Secara umum, bisnis ritel merupakan sebuah kegiatan usaha menjual aneka barang atau jasa untuk konsumsi secara langsung maupun tidak langsung. Bisnis ritel di Indonesia dapat diklasifikasikan menjadi 2 yaitu, bisnis ritel modern dan bisnis ritel tradisional. Bisnis ritel modern merupakan sebuah pengembangan dari ritel tradisional, yang pada prakteknya mengaplikasikan konsep yang modern dengan memanfaatkan teknologi, serta mengakomodasi perkembangan gaya hidup di masyarakat atau konsumen. Hingga kini, jumlah UKM di Indonesia semakin meningkat sehingga membuat pemerintah ikut andil berperan untuk mengembangkannya. Selain memberikan kesempatan pada UKM untuk dapat mengikuti pameran, pemerintah juga bekerja sama dengan pasar retail modern. Bagaimana caranya agar produk UKM dapat menembus distribusi ke pasar retail modern? Apa saja strategi yang dapat diterapkan agar produk UKM dapat diterima oleh retail modern. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Tips Agar Produk UKM Diterima Retail Modern

Meskipun bisnis Anda masih setingkat UKM, pastinya ada keinginan agar produk UKM diterima di swalayan atau toko retail modern. Namun faktanya hingga saat ini masih banyak para pelaku UKM yang produknya kesulitan untuk menembus swalayan ataupun toko retail modern. Berikut ini ada beberapa tips agar produk UKM diterima oleh retail modern yang perlu Anda pahami.

  1. Memiliki gagasan yang lengkap. Maksudnya adalah, pihak toko retail modern tidak memiliki waktu untuk hanya sekedar membantu Anda dalam mengembangkan setiap detail dari produk yang Anda miliki. Oleh karena itu, sebisa mungkin semua hal yang berkaitan dengan produk Anda mulai dari merk, packaging, hingga strategi pemasaran harus Anda tangani sendiri jika ingin pihak retail modern tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.
  2. Memiliki strategi pemasaran yang tepat dan jelas.
  3. Menyertakan semua sertifikat yang berhubungan dengan kualitas produk. Usahakan produk yang Anda tawarkan sudah bersertifikat izin PIRT (Produk Industri Rumah Tangga). Dengan memiliki sertifikat izin PIRT tersebut, produk yang Anda tawarkan di toko retail modern kemungkinan diterimanya akan menjadi semakin besar
  4. Memiliki sejarah penjualan produk. Popularitas produk yang Anda tawarkan akan meningkatkan minat toko retail modern yang Anda tuju, lalu menjadikan Anda sebagai pemasok produk di toko tersebut.
  5. Menghindari untuk bersaing dengan produk toko retail modern. Setiap toko retail modern biasanya memiliki produk dengan merk mereka sendiri. Jadi, sebisa mungkin Anda menghindari untuk bersaing dengan produk yang sudah mereka buat.
  6. Berusaha untuk bertatap muka secara langsung dengan pihak yang berwenang di toko retail modern. Karena, jika pihak toko retail modern hanya meminta Anda untuk mengirimkan contoh produk yang ingin Anda tawarkan, maka kemungkinan besar produk yang Anda kirim hanya akan diabaikan.
  7. Membawa contoh produk saat bertemu dengan pihak yang berwenang di toko retail modern.

Syarat Agar Produk UKM Diterima Retail Modern

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi untuk menjadi supplier di toko retail modern. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Jenis produk merupakan food dan non-food yang harus disesuaikan dengan target market atau segmen retailer.
  2. Produk harus dikemas dengan rapi, higienis dan modern.
  3. Kualitas dan harga produk harus kompetitif.
  4. Dapat memastikan bahwa produk aman bagi konsumen. Dalam artian, harus sudah tertera produsen dan distributor, ukuran, registrasi dari departemen kesehatan atau terkait, tanggal kadaluarsa, halal, serta barcode.

Prosedur Menjadi Supplier di Retail Modern

Kemudian untuk menjadi supplier atau pemasok, prosedur yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut ini:

  1. Melengkapi formulir aplikasi produk dan pemasok.
  2. Berkomitmen atas pemenuhan order, jadwal pengiriman, serta sistem pembayaran yang jelas.
  3. Membuat usulan kerjasama promosi yang jelas.
  4. Bersedia untuk melakukan evaluasi penjualan.

Apabila Anda sudah memenuhi syarat-syarat di atas, maka Anda dapat segera mencobanya. Caranya adalah, Anda bisa mendatangi langsung kantor marketing retailer yang ingin dituju, atau bisa mengirimkan email proposal kerjasama dan marketing kit. Pastikan Anda telah memasukan semua informasi seperti yang telah dijelaskan di atas. Jika dari pihak retail modern tertarik dengan penawaran yang Anda berikan, maka Anda akan diminta untuk bertemu dan memperkenalkan produk Anda secara langsung.

Setiap pebisnis atau pengusaha wajib memperhatikan beberapa hal yang harus dipersiapkan secara rinci agar produk UKM diterima di toko ritel modern. Mengingat bertemu dengan pihak yang berwenang di toko retail modern itu sendiri bukanlah hal yang mudah. Selain itu, membuat para peritel modern agar yakin untuk menerima produk UKM yang Anda tawarkan juga tidak mudah untuk dilakukan. Meskipun demikian, setelah mengetahui beberapa tips dan strategi di atas, Anda tidak boleh putus asa.  Yang penting untuk diperhatikan adalah, setelah Anda berhasil untuk meyakinkan pihak toko retail modern, Anda harus benar-benar siap untuk memenuhi segala sesuatu yang sudah Anda janjikan di dalam kontrak yang sudah disepakati bersama. Anda harus menunjukkan bahwa Anda merupakan seorang pengusaha yang profesional dan usaha Anda sudah terorganisir dengan rapi untuk menjadi pemasok di toko retail modern tersebut.

Agar bisnis Anda dapat berjalan lancar, gunakan bantuan aplikasi akuntansi online Jurnal. Dengan menggunakan Jurnal, laporan keuangan bisnis Anda akan lebih mudah untuk dikelola. Jurnal merupakan solusi terbaik untuk pengelolaan keuangan bisnis secara lebih praktis dan profesional.