourcing akuntansi bisnis. Pilihlah konsultan bisnis terbaik, akuntan yang bersertifikat, dan spesialis pajak dengan pengetahuan dan pengalaman bertahun-tahun di bidangnya.

2. Menghemat Pengeluaran Bisnis

Manfaat outsourcing akuntansi bisnis yang lain adalah untuk membantu Anda dalam menghemat banyak uang. Dalam berbisnis, Anda dapat menghindari pengeluaran uang untuk mempekerjakan dan pelatihan karyawan. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perangkat lunak akuntansi dan payroll yang mahal. Serta tidak perlu menyewa kantor yang lebih besar untuk tim Anda.

3. Manajemen Bisnis Yang Lebih Baik

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pengusaha adalah membuat diri mereka kerepotan dengan banyaknya tugas yang sebenarnya dapat diberikan pada pihak lain yang lebih kompeten di bidangnya. Dengan mengurusi berbagai tugas tersebut, maka para pengusaha akan lebih mudah kelelahan dan menjadi kurang efisien dan produktif dalam menjalankan bisnis. Padahal, menjalankan sebuah bisnis dengan baik adalah tentang melakukan hal-hal yang paling penting, tidak termasuk dengan tugas rutin yang dapat dilakukan pihak lain.

Di dalam dunia bisnis, akuntansi merupakan mata dan telinga untuk melihat kondisi bisnis atau perusahaan secara akurat dan menyeluruh. Sehingga dapat dilakukan penyesuaian, koreksi serta mengambil keputusan yang baik, tepat waktu dan tepat sasaran. Dengan memahami manfaat outsourcing akuntansi bisnis seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda tidak perlu khawatir untuk mulai menggunakan tenaga outsourcing untuk bisnis. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus untuk memperbarui strategi dan merestrukturisasi SDM serta keuangan bisnis yang ada. Untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis, manfaatkan bantuan software akuntansi online. Jurnal dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik untuk membuat pembukuan dan laporan keuangan secara lebih praktis dan akurat. Dapatkan informasi secara lebih lengkap tentang Jurnal di sini.

[adrotate banner=”3″]

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo