Jurnal Enterpreneur

6 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Meningkatkan Skill Akuntansi

Pada zaman globalisasi seperti sekarang, persaingan di dunia kerja menjadi semakin ketat. Perusahaan akan mencari kandidat terbaik untuk bekerja di perusahaan mereka.

Karyawan yang dicari bukan hanya mereka yang memiliki nilai akademik yang tinggi, tetapi juga karyawan yang memiliki soft skill.

Karena itu, menjadi sangat penting untuk meningkatkan keterampilan maupun menambah keterampilan pada diri Anda. Kali ini, artikel akan membahas mengenai kebiasaan sehari-hari yang dapat meningkatkan keterampilan akuntansi Anda.

Sebagai seorang akuntan, Anda harus memiliki beberapa keterampilan seperti organisasi yang baik, fokus yang tinggi, teliti, dan komunikasi yang baik.

Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah, manajemen waktu, pemikiran yang analitis, dan pengambilan keputusan.

Keterampilan yang telah disebut di atas dapat membantu Anda dalam dunia kerja atau karir sebagai seorang akuntan. Bukan hal yang menakutkan untuk menguasainya, Anda hanya perlu melakukan beberapa penyesuaian pada rutinitas harian.

Berikut ini ada 6 kebiasaan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan akuntansi. Anda dapat menerapkannya satu atau ke-enam kebiasaan ini setiap hari. Hal ini akan membantu Anda secara profesional dan akan memperkaya kehidupan pribadi Anda.

Membuat Rencana Kerja

Untuk merencanakan waktu secara efektif, Anda harus memiliki misi yang harus dikerjakan setiap harinya. Apa satu hal yang ingin Anda capai? Hambatan apa yang mungkin terjadi? Coba pikirkan, tuliskan tugas yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

Setelah mengetahui apa yang akan Anda kerjakan, kemudian tulis dalam buku catatan dan lakukan tugas-tugas yang sudah disusun tersebut dengan disiplin dan benar.

Selain cara di atas, menggunakan teknik kanban atau manajemen proyek juga dapat membantu Anda mengerjakan tugas harian.

Kanban menyarankan untuk membuat daftar tugas yang perlu dikerjakan dan membaginya menjadi tiga bagian, yaitu tugas yang perlu dilakukan, tugas dalam proses, dan tugas lengkap.

Berikan kode (seperti warna) berdasarkan urgensinya. Pertama, kerjakan tugas dari tingkat yang paling susah atau yang paling rumit atau tugas yang paling tidak ingin Anda lakukan. Sehingga, tugas-tugas berikutnya akan terlihat mudah.

Berpikir Kreatif

Salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah bisnis adalah kreativitas. Berlatih kreativitas akan membuat Anda lebih mudah beradaptasi, baik dalam hal pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Anda dapat melakukannya dengan cara mengikuti rapat-rapat yang dibuat oleh perusahaan/organisasi.

Sebuah rapat biasanya dilakukan karena ada masalah, Anda akan dituntut untuk menemukan solusi kreatif. Proses ini tidak hanya mengasah kreativitas, Anda juga akan mengembangkan kemampuan komunikasi, kepemimpinan, dan kemampuan pemecahan masalah.

Selain itu, mendorong inisiatif seperti ini juga akan membantu Anda terlihat sebagai karyawan yang baik, teladan.

Bermain Game

Bermain game merupakan cara ideal untuk meningkatkan fungsi otak. Jika Anda bermain game, otak akan memerlukan lebih aktivasi untuk tetap fokus pada permainan game. Untungnya sekarang sudah banyak permainan games yang menggabungkan tema akuntansi.

Dengan sering bermain game, Anda akan terlatih dalam hal pemecahan masalah. Hal ini menguntungkan karena pemecahan masalah dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja hingga 12%.

Namun, perlu diingat bermain game ini juga perlu dibatasi, berikan waktu istirahat untuk mata Anda. Anda dapat melakukan pertandingan rutin dengan teman-teman Anda.

Melakukan permainan seperti Charades, Articulate, dan Scrabble dapat meningkatkan gelombang theta di otak. Gelombang otak tersebut akan membantu memengaruhi ingatan, kreativitas, komunikasi, dan relaksasi.

Meditasi Ringan

Bermeditasi selama 25 menit dapat meningkatkan konsentrasi, komunikasi, dan kreativitas. Dengan bermeditasi secara teratur juga akan mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Jika 25 menit terasa berat, Anda dapat memulainya dari yang lebih sedikit dahulu, namun rutin dilakukan. Misalnya mulai dari 3 menit dalam sehari untuk bermeditasi. Jika dilakukan secara rutin dan menambah waktu dari hari ke hari, ini akan sangat membantu Anda.

Manajemen Waktu

Ada dua teknik melakukan pengelolaan waktu dengan tepat, seperti teknik podomoro dan teknik jam daya. Di bawah ini adalah beberapa penjelasan mengenai teknik manajemen waktu yang bisa Anda lakukan.

a. Teknik Podomoro

Teknik podomoro dikenal dengan istilah “filosofi manajemen waktu”, teknik ini melatih fokus dan kreativitas. Memungkinkan Anda menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dengan konsentrasi yang optimal.

Caranya sederhana. Anda membagi jam kerja per 25 menitan dengan jeda 5 menitan. Satu tahapan ini kita sebut ‘podomoros’. Setelah 4 podomoros selesai, istirahat selama 15-20 menit, dan lakukan proses ini sepanjang hari.

b. Jam Daya

Untuk mengerjakan tugas yang tertunda, teknik ini dapat digunakan. Caranya, cari waktu selama satu jam dimana Anda harus fokus dan tidak akan terganggu.

Kemudian kerjakan tugas tersebut. Teknik ini membantu melatih otak untuk bekerja secara intensif dalam jangka waktu yang singkat.

Identifikasi dan Ubah Kebiasaan Buruk

Sadar atau tidak, sebagian kegiatan yang kita lakukan sehari-hari merupakan suatu kebiasaan. Penting untuk mengidentifikasi kebiasaan yang kita lakukan, apakah merupakan kebiasaan yang baik atau kebiasaan yang buruk.

Setelah Anda tahu, jika masih ada kebiasaan buruk yang dilakukan maka harus diubah. Salah satu cara untuk mengubah kebiasaan buruk adalah dengan mencampur kebiasaan dengan rutinitas yang dilakukan.

Perubahan dapat dilakukan secara perlahan, yang penting efektif. Bahkan perubahan kecil yang dilakukan dapat menguntungkan seperti menjadi fleksibel, fokus menjadi lebih besar, dan mendapatkan peluang yang baru.

Penelitian menunjukan bahwa diperlukan waktu antara 18 hingga 254 hari untuk mengubah kebiasaan Anda, jadi jangan menyerah.

Selain 6 kebiasaan di atas yang disarankan. Untuk meningkatkan skill yang dapat menjadi nilai tambah pada diri Anda, menguasai software akuntansi online juga diperlukan. Mengingat sekarang merupakan era digital, maka Anda juga harus dapat menggunakan software akuntansi.

Jurnal sebagai aplikasi akuntansi keuangan merupakan software akuntansi online yang memberikan kemudahan dengan berbagai macam fitur akuntansi didalamnya. Jurnal juga dapat diakses di mana pun dan kapan pun dengan menggunakan koneksi internet.

Oleh karena itu, Jurnal dapat menjadi solusi untuk membantu Anda dalam melakukan proses akuntansi perusahaan dengan mudah, cepat, aman dan nyaman. Informasi lebih lengkap, klik aplikasi stok gudang.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo