Mekari Jurnal
Daftar Isi

Cara Simpel Sistem Pembukuan Akuntansi Perusahaan

Tayang 27 Dec 2022
Diperbarui 17 November 2023

Dalam sistem pembukuan akuntansi bisa dikatakan adalah bagian yang penting dalam menjalankan bisnis, apapun industrinya. Dalam bisnis, akuntansi perusahaan yang tepat menandakan pengelolaan yang tepat juga.

Dari sistem pembukuan dan akuntansi, pemilik usaha juga akan mengerti bagaimana performa perusahaan.

Apakah Anda menyewa seorang akuntan atau melakukannya secara mandiri, menjaga akuntansi perusahaan Anda untuk tetap terorganisir akan membantu melacak catatan yang ada.

Manfaat Akuntansi Perusahaan dengan Sistem Pembukuan yang Terorganisir

Beberapa keuntungan yang didapat dengan menyimpan catatan keuangan secara terorganisir dapat membantu Anda merencanakan keputusan yang tentunya akan mempengaruhi masa depan bisnis Anda.

Semakin terorganisir catatan Anda, semakin akurat keputusan yang Anda raih.

Mengingat catatan keuangan dalam perusahaan adalah hal yang sangat penting, maka proses pencatatan pun harus benar-benar akurat dan terorganisir.

Catatan keuangan yang terorganisir dapat membantu:

  • Melacak dan membandingkan posisi keuangan di masa lalu dan sekarang
  • Perencanaan dan perkiraan posisi keuangan sebuah perusahaan
  • Memberikan informasi dalam pembuatan keputusan bisnis yang baik
  • Menghemat waktu dan energi jika bisnis Anda akan diaudit

Baca juga: 8 Manfaat Download Aplikasi Pembukuan Toko Excel

Apa saja Catatan yang harus di Simpan?

Ketika Anda menjalankan bisnis atau terlibat dalam kegiatan komersial seperti sistem pembukuan akuntansi, Anda harus menyimpan pencatatan dari berbagai transaksi keuangan. Catatan-catatan ini dapat meliputi:

  • Kertas atau tanda terima elektronik
  • Rincian pengeluaran dan penjualan
  • Rincian gaji, dan pajak yang mengumpulkan serta pajak.

Untuk berapa lama? Secara umum, Anda menyarankan untuk menyimpan semua catatan dan dokumen pendukung yang menentukan kewajiban pajak Anda dan perusahaan untuk jangka waktu enam tahun dari akhir tahun pajak terakhir yang terkait.

Minimal, catatan keuangan harus permanen, akurat dan lengkap yang mencakup pendapatan dan pengeluaran harian Anda.

Baca juga: Template Pembukuan Excel yang Bisa Anda Contoh dan Download

Berbagai Sistem Pembukuan Akuntansi

Sebuah sistem pembukuan akuntansi dan pencatatan yang efektif adalah yang mudah untuk menggunakannya, mudah mengerti, dapat mengandalkan, akurat, konsisten, dan dapat memberikan informasi secara tepat waktu.

Ada beberapa contoh sistem akuntansi perusahaan.

Tiap sistem  pembukuan ini dapat menggunakan dari perusahaan. Hanya saja bergantung pada kebutuhan dan jenis perusahaan yang ada. Beberapa contoh sistem pembukuan:

  • Single Entry Bookkeeping: Ini berarti setiap transaksi hanya mencatatnya sekali, baik sebagai pendapatan atau beban, aset atau kewajiban. Semua transaksi mencatatnya pada satu halaman ringkas jurnal, juga disebut jurnal pendapatan dan beban.
  • Double Entry Bookkeeping: Setiap transaksi mencatatnya dua kali, satu akun mengkreditnya dengan jumlah transaksi yang memberikannya dan rekening kedua debet oleh jumlah transaksi yang sama.
  • One-Write System: Dengan munculnya sistem komputerisasi, sistem ini lebih efisien dan menghapus kebutuhan untuk recopying data. Sistem ini akan langsung merekap data pada saat transaksi berlangsung.
  • Computerized System: Sistem ini menawarkan kecepatan dan fleksibilitas, pada umumnya memiliki kemampuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dapat memperbarui setiap hari. Banyak dari sistem ini yang scalable, sehingga Anda dapat menyesuaikannya saat bisnis Anda terus berkembang.

Baca juga: Contoh Pembukuan Toko Excel Sederhana, Download Sekarang!

Cara Simple Mengatasi Pembukuan Penjualan dan Pembelian

Pembukuan penjualan dan pembelian merupakan pencatatan transaksi keuangan.

Transaksi yang sudah tertulis termasuk penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang keluarkan oleh perseorangan atau organisasi.

Pembukuan ini biasa melakukannya perusahaan yang melakukan transaksi untuk mencatat setiap kegiatan jual atau beli yang terjadi.

Hal ini melakukan untuk memudahkan penulisan laporan keuangan di akhir periode akuntansi.

Di artikel ini akan menjelaskan pengertian lebih dalam seputar sistem pembukuan akuntansi seperti penjualan dan pembelian serta cara membuatnya. Simak ya!

Penjualan Tunai dan Buku Pembelian/Pengeluaran

Buku kas adalah catatan sentral yang merekap semua uang masuk ke dan keluar dalam bisnis Anda yang sering disebut juga sebagai laporan arus kas.

Untuk melengkapi buku kas, Anda akan perlu untuk berpegang pada:

  • Buku cek
  • Cek yang batal
  • Laporan bank
  • Salinan faktur Anda sendiri
  • Catatan penerimaan dan pengiriman
  • Faktur pemasok Anda
  • Penerimaan untuk semua pembelian tunai
  • Salinan pembayaran yang melakukannya atau menggunakan sistem perbankan online
  • Laporan kartu kredit atau debit
  • Transaksi kredit dan slip/voucher kartu debit

Sebuah catatan terpisah untuk penjualan dan pembelian (penerimaan dan pembayaran) adalah hal yang masuk akal dan harus dilakukan pebisnis untuk menjaga kelangsungan usaha mereka.

Setelah Anda memiliki omset tertentu, itu akan membantu Anda menghitung kewajiban PPN.

Merekam jenis biaya yang terkait usaha atau pribadi akan sangat membantu ketika mengisi pajak dan PPN pengembalian tahunan Anda (jika terdaftar untuk PPN).

Namun, periksa entri individu dalam buku kas Anda dengan pernyataan bank untuk mengambil barang-barang yang membayarkan langsung ke rekening bank Anda.

Jika Anda membayar dengan cek. Oleh karena itu, Anda juga harus memeriksa bahwa semua ini telah benar dikreditkan oleh pemasok Anda.

Cara Simpel Sistem Pembukuan Akuntansi Perusahaan

Cara Simpel Sistem Pembukuan Akuntansi Perusahaan!

Ringkasan Buku Kas

Ringkasan buku kas untuk mencocokkan total dari buku kas penjualan dan pembelian buku kas pembelian serta biaya.

Ini membantu Anda guna memeriksa saldo pembuka dan penutup di setiap hari dalam aktivitas bisnis serta membantu Anda memantau bagaimana bisnis Anda berkembang.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam rekonsiliasi buku kas:

  • Saldo akhir kas harus selalu sama uang tunai di tangan. Jika tidak perbedaan tersebut harus diselidiki. Ini mungkin karena tanda terima atau pembayaran yang belum tercatat.
  • Saldo rekening penutupan cek harus selalu sama dengan saldo pada laporan bank pada penutupan bisnis pada hari yang sama dengan akun cek yang telah dibuat.

Dalam paragraf ini, bisnis yang terstruktur mampu membuat kebutuhan akan buku kas lebih dari cukup.

Namun, menjaga penjualan dan buku besar pembelian. Seperti yang menunjukkan di sini akan memungkinkan Anda untuk merekam penjualan, pembelian secara kredit, dan melacak jumlah yang terhutang kepada Anda.

Oleh karena itu, dari penjualan dan oleh Anda untuk pembelian. Ini akan membuat manajemen arus kas lebih mudah. Dengan kata lain, laporan keuangan juga akan lebih mudah karena transaksi terekap dengan detail.

Banyak bisnis memilih untuk menggunakan software akuntansi untuk membantu mereka mengelola ini agar lebih efisien.

Dengan kata lain, membuat proses lebih cepat dan lebih mudah.

Selain itu, menggunakan software akuntansi juga dapat melakukan proses e-filing (mengirimkan catatan elektronik) secara sederhana.

Sistem Pembukuan Akuntansi Perusahaan Online, Kenapa Tidak?

Anda mungkin sudah familiar dengan konsep akuntansi cloud – menyimpan data bisnis Anda dalam server virtual daripada menyimpannya dalam PC Anda, juga bisa download aplikasi penjualan berbasis web gratis aplikasi berbasis web untuk kebutuhan bisnis Anda.

Sebagai pemilik bisnis, mungkin Anda telah menggunakan berbagai macam technology cloud untuk menjalankan usaha Anda, seperti Dropbox, Google Drive, sistem pembukuan akuntansi excel, dan lain sebagainya.

Alasannya beragam, entah untuk fleksibilitas yang lebih besar, membantu perkembangan kolaborasi dalam tim, efisiensi manajemen pengelolaan data, beragam manfaat menawarkan ketika Anda menggunakan cloud sebagai basis aset bisnis Anda.

Jurnal mampu fleksibilitas pengelolaan akuntansi dan akuntansi perusahaan secara online memberikan Anda kebebasan untuk menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah, atau di mana saja.

Melalui Mekari Jurnal, Bisnis Tetap Terpantau dengan Akses Kapan Saja dan DImana Saja!

Anda akan memiliki gambaran yang up-to-date tentang bagaimana bisnis Anda berjalan, tidak peduli di mana Anda berada.

Dengan software akuntansi cloud, Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, dari mana saja di dunia. Dan ketika data Anda sangat mudah untuk diakses, segala kemungkinan bisa terjadi.

Untuk itu, Anda perlu sebuah aplikasi pembukuan usaha untuk jaga performa bisnis Anda.

Dengan Jurnal, seluruh proses pembukuan akan saling terotomatisasi dan terintegrasi.

Yuk, pakai aplikasi keuangan perusahaan milik Mekari Jurnal!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, itulah penjelasan singkat tentang sistem pembukuan akuntansi perusahaan dan kenapa hal tersebut penting.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal