4 Ruang Lingkup Manajemen Keuangan yang Perlu Anda Ketahui

Manajemen keuangan adalah bagian penting dalam perusahaan. Bisa dibilang, ruang lingkup manajemen keuangan yang berhubungan dengan pencarian dan pengelolaan dana perusahaan atau organisasi.

Pada dasarnya manajemen keuangan adalah suatu kegiatan yang didalamnya melibatkan suatu  perencanaan, penganggaran dana, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau suatu perusahaan.

Dalam suatu perusahaan, adanya manajemen keuangan sangatlah penting. Karena manajemen keuangan mengatur aktivitas atau kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan cara memperoleh pendanaan untuk modal kerja perusahaan, setelah itu penggunaan dan pengalokasian dana tersebut, serta mengelola aset yang dimiliki oleh perusahaan agar tujuan perusahaan dapat tercapai secara maksimal.

Note: Kegiatan Utama dalam Manajemen Keuangan Perusahaan

Manajemen keuangan dalam suatu perusahaan memiliki 4 ruang lingkup yang sangat penting untuk kemajuan perusahaan. 

1. Menentukan Keputusan Investasi

Saat menentukan keputusan untuk mendapatkan investasi atau pendanaan, manajemen keuangan diperlukan untuk mengevaluasi risiko, menghitung biaya modal yang diterima perusahaan, dan memperkirakan keuntungan apa saja yang akan diperoleh oleh perusahaan setelah investasi diterima.

Selain itu, manajemen keuangan juga diperlukan untuk menghitung penganggaran modal yang sesuai dengan kebutuhan alokasi dana dan operasional perusahaan agar investasi bisa menghasilkan banyak keuntungan di masa depan. 

Penganggaran modal juga termasuk kegiatan perhitungan aset yang dimiliki oleh perusahaan. Aktivitas yang dilakukan oleh manajemen keuangan dalam menentukan keputusan investasi perusahaan merupakan keputusan penting yang akan menentukan masa depan perusahaan.

Kegiatan Utama dalam Manajemen Keuangan Perusahaan

2. Keputusan Keuangan Perusahaan

Menentukan keputusan investasi melibatkan tentang pendanaan, aset dan alokasi dana perusahaan. Sedangkan  menentukan keputusan keuangan perusahaan adalah hal yang berbeda. Meningkatnya jumlah investasi yang didapat oleh perusahaan setiap tahunnya, membuat manajemen keuangan harus memperhitungkan cara yang lebih tepat untuk mengatur keuangan perusahaan.

Manajemen keuangan harus mengembangkan cara terbaik untuk alokasi dana dan membuat struktur keuangan agar perusahaan tidak merugi di masa depan. Manajemen keuangan juga harus menyeimbangkan aset dan ekuitas perusahaan agar perusahaan selalu dalam keadaan aman.

Note: Dengan sistem yang canggih dan proses yang otomatis, data serumit dan sebanyak apapun bukan lagi menjadi masalah. Baca selengkapnya Mengatasi Manajemen Keuangan Bisnis dengan Software Akuntansi

3. Memutuskan Pembagian Saham

Manajemen keuangan membuat peraturan tentang pembagian dividen perusahaan. Ini dilakukan agar pembagian dividen sama rata dan tidak merugikan perusahaan. Manajemen keuangan adalah pihak yang menentukan berapa besar jumlah persentase keuntungan yang bisa dibagikan sebagai dividen.

Manajemen keuangan juga harus mampu memperhitungkan keuangan perusahaan di masa depan. Seperti misalnya apa saja peluang investasi yang dapat dilakukan serta perencanaan keuangan untuk ekspansi dan pengembangan bisnis agar perusahaan semakin besar.

11 Kesalahan Investasi Saham

4. Working Capital Decision

Dalam perusahaan, working capital decision adalah uang yang disimpan untuk perusahaan yang digunakan untuk biaya operasional perusahaan. Termasuk didalamnya juga adalah aset perusahaan dan liabilitas perusahaan.

Setiap aset yang dimiliki perusahaan seperti alat, mesin, mobil dan gedung harus dipelihara dan diperhitungkan juga oleh manajemen keuangan. Karena aset tersebut penting bagi keberlangsungan perusahaan.

Selain itu, liabilitas perusahaan juga harus diurus oleh manajemen keuangan. Beberapa contoh liabilitas adalah hutang, tagihan yang harus dibayar serta pinjaman dari bank. Semuanya harus diurus oleh manajemen keuangan agar tidak mengalami keterlambatan pembayaran yang berakibat fatal bagi perusahaan.

Tugas-tugas manajemen keuangan perusahaan memang sangat penting. Dari mulai mendapatkan pendanaan bagi perusahaan agar perusahaan bisa tetap berjalan. Hingga mengelola keuangan perusahaan. Bisa dibilang manajemen keuangan perusahaan adalah bagian penting perusahaan yang membuat perusahaan bisa terus berjalan.

Pengelolaan manajemen keuangan juga harus tepat dan akurat agar perusahaan tidak mengalami kerugian yang bisa berakibat kebangkrutan. Maka dari itu, manajemen keuangan harus memperhitungkan setiap detail secara akurat dan berkala.

Ruang lingkup manajemen keuangan yang baik tentunya akan membuat bisnis menjadi berkembang dan memiliki kontrol keuangan yang semakin baik.

Salah satu bentuk manajemen yang penting dalam suatu bisnis adalah membuat laporan keuangan.

Kini, Anda dapat membuat laporan keuangan agardengan mudah menggunakan software akuntansi.

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat laporan keuangan secara cepat, tepat dan disajikan secara real time.

Selain itu, banyak fitur lain yang ditawarkan oleh Jurnal seperti pengaturan stok barang hingga menampilkan faktur penjualan. Segera beralih gunakan Jurnal, coba gratis Jurnal selama 14 hari.


PUBLISHED30 Jun 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: