5 Cara Efektif Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM

Berikut 5 cara menentukan target pasar efektif yang bisa dilakukan UKM atau UMKM akan diulas blog Jurnal by Mekari. Baca sampai selesai untuk memahaminya.

Permasalahan yang sering dihadapi UKM atau UMKM di Indonesia adalah tidak dapat menentukan target pasar dengan benar.

Penentuan target pasar sangat penting untuk memulai bisnis.

Dimana, Anda harus mengetahui siapa saja konsumen yang menjadi  sasaran bisnis.

Jadi, sebelum memulai bisnis, cobalah untuk mengetahui target pasar Anda dengan tepat.

Target pasar sendiri merupakan sebuah kegiatan untuk mengelompokkan masyarakat berdasarkan segmentasi mereka.

Dari segmentasi ini, Anda dapat mengolah data yang diperoleh dan menentukan segmen mana yang paling cocok dengan karakteristik bisnis yang Anda bangun.

Penentuan target pasar ini bertujuan untuk mengarahkan kegiatan pemasaran ke kelompok konsumen tertentu agar pemasaran sesuai dengan karakter mereka.

Pantau Kondisi Kesehatan Keuangan Usaha Mikro & Kecil Anda secara Realtime dengan Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

5 Cara Menentukan Target Pasar Efektif  Untuk Bisnis UKM Atau UMKM

Di bawah ini adalah beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target pasar untuk bisnis UKM Anda.

Tentukan Siapa Konsumen Anda

Setelah Anda memiliki ide  produk yang akan Anda tawarkan kepada konsumen.

Selanjutnya tentukan siapa saja calon konsumen sasaran Anda.

Penentuan target pasar dapat ditentukan berdasarkan beberapa segmentasi sebagai berikut:

a. Geografi

Segmentasi ini merupakan pengelompokkan target market berdasarkan lokasi atau wilayah.

Segmentasi yang tujuannya mengetahui hubungan target pasar, dengan harapan setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dapat dicocokkan untuk karakteristik produk atau brand Anda.

Misal, penjualan pupuk pada wilayah perkebunan.

Segmentasi ini mencakup lingkungan, kode pos, kode area, kota, provinsi dan wilayah.

b. Demographic

Segmentasi demografik merupakan hal yang paling mendasar dan terpenting dalam pembuatan target pasar.

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah produk atau brand yang dipasarkan cocok dengan klasifikasi tersebut.

Seperti contohnya jika produk yang akan dipasarkan berupa kosmetik untuk menunda penuaan dini, kamu tidak akan memasarkannya kepada perempuan remaja yang berumur 12-17 tahun melainkan kepada wanita berumur 30 tahun ke atas.

c. Psikologi

Anda membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian atau preferensi gaya hidup.

Cara menentukan segmentasi pasar ini dibagi berdasarkan tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan dan sebagainya.

Klasifikasi gaya hidup melibatkan nilai, kepercayaan, minat, dan sebagainya.

Segmentasi psikografis berdasarkan pada gaya hidup mereka atau kelas sosio-ekonomi.

Baca Juga : Cara Mudah Investor Melihat dan Menilai Perusahaan Melalui Laporan Keuangan Perusahaan

Cara Menentukan Target Pasar Dengan Mengetahui Kebutuhan Target Pasar

Setelah Anda menentukan siapa konsumen Anda, selanjutnya adalah mencari informasi kebutuhan konsumen yang Anda sasar.

Cara ini dapat Anda lakukan dengan melakukan tes produk.

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui kebutuhan pasar atas produk yang Anda tawarkan.

Cobalah untuk mengikuti bazar untuk melakukan tes produk dan sebagai salah satu media untuk memperkenalkan produk.

Maksimalkan momen tersebut untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya kebutuhan target pasar Anda.

Baca Juga : Pengertian Pembukuan dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Cara Menentukan Target Pasar Dengan Evaluasi Target Pasar

Cara ketiga adalah mengevaluasi kembali kebutuhan serta ketertarikan target pasar yang Anda sasar terhadap produk yang Anda tawarkan.

UKM di Indonesia perlu melakukan demikian, untuk mengetahui ketertarikan konsumen.

Jangan sampai, ketika Anda telah memulai bisnis tetapi penentuan target pasar Anda salah.

Akibatnya bisnis yang Anda bangun mati di tengah jalan.

Baca Juga : Mengetahui Kinerja Perusahaan dengan Laporan Laba Rugi

Tentukan Strategi Pemasaran

Setelah mengevaluasi target pasar, tentukan strategi yang tepat dalam hal pemasaran produk.

Karena tiap target pasar mempunyai gaya yang berbeda-beda dalam penentuan strategi pemasarannya.

Misalnya, target pasar Anda remaja usia 17-20, maka target pemasarannya harus melalui social media.

Sebab, rentan usia 17-20 sangat dekat dengan social media seperti instagram.

Baca Juga : Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UKM

Evaluasi Respon Pasar

Cara terakhir adalah mengevaluasi respon pasar, apakah strategi yang Anda terapkan berjalan efektif atau tidak.

Jika tidak efektif, Anda dapat merubah strategi pemasaran produk.

Evaluasi respon pasar bertujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan.

Lakukan evaluasi secara berjangka, misalkan 1 bulan sekali agar lebih efektif.

Baca juga : Strategi Agar Produk UKM Diterima Oleh Retail Modern

Demikian beberapa strategi dalam menentukan target pasar untuk UKM yang dapat Anda lakukan.

Selain penentuan target pasar, Anda perlu membuat laporan keuangan dalam sebuah bisnis.

Baca Juga : Software Akuntansi UMKM: Pastikan Punya Fitur Ini!

Jurnal merupakan aplikasi akuntansi UKM yang bisa Anda gunakan untuk menunjang bisnis UKM atau UMKM anda.

Aplikasi Jurnal By Mekari ini akan memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis.

Dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisnis tanpa membutuhkan banyak waktu.

Coba gratis Aplikasi Jurnal By Mekari sekarang dengan klik tombol dibawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Aplikasi Jurnal By Mekari ini akan memudahkan Anda mengelola keuangan bisnis.

Infomasi lebih lanjut tentang fitur Aplikasi Jurnal By Mekari bisa Anda baca di sini.

Nah, diatas adalah 5 cara menentukan target pasar efektif yang bisa dilakukan UKM atau UMKM telah diulas blog Jurnal by Mekari.

Semoga informasi tersebut bisa berguna untuk Anda, dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo