Jurnal Enterpreneur

Cara Simpel Pembukuan dan Akuntansi Perusahaan

Pembukuan dan akuntansi adalah bagian yang penting dalam menjalankan bisnis, apapun industrinya. Dalam bisnis, akuntansi perusahaan yang tepat menandakan pengelolaan yang tepat juga. Dari sistem pembukuan dan akuntansi, pemilik usaha juga akan mengerti bagaimana performa perusahaan.

Apakah Anda menyewa seorang akuntan atau melakukannya secara mandiri, menjaga akuntansi perusahaan Anda untuk tetap terorganisir akan membantu melacak catatan yang ada.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Manfaat Akuntansi Perusahaan dengan Sistem yang Terorganisir

Beberapa keuntungan yang didapat dengan menyimpan catatan keuangan secara terorganisir dapat membantu Anda merencanakan keputusan yang tentunya akan mempengaruhi masa depan bisnis Anda.

Semakin terorganisir catatan Anda, semakin akurat keputusan yang Anda raih.

Mengingat catatan keuangan dalam perusahaan adalah hal yang sangat penting, maka proses pencatatan pun harus benar-benar akurat dan terorganisir.

Catatan keuangan yang terorganisir dapat membantu:

  • Melacak dan membandingkan posisi keuangan di masa lalu dan sekarang
  • Perencanaan dan perkiraan posisi keuangan sebuah perusahaan
  • Memberikan informasi dalam pembuatan keputusan bisnis yang baik
  • Menghemat waktu dan energi jika bisnis Anda akan diaudit

Baca juga: 8 Manfaat Download Aplikasi Pembukuan Toko Excel

Apa saja Catatan yang harus di Simpan?

Ketika Anda menjalankan bisnis atau terlibat dalam kegiatan komersial, Anda harus menyimpan catatan dari berbagai transaksi bisnis. Catatan-catatan ini dapat meliputi:

  • Kertas atau tanda terima elektronik
  • Rincian pengeluaran dan penjualan
  • Rincian gaji, dan pajak yang mengumpulkan serta pajak.

Untuk berapa lama? Secara umum, Anda menyarankan untuk menyimpan semua catatan dan dokumen pendukung yang menentukan kewajiban pajak Anda dan perusahaan untuk jangka waktu enam tahun dari akhir tahun pajak terakhir yang terkait.

Minimal, catatan keuangan harus permanen, akurat dan lengkap yang mencakup pendapatan dan pengeluaran harian Anda.

Baca juga: Template Pembukuan Excel yang Bisa Anda Contoh dan Download

sistem pembukuan akuntansi

Berbagai Sistem Pembukuan

Sebuah sistem pembukuan dan pencatatan yang efektif adalah yang mudah untuk menggunakannya, mudah mengerti, dapat mengandalkan, akurat, konsisten, dan dapat memberikan informasi secara tepat waktu.

Ada beberapa contoh sistem akuntansi perusahaan.

Tiap sistem  pembukuanini dapat menggunakan dari perusahaan. Hanya saja bergantung pada kebutuhan dan jenis perusahaan yang ada. Beberapa contoh sistem pembukuan:

  • Single Entry Bookkeeping: Ini berarti setiap transaksi hanya mencatatnya sekali, baik sebagai pendapatan atau beban, aset atau kewajiban. Semua transaksi mencatatnya pada satu halaman ringkas jurnal, juga disebut jurnal pendapatan dan beban.
  • Double Entry Bookkeeping: Setiap transaksi mencatatnya dua kali, satu akun mengkreditnya dengan jumlah transaksi yang memberikannya dan rekening kedua debet oleh jumlah transaksi yang sama.
  • One-Write System: Dengan munculnya sistem komputerisasi, sistem ini lebih efisien dan menghapus kebutuhan untuk recopying data. Sistem ini akan langsung merekap data pada saat transaksi berlangsung.
  • Computerized System: Sistem ini menawarkan kecepatan dan fleksibilitas, pada umumnya memiliki kemampuan untuk menghasilkan laporan keuangan yang dapat memperbarui setiap hari. Banyak dari sistem ini yang scalable, sehingga Anda dapat menyesuaikannya saat bisnis Anda terus berkembang.

Baca juga: Contoh Pembukuan Toko Excel Sederhana, Download Sekarang!

Sistem Pembukuan Akuntansi Perusahaan Online, Kenapa Tidak?

Anda mungkin sudah familiar dengan konsep akuntansi cloud – menyimpan data bisnis Anda dalam server virtual daripada menyimpannya dalam PC Anda, juga menggunakan aplikasi berbasis web daripada menggunakan aplikasi yang terinstall pada komputer.

Sebagai pemilik bisnis, mungkin Anda telah menggunakan berbagai macam technology cloud untuk menjalankan usaha Anda, seperti Dropbox, Goggle Drive, dan lain sebagainya.

Alasannya beragam, entah untuk fleksibilitas yang lebih besar, membantu perkembangan kolaborasi dalam tim, efisiensi manajemen pengelolaan data, beragam manfaat menawarkan ketika Anda menggunakan cloud sebagai basis aset bisnis Anda.

Jurnal mampu fleksibilitas pengelolaan akuntansi dan akuntansi perusahaan secara online memberikan Anda kebebasan untuk menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah, atau di mana saja.

Anda akan memiliki gambaran yang up-to-date tentang bagaimana bisnis Anda berjalan, tidak peduli di mana Anda berada.

Dengan software akuntansi cloud, Anda memiliki pilihan untuk menjalankan bisnis Anda dari jarak jauh, dari mana saja di dunia. Dan ketika data Anda sangat mudah untuk diakses, segala kemungkinan bisa terjadi.

Untuk itu, Anda perlu sebuah aplikasi pembukuan usaha untuk jaga performa bisnis Anda. Dengan Jurnal, seluruh proses pembukuan akan saling terotomatisasi dan terintegrasi. Yuk, pakai aplikasi keuangan perusahaan milik Jurnal!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, itulah penjelasan singkat tentang sistem pembukuan akuntansi perusahaan dan kenapa hal tersebut penting.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : AccountingAkuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo