Sistem Laporan Keuangan Perusahaan yang Baik

Ketahui perbedaan antara sistem pembuatan laporan keuangan perusahaan dengan cara manual dibangingkan dengan menggunakan aplikasi seperti Mekari Jurnal.

Untuk membuat data laporan penjualan dan laporan keuangan suatu perusahaan, Anda dapat dapat melakukan dengan dua sistem yaitu sistem manual dan juga aplikasi.

Sistem manual adalah sistem pembukuan yang masih menggunakan pensil atau software spreadsheet seperti Lotus 123 atau Microsoft Excel.

Sedangkan sistem aplikasi adalah sistem pembukuan yang telah menggunakan teknologi baru.

Dengan menggunakan aplikasi keuangan perusahaan dapat membantu Anda untuk akselerasi bisnis.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal sekarang!

Apa Perbedaan Sistem Laporan Keuangan  Manual dan Aplikasi?

Apa bedanya sistem pembukuan dan pembuatan laporan keuangan secara manual dengan penggunaan aplikasi seperti Mekari Jurnal?

Sistem Pembukuan Manual

Dengan memutuskan untuk membuat laporan keuangan secara manual, Anda otomatis harus mencatat banyak hal secara manual di beberapa kertas kerja ataupun beberapa rumus excel spreedsheet untuk mendapatkan laporan keuangan yang menginginkan.

Bukan hanya itu, Anda juga harus menghitung saldo pada laporan dengan menggunakan kalkulator.

Cara membuat pembukuan keuangan secara manual ini tentu dapat menyita banyak waktu dan sangat berisiko apabila kurang teliti.

Dalam membuat laporan keuangan secara manual, Anda harus mengikuti prosesnya dengan baik dan tepat seperti membuat invoice yang menulis tangan, lalu menjadi jurnal double entry secara manual untuk menjadi buku besar hingga menjadi laporan keuangan.

Bukan hanya itu, Anda juga harus membuat laporan utang piutang dari setiap invoice yang Anda terima dan juga membuat daftar stok barang beserta harga pokok penjualan yang dicatat dan dihitung secara manual.

Untuk memudahkan dalam perhitungan atau pencatatan, sistem ini dapat mempermudah dengan menggunakan software spreadsheet.

Dengan software sistem laporan keuangan tersebut, Anda dapat lebih mudah dalam menghitung dan mencatat atau mengumpulkan bukti transaksi untuk menjadi laporan keuangan.

Tapi, Anda tentu harus mengetahui rumus-rumus yang harus memakai untuk mendapatkan hasil dari perhitungan tersebut.

Baca Juga : Pentingnya Memahami Aplikasi Akuntansi untuk Pengusaha

Sistem Pembukuan Aplikasi Untuk Pembuatan Laporan Keuangan

Aplikasi akuntansi terdiri dari aplikasi offline dan online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, Anda hanya perlu memasukkan transaksi keuangan perusahaan.

Kemudian aplikasi akuntansi akan secara otomatis mengelola laporan keuangan sesuai dengan yang Anda butuhkan seperti laporan arus kas, utang piutang, laba rugi, stok barang, perubahan modal, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pembukuan Manual VS Software Akuntansi, Mana yang Lebih Bagus?

A. Aplikasi Akuntansi Offline

Dengan memilih aplikasi offline, artinya Anda harus memasang aplikasi tersebut pada komputer.

Dengan spesifikasi hardware yang baik, aplikasi ini cukup memiliki performa yang baik dan akan berjalan tanpa adanya gangguan.

Aplikasi ini tidak membutuhkan koneksi internet sehingga tidak dapat mengakses dari jarak jauh apabila ada keperluan pengawasan atau pengambilan database.

Selain itu, aplikasi sistem laporan keuangan offline ini tidak dapat menyebarkan karena memiliki nomor seri yang berbeda satu sama lain untuk komputer yang berbeda.

B. Aplikasi Akuntansi Online

Dengan berkembangnya zaman, pemilik bisnis kini bisa menggunakan software laporan keuangan perusahaan yang berbasis ‘cloud system’.

Melalui teknologi ini, Anda dapat mengakses data akuntansi kapanpun dan dimanapun dengan data yang ditampilkan secara up to date atau real time.

Software jenis seperti ini biasa disebut software akuntansi online.

Dengan memilih aplikasi sistem laporan keuangan online, Anda tidak perlu melakukan instalasi pada gadget ataupun komputer yang menggunakan.

Aplikasi ini juga sangat ringan dan tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi.

Mekari Jurnal menawarkan sistem pembuatan laporan keuangan perusahaan yang otomatis dan akurat.

Beragam fiturnya akan membantu Anda membuat laporan keuangan secara mudah, cepat, aman, dan nyaman serta dapat mengelola keuangan bisnis dimanapun dan kapanpun dengan praktis.

Dapatkan kemudahan dalam pembukuan dan pelaporan keuangan perusahaan dengan mencoba Jurnal sekarang gratis selama 14 hari!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

 

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo