Jurnal Enterpreneur

Tips Sukses Mengubah Pekerjaan Sampingan Menjadi Pekerjaan Utama

 

Dari bekerja sebagai seorang desainer freelance hingga pemasaran afiliasi atau sekadar melakukan pekerjaan dengan sistem shift untuk menghasilkan uang ekstra, sepertinya hampir semua orang memiliki pekerjaan sampingan akhir-akhir ini. Menurut survei 2017 oleh badan statistik pekerja, “dalam upaya untuk meningkatkan penghasilan atau mengejar hasrat yang sudah lama dipegang”, hampir setengah dari semua generasi millenial memiliki beberapa jenis pekerjaan sampingan.

Melakukan sebuah pekerjaan sampingan baik secara online maupun offline, menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari mengingat banyaknya keinginan manusia yang harus terpenuhi.

 

Namun, diantara banyaknya waktu yang harus terbagi antara pekerjaan pokok yang dijalani dengan pekerjaan sampingan, sebenarnya Anda bisa mengubah pekerjaan sampingan yang sedang Anda jalani menjadi pekerjaan pokok yang memberi hasil finansial secara melimpah tanpa harus repot membagi waktu. Ingin tahu bagaimana cara sukses mulai mengubah pekerjaan sampingan menjadi pekerjaan pokok Anda ? Mari simak tipsnya di bawah ini.

 

Temukan Motivasi Anda

Dari  beberapa pengalaman pengusaha sukses yang berhasil membesarkan bisnisnya sendiri disebutkan bahwa motivator utama di balik kesuksesan mengubah kerja sampingan menjadi pekerjaan penuh waktu adalah keinginan untuk akhirnya meninggalkan waktu terikat selama 5-9 jam di kantor dan bekerja untuk diri sendiri. Apa motivator Anda? Apakah Anda ingin jam kerja fleksibel? Apakah Anda ingin menjalani sebagian besar waktu di rumah (atau di dekat rumah)?
Setelah Anda memantapkan dan memahami motivasi Anda, fokuslah padanya dan itu akan menjadi dorongan terbesar untuk bekerja sendiri secara penuh waktu.

 

Stabil Secara Finansial


Apapun pekerjaan sampingan Anda, mungkin Anda tidak akan menghasilkan banyak uang langsung dari awal bisnis. Anda harus memiliki uang sewa beberapa bulan kedepan agar tetap bertahan, terutama dalam beberapa bulan pertama. Serta banyak pengeluaran usaha yang harus ditanggung secara pribadi. Untuk mengantisipasi hal ini, persiapkan stabilitas finansial sebelum memutuskan untuk menjadikan pekerjaan sampingan sebagai pekerjaan utama. Anda memerlukan jumlah tabungan yang sehat, nilai kredit yang kuat dan akuntansi yang tepat pada tahap awal usaha sebagai antisipasi jika membutuhkan pinjaman atau kredit dari pihak Bank.

 

Mulai Memotivasi Diri Sendiri


Setelah mulai bekerja untuk diri sendiri, Anda akan segera menyadari bahwa hanya ada satu orang yang bertanggung jawab atas hasil Anda. Itu berarti Anda perlu menemukan dan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, dan cara yang paling dapat diandalkan untuk menjaga diri Anda termotivasi untuk jangka panjang. Catatlah tujuan jangka panjang pada papan visi di sekitar ruang kerja, beri penghargaan pada diri sendiri di setiap akhir minggu kerja atas prestasi yang sudah dicapai. Jadikan hal-hal tersebut sebagai motivasi terhadap diri sendiri untuk lebih menguatkan keinginan mengubah pekerjaan sampingan menjadi pekerjaan pokok Anda.

 

Miliki Passion dalam Pekerjaan

Sementara banyak pekerja lepas tradisional mencoba untuk mendapatkan perhatian atas pekerjaan mereka melalui proyek yang diselesaikan untuk klien yang lebih kecil atau dengan memasang kapasitas pekerjaan melalui portofolio, satu cara untuk mengetahui kerja sampingan Anda telah siap untuk diperluas adalah ketika passion proyek  Anda mulai mendapatkan perhatian. Apa artinya? Orang ingin menyewa sebuah passion karena passion itu unik dan berbeda pada setiap individu. Jika pekerjaan sampingan Anda memiliki nilai passion yang baik, yang lain akan melihat. Dan jika proyek-proyek ini mulai berubah menjadi tawaran pekerjaan dan membangun pengikut online, maka saat itulah Anda tahu bahwa bisnis Anda siap untuk diperluas.


Setelah Anda melihat tentang kemungkinan untuk menjadi seorang wirausaha dan menjadikan pekerjaan sampingan sebagai penghasilan utama melalui beberapa tips di atas maka Anda sudah bisa mulai untuk menyusun strategi baik secara finansial maupun kesiapan mental untuk mendukung perubahan tersebut. Pastikan untuk mengetahui kesiapan secara finansial dengan melacak semua penghasilan, pengeluaran, faktur, dan lainnya langsung melalui Jurnal! Jurnal memudahkan untuk mengetahui sekilas bagaimana bisnis Anda mampu secara finansial. Pantau arus kas Anda, faktur yang belum dibayar, dan bahkan tagihan yang tidak terbayar dengan mudah melalui laporan keuangan Jurnal dan dapatkan pencatatan akuntansi terbaik untuk mengantisipasi kebutuhan laporan keuangan yang akan mendatangkan investasi dari pihak investor. Sudah siap berkomitmen dengan rencana? Coba aplikasi perkantoran dari Jurnal gratis  hari ini dan dapatkan semua informasi tentang Jurnal, di sini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo