Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

5 Keuntungan Menggunakan Perangkat Lunak Berbasis Akuntansi

Tayang 19 Nov 2018
Diperbarui 10 Oktober 2023

Penggunaan software akuntansi sangat membantu bagi segala jenis bisnis. Ada berbagai keuntungan ketika Anda memutuskan untuk menggunakannya. Faktanya, secara global sebagian besar pebisnis mendapatkan keuntungan dari penggunaan aplikasi ini.

Perangkat ini tentunya bisa diatur sesuai jenis bisnis yang dijalankan, seperti bisnis perdagangan, industri, rumah sakit, konstruksi bangunan, dan berbagai jenis praktik konsultasi.

Dan salah satu alasan banyak para pebisnis menggunakan perangkat lunak akuntansi adalah karena dalam mempertahankan bisnis diwajibkan untuk memilih pertimbangan-pertimbangan yang didasarkan pada laporan keuangan perusahaan dagang yang tentunya dihasilkan dari sistem ini.

Berikut lima keuntungan dari penggunaan aplikasi akuntansi:

Menghemat Waktu dan Tenaga

Keuntungan yang paling penting dari penggunaan sistem akuntansi adalah Anda bisa menghemat banyak waktu dan tenaga daripada menggunakan pembukuan secara manual (tradisional).

Dengan aplikasi yang terkomputerisasi, pencatatan dokumen bisnis pada bagian front-end office dan rekaman transaksi kepada back-end office bisa dilakukan secara bersamaan.

Misalnya, Anda bisa membuat faktur pelanggan, menyiapkan setoran bank dan mencatat cek dalam program akuntansi, tanpa harus melakukannya secara konvensional.

Kerangka Kerja Akuntansi yang Lebih Efisien

Dalam kerangka kerja akuntansi tradisional, segala catatan transaksi umum dan penyesuaian diolah menjadi laporan keuangan menjelang akhir tahun untuk tujuan penilaian kinerja, kebutuhan audit, dan kebutuhan administrasi lainnya.

Sedangkan dalam kerangka pembukuan secara elektronik lewat aplikasi akuntansi, segala hal tersebut bisa dibuat seperti Anda menjentikkan jari.

Hal ini juga memungkinkan manajemen untuk melakukan survei dan evaluasi pelaksanaan sistem keuangan bisnis kapanpun sehingga segala masalah terkait keuangan bisa teratasi dengan cepat.

Manajemen Pencatatan Utang dan Piutang yang Lebih Baik

Dalam aplikasi, terdapat salah satu fitur yang memungkinkan Anda mencatat piutang dan utang secara akurat dan mudah. Hal ini juga memungkinkan sistem dalam aplikasi akuntansi memproyeksikan posisi arus kas bisnis Anda di masa depan.

Misalnya, jika perusahaan atau bisnis telah mencatat semua tagihan bisnis dan invoice pelanggan dalam program sesuai tanggal jatuh tempo mereka, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa apakah Anda memiliki cukup kas untuk melunasi tagihan yang sudah jatuh tempo.

Dengan aplikasi akuntansi, Anda akan memiliki catatan tentang semua tagihan dan contoh transaksi faktur penjualan.

Aplikasi akuntansi sebagai alat perencanaan ini dapat membantu Anda meminimalisasi timbulnya piutang tak tertagih dan segala denda keterlambatan dari pelunasan utang Anda.

Meminimalisasi Risiko Kesalahan Teknis Pencatatan Transaksi

Ketika Anda menggunakan sistem akuntansi yang terkomputerisasi, beberapa kesalahan seperti kesalahan dalam menghitung nominal angka pada invoice atau kesalahan penulisan (typo) akan terminimalisir.

Ketika aplikasi akuntansi memproses suatu faktur yang terintegrasi dengan nilai pajak, secara otomatis sistem akan menghitungnya secara akurat. Keuntungan tersebut sangat bermanfaat ketika Anda menangani transaksi yang sangat banyak.

Pengorganisasian Data-Data Transaksi

Jika Anda masih menggunakan pencatatan manual (tradisional), risiko seperti hilangnya faktur yang sudah tercatat bisa saja terjadi. Dengan aplikasi akuntansi, segala pencatatan akan dikumpulkan dan dikonversi menjadi suatu data digital.

Data digital tersebut akan disimpan dengan aman dan rapi secara otomatis oleh aplikasi invoice. Sehingga jika Anda ingin meninjau kembali suatu faktur atau invoice, Anda bisa mencarinya dengan mudah.

Hanya dengan mengetik nama pelanggan atau tanggal transaksi terjadi pada kolom pencarian maka Anda akan menemukannya.

Dengan program akuntansi, seluruh tugas-tugas terkait akuntansi akan dimudahkan dan terhindar dari segala kesalahan-kesalahan teknis seperti salah pencatatan dan lainnya. Dewasa ini, begitu banyak developer yang menawarkan produk aplikasi akuntansi.

Tentunya Anda harus cermat dalam memilih program akuntansi bagi bisnis Anda. Jurnal by Mekari, adalah program akuntansi perusahaan untuk mengelola keuangan bisnis dengan fitur-fitur akuntansi yang sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU).

Dengan aplikasi komputer akuntansi Jurnal, Anda bisa mendapatkan sebagian keuntungan-keuntungan yang tertulis di atas. Daftar sekarang untuk mendapatkan promo menarik dan freetrial selama 14 hari!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal