Jurnal merupakan Software Akuntansi yang memiliki banyak fitur terkait pencatatan dan pelaporan keuangan. Dengan Jurnal, Anda sebagai pemilik bisnis kecil maupun UKM bebas untuk mengatur sistem akuntansi sesuai jenis bisnis yang Anda jalankan. Salah satunya adalah jenis bisnis atau perusahaan jasa. Sangat dimungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis jasa mengaplikasikan sistem akuntansi Jurnal untuk mempermudah proses pencatatan dan pelaporan transaksi bisnis.

Berikut Studi Kasus (Study Case) seorang pemilik bisnis jasa yang menggunakan Jurnal sebagai Software Akuntansi yang dipercayai untuk menangani segala keperluan akuntansi bisnisnya.

Agus, seseorang yang hendak membuka bisnis potong rambut (barbershop) di kota Yogyakarta. Agus sudah memiliki kemampuan khusus di bidang perawatan rambut dan memiliki modal cukup untuk membuka bisnis independennya. Rencana bisnispun sudah dibuat oleh Agus, baik mengenai penyewaan tempat, karyawan, pembelian aset, peralatan potong rambut, dan anggaran kebutuhan lain yang nantinya dibutuhkan untuk aktivitas operasional barbershop. Nama untuk barbershop-nya pun sudah terpikirkan, yaitu Pineapple Barbershop.

Namun, satu hal yang masih membuat Agus ragu. Dia tidak memiliki sama sekali kemampuan di bidang keuangan. Dan dia mengetahui bahwasanya keuangan merupakan kunci utama dalam kelangsungan hidup bisnis. Setelah berkonsultasi dengan kenalan yang sudah memiliki pengalaman di dunia bisnis, akhirnya Agus memutuskan untuk mengelola transaksi keuangan salonnya sendiri dengan menggunakan Software Akuntansi Jurnal. Karena setelah mempertimbangkan berbagai opsi Software Akuntansi, Jurnal merupakan aplikasi yang paling mudah dan fleksibel untuk digunakan. Pada akhirnya, Agus memiliki kepercayaan untuk mulai membangun bisnis barbershop-nya.

Studi Kasus: Menggunakan Jurnal untuk Menangani Transaksi Keuangan Bisnis Jasa

Setelah dirangkum, awalnya Agus menawarkan dua jenis jasa dalam Pineapple Barbershop, yaitu:

  • Jasa Potong Rambut: Jasa utama yang diberikan Pineapple Barbershop. Pada jasa ini Agus memberikan fasilitas pemotongan rambut sesuai keinginan pelanggan.
  • Jasa Colouring Rambut: Diperuntukkan kepada pelanggan yang ingin mengecat rambutnya sesuai warna keinginan pelanggan.

Setelah itu, Agus juga mencatat daftar biaya-biaya yang dimungkinkan keluar untuk membiayai aktivitas operasional dan pemasaran bisnisnya, yaitu:

  • Penyewaan Tempat
  • Penyusutan Aset-Aset
  • Gaji Karyawan
  • Utilitas (Listrik dan Internet)
  • Perawatan Tempat
  • Penyewaan Software Akuntansi Jurnal
  • Lain-lain

Langkah 1: Penambahan Master Data

Sebelum masuk ke Peng-input-an transaksi menggunakan Jurnal, Agus akan membuat Daftar Akun, Produk Jasa, dan Tagging yang dibutuhkan seperti berikut:

A. Penambahan Daftar Akun

Berikut adalah contoh daftar akun yang diperlukan Pineapple Barbershop:

Nama Daftar Akun Kategori Akun
Pendapatan Jasa Potong Rambut Pendapatan
Pendapatan Jasa Colouring Rambut Pendapatan
Beban Penyewaan Tempat Beban
Penyusutan Aset Beban
Gaji Karyawan Beban
Utilitas

Perawatan tempat

Software Akuntansi Jurnal

Lain-Lain

Kas Pineapple barbershop

Kas Kecil

Peralatan Barbershop

Aset Tetap

Akumulasi Penyusutan Aset Tetap

Beban

Beban

Beban

Beban

Kas & Bank

Kas & Bank

Aktiva Lancar Lainnya

Aktiva Tetap

Depresiasi & Amortisasi

 

Cara membuat Akun baru pada Jurnal secara manual:

  1. Klik menu Daftar Akun.
  2. Klik tombol “+Buat Akun Baru”.
  3. Isikan nama-nama akun di atas.
  4. Pilih kategori sesuai dengan akun yang akan dibuat.
  5. Klik “Buat Akun”.

Ada juga cara lain untuk menambahkan Daftar Akun yaitu dengan mengimport akun yang sudah dibuat di luar aplikasi Jurnal dengan template yang juga sudah disediakan oleh Jurnal. Anda bisa melihatnya di video guide berikut ini:

B. Penambahan Data Produk

Terdapat dua jenis Produk Jasa yang ditawarkan oleh Pineapple Barbershop, yaitu Jasa Potong Rambut dan Jasa Colouring Rambut. Tambahkan dua jenis Produk Jasa tersebut dengan cara:

  1. Klik menu Produk.
  2. Klik tombol “+Buat Produk Baru”.
  3. Isikan Nama Produk.
  4. Centang Saya Jual Produk Ini.
  5. Pilih akun ‘Pendapatan Jasa Potong Rambut’ atau ‘Pendapatan Jasa Colouring Rambut’ yang sudah dibuat untuk Akun penjualan.
  6. Klik “Buat Produk Baru” untuk menyimpan.

Sama dengan Daftar Akun, Agus juga bisa mengimport Daftar Produk yang dibuat di luar aplikasi Jurnal dengan template yang juga sudah disediakan oleh Jurnal. Berikut video guide untuk mengimport Daftar Produk di Jurnal:

Langkah 2: Pencatatan Transaksi

Pada langkah ini, Agus memiliki dua opsi; (1) mencatat transaksi penjualan jasa secara manual dari informasi kasir, (2) mengintegrasikan Jurnal dengan aplikasi Point on Sales (POS) kasir. Untuk opsi kedua, Jurnal sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi POS, mulai dari Moka Pos, Vend Pos, Jurnal Touch, dan masih banyak lagi.

Tentunya hal ini akan mempermudah proses pencatatan transaksi karena data transaksi dari aplikasi POS langsung terkirim ke Jurnal secara otomatis. Sehingga Agus tidak perlu lagi mencatat transaksi penjualan secara manual di Jurnal. Namun berikut cara mencatat transaksi penjualan di Jurnal secara manual:

  1. Klik menu Penjualan
  2. Klik tombol “+Buat Penjualan Baru”
  3. Pilih Sales Order pada kotak pilihan di pojok kanan atas.
  4. Pilih Nama CustomerTanggal Transaksi, dan Nama Produk (dalam kasus ini, gunakan produk Jasa Potong Rambut atau Colouring Rambut) dan masukkan harga yang sudah disepakati untuk masing-masing produk.
  5. Karena Pineapple Barbershop menwarkan jasa langsung, maka Agus memilih syarat pembayaran Cash on Delivery di kolom Syarat Pembayaran.
  6. Setelah semua sudah diisi, klik tombol “Buat Penjualan”, maka Sales Invoice atas satu transaksi penjualan telah sukses dibuat.
  7. Setelah Sales Invoice dibuat dan uang dari pelanggan sudah diterima, klik tombol Tindakan>Terima Pembayaran. Maka secara otomatis halaman di Jurnal akan berpindah ke halaman Receive Payment. Di halaman ini Agus hanya perlu klik tombol “Buat Penerimaan“.

Langkah 3: Pencatatan Biaya

Di Jurnal, terdapat cara pintas untuk mencatat setiap biaya yang terjadi. Cara pintas ini memungkinkan Agus untuk masuk ke halaman tambah transaksi biaya untuk mencatat setiap biaya yang dikeluarkan Pineapple barbershop seperti biaya gaji, iklan, listrik, air, dan lainnya.

Klik tombol “Biaya” pada bagian kiri atas halaman Jurnal. Setelahnya, Anda akan diarahkan ke halaman tambah biaya. Isi setiap field yang ada dan klik “Buat Biaya Baru” untuk menyimpan data biaya yang sudah Anda buat.

Langkah 4: Pembelian Aset

Studi Kasus Penggunaan Software Akuntansi Jurnal untuk Bisnis Jasa

Katakanlah Agus ingin membeli Aset Tetap untuk Pineapple Barbershop. Aset Tetap tersebut seperti kursi, kursi untuk keramas, meja, dan lainnya. Berikut langkah pembelian Aset di Jurnal:

  • Anda dapat menuju ke menu Pembelian;
  • Klik “Buat Pembelian Baru”;
  • Isi data pembelian Anda. Untuk penjelasan setiap field di halaman tambah pembelian, Anda dapat melihatnya di Guide Book – Buat Pembelian;
  • Pada field Produk, buat produk baru dengan mengklik +Buat Produk Baru;
  • Isikan nama produk (wajib diisi) dan lengkapi data yang lain jika diperlukan;
  • Karena Agus melakukan pembelian aset, centang Saya Beli Produk Ini;
  • Pada bagian akun pembelian, pilih akun berkategori Aktiva Tetap yang digunakan untuk mencatat pembelian aset. Sebagai contoh, akun Aset Tetap seperti yang ditunjukkan gambar di atas;
    Note: Jika Agus tidak memilih akun berkategori Aset Tetap, maka aset tersebut tidak akan tercatat pada menu Pengaturan Aset Anda.
  • Kemudian, klik “Simpan” dan aset yang dibeli oleh Agus akan tercatat dalam akun Aset Tetap;
  • Setelah Agus melengkapi detail pembelian, klik “Buat Pembelian” untuk menyimpan data pembelian aset;
  • Kemudian, aset tersebut akan ditampilkan pada tab Aset Tertunda pada menu Pengaturan Aset dan Anda perlu mengklik Catat untuk menyimpan data aset Anda.

Melihat Laporan Keuangan

Terakhir, Agus bisa melihat Laporan Keuangan seperti Neraca, Laporan Laba RugiTrial Balance, Buku besar, Laporan Arus Kas, Ringkasan Bisnis, dan lainnya di menu Laporan. Semua dikelola secara otomatis oleh Jurnal sesuai dengan input transaksi dan biaya yang sudah Agus lakukan. Agus hanya tinggal melihat Laporan yang diinginkan setiap bulan atau periode dengan meng-klik menu Laporan tersebut kapan pun dan di mana pun.

Itulah sekilas Study Case atau Studi Kasus penggunaan Jurnal terhadap bisnis jasa yang dilakukan oleh Agus. Tentunya sangat mudah dengan menggunakan Jurnal sebagai Software Akuntansi bisnis Anda. Ditambah Jurnal juga sudah bisa diakses secara mobile melalui smartphone Anda. Sehingga pencatatan transaksi bisnis bisa dilakukan di mana pun Anda berada. Dan tidak hanya untuk bisnis jasa, bisnis retail atau manufaktur juga sangat bisa menggunakan Jurnal untuk mencatat segala transaksi dan keperluan bisnis. Informasi lebih lanjut mengenai produk Jurnal bisa Anda lihat di sini. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di Jurnal dan dapatkan free trial selama 14 hari.