Seberapa Penting Software Catatan Keuangan untuk Pengusaha F&B

Di Indonesia, bisnis Food and Beverages (F&B) merupakan salah satu bisnis yang memiliki peminat tinggi. Banyak sekali startup di bidang F&B yang mulai bermunculan untuk mengambil peluang. Strategi yang perlu dilakukan pengusaha F&B adalah menggunakan software catatan keuangan untuk membantu mengelola keuangan perusahaan.

Selain karena rasio pengembalian modal yang cukup cepat, bisnis F&B juga memiliki target pasar yang cukup luas. Dengan kemudahan akses dan internet saat ini, bisnis F&B semakin memiliki nilai yang tinggi. Tidak jarang banyak milenial atau fresh graduate yang membuka usaha kuliner sebagai salah satu sumber pemasukan mereka. 

Dengan semakin mudahnya proses membuka bisnis F&B, maka semakin banyak juga persaingan yang terjadi. Banyak cafe makanan serta minuman unik yang dijual di pasaran. Masing-masing memiliki konsep yang hampir sama tetapi dengan nama merk dagang yang berbeda.

Tantangan lain yang dihadapi tentunya bagaimana menemukan pelanggan yang loyal. Dengan semakin banyaknya persaingan, maka wajar jika masyarakat sering mencoba merk lain. Untuk itu, pemilik usaha F&B harus berpikir keras agar bisnis miliknya bisa tetap bertahan.

Ada banyak cara agar bisnis bisa meraih target pasar yang luas. Misalnya dengan membuat promo atau membuka cabang di area yang strategis.

Namun, hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah langkah perencanaan keuangan dan produksi bisnis. Pasalnya, jika kedua hal tersebut keliru, maka pebisnis hanya akan menelan kerugian.

 

Pentingnya Software Catatan Keuangan untuk Pengusaha F&B

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Accounting

Banyak sekali kasus di dalam dunia bisnis tentang fatalnya kesalahan pada pengelolaan dan perencanaan keuangan. Kebanyakan di antaranya terjadi karena kesalahan kecil tetapi berakibat pada kemunduran perkembangan bisnis. Oleh karena itu, penting sekali bagi pengusaha Food and beverages untuk menggunakan software catatan keuangan, dan Jurnal adalah salah satu dari software accounting terbaik yang ada di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa software catatan keuangan sangat penting untuk pengusaha food and beverages:

Baca Juga: Cloud Computing dan Perannya Dorong Pertumbuhan Bisnis Anda

Tracking Belanja Bahan Baku Lebih Mudah

Berbelanja bahan baku merupakan salah satu keperluan dari bisnis food and beverages. Untuk melacak setiap pembelanjaan bahan baku, software catatan keuangan bisa digunakan. Mulai dari mencatat jenis bahan hingga mencatat pengeluaran yang perlu dibuat.

 

Atur Inventory Bahan Baku Otomatis

Mengatur inventory dalam bisnis F&B adalah hal yang rutin harus dilakukan. Pengaturan inventory ini diperlukan karena stok untuk bisnis food and beverage harus tetap diperbaharui agar bisa menyajikan yang terbaik untuk pelanggan. Menggunakan software catatan keuangan akan memudahkan proses ini.

Tidak hanya untuk mencatat stok dalam bisnis, tetapi juga sebagai perhitungan berapa banyak yang sudah terjual dan belum terjual. Sehingga proses pencatatan keuangan akan lebih mudah.

Baca Juga: Adu Cepat Hitung Laba dengan Program Manajemen Keuangan

Monitor Penjualan F&B secara Real Time

Masih banyak bisnis food and beverage yang mengandalkan proses pencatatan secara manual untuk setiap transaksi yang terjadi. Proses seperti ini rawan terjadi kesalahan dan hilangnya data transaksi. Dengan menggunakan software catatan keuangan. Proses pencatatan transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan akurat.

 

Analisa Laporan Keuangan Lebih Cepat

Pembuatan laporan keuangan yang dilakukan secara manual bisa mengakibatkan terjadinya kesalahan. Untuk mengurangi kesalahan ini, software catatan keuangan bisa diandalkan untuk menganalisa laporan keuangan lebih cepat. Setiap transaksi akan otomatis tercatat dan diakumulasi dengan cepat dan akurat.

Menggunakan software catatan keuangan merupakan investasi yang sangat baik untuk pengusaha kuliner. Tidak hanya membantu proses pengelolaan keuangan, software catatan keuangan juga membantu pengusaha F&B untuk lebih memahami proses akuntansi bisnis.

Untuk mempermudah jalannya bisnis Anda, pengelolaan keuangan juga dapat ditingkatkan dengan penggunaan aplikasi laporan keuangan seperti Jurnal by Mekari.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis ritel diproses secara otomatis dengan baik.

Software Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Bagi yang berlangganan Jurnal minimal 6 bulan, Anda akan mendapat diskon hingga 30%, lengkap dengan free penggunaan selama 30 hari, dan free training sebanyak 2x.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Banner Blog


PUBLISHED28 Aug 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: