Format Laporan Penjualan Excel, Download di Sini! Bagaimana cara membuat laporan penjualan dalam bentuk atau format Excel? Simak contohnya di artikel Blog Mekari Jurnal. Salah satu fungsi dari laporan penjualan yaitu sebagai gambaran mengenai kondisi usaha atau bisnis yang Anda jalankan. Dengan laporan penjualan, Anda bisa melakukan evaluasi bisnis maupun kinerja dari masing-masing salesman. Sebagai informasi, ada beberapa jenis laporan penjualan, antara lain seperti: Rangkuman dan rincian penjualan, Jurnal penjualan Laporan penjualan sederhana. Anda juga tidak perlu khawatir, karena dengan Ms. Excel, Anda bisa membuat laporan penjualan baik itu harian atau bulanan dengan format yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Format Laporan Penjualan Excel Harian / Bulanan Laporan penjualan bulanan memiliki format yang hampir sama dengan laporan penjualan per hari. Bedanya, ada kolom yang menampilkan tanggal untuk dasar informasi kapan terjadinya transaksi dari penjualan tersebut. Selain itu, ada juga informasi tambahan yang berada di bawah tabel dengan menyertakan penghitungan penjualan per salesman. Lalu, bagaimana dengan rumus penghitungan jumlah penjualan? Rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah penjualan adalah Quantity (Qty) x Harga. Tentu saja, rumus ini sangat sederhana dan Anda bisa menerapkannya pada tabel Ms. Excel dengan mudah. Dengan rumus tersebut, jumlah penjualan tiap tanggal akan muncul otomatis. Jadi, Anda tidak perlu input rumusnya pada tiap-tiap tanggal. Anda cukup menggunakan fungsi Drag and Drop dari atas ke bawah hingga baris yang Anda inginkan. Cara Membuat Laporan Penjualan Excel Lengkap dengan Contoh Setelah memahami format laporan penjualan Excel, sekarang Anda harus melihat contoh dan menyimak Langkah-langkah untuk membuatnya. Silahkan buka Ms. Excel pada PC atau laptop Anda. Buat halaman baru untuk mulai membuat tabel laporan penjualan. Jumlah kolom dan baris tergantung kebutuhan Anda. Misalnya, Anda membuat sebuah tabel dengan 8 kolom yang terdiri dari No, Tanggal, Nama Sales, Nama Barang, Cara Bayar, Harga, Jumlah Barang Terjual (Qty), dan Jumlah. Pada kolom No, Anda isi dengan nomor mulai dari 1 hingga tergantung jumlah data penjualan yang ada. Lalu, isi kolom Tanggal di sebelahnya dengan tanggal atau waktu terjadinya masing-masing transaksi penjualan. Isi kolom Sales dengan nama sales berdasarkan transaksi penjualan produk. Selanjutnya, Anda harus mengisi kolom Barang dengan nama barang yang terjual. Pada kolom Cara Bayar, Anda bisa mengisinya dengan Tunai atau Kredit, tergantung metode pembayaran dari konsumen. Kolom selanjutnya adalah Qty, yang berisi jumlah barang terjual dari masing-masing transaksi. Di kolom paling kanan, ada kolom Jumlah yang harus Anda isi dengan hasil perkalian dari 2 kolom sebelumnya. Di bagian bawah, Anda buat jumlah dari total barang terjual dan total jumlah penjualan per bulan. Baca juga: Cara Membuat Buku Hutang dengan Menggunakan Excel Download File dalam Bentuk Excel Di sini! Rumus Penjualan Per Salesman dalam Format Laporan Penjualan Excel Dalam format laporan penjualan Excel, Anda juga perlu menampilkan data penjualan per salesman. Biasanya, Anda menggunakan penjualan per salesman untuk menghitung pencapaian dari target penjualan salesman. Di sini, Anda akan menggunakan rumus SUMIF. Pasalnya, penjumlahan ini hanya punya 1 kriteria saja. Sebagai informasi, kriteria penjumlahan per saleman yaitu nama masing-masing salesman. Kemudian, Anda dapat menggunakan rumus untuk menghitung penjualan masing-masing sales di bawah ini. =SUMIF (C4:C8; ”Sales A”; H4:H8) Dengan keterangan, kolom C adalah performa penjualan per salesman sedangkan kolom H adalah jumlah penjualan dari hasil perkalian harga dan jumlah barang terjual. Kemudian, untuk menghitung penjualan ‘Sales B, cukup ganti Sales A menjadi Sales B dengan rumus yang sama, yaitu: =SUMIF (C4:C8; ”Sales B”; H4:H8) Dengan 2 rumus yang sederhana di atas, angka penjualan tiap-tiap salesman akan otomatis muncul. Dengan menggunakan aplikasi penjualan dari Jurnal, pembuatan laporan jadi lebih mudah dan akurat. Buktikan dengan coba gratis sekarang juga! Rumus Menghitung Kontribusi Salesman Terhadap Penjualan Keseluruhan Selain penjualan per salesman, Anda juga perlu menghitung kontribusi salesman terhadap angka penjualan secara keseluruhan. Sebaiknya, Anda membuat data kontribusi ini dalam bentuk persentase agar lebih mudah memahaminya. Langkah pertama untuk menghitung kontribusi ini adalah dengan mengubah jumlah penjualan masing-masing sales ke dalam bentuk persen. Setelah itu, masukkan rumus sebagai berikut. Rumusnya adalah =H10/H9 Dengan catatan, cell H10 adalah jumlah penjualan Sales A dan cell H9 adalah total jumlah penjualan secara keseluruhan. Setelah itu, persentase kontribusi per salesman akan otomatis muncul sesuai besaran penjualan masing-masing salesman. Baca juga: Template Pembukuan Excel yang Bisa Anda Contoh dan Download Cara Membuat Laporan Penjualan Per Salesman dan Contoh Contoh rekap penjualan barang Excel ini merangkum data penjualan per salesman. Tujuannya adalah untuk mengetahui performa masing-masing salesman. Sebenarnya, laporan ini masih masuk dalam satu halaman yang sama dengan laporan penjualan. Tetapi, bagian ini adalah rangkuman dari performa masing-masing salesman. Anda bisa menempatkannya di bagian bawah tabel laporan penjualan. Format laporan penjualan Excel ini cukup sederhana. Di bawah total penjualan, Anda masukkan keterangan atau buat baris untuk masing-masing salesman. Di sampingnya adalah kolom yang berisi jumlah barang terjual dari masing-masing salesman. Kemudian, Anda harus mengubahnya dalam bentuk persen dengan rumus Excel. Kolom terakhir adalah jumlah penjualan dari masing-masing salesman. Dengan laporan penjualan per salesman ini, Anda bisa lebih mudah mengamati performa penjualan produk dari tiap-tiap salesman Anda. Anda pun dapat menggunakan data ini sebagai bahan evaluasi, atau memberi rewards kepada salesman yang paling berprestasi, misalnya. Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Sederhana dengan Ms. Excel Buat Laporan Penjualan Jadi Lebih Mudah dengan Mekari Jurnal! Anda tidak perlu repot menginput laporan penjualan secara manual melalui Ms. Excel, segera beralih ke software akuntansi Mekari Jurnal. Dengan Jurnal, Anda bisa menghasilkan laporan penjualan harian, mingguan, dan bulanan baik itu per produk ataupun per pelanggan. Setiap faktur memiliki statusnya masing-masing yaitu, Belum Dibayar, Jatuh Tempo, Lunas, atau Terbayar Sebagian. Laporan penjualan yang dihasilkan juga terintegrasi langsung dengan laporan keuangan perusahaan sehingga Anda tidak perlu dua kali menginput data. Tunggu apalagi? Dapatkan promo diskon hingga 30% bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis dengan mengetuk banner di bawah ini. Anda perlu membuat laporan penjualan dalam beberapa macam periode waktu seperti harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Dengan format laporan penjualan Excel yang benar, pembuatan laporan akan lebih mudah. Mudah-mudahan panduan ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda.