5 Tips Meraih Keuntungan Besar di Musim Liburan

Libur akhir tahun biasanya menjadi momen yang ditunggu-tunggu sebagian besar orang. Akhir tahun identik dengan pembagian bonus bagi karyawan swasta sehingga merupakan waktu yang tepat untuk berbelanja. Dan dari sisi penjual biasanya menjadi momen yang tepat untuk memberikan diskon atau potongan harga. Hal ini dilakukan untuk menarik pelanggan dan mengejar keuntungan di masa liburan.

Bisnis di Musim Liburan

Ada banyak contoh bisnis akhir tahun yang bersifat musiman yang bisa Anda coba. Misalnya saja bisnis parcel karena akhir tahun identik dengan perayaan Natal dan tahun baru. Bisnis kue kering juga dinilai menjanjikan sebagai hampers atau hantaran kepada klien. Bisnis kembang api atau terompet mungkin bisa Anda pertimbangkan mengingat banyak perayaan kumpul bersama keluarga terjadi di akhir tahun. Bisnis aksesoris, bisnis pakaian, atau bisnis katering juga bisa menjadi pilihan mengingat momentum bonus gaji turun pada akhir tahun.

Akhir tahun adalah waktu yang tepat bagi pengusaha untuk menjual produk musiman.

Tips Meraih Keuntungan di Musim Liburan

Walaupun dijalankan dalam waktu yang singkat, beberapa pengusaha justru mengaku mendapatkan banyak keuntungan. Salah satu kuncinya dari bisnis ini adalah asalkan strateginya tepat. Lalu apakah cara ini tepat untuk dilakukan? Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk mendapat keuntungan di musim liburan:

Tetap Berikan Harga Normal

Memberikan harga yang lebih rendah dari pesaing untuk menarik lebih banyak pelanggan ternyata salah. Dengan memberikan harga yang lebih rendah, mungkin pelanggan akan datang membeli produk Anda, tapi hal ini justru akan merugikan. Di mana, keuntungan yang Anda dapatkan akan lebih sedikit dan justru membuat kerugian bisnis.

Berikan Diskon Sewajarnya

Jika Anda ingin memberikan diskon akhir tahun, berilah diskon sewajarnya. Dengan memberikan diskon yang terlalu besar dapat membuat bisnis Anda rugi. Untuk mensiasatinya, Anda bisa beralih dengan memberikan bonus kepelanggan yang membeli produk Anda di masa liburan. Misalnya, bonus berupa suvenir, voucher belanja, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menjadi solusi yang lebih menarik daripada sekedar diskon. Solusi pembelian dengan sistem bundling juga bisa menjadi alternatif yang menarik. Pelanggan akan senang karena mendapatkan harga yang lebih murah jika dibandingkan membeli satuan. Dari sisi pengusaha, target penjualan Anda akan tercapai dengan cepat.

Manfaatkan Pelanggan Lama

Karena terlalu tergesa-gesa mencari pelanggan baru, banyak pengusaha yang justru malah kehilangan pelanggan lama. Dalam musim liburan ini, cobalah manfaatkan pelanggan lama dengan mengajak mereka berkumpul dan buat komunitas pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan lebih loyal terhadap produk Anda. Jika pelanggan telah loyal, mereka akan senang hati merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Disinilah Anda bisa melakukan strategi word of mouth dengan baik. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda peduli terhadap pelanggan lama. Jangan lupa untuk memberika reward berupa voucher atau diskon bagi pelanggan lama yang akan melakukan transaksi pembelian.

Berikan Kemudahan dalam Membeli

Menjual produk di masa liburan merupakan hal yang susah gampang. Selain memikirkan strategi yang tepat, Anda juga harus memberikan kemudahan bagi pelanggan. Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah buatlah produk Anda lebih mudah ditemukan dan dijangkau. Jika bisnis Anda hanya dijual secara offline, Anda mungkin bisa memberikan kemudahan dengan pemesanan lewat telepon dan mengirimkan langsung ke pelanggan. Namun, ada baiknya jika produk Anda bisa ditemukan secara online. Apalagi banyak pelanggan yang mulai sibuk mempersiapkan liburan. Untuk menjual secara online, Anda bisa memanfaatkan social media dan juga berbagai market place yang tersedia di Indonesia.

Monitor Laba & Rugi

Di musim libur seperti ini, banyak pengusaha yang hanya memikirkan profit dan keuntungan tanpa memperhitungkan laba maupun rugi dari proses penjualan tersebut. Mengejar keuntungan boleh, namun jangan lupa pada kewajiban yaitu membuat laporan keuangan perusahaan. Dengan memperhitungkan laba-rugi, Anda dapat menentukan berapa harga yang pantas diberikan kepada konsumen dan apa strategi yang paling cocok Anda lakukan.

 

Melihat laba maupun rugi perusahaan akan lebih mudah dengan software akuntansi Jurnal. Dengan menggunakan Jurnal, Anda bukan hanya dapat melihat laba dan rugi secara realtime. Anda juga bisa melihat berapa stok barang yang masih tersedia dalam gudang. Melalui Jurnal, Anda juga dapat memonitor kondisi keuangan perusahaan di mana pun dan kapan pun. Sehingga, liburan Anda tidak akan terganggu sama sekali. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati berbagai kemudahan dalam mengelola keuangan bisnis. Dapatkan free trial hingga 14 hari di sini.


PUBLISHED03 Feb 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: