Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Melawan Kompleksitas Dalam Pengelolaan Bisnis bersama Mekari Jurnal

Tayang 02 Dec 2021
Diperbarui 21 Desember 2023

Pengelolaan bisnis pada dasarnya tidak bisa dibilang akan selalu mudah. Terdapat beberapa tantangan yang pasti akan dihadapi pebisnis dalam menjalankan usahanya.

Bagi bisnis baru, mungkin tantangannya adalah menentukan model bisnis dan standar yang tepat untuk usahanya.

Sedangkan bagi bisnis yang sedang berkembang, tantangannya menjadi lebih beragam dan kompleks.

Dalam berbagai sektor usaha dan skala industri, penerimaan pembayaran biasa dibagi menjadi dua yaitu tunai dan kredit.

Hal ini tentunya membutuhkan pengelolaan faktur yang handal untuk memberikan kemudahan bagi pemilik bisnis ataupun pengelola keuangan di perusahaan.

Bagi bisnis yang sedang berkembang dan memiliki jumlah transaksi yang besar, pencegahan fraud pun juga menjadi isu kritikal yang harus ditangani untuk mencegah kerugian bagi perusahaan.

Hal terakhir yang biasa dialami mulai dari usaha kecil, usaha menengah hingga usaha besar adalah menganalisis profitabilitas untuk mengetahui profit dan margin dalam menjalankan usaha.

Dalam acara Mekari Conference 2021 (1/12/2021), Seno Agung, Senior Product Manager Mekari akan membahas kiat-kiat dalam melawan kompleksitas dalam berbisnis dengan menggunakan beberapa fitur dari Mekari Jurnal.

3 Kompleksitas Utama Dalam Mengelola Bisnis

1. Pengelolaan Invoice 

Pengelolaan billing secara manual membutuhkan usaha yang besar. Terkadang termin pembayaran yang dinamis membuat skema penagihan berbeda untuk setiap klien.

Akibatnya perusahaan terkadang lupa kirim invoice tepat waktu sehingga tidak mendapat pembayaran yang tepat waktu.

Terdapat lima kompleksitas yang biasa dihadapi perusahaan saat mengelola invoice:

  • Paperwork. Tidak adanya data yang tersentralisasi dan dapat diakses dimanapun
  • Templates. Kurang adaptif dalam penyusunan informasi
  • Share invoice. Keterlambatan dalam mengirim invoice, menyebabkan arus kas terganggu
  • Join invoice. Membutuhkan waktu untuk mencari invoice dan menggabungkannya
  • Partial invoice. Sulit untuk menagih sebagian invoice kepada pelanggan

Beberapa fitur Jurnal by Mekari yang bisa memudahkan pengelolaan invoice:

  • Join invoice untuk menggabungkan beberapa invoice menjadi satu untuk memudahkan pencatatan dan penagihan terhadap klien
  • Share invoice via WhatsApp untuk memudahkan pemilik bisnis melakukan penagihan dengan mudah lewat WhatsApp
  • Proforma invoice untuk membuat penagihan sebelum proses transaksi diselesaikan. Dokumen ini merupakan salah satu dokumen penting dalam jual beli.

2. Mencegah Fraud

Salah satu hal yang terpenting dalam bisnis adalah akuntabilitas. Dengan akuntabilitas yang jelas, pemilik bisnis dapat memantau kondisi bisnis dengan transparan dan mencegah resiko yang mungkin terjadi seperti fraud.

Terdapat lima kompleksitas yang biasa dihadapi bisnis terkait fraud:

  • Komunikasi. Kurangnya informasi yang jelas dalam pengambilan keputusan.
  • Kontrol biaya dan penjualan. Kontrol dalam transaksi pembelian dan penjualan kurang memadai.
  • Akses. Kurang adanya hak akses untuk melihat pembelian atau penjualan.
  • Peninjauan input. Perlu untuk meninjau kembali ketika mengolah data transaksi.
  • Approval. Proses persetujuan yang kurang cepat dan bertingkat.

Ada beberapa fitur Mekari Jurnal yang bisa memudahkan pencegahan fraud.

Yang pertama terletak di menu setting pada sistem Jurnal ada fitur Approval Rules dimana pemilik bisnis dapat membuat peraturan untuk purchase order maupun expense (pengeluaran biaya) dengan menentukan batasan nominal order yang membutuhkan approval sesuai kebutuhan maupun SOP perusahaan.

Approval level pun bisa dipilih sesuai kebutuhan dan seberapa banyak dengan approval bertingkat yang dapat diterapkan kepada manajer dan pemilik bisnis.

Untuk kolaborasi, staf juga dapat meninggalkan komentar untuk memberitahu manager atau pemilik bisnis dalam request approval.

3. Analisa Profit

Salah satu masalah yang kerap dialami pemilik bisnis adalah profitabilitas yang tidak transparan akibat data tidak terintegrasi.

Akibatnya manajemen sulit menentukan strategi bisnis yang tepat karena tidak mengetahui kondisi terkini.

Padahal hal ini sangat mempengaruhi kemajuan bisnis kedepannya.

Beberapa kesulitan yang sering dialami oleh pemilik bisnis adalah :

  • Sulit untuk melihat profit per produk
  • Sulit untuk melihat produk terlaris
  • Sulit menentukan produk apa yang harus ditingkatkan penjualannya

Profitability report dapat digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam bisnis kita.” tambah Seno Agung, Senior Product Marketing Manager Mekari pada acara virtual Mekari Conference 2021 (1/12/2021).

Dengan fitur performa dashboard, pemilik bisnis dapat melihat dengan ringkas bagaimana kondisi bisnis.

Terdapat kolom Top Selling Product yang bisa dilihat berdasarkan periode waktu yang diinginkan.

Pemilik juga bisa lihat dari reports lalu ke sales dan product profitability report.

Pemilik dapat membuat filter berdasarkan produk mana yang paling menguntungkan bagi usaha.

Harapannya fitur profitability report dapat membantu pemilik bisnis untuk melakukan analisa profit per produk.

Pemilik bisnis dapat melihat profit datang darimana, mana business unit ataupun produk yang membawa paling banyak keuntungan dalam usaha.

Dalam acara Mekari Conference 2021 yang diselenggarakan oleh Mekari, Seno Agung juga memaparkan mengenai pengembangan Jurnal mulai dari proforma invoice, financial segmentation, multi layer approval in sales, new permission group, custom reports, multi branch, Jurnal to Jurnal, advance inventory, multi account cashlink dan advance purchasing.

“Kita bisa memiliki kontrol lebih luas lagi untuk masing-masing karyawan dari pengembangan Jurnal. Ditambah dengan custom reports agar lebih tailor made sesuai dengan kebutuhan bisnis.” tutup Seno Agung, Senior Product Manager Mekari.

Dalam rangka mendukung transformasi digital untuk bisnis skala kecil hingga menengah, Mekari berkomitmen untuk membantu penggunanya menjalankan pengembangan bisnis jangka panjang yang lebih optimal dengan menyediakan platform bisnis untuk operasional yang lebih produktif dan terintegrasi.

Anda dapat mulai melakukan transformasi digital dengan bantuan Mekari Jurnal.

Dengan delapan fitur unggulan lengkap mulai dari akuntansi hingga perpajakan, Mekari Jurnal memberikan solusi pembukuan terotomasi.

Melalui sistem berteknologi cloud, Anda dapat memproses semua transaksi secara real-time.

Dapatkan laporan keuangan dalam hitungan menit. Dengan data dan sistem yang handal, Anda akan mengalami kemudahan untuk melakukan pengembangan usaha dan bisnis.

Hubungi Mekari Jurnal dan dapatkan akses coba gratis sekarang.

 

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal