Tingkatkan Arus Kas dan Otomasikan Transaksi dengan Mekari Pay Dalam rangka mendukung transformasi digital untuk bisnis skala kecil hingga menengah, Mekari berkomitmen untuk membantu penggunanya menjalankan pengembangan bisnis jangka panjang yang lebih optimal dengan menyediakan platform bisnis untuk operasional yang lebih produktif dan terintegrasi. Salah satunya adalah lewat edukasi untuk pelaku bisnis di berbagai macam sektor industri dalam acara Mekari Conference 2021 yang diselenggarakan oleh Mekari. Pada saat ini, banyak perusahaan dari skala kecil, menengah hingga besar yang terjebak pada sistem pembayaran yang tradisional dan manual. Baik itu dalam piutang maupun hutang. “Banyak perusahaan yang masih terjebak dengan sistem tradisional. Pembukuan manual mengganggu efisiensi bisnis, karena melakukan sesuatu yang sama terus menerus. Jadi pekerjaan lebih bersifat non strategis dan tingkat kesalahan juga tinggi.” kata Hendy Tanuarto, Product Manager Mekari pada sesi Improve Cash Flow & Automate Transactions Seamlessly with Mekari Pay. Umumnya, inilah sistem pembayaran untuk piutang secara manual: Pembuatan pemesanan / penjualan untuk pelanggan. Pengiriman faktur dengan permintaan uang muka. Melakukan pengecekan akun bank. Mengingatkan kembali pelanggan untuk melakukan pembayaran. Melakukan pengiriman atas pesanan. Meminta pelanggan untuk melakukan pelunasan. Melakukan kembali poin ketiga. Melakukan kembali poin keempat. Pembayaran diterima, setiap bukti pembayaran dicatat. Sedangkan, inilah sistem pembayaran hutang ke vendor secara manual: Pembayaran dilakukan, setiap bukti pembayaran dicatat. Penjual mengirimkan faktur pemesanan untuk dibayar. Kesalahan pembayaran, menimbulkan biaya keterlambatan dan ketidakpercayaan. Penjual mengingatkan kembali untuk melakukan pembayaran. Meminta detail penjual untuk melakukan pembayaran. Melakukan pembayaran ke banyak akun bank yang berbeda, memproses pembayaran satu per satu. Hal tersebut dilakukan berulang-ulang oleh tim finance. Sedangkan hal tersebut memiliki beberapa tantangan tersendiri, seperti: Tidak ada pengingat atas invoice atau faktur yang sudah jatuh tempo atau yang sudah harus dibayar Pengecekan dilakukan manual terhadap pembayaran dari pelanggan. Harus memasukkan ulang detail kontak dan pembayaran atas setiap transaksi. Resiko atas pemalsuan bukti transfer dari pelanggan. Pembayaran harus diproses secara manual satu per satu. Pelanggan tidak memiliki opsi untuk memilih jenis pembayaran. Harus mempunyai beragam akun bank untuk menjaga biaya transaksi terjangkau. Pembukuan riwayat pembayaran atau penjualan yang manual Dalam acara Mekari Conference 2021 (12/1/2021), Hendy Tanuarto, Product Manager Mekari, menyampaikan seberapa penting efisiensi harus dilakukan. Ada biaya tersembunyi dari proses pembiayaan manual yang dapat mengganggu efisiensi bisnis. Dampak Proses Pembiayaan Manual Terhadap Efisiensi Bisnis Lebih mahal Invoice dan pembayaran manual memakan biaya yang lebih signifikan Non strategic work Tim finance menghabiskan sebagian besar waktu untuk tugas yang repetitif dan non strategis. Tim finance akan mengurusi transfer dan terima uang, yang seharusnya dapat memberikan report yang berguna untuk decision making. Correction dan error Menambah kemungkinan error dalam pembayaran yang akan memakan 10x biaya untuk koreksi dan 100x biaya jika tidak terdeteksi. Dengan proses manual ada kemungkinan human error seperti salah transfer atau salah hitung Kurang aman Penipuan, seperti pemalsuan struk ATM, lebih sulit dideteksi jika menerima pembayaran manual Solusi Pembiayaan Otomatis, MekariPay MekariPay adalah fitur yang terintegrasi dengan Mekari Jurnal untuk menerima pembayaran yang lebih mudah dan cepat. MekariPay hadir sebagai inovasi terbaru untuk membantu bisnis mempermudah proses dan menjaga keamanan aktivitas pembayaran. Cara menggunakannya juga mudah, Anda hanya perlu memasukkan data diri, data usaha dan data bank. Setelah itu tim Jurnal akan mengecek dalam waktu 2×24 jam. Setelah fitur MekariPay aktif, Anda dapat memantau status pembayaran dari invoice yang Anda kirimkan ke pelanggan Anda. Anda juga dapat melihat detil pembayaran dari customer. Pada halaman pengiriman sebagai maker, Anda dapat melihat list pembelian atau biaya dan bisa melakukan permintaan pembayaran. Hal yang Anda bisa lakukan sebagai releaser adalah menyetujui atau menolak permintaan pembayaran yang telah dilakukan. Anda akan diminta memasukkan OTP untuk keamanan lanjutan saat melakukan pembayaran. Pihak penerima akan mendapat email notifikasi saat pembayaran dilakukan. Keuntungan Menggunakan MekariPay Saat Melakukan Pembayaran Untuk penerimaan piutang dari pelanggan, Anda dapat melacak status pembayaran secara real-time tanpa harus memeriksa akun bank secara manual. Hal ini tentunya menjadikan pekerjaan tim finance lebih efektif dan efisien. Selain itu, data yang dihasilkan lebih akurat karena terintegrasi dengan akun bank secara otomatis. Keuntungan kedua dari penggunaan MekariPay adalah sebagai pelaku bisnis, Anda dapat memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk menggunakan berbagai metode pembayaran dan bank. Selain itu Anda dapat menyimpan riwayat pembayaran dengan invoice yang telah diterbitkan. Dokumen tersebut pun bisa dicari dengan mudah dan tersimpan dengan aman melalui teknologi cloud. Semua data dapat dicek dalam satu dasbor. Untuk pembayaran hutang kepada vendor, Anda dapat membayar beberapa invoice sekaligus dengan satu klik lewat MekariPay. Hal ini tentunya memberikan kemudahan dan akan menghemat banyak waktu Anda. Anda mendapat kebebasan untuk membayar ke beragam akun bank dari satu platform. Selain itu, Anda dapat menyimpan kontak dan detail pembayaran tanpa harus menginput ulang. “Dengan MekariPay, semua bisa dilakukan dalam akuntansi Jurnal sehingga tim finance bisa melakukan pekerjaan lebih efisien dan simpel, dengan tingkat keamanan yang tinggi.” tambah Hendy Tanuarto, Product Manager Mekari. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus beralih ke MekariPay: Safe: tidak perlu khawatir dengan penipuan Secure: transaksi telah dijaga dengan tingkat keamanan setara dengan standar perbankan Efisien: memberikan efisiensi sehingga tim finance dapat mengerjakan pekerjaan yang lebih strategis, karena tim finance tidak perlu melakukan pengecekan secara manual Simpel: pengoperasiannya mudah dan dengan desain yang intuitif. Mudah digunakan oleh orang dengan background apapun Manfaat MekariPay Untuk Bisnis MekariPay memiliki banyak manfaat seperti otomasi, hal ini tentunya dapat meminimalisir kerumitan dalam proses manual seperti menerima pembayaran, pengingat invoice yang sudah jatuh tempo hingga proforma invoice. Selain itu MekariPay juga terintegrasi dengan e-commerce atau web platform dimana MekariPay dapat digunakan mudah jika Anda berganti platform. Selain itu laporan untuk penagihan dapat digunakan untuk memudahkan Anda memantau status pembayaran piutang maupun hutang. “Kami harap MekariPay dapat membantu pelaku bisnis untuk menjadi lebih efisien saat menerima uang maupun melakukan pembayaran.” tutup Hendy Tanuarto, Product Manager Mekari. MekariPay juga terintegrasi dengan Mekari Jurnal, aplikasi akuntansi terbaik #1 di Indonesia. Anda dapat mulai melakukan transformasi digital dengan bantuan Mekari Jurnal. Dengan delapan fitur unggulan lengkap mulai dari akuntansi hingga perpajakan, Mekari Jurnal memberikan solusi pembukuan terotomasi. Melalui sistem berteknologi cloud, Anda dapat memproses semua transaksi secara real-time. Dapatkan laporan keuangan dalam hitungan menit. Dengan data dan sistem yang handal, Anda akan mengalami kemudahan untuk melakukan pengembangan usaha dan bisnis. Coba Jurnal by Mekari sekarang. Gratis uji coba selama 14 hari.