Mekari Jurnal
Daftar Isi

Contoh Studi Kasus Penggunaan Software Akuntansi Mekari Jurnal Pada Perusahaan Retail

Tayang 04 Dec 2023

Bagaimana melaksanakan proses akuntansi yang baik dan benar untuk perusahaan retail? Simak bagaimana penggunaan software akuntansi dapat memudahkan Anda.

Pencatatan data transaksi penjualan yang terjadi pada retailer merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan.

Perusahaan retail atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan usaha eceran merupakan sistem pemasaran atau penjualan produk di mana transaksi penjualannya dilakukan langsung ke konsumen.

Dalam dunia bisnis, usaha retail ini disebut sebagai Business to Consumen (B2C). Jadi, konsumen merupakan pihak akhir yang memperoleh barang dagangan dan tidak dijual kembali.

Dalam prakteknya, pengusaha atau pengecer akan membeli produk kepada produsen dan kemudian menjual kembali dalam jumlah kecil atau eceran ke konsumen.

Karenanya, usaha atau bisnis dapat dilakukan oleh pengusaha yang memiliki modal besar maupun kecil.

Sebagai contohnya, usaha retail untuk skala kecil yakni warung kelontong , usaha kecil dan menengah (UKM), dan lainnya.

Usaha retail saat ini sangat berbeda jauh dari usaha retail dekade yang lalu, di mana saat ini pembeli memiliki pilihan tak terbatas sehingga meningkatkan persaingan yang terjadi antar toko retail.

Sementara saat ini, pengusaha berusaha untuk lebih spesifik mengetahui kebutuhan pembeli dan berusaha untuk memenuhinya.

Perusahaan retail saat ini tidak hanya fokus pada penjualan saja, melainkan juga mengetahui kebiasaan para pelanggannya.

Meskipun kegiatan usahanya simpel, hanya membeli dan menjual nya kembali, bukan berarti usaha retail tidak memiliki masalah.

Agar Anda lebih memahami bagaimana alur kerja sehari-hari, berikut merupakan contoh studi kasus perusahaan retail.

contoh akuntansi retail

Permasalahan Akuntansi Usaha Retail

Ibu Ani merupakan seorang pengusaha retail di Kudus dengan nama toko nya ‘Toko Kita’. Ibu Ani sudah menjalankan usaha retail selama lima tahun.

Di tahun awal-awal usahanya, Bu Ani tidak mengalami masalah hingga Toko Kita pun menjadi semakin ramai dari hari ke hari.

Namun, seiring berjalannya waktu, ia mulai bingung dengan kondisi keuangan usaha retailnya tersebut.

Banyaknya pengunjung yang datang ternyata membuat kondisi keuangan usahanya tidak jelas.

Padahal dia mengetahui bahwa kondisi keuangan merupakan salah satu kunci penting dalam kelangsungan usahanya.

Setelah mencari tahu penyebab masalahnya dan berkonsultasi dengan saudaranya yang memiliki banyak pengalaman di dunia bisnis.

Akhirnya, disimpulkan bahwa masalahnya disebabkan karena pencatatan transaksi keuangan yang tidak baik.

Selama ini, Toko Kita mencatat transaksi keuangan yang terjadi masih secara konvensional. Sehingga ada banyak transaksi yang belum dicatat atau adanya pencatatan yang double.

Setelah mengetahui akar permasalahannya, Bu Ani segera mencari solusi dan memutuskan untuk mengelola transaksi keuangan Toko Kita dengan menggunakan software akuntansi Mekari Jurnal.

Kenapa Memilih Software Akuntansi Mekari Jurnal?

Pemilihan Mekari Jurnal sebagai software akuntansi untuk mengelola transaksi keuangannya pun melalui berbagai macam pertimbangan.

Mekari Jurnal merupakan salah satu software akuntansi online yang dapat membantu mengelola keuangan dan melakukan proses akuntansi mulai dari pembuatan pembukuan sampai laporan keuangan bagi perusahaan retail.

Untuk mendukung pengelolaan keuangan bisnis, Mekari Jurnal menyediakan berbagai macam fitur keuangan seperti penjualan, pembelian, mencetak faktur, pencatatan persediaan dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman dan terotomatis.

Selain itu, software akuntansi ini juga telah memiliki sistem yang terintegrasi dan juga standar keamanan yang telah tersertifikasi ISO/IEC 27001 sehingga aman untuk digunakan dalam pengelolaan keuangan semua jenis perusahaan.

Akuntasi merupakan hal yang penting bagi perusahaan retail, karena berhubungan dengan catatan pembukuan bisnis retail dan laporan keuangan usaha.

Seringkali yang menjadi masalah pada saat pencatatan akuntansi adalah terjadinya human errors yang membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya, sehingga dengan mengantisipasi terjadinya human errors dapat menghemat waktu dan biaya yang akan dikeluarkan.

Anda dapat mencari solusi dengan menggabungkan manajemen penjualan, pembelian, dan inventori dengan fitur akuntansi tradisional.

Dengan menggunakan software akuntansi yang berkualitas, Anda dapat mengimpor data transaksi dan mudah untuk membuat rekaman pembelian yang dapat diaudit.

Ini juga merupakan kunci bahwa Anda dapat mendokumentasikan aset dan kewajiban, biaya dan pendapatan, dan menghasilkan tampilan real-time dari laba kotor Anda.

Kelola bisnis dengan cepat, akurat, dan tanpa batas dengan software akuntansi Mekari Jurnal yang memiliki sistem automasi mulai dari proses pencatatan hingga pelaporan keuangan!

Studi Kasus Perusahaan Retail dengan Software Akuntansi Mekari Jurnal

Jika dirangkum, permasalahan Toko Kita milik Bu Ani yaitu sistem pencatatan yang masih konvensional membuat pencatatan tidak terproses secara otomatis.

Karenanya ia perlu menggunakan Mekari Jurnal sehingga pencatatan transaksi akan ter proses secara otomatis sampai menjadi laporan keuangan bagi akuntansi perusahaan retail nya.

Untuk memudahkan memahaminya, berikut akan disajikan transaksi Toko Kita milik Bu Ani selama satu bulan yakni bulan Maret 2022.

  1. Tanggal 1 Maret 2022, Toko Kita mendapatkan uang dari transaksi penjualannya sebesar Rp5.000.000,00
  2. Tanggal 2 Maret 2022, dibayar uang sejumlah Rp2.500.000,00 untuk membayar gaji karyawan nya.
  3. Tanggal 5 Maret 2022 membeli produk atau barang dagangan kepada PT Pikachu sebesar Rp5.000.000,00
  4. Tanggal 10 Januari 2022 menerima pendapatan dari penjualan tunai sebesar Rp1.000.000,00
  5. Tanggal 15 Januari 2022 membayar biaya listrik sebesar Rp100.000,00
  6. Tanggal 17 Maret 2022, Toko Kita mendapatkan uang dari transaksi penjualannya sebesar Rp5.000.000,00
  7. Tanggal 20 Maret 2022, membeli perlengkapan sebesar Rp2.000.000,00
  8. Tanggal 21 Maret 2022 membeli produk kembali kepada PT Kamila sebesar Rp7.000.000,00
  9. Tanggal 24 Januari 2022 membuat laporan keuangan karena Bu Ani ingin mengetahui kondisi keuangan nya.

Langkah 1: Mendaftarkan usaha retail Toko Kita di Mekari Jurnal

  • Untuk mendaftar, pertama buka my.jurnal.id/id/users/signup pada browser Chrome atau Firefox di komputer, tablet atau smartphone Anda.
  • Masukan data diri Anda sesuai yang tertera pada form seperti nama, email, telepon dan kata sandi (password minimal 8 digit).
  • Centang “I’m not a robot.
  • Kemudian, klik tombol “Daftarkan Akun Baru“.

Langkah 2: Menambah daftar akun

Cara membuat Akun baru pada Mekari Jurnal secara manual:

  • Klik menu “Daftar Akun“.
  • Klik tombol “+Buat Akun Baru”.
  • Isikan nama-nama akun di atas.
  • Pilih kategori sesuai dengan akun yang akan dibuat.
  • Klik “Buat Akun”.

Selain cara manual, Mekari Jurnal  juga memiliki cara lain untuk menambahkan Daftar Akun yaitu dengan mengimport akun yang sudah dibuat di luar aplikasi dengan template yang juga sudah disediakan oleh Mekari Jurnal.

Langkah 3: Pencatatan transaksi penjualan

Pencatatan data transaksi penjualan yang terjadi pada retailer merupakan dapat dilakukan secara manual:

  1. Klik menu Penjualan
  2. Klik tombol “+Buat Penjualan Baru
  3. Pilih “Sales Order pada kotak pilihan di pojok kanan atas.
  4. Pilih “Nama Customer“, Tanggal Transaksi, dan Nama Produk kemudian masukkan harga untuk masing-masing produk.
  5. Pilih syarat pembayaran, misalnya Cash on Delivery di kolom Syarat Pembayaran.
  6. Setelah semua sudah diisi, klik tombol “Buat Penjualan”, maka sales invoice atas satu transaksi penjualan telah sukses dibuat.
  7. Selanjutnya pada saat sales invoice dibuat dan uang dari pelanggan sudah diterima, klik tombol “Tindakan” > “Terima Pembayaran“. Maka secara otomatis halaman di Mekari Jurnal akan berpindah ke halaman Receive Payment.

Langkah 4: Mencatat biaya operasional

Sama seperti pencatatan penjualan, dalam pencatatan biaya, Mekari Jurnal memiliki cara manual dan cara  pintas untuk mencatat setiap biaya yang terjadi.

Cara pintas ini akan membawa Anda masuk ke halaman tambah transaksi biaya untuk mencatat setiap biaya yang dikeluarkan. Contohnya seperti biaya gaji, listrik, dan lainnya.

Caranya klik tombol “Biaya” pada bagian kiri atas halaman Mekari Jurnal. Kemudian, Anda akan dibawa ke halaman tambah biaya.

Isi setiap field yang ada dan klik “Buat Biaya Baru” untuk menyimpan data biaya yang sudah Anda buat.

Baca juga: Strategi Agar Produk UKM Diterima Oleh Retail Modern

Langkah 5: Melihat laporan keuangan

Langkah terakhir untuk melihat Laporan Keuangan seperti Neraca Keuangan Perusahaan, Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Ringkasan Bisnis, dan lainnya ada di menu Laporan.

Semua laporan keuangan dikelola secara otomatis oleh Mekari Jurnal sesuai dengan input transaksi dan biaya yang sudah dimasukkan.

Sehingga Bu Ani dapat melihat  hanya tinggal melihat laporan yang diinginkan perusahaan retail setiap bulan atau periode akuntansi dengan meng-klik menu Laporan kapan saja dan di mana saja.

Segera Gunakan Mekari Jurnal Sekarang!

Itulah sekilas contoh penggunaan software akuntansi Mekari Jurnal pada studi kasus perusahaan retail ‘Toko Kita” milik Bu Ani.

Pengelolaan transaksi keuangan menjadi mudah bukan?

Mekari Jurnal tidak hanya untuk bisnis / usaha retail saja, jenis usaha lain seperti perusahaan jasa, perusahaan dagang, perusahaan manufaktur dan lainnya  juga bisa menggunakan Mekari Jurnal.

Bukan hanya itu, Mekari Jurnal juga memiliki fitur lengkap yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola bisnis, mulai dari membuat penawaran hingga penagihan, terima pembayaran secara online, mengelola stok barang dan aset perusahaan, melakukan proses rekonsiliasi, dan masih banyak lagi.

Aplikasi keuangan perusahaan dari Mekari Jurnal dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Mekari Jurnal sebagai software laporan keuangan juga telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi dan bank, sehingga proses bisnis Anda lebih efektif dan efisien. Jadi, tunggu apalagi?

Segera daftarkan perusahaan Anda di Mekari Jurnal dan dapatkan kemudahan mengelola keuangan bisnis.

Dapatkan free trial selama 14 hari sekarang juga!

Baik, Saya Ingin Berkonsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Pencatatan data transaksi penjualan yang terjadi pada retailer merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal