Daftar Isi
5 min read

Terima Pembayaran Pelanggan Secara Online dengan Mekari Pay

Tayang 30 Aug 2022
Diperbarui 19 Okt 2023

Saat ini banyak perusahaan yang mengalami kerugian besar hanya karena piutang yang tak tertagih, karena itu, Anda bisa memanfaatkan Mekari Pay untuk menerima pembayaran pelanggan secara online!

Anda tentu sering menghadapi persoalan terkait sulitnya mengelola dan memonitor aktivitas penagihan, terlebih jika jumlah transaksi bisnis per harinya sangat tinggi.

Selama ini, sebagian besar pengusaha masih menggunakan cara-cara manual dengan mengirim faktur (invoice) kepada pelanggan.

Padahal, cara yang konvensional tentu menghabiskan waktu dan memiliki sejumlah risiko.

Dengan cara manual, Anda biasanya menghadapi risiko kesalahan menginput data.

Anda juga sulit memantau pelanggan yang sudah membayar tagihan atau belum, terlebih ketika pelanggan melakukan pembayaran dengan beragam jenis transaksi.

Kerumitan lain muncul ketika Anda harus melakukan rekonsiliasi manual atas tagihan yang sudah dibayar satu per satu ke dalam pembukuan internal perusahaan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Jurnal memiliki solusi yang dapat membantu Anda yang juga terintegrasi dengan aplikasi invoice untuk menerima pembayaran dari pelanggan secara online.

Terima Pembayaran Pelanggan Secara Online dengan Mekari Pay

Mekari Pay merupakan aplikasi tambahan (add-ons) yang memudahkan Anda untuk menerima pembayaran dari pelanggan, baik melalui transfer bank dengan konfirmasi manual (manual confirmation), transfer bank (virtual account), kartu kredit, maupun pembayaran elektronik seperti QRIS.

Mekari Pay dapat disebut dengan sistem pembayaran yang terintegrasi dengan sistem penagihan dan pembukuan yang terdapat dalam Jurnal.

Jadi, pembayaran yang telah diterima dari pelanggan akan tercatat dalam pembukuan Jurnal secara otomatis.

Dengan menggunakan Mekari Pay, Anda bisa mengirim invoice secara digital kepada klien, dan memantau pembayaran dalam daftar invoice.

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa langsung melakukan pembayaran melalui berbagai metode pembayaran.

Bahkan, dana yang dibayarkan dapat dicairkan secara otomatis ke dalam rekening bank.

Fitur ini cocok digunakan untuk semua jenis/industri bisnis di Indonesia.

Selama Anda menjalankan bisnis dengan aktivitas transaksi penjualan aktif.

Contohnya, perusahaan penjual furniture, perusahaan jasa edukasi, bisnis online shop, dan sebagainya.

Fitur Jurnal di sini berperan penting untuk mempermudah proses penagihan, pembayaran, hingga pelacakan invoice penjualan Anda secara online, kapan pun dan di mana pun!

Baca juga: Cashlink Payout: Solusi Mudah Lakukan Pembayaran dengan Cepat di Jurnal

Contoh Kasus

Ada beberapa faktor yang menyebabkan piutang tak tertagih, mulai dari tidak melakukan penagihan dan pengecekan transaksi konsumen atau tidak memberikan kemudahan konsumen dalam melakukan pembayaran dan melakukan konfirmasi pembayaran.

Bukan hanya itu, banyak juga perusahaan yang merasa kesulitan ketika menerima pembayaran.

Misalnya saja ketika pelanggan telah membayar, kebanyakan pengusaha yang lupa untuk mencatat pembayaran tersebut dan pelanggan pun perlu melakukan konfirmasi atas pembayaran.

Seperti kisah Toni yang membeli produk A dari Budi.

Toni melakukan pembayaran dan mengirimkan bukti transaksi pembayaran ke Budi.

Namun, terkadang Toni lupa mengirimkan bukti pembayaran, sehingga Budi harus melakukan konfirmasi ke Toni.

Setelah mendapatkan bukti transfer pembayaran, Budi harus tetap memverifikasi apakah pembayaran Toni telah masuk ke rekeningnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Mekari Pay membantu Anda dalam pembayaran yang lebih mudah dan cepat melalui Virtual Account, Kartu Kredit, atau QRIS dengan biaya minimal dan dengan hanya sekali pengaturan.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda maupun konsumen akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan transaksi pembayaran.

Apa Saja Keuntungan yang Didapatkan Jika Menggunakan Mekari Pay?

Mekari Pay juga memberikan beberapa keuntungan lain untuk Anda sebagai penjual ataupun pengusaha, seperti:

1. Pembayaran Menggunakan Metode Online

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim invoice secara langsung kepada pelanggan, baik melalui email maupun dengan menggunakan share-link.

Pelanggan hanya perlu klik pada link yang telah tersedia di invoice lalu melakukan pembayaran secara online dengan pilihan metode pembayaran seperti Bank Transfer (dengan Virtual Account), Kartu Kredit atau QRIS.

2. Terima Pembayaran Online dari Pelanggan

Jika pembayaran telah dilakukan oleh pelanggan, pelanggan Anda tidak lagi perlu memberikan informasi kepada Anda mengenai pembayaran yang telah sukses dilakukan.

Karena dengan Mekari Pay, Anda akan mendapatkan konfirmasi pembayaran dari pelanggan secara otomatis.

3. Pencatatan dan Pengecekan Otomatis di Jurnal Perusahaan

Setelah pelanggan Anda melakukan pembayaran dari invoice yang dikirimkan (dengan menggunakan Mekari Pay), Jurnal akan secara otomatis mencatat penerimaan pembayaran dan pencairan dana dari transaksi tersebut.

Anda tidak perlu lagi untuk melakukan pengecekan secara manual, semua sudah langsung terverifikasi dan tercatat di akun Jurnal Anda lewat sistem pembukuan online yang akurat.

4. Penagihan & Pembayaran dengan Mudah & Cepat

Dengan metode pembayaran ini, Anda dapat lebih mudah dalam mendapatkan pembayaran langsung dari setiap invoice yang dikirim sehingga dapat  mempersingkat proses pembayaran.

5. Pengaturan Mudah & Cepat

Dengan menggunakan fitur ini Anda tak perlu repot lagi untuk mendaftarkan Virtual Account sendiri.

Anda hanya perlu melakukan pengaturan di awal di mana Anda harus memasukkan beberapa informasi seperti nama perusahaan, email, nama bank, nama akun, rekening jurnal, dan akun biaya.

6. Pencatatan & Pengecekan Secara Otomatis

Setelah pelanggan Anda melakukan pelunasan pada transaksi pembayaran, Jurnal akan secara otomatis melakukan pencatatan transaksi penerimaan dan pencairan dana.

Sehingga, Anda tidak perlu melakukan pengecekan pembayaran pada rekening Anda karena pembayaran sudah terverifikasi dan tercatat pada Jurnal.

7. Email Notifikasi Instan

Dengan Mekari Pay, Anda  akan mendapatkan email pemberitahuan ketika pelanggan telah berhasil melakukan pembayaran.

Dengan begitu, Anda tak perlu repot lagi untuk melakukan pengecekan, karena sistem Jurnal akan mencatat transaksi tersebut secara otomatis sehingga dapat langsung dianggap lunas.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mengaktifkan Mekari Pay pada akun Jurnal Anda.

Untuk melakukan pengaktifan, Anda dapat mengikuti petunjuknya dan untuk melakukan pembayaran, pelanggan Anda dapat mengikuti petunjuk yang ada di homepage tersebut.

Jadi tunggu apalagi, aktifkan Mekari Pay sekarang juga dan nikmati keuntungan yang bisa Anda dapatkan!

Bagaimana Cara Menggunakan Mekari Pay?

Jika Anda telah menggunakan Jurnal, Anda hanya perlu melakukan aktivasi Mekari Pay dengan dengan mengikuti panduan ini.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk melengkapi data diri dan jenis pembayaran yang Anda inginkan.

Setelah semua proses pengaktifan selesai, Anda dapat langsung menggunakan Mekari Pay untuk transaksi Anda.

 

 

Kategori : Cost Accounting
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal