Solusi Tagih Penjualan Besar dengan Sistem Join Invoice

Perusahaan berskala menengah dan besar seringkali menghadapi kesulitan dalam hal penagihan pembayaran kepada konsumen. Terutama jika Anda melakukan penjualan produk dalam jumlah besar kepada konsumen melalui beberapa transaksi secara rutin. Maka itu, enterprise perlu solusi penagihan penjualan berjumlah besar melalui sistem join invoice. 

Secara garis besar, invoice penjualan dapat didefinisikan sebagai dokumen berisi catatan jumlah barang atau jasa dan nominal penjualan atas transaksi tersebut. Invoice penjualan itu biasanya dibuat dan dikirim penjual kepada pembeli.

Selain sebagai catatan transaksi penjualan, invoice juga dapat digunakan oleh pihak penjual sebagai alat penagihan pembayaran kepada pelanggan. Oleh karena itu, invoice harus memuat informasi yang detail mengenai transaksi penjualan.

Bagi perusahaan berskala menengah, banyaknya transaksi yang dilakukan tentu mengharuskan Anda menerbitkan beberapa faktur untuk satu pelanggan hanya dalam kurun waktu satu hari. Persoalan yang seringkali terjadi jika transaksi berlangsung lebih dari sekali adalah tertukarnya data di dalam faktur penjualan atau terjadi kesalahan dalam hal pencatatan, sehingga menghambat proses pembayaran.

Masalah lain yang biasanya dialami adalah kesulitan atau kekeliruan dalam proses penagihan yang akhirnya mempengaruhi perhitungan penjualan. Hal itu akan berakibat fatal bagi kinerja keuangan perusahaan Anda. 

Di era digital seperti saat ini, Anda perlu memanfaatkan teknologi untuk menangani masalah tersebut. Solusi teknologi mampu mengatur aktivitas penjualan dan penagihan secara efektif dan praktis. Salah satunya dengan penerbitan faktur atau invoice penjualan otomatis yang tersedia dalam software akuntansi online yang sudah  hadir di Indonesia.

Software Jurnal by Mekari menyediakan solusi mengatasi persoalan penagihan penjualan dalam jumlah besar yakni melalui fitur join invoice. Apa itu join invoice?

Cara Membuat Invoice Bagi Pemula di Bidang Bisnis

Mengenal Join Invoice

Join invoice atau tukar faktur merujuk pada penggabungan sejumlah faktur penjualan atas produk atau jasa yang telah dibeli oleh pelanggan dari penjual. Fitur join invoice yang terdapat pada software Jurnal akan membantu perusahaan Anda untuk mengorganisir proses penagihan penjualan dalam jumlah banyak dan dengan nominal yang besar agar terdata dengan baik. Pada akhirnya, akan memudahkan proses penagihan tanpa kekeliruan.

Dalam menagih pembayaran kepada pelanggan, terutama jika lebih dari satu faktur, beberapa faktor yang perlu diperhatikan adalah rincian jumlah barang penjualan, nominal penjualan, waktu pembuatan invoice penjualan, dan waktu pengiriman invoice penagihan penjualan.

Anda disarankan mencermati jumlah barang dan nominal penjualan serta mencocokkannya pada setiap faktur yang tersedia. Hal itu akan membantu Anda mengetahui data secara rinci dan tepat. Selain itu, Anda juga disarankan menagih pembayaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pelanggan. Pasalnya, beberapa pelanggan membatasi waktu penerimaan faktur. Apabila melewati batas waktu tersebut, maka proses pembayaran dilakukan pada tahap berikutnya.

Hal ini tentu saja akan menghambat proses pengadaan barang, terutama jika penjualan dilakukan dalam jumlah besar. Penggabungan faktur ini memungkinkan join invoice menjadi solusi untuk menagih pembayaran dalam jumlah besar.

Agar tidak terjadi keterlambatan pembayaran utang, Anda perlu memahami langkah-langkah dalam membuat join invoice dan penerimaan pembayarannya.

Baca Juga: Kelola Keuangan Optimal dengan Sistem Approval Transaksi

Cara Membuat Join Invoice

Di dalam software Jurnal, Anda bisa memanfaatkan fitur join invoice untuk menggabungkan beberapa faktur pelanggan menjadi satu faktur sehingga Anda dapat melakukan penagihan kepada pelanggan sekaligus dalam jumlah besar.

Dengan syarat, join invoice hanya dapat menggabungkan invoice dari satu pelanggan yang sama. Fitur yang terdapat pada paket Jurnal Enterprise+ ini bisa digunakan melalui menu ‘Penjualan’.

Sebagai gambaran, Anda hanya perlu menjalankan beberapa langkah untuk membuat join invoice di dalam software Jurnal. Setelah masuk ke menu ‘Penjualan’, Anda bisa menekan kolom ‘Buat Penjualan Baru’, dan memilih opsi join invoice atau ‘Tukar Faktur’.

Selanjutnya, isi informasi di dalamnya, seperti nama pelanggan dan tanggal transaksi. Terakhir, isi nomor faktur yang hendak digabung pada kolom ‘Cari Faktur’. Bisa juga menambahkan pesan, nota, dan melampirkan berkas atau gambar.

Jika join invoice sudah terbentuk, Anda akan memiliki nomor faktur baru dari hasil penggabungan faktur tersebut. Nantinya, transaksi penjualan yang sudah digabung secara otomatis akan berada pada tab ‘Tukar Faktur’. Apabila join invoice yang Anda buat dihapus, semua faktur yang terkait tidak akan ikut terhapus, melainkan statusnya dikembalikan ke status asli.

Jurnal Stok Barang

Langkah-langkah Penerimaan Pembayaran Join Invoice

Setelah join invoice selesai dibuat dan pihak yang ditagih sudah melakukan pembayaran, saatnya melakukan penerimaan pembayaran. Proses penerimaan pembayaran join invoice juga dapat dilakukan melalui Jurnal. Anda hanya perlu mengisi informasi pembayaran yang terdapat pada menu ‘Penjualan’.

Kolom jumlah di dalam menu itu tidak dapat diubah nominalnya, sehingga penerima pembayaran dari pelanggan akan secara otomatis menerima pembayaran penuh. Selanjutnya, buat penerimaan pembayaran, dan status faktur akan menjadi lunas. 

Demikian langkah-langkah untuk membuat join invoice beserta penerimaan pembayarannya. Jika menggunakan software akuntansi Jurnal by Mekari, transaksi yang tercatat pada faktur penjualan bisa diamati dengan mudah dan praktis. Data juga akan tercatat otomatis dan diproses untuk menjadi bahan perhitungan dalam laporan keuangan.

Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan penjualan.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.


PUBLISHED22 Sep 2020
Poppy
Poppy

SHARE THIS ARTICLE: