Jurnal Enterpreneur

5 Manfaat Akuntansi dalam Perkembangan Usaha

Ada beberapa manfaat akuntansi pada perusahaan salah satunya adalah untuk menyediakan informasi keuangan untuk keputusan manajerial, apa saja kegunaan lain? Simak penjelasannya di Blog Jurnal by Mekari.

Berbeda dengan teknik pembukuan yang hanya mencakup pencatatan saja, teknik akuntansi lebih berpusat pada penghitungan dan analisa arus keuangan yang terkait dengan kondisi usaha. Secara singkat itulah manfaat akuntansi yang vital untuk keberlangsungan usaha.

Lalu, bagaimana akuntansi dapat membantu analisa keuangan dan apakah ada fungsi lain dari akuntansi untuk keberlangsungan bisnis?

Setelah membaca lima poin di bawah ini, Anda akan mengetahui manfaat akuntansi untuk perkembangan usaha.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Manfaat Akuntansi dalam Menyediakan Informasi Keuangan untuk Dasar Keputusan Manajerial

Menempati posisi managerial mengharuskan Anda untuk cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan yang tepat guna mencapai tujuan perusahaan.

Dalam proses pengambilan keputusan, Anda harus mempertimbangkan berbagai hal, salah satunya adalah keadaan keuangan perusahaan.

Contohnya, ketika berhadapan dengan permintaan produk yang lebih tinggi, perusahaan dapat melihat perhitungan akuntansi sebagai dasar pengambilan keputusan.

Apabila pemasukan perusahaan tengah tinggi dan cashflow berjalan dengan lancar, pembelian aset untuk meningkatkan produksi menjadi masuk akal.

Lain kasusnya cashflow berjalan lamban dan ternyata klien selalu terlambat dalam pembayaran.

Hal tersebut dapat menjadi petunjuk bagi managerial untuk memperbaiki hubungan dengan klien, alih-alih menghabiskan modal untuk aset produksi.

Baca juga; 4 Ruang Lingkup Manajemen Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Akuntansi Sebagai Informasi atau Laporan kepada Pihak Eksternal

Pihak eksternal seperti investor dan pemegang saham memerlukan informasi seperti laporan keuangan untuk menilai kinerja perusahaan dan manajemen.

Manfaat akuntansi yang satu ini memungkinkan pihak eksternal untuk melacak perkembangan dan aktivitas perusahaan.

Jika keuangan perusahaan sehat dan stabil, besar kemungkinan bagi para investor dan pemegang saham untuk kembali menanamkan modal untuk perkembangan perusahaan.

Sebaliknya, jika ternyata keadaan keuangan perusahaan kurang baik, para investor bisa membantu dengan memberikan saran terhadap aktivitas dan proses pengambilan keputusan untuk kepentingan perusahaan.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Alat Pengontrol dan Pengendali Keuangan

Dalam perkembangan usaha, akuntansi juga berperan sebagai alat pengontrol dan pengendali keuangan.

Manfaat akuntansi dalam memberikan informasi pengelolaan dana seperti laba yang dihasilkan dan kerugian yang diderita oleh perusahaan secara tidak langsung berfungsi sebagai alat pengendali keuangan perusahaan.

Contohnya saja, dengan mengetahui apakah keuntungan mengalami peningkatan atau penurunan dan jumlah saldo yang dimiliki saat ini, Anda bisa mengontrol pengeluaran biaya dan menyusun rencana untuk meningkatkan pendapatan demi tercapainya tujuan perusahaan Anda.

Baca juga: 7 Prinsip Manajemen Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Alat Evaluasi Perusahaan

Evaluasi tergolong penting karena dengan melakukan proses analisis dan evaluasi terhadap kinerja perusahaan periode sebelumnya, Anda bisa menemukan hal yang bisa ditingkatkan serta umpan balik yang berguna untuk menyusun strategi perusahaan kedepannya.

Akuntansi memberikan Anda laporan keuangan bulanan yang dapat menjadi bahan evaluasi.

Dari laporan keuangan, Anda dapat melihat strategi pemasaran apa yang paling menghasilkan. Pengeluaran apa yang memberikan nilai tambah pada perusahaan dan pengeluaran mana yang kurang bernilai.

Baca juga: Pentingnya Software Akuntansi Untuk Bisnis

Dasar Pengalokasian Sumber Daya

Sumber daya seperti modal jika diinvestasikan dengan tepat bisa menghasilkan laba untuk perkembangan usaha.

Dengan banyaknya pilihan dalam pengalokasian sumber daya, Anda bisa memakai informasi keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Sebagai contoh, Anda memiliki dua pilihan dalam alokasi dana antara membeli mesin berteknologi canggih agar proses produksi lebih efektif dan efisien atau menaikkan komisi pada departemen penjualan agar karyawan menjadi lebih termotivasi dalam mencapai target penjualan produk.

Pertama, Anda dapat melihat pilihan mana yang ada dalam cakupan modal Anda melalui laporan akuntansi perusahaan.

Kedua, Anda dapat melihat status dari produksi dan penjualan Anda sejauh ini. Bila Anda tidak pernah mengalami kekurangan stok produk, tentu lebih bijak untuk meningkatkan penjualan daripada meningkatkan produksi.

Baca juga: 4 Alat Penting Manajemen Bisnis

Ketiga, Anda dapat melihat pengeluaran dalam laporan akuntansi Anda untuk mengambil keputusan.

Mungkin saja Anda menemukan bahwa mesin untuk produksi saat ini memakan banyak biaya operasional, sementara mesin yang lebih baru tidak banyak memakan biaya.

Untuk mengalokasikan dana ke pilihan yang tepat, dasarkan keputusan Anda pada laporan keuangan.

Selain itu,keputusan berdasarkan laporan keuangan juga lebih berdasar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Nah, berbagai manfaat akuntansi di atas menunjukkan kalau akuntansi memegang peranan penting dalam perkembangan usaha Anda.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Manfaatkan Software Akuntansi Jurnal Bagi Bisnis Anda!

Kalau ternyata usaha Anda belum memiliki sistem pengelolaan akuntansi yang baik, Anda bisa gunakan software akuntansi dari Jurnal untuk pembukuan aman dan nyaman usaha Anda!

Jurnal, software akuntansi online yang membantu membuat laporan keuangan secara instan dan realtime.

Dengan laporan keuangan dari Jurnal, Anda dapat lebih bebas mengelola perusahaa di mana pun dan kapan pun.

Selain untuk membuat laporan keuangan, Jurnal juga memiliki berbagai fitur lain mulai dari pembuatan hingga penagihan invoice, software inventaris barang, mengelola stok barang, mengelola aset perusahaan, hingga melakukan rekonsiliasi bank.

Untuk info lebih lanjut mengenai Jurnal dapat Anda temukan di sini

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa manfaat dan kegunaan akuntansi bagi perusahaan. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo