Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Siap Bersaing dengan Strategi Bisnis Katering Online yang Efektif

Tayang 14 Jun 2023
Diperbarui 10 Oktober 2023

Menjalankan katering bisnis secara online dengan strategi pemasaran yang tepat kini lebih menjanjikan karena banyaknya orang yang terhubung dengan dunia digital dan mencari segala informasi melalui Internet.

Membeli secara online saat ini juga sudah menjadi salah satu tren yang dianggap lebih efektif karena bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah dan mengantri.

Dengan adanya beberapa fakta tersebut, mau tidak mau, untuk mengantisipasi kerasnya persaingan bisnis, maka saat ini semakin banyak pengusaha yang mulai menggunakan strategi bisnis secara online, termasuk juga dalam bisnis katering.

Penggunaan promosi secara online dalam bisnis katering, selain dirasa lebih hemat biaya tentunya juga lebih mudah menjangkau target sasaran.

Untuk siap bersaing dalam pemasaran bisnis katering secara online, Anda bisa menggunakan strategi bisnis berikut.

1. Memiliki Nama dan Logo Brand yang Engaging

Pada dasarnya dalam menentukan pemasaran online, hal yang perlu Anda pahami adalah tujuan dari melakukan pemasaran tersebut.

Selain untuk meningkatkan penjualan, tujuan lainnya adalah bagaimana agar calon pembeli dapat dengan mudah menemukan bisnis Anda.

Salah satu cara untuk memulainya adalah dengan memiliki nama brand dan logo yang engaging.

Mengutip dari Pollthepeople, Memiliki nama merek yang kuat dapat membantu bisnis menarik pelanggan, lebih menonjol dari kompetitor, dan membangun kepercayaan lebih kuat.

Hal ini selaras karena tujuan dari membentuk strategi bisnis katering online ini adalah untuk meningkatkan visualitas bisnis catering Anda di dunia digital.

2. Lakukan Riset Pasar

Tentu sebelum masuk ke tahap berikutnya, ada baiknya jika Anda mulai melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Baik itu riset kecil-kecilan atau mendalam, peran riset sungguh berdampak dalam strategi yang Anda jalankan nantinya.

Strategi yang sukses adalah strategi yang dapat mengikuti perkembangan tren, mengambil keputusan yang tepat, serta mempertahankan keunggulan toko catering Anda di antara kompetitor.

Melalui hasil riset, Anda dapat menentukan siapa target calon pelanggan, bagaimana caranya, dan kapan waktu yang efektif untuk melakukannya.

membuat akun media sosial bisnis katering sebagai strategi pemasaran online

3. Buat Akun Media Sosial

Ada banyak media sosial yang umum digunakan masyarakat Indonesia dan tentunya gratis.

Jika ingin bisnis Anda cepat dikenal banyak orang, segera jalankan strategi bisnis katering online dengan buat akun media sosial untuk mempromosikannya.

Pada dasarnya, Anda dapat mulai membuat akun media sosial berdasarkan karakteristik target sesuai dengan hasil riset yang telah dilakukan.

Namun, ada baiknya jika Anda memiliki akun pada semua media sosial yang umum digunakan seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok. dan sebagainya.

Promosikan semua produk bisnis catering yang Anda tawarkan melalui akun tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa membuat grup untuk memberikan update informasi mengenai produk yang Anda jual.

Baca Juga: 7 Strategi Pemasaran dengan Budget Rendah di Social Media

4. Lakukan Komunikasi dengan Lancar

Dalam menjalankan sebuah pemasaran secara online, Anda tidak hanya dituntut untuk membuat akun social media tetapi juga harus siap melayani komunikasi kapan saja calon konsumen menghubungi.

Sebaiknya Anda memiliki Whatsapp, Line, maupun Telegram karena inilah yang sering dipakai oleh orang-orang di era digital ini.

Orang-orang lebih suka menghubungi dengan akun tersebut karena dirasa lebih hemat biaya.

Oleh karena itu, cantumkan nomor telepon maupun user id Anda dalam setiap postingam atau profil media sosial yang Anda buat.

5. Gabung dengan Grup yang Prospektif

Bisnis katering biasanya memiliki target calon pelanggan yang bersifat khusus, sehingga Anda perlu jalankan strategi bisnis katering online secara khusus juga..

Salah satu contohnya, sebuah strategi pemasaran online dapat difokuskan dengan bergabung melalui grup-grup media sosial atau grup Whatsapp yang mayoritas komunitas anggotanya adalah wanita atau ibu-ibu.

Selain ibu-ibu, Anda juga bisa bergabung dengan grup profesi, misalnya pegawai bank atau guru, karyawan perusahaan, atau komunitas suatu profesi yang tentunya membutuhkan layanan bisnis catering yang Anda miliki.

6. Tampilan Menu yang Menarik

Strategi bisnis katering yang dipromosikan secara online, tentunya tidak bisa menyediakan tester yang bisa dicoba oleh calon pembeli terlebih dahulu.

Karena hal tersebut, maka ada baiknya sebuah bisnis katering yang dipromosikan secara online, mencoba menarik perhatian dengan  menampilkan foto makanan yang menarik.

Buatlah foto tampilan menu yang bagus dan lakukan sedikit editing gambar sebelum mempostingnya melalui social media atau pun media online lainnya.

Kemudian beri deskripsi yang jelas tentang nama, harga, rasa, dan porsinya.

Deskripsi yang baik dari sebuah gambar akan membantu calon konsumen untuk memilih produk katering dengan tepat dan meminimalkan kesalahan pemesanan.

testimonial dan review bantu meningkatkan kepercayaan kepada bisnis katering anda

7. Gunakan Testimoni

Testimoni dari seorang konsumen yang telah mencoba produk bisnis katering Anda akan memperkuat brand atau image dari bisnis tersebut.

Berdasarkan statistik dari Statheap, menampilkan testimoni atau review produk Anda dapat meningkatkan konversih hingga 270%. Itu merupakan angka yang cukup besar pengaruhnya.

Masih berdasarkan riset yang sama, sebanyak 80% konsumen cenderung tidak membeli produk jika tidak memiliki ulasan. Bahkan hingga 92% untuk generasi Z.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mendapatkan penilaian dari konsumen dari produk katering yang pernah mereka coba.

Anda juga dapat memberikan bentuk apresiasi kepada konsumen yang memberi testimoni terbaik sebagai reward atau hadiah.

Dengan adanya sebuah testimoni konsumen, maka para pembaca yang mengunjungi media promosi online Anda akan semakin yakin dan ingin mencoba produk catering tersebut.

Kesimpulan

Strategi pemasaran bisnis katering online ini selain terlihat lebih mudah, juga dapat menghemat waktu karena semua tips pemasarannya bisa dijalankan dari satu tempat.

Namun, semua strategi pemasaran bisnis katering perlu didukung dengan pengelolaan keuangan yang baik agar bisa menjalankan strategi pemasaran secara maksimal.

Untuk memudahkan dalam mengelola keuangan bisnis katering tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan Mekari Jurnal sebagai aplikasi akuntansi online yang dapat membantu Anda dalam membuat rencana anggaran dan pengeluaran.

Mekari Jurnal sebagai aplikasi pembukuan usaha kecil juga memiliki fitur stok yang bermanfaat untuk membantu Anda mengetahui jumlah persediaan yang telah terpakai.

Anda juga bisa mengakses perusahaan Anda dimana pun dan kapan pun karena dapat diakses dengan mudah baik pada sistem android dan ios, miliki kemudahan dalam mengakses pengelolaan keuangan Anda sekarang!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal