Mekari Jurnal
Daftar Isi

Panduan Mengelola Laporan Keuangan UKM dengan Jurnal

Tayang 24 Jul 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Berikut ini adalah panduan lengkap bagaimana Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dapat mengelola laporan keuangan yang dimiliknya. Simak penjelasannya di Blog Mekari Jurnal!

Usaha Kecil Menengah (UKM) berperan besar mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Demi menjaga keberlanjutan ekonomi, pengusaha kecil dan menengah seharusnya memiliki keahlian mumpuni dalam mengelola laporan keuangan bisnisnya.

Laporan keuangan merupakan informasi yang menggambarkan kondisi keuangan suatu perusahaan dan menjadi sebagai gambaran kinerja keuangan usaha tersebut.

Baik UKM atau jenis usaha lainnya mengharapkan agar laporan keuangan dapat membantu pihak terkait untuk menentukan arah perencanaan usaha, terutama membuat keputusan ekonomi yang bersifat keuangan.

mengelola keuangan ukm

Kemudahan Mengelola Laporan Keuangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Jurnal

Pada aplikasi akuntansi UKM dari Jurnal, terdapat menu “Laporan”.

Menu ini memungkinkan Anda untuk melihat laporan keuangan perusahaan yang menampilkan secara spesifik dan akurat.

Dengan demikian, Anda dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Fitur laporan keuangan pada Jurnal bermanfaat bagi pelaku bisnis yang ingin memonitor keuangan.

Terutama untuk memantau indikator dan rasio keuangan bisnis agar sesuai dengan kriteria institusi keuangan sehingga bisa lolos dalam penilaian kredit.

Untuk membantu perusahaan memenuhi kriteria rasio keuangan perbankan dan memperoleh pinjaman modal dengan lancar, Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur dalam menu Laporan, antara lain:

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan Khusus UMKM yang Sesuai dengan SAK EMKM

Berikut ini adalah panduan lengkap dari blog Jurnal By Mekari mengelola laporan keuangan usaha kecil dan menengah atau UKM yang terdiri dari definisi, tujuan, manfaat, dan jenis-jenisnya.

Fitur Laporan Neraca

Laporan neraca menampilkan posisi keuangan Anda yang terdiri dari aset, utang, dan apapun yang sudah menginvestasikan ke perusahaan atau biasa disebut sebagai modal.

Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan fitur laporan neraca dari Jurnal:

  • Laporan neraca dapat melihat berdasarkan periode tertentu sesuai kehendak Anda. Misalnya per tanggal, hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini, semalam, minggu lalu, bulan lalu, dan tahun lalu.
  • Anda bisa memantau performa perkembangan bisnis perusahaan dengan melihat persentase perbandingan laporan neraca berdasarkan periode tertentu.
  • Dashboard yang tersaji dapat melihat secara real time.
  • Laporan neraca menghasilkan laporan keuangan hanya dalam satu klik.
  • Pengguna dapat melakukan ekspor laporan neraca dan memilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia dalam bentuk PDF, Excel, dan CSV.

Fitur Laporan Laba Rugi Jurnal

Menu laporan laba rugi pada Jurnal menampilkan pergerakan usaha, sehingga Anda dapat mengetahui jumlah total pendapatan, dan pengeluaran baik harga pokok penjualan maupun biaya operasional.

Selain itu, Anda juga dapat melihat laba kotor dan laba/rugi bersih dari hasil usaha Anda.

Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan dengan fitur laporan laba rugi dari Jurnal: 

  • Melihat laporan berdasarkan periode tertentu.
  • Anda dapat memfilter tanggal mulai dan tanggal selesai sendiri secara custom. Misalnya periode mingguan, bulanan, triwulanan, tahunan, bulan lalu, dan tahun lalu.
  • Anda bisa memantau performa perkembangan bisnis dengan melihat persentase perbandingan laporan laba rugi berdasarkan periode tertentu.
  • Untuk pengguna aplikasi Jurnal Pro dan Enterprise, filter grup berdasarkan tag berfungsi untuk menampilkan laporan laba-rugi per proyek, per salesman, atau per departemen.
  • Anda dapat melakukan ekspor laporan neraca dan memilih format file yang menginginkan. Format yang tersedia dalam bentuk PDF, Excel, dan CSV.
  • Anda bahkan dapat melakukan custom template laporan laba rugi perusahaan. Hal itu memudahkan perusahaan untuk melakukan analisa manajemen keuangan, terutama ketika ingin memonitor rasio keuangan yang sesuai kriteria penilaian kredit lembaga keuangan.

Fitur Laporan Arus Kas Jurnal

Laporan arus kas pada aplikasi Jurnal berfungsi untuk mengukur kas yang telah menghasilkan atau menggunakan oleh suatu perusahaan dan menunjukkan detail pergerakannya dalam suatu periode.

Pada laporan ini juga, transaksi yang mempengaruhi pergerakan Akun Kas/Bank mengelompokkan berdasarkan aktivitas Operasi, Investasi, dan Pendanaan.

Untuk perhitungan kelompok aktivitas investasi dan pendanaan pada kedua metode tidak jauh berbeda.

Perbedaan hanya terlihat pada perhitungan kelompok transaksi pada aktivitas operasi, namun akan tetap menghasilkan arus kas dari aktivitas operasi yang sama.

Pada Jurnal, laporan arus kas tersedia dalam 2 metode, yaitu metode langsung (direct method) dan tidak langsung (indirect method).

Fitur Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal yang tersedia pada Paket Pro dan Enterprise Jurnal menampilkan adanya perubahan atau pergerakan pada modal atau ekuitas yang terjadi dalam periode tertentu.

Kesimpulan

Jurnal merupakan software akuntansi yang mampu membantu Anda menyederhanakan proses pembuatan laporan keuangan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Jurnal merupakan pilihan tepat bagi Anda yang membutuhkan bantuan pengelolaan keuangan dengan melengkapi berbagai fitur pendukung bisnis yang mampu mendorong perkembangan usaha Anda.

Ingin tahu lebih lanjut tentang fitur Jurnal? Konsultasi langsung dengan sales dan dapatkan juga promo spesial yang berlaku di bulan ini!

Itulah beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi Mekari Jurnal untuk membantu dalam hal pengelolaan keuangan usaha UKM Anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Ikuti juga media sosial kami untuk informasi lain seputar bisnis, akuntansi, dan keuangan.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal